Mungkinkah orang yang telah mencapai Sotapanna pindah agama?

Started by dhammasiri, 11 November 2009, 09:29:47 AM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

markosprawira

Quote from: Tekkss Katsuo on 24 November 2009, 12:47:15 PM
Quote from: hendrako on 24 November 2009, 08:01:29 AM
Nirodha Samapatti:
Pencapaian pemadaman, suatu keadaan di mana semua kegiatan batin terhenti untuk sementara yang dapat berlangsung untuk beberapa lama sampai tujuh hari. Keadaan ini dapat dicapai oleh seorang Anagami dan Arahat yang memiliki delapan Jhana, serta mahir dalam Vasi (penguasaan) dan Sampada (kesempurnaan).

Sumber: Kompilasi Istilah Budhhis




inilah keadaan yg saya cari cari. hehehe. keadaan dimana semua aktifitas batin terhenti...



semoga itu menjadi tekad, bro.....  _/\_

Lily W

Quote from: hendrako on 24 November 2009, 08:01:29 AM
Nirodha Samapatti:
Pencapaian pemadaman, suatu keadaan di mana semua kegiatan batin terhenti untuk sementara yang dapat berlangsung untuk beberapa lama sampai tujuh hari. Keadaan ini dapat dicapai oleh seorang Anagami dan Arahat yang memiliki delapan Jhana, serta mahir dalam Vasi (penguasaan) dan Sampada (kesempurnaan).

Sumber: Kompilasi Istilah Budhhis



Nirodha-Sampatthi ---> Memasuki Nirodha-Sampatthi: memasuki kepadaman Nama Khandha dengan terbebas dari bahaya dan merupakan kebahagiaan yang tertinggi (Nibbana).

Yang dapat memasuki Nirodha-Samapatti itu adalah orang yang memenuhi syarat-syarat sbb:
~ Harus seorang Anagami atau Arahat
~ Harus mempunyai Rupa Jhana dan Arupa Jhana (Jhana 8 )
~ Harus mempunyai Vasi, dan mahir dalam Sampada, atau pencapaian empat bagian, yaitu:
1. Ada Samatha-Bala dan Vipassana-Bala, yaitu ada Samadhi dan Panna yang kuat dan Mahir
2. Mahir dalam penahanan terhadap kaya-sankhara, vaci-sankhara dan citta-sankhara
3. Mahir dalam Solasanana (Nana 16)
4. Mahir dalam Jhanasamapatti 8 sebelumnya
Untuk dapat memasuki Nirodha-Samapatti harus mempunyai tenaga yang kuat, yaitu tenaga dari Samatha-Bhavana sampai Nevasannanayatana Jhana (jhana 8 ) dan tenaga dari Vipassana-Bhavana harus sampai paling rendah tatiyamagga, harus memakai tenaga Samadhi dan tenaga Panna secara bersama.
~ Harus orang yg diam di alam kehidupan yang mempunyai Khandha 5 (Pancavokara-Bhumi), sebab dalam Arupa bhumi tidak dapat memasuki Nirodha-Samapatti, karena tidak mempunyai Rupa Jhana.
Anagami atau Arahat yg mempunyai Samapatti 8 harus di sertai syarat-syarat tersebut di atas, bila akan memasuki Nirodha-Samapatti harus berbuat sbb:
1. Memasuki Pathama  Jhana yang telah diperoleh, sebagai obyek pathama-jhana-kusala-citta untuk Anagami atau pathama-jhana-kiriya-citta untuk Arahat, Jhana citta timbul satu khana (saat/momen) sbb :    B BC BP MA PAR UPA ANU GOT JHA B

2. Bila keluar dari Pathama Jhana, harus merenungkan jhana dengan sifat Tilakkhana, perenungan seperti ini disebut Paccavekkhana Vithi.
B BC BP MA JA JA JA JA JA JA JA B

3. Memasuki Duttiya-Jhana, Jhana citta timbul satu khana
4. Memasuki Paccavekkhana Vithi
5. Memasuki Tatiya-Jhana, Jhana citta timbul satu khana
6. Memasuki Paccavekkhana Vithi
7. Memasuki Catuttha-Jhana, Jhana citta timbul satu khana
8. Memasuki Paccavekkhana vithi
9. Memasuki Pancamajjhana, jhana citta timbul satu khana
10. Memasuki Paccavekkhana vithi
11. Memasuki Arupa Jhana, yaitu Akasannacayatana-Jhana, Jhana citta timbul satu khana
12. Memasuki Pancavekkhana vithi
13. Memasuki Vinnanancayata-jhana, jhana citta timbul satu khana
14. Memasuki Paccavekkhana vithi
15. Memasuki Akincannayatana jhana, jhana citta timbul satu khana
16. Bila keluar dari Akincannayatana-jhana, tidak usah memasuki Paccavekhana vithi lagi, tetapi memasuki Adhitthana vithi dengan melakukan empat macam tugas, yaitu:
~ Nanabaddha avikopana, dengan adhitthana menyebutkan: Segala sesuatu termasuk jasmani saya jangan sampai kena bahaya.
~ Sanghapatimanana, dengan adhitthana menyebutkan: Bila ada rapat Sangha dan menginginkan saya hadir, harap dapat keluar tepat waktunya dan tidak usah datang mencari.
~Sattupakkosana, dengan adhitthana menyebutkan: Bila Sang Buddha membutuhkan saya, harap dapat keluar tepat waktunya dan tidak usah menyuruh orang lain datang mencari
~ Addhana pariccheda, dengan adhitthana batas waktu masuk: Berapa lama mau memasuki Nirodha-Samapatti, dengan merenungkan usia saya sampai 7 hari kah? Bila tidak sampai 7 hari, tidak akan memasuki atau memasuki kurang dari 7 hari.
17. Sesudah adhitthana langsung memasuki Nevasannanasannayatana-Jhana (jhana 8 ). Citta Vithi timbul dua khana (bukan satu khana)
18. Berikutnya Citta, Cetasika dan Cittajarupa padam, sedangkan Kamajarupa, Utujarupa dan Aharajarupa masih ada sebagai penjaga. Citta, Cetasika dan Cittajarupa akan padam selama batas waktu dari Adhitthana.
19. Bila telah sampai batas waktu dari adhitthana, di sebut keluar dari Nirodha-Samapatti.  Anagamiphala untuk Anagami-puggala atau Arahattaphala untuk Arahatta-puggala, timbul satu khana dahulu, kemudian citta, cetasika dan cittajarupa akan timbul seperti sedia kala.

Pathamajjhana Vithi~Manda Puggala:
B BC BP MA PAR UPA ANU GOT JHA B B

Pathamajjhana Vithi~Tikkha Puggala:
B BC BP MA UPA ANU GOT JHA B B

Paccavekkhana-Vithi:
B BC BP MA JA JA JA JA JA JA JA B B B

Akincannayatana-Jhana Vithi (Manda Puggala):
B BC BP MA PAR UPA ANU GOT AKIN B B

Akincannayatana-Jhana Vithi (Tikkha Puggala):
B BC BP MA UPA ANU GOT AKIN B B

Adhitthana Vithi:
B BC BP MA JA JA JA JA JA JA JA  B B B

Nirodhasamapatti-Vithi (Manda Puggala):
B BC BP MA PAR UPA ANU GOT NE NE (Citta, cetasika, cittajarupa padam) PHA B

Nirodhasamapatti-Vithi (Tikkha Puggala):
B BC BP MA UPA ANU GOT NE NE (Citta, cetasika, cittajarupa padam) PHA B

Paccavekkhana-Vithi:
B BC BP MA JA JA JA JA JA JA JA B B B

Keterangan:
B    = Bhavanga
BC  = Bhavanga Calana (Bhavanga yang menggetar, sebab ada obyek baru datang)
BP  = Bhavanga Paccheda (Bhavanga menangkap obyek baru)
MA  = Manodvaravajjana (Kesadaran yg menyelidiki obyek dari Pintu Pikiran)
PAR  = Parikamma (Tingkat pendahuluan)
UPA  = Upacara (Tingkat penghampiran)
ANU  = Anuloma (Tingkat Kemajuan)
GOT  = Gotrabhu (Tingkat pemutusan)
JHA   = Jhana (Tingkat ketenangan batin)
JA     = Javana (Dorongan terhadap obyek yg telah menjadi  kusala, akusala, kiriya)
AKIN  = Akincannayatana-Jhana

Demikianlah yg tertulis di Buku Abhidhammatthasangaha (karya Pandit J Kaharuddin).

http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,1393.75.html

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Lily W

Nibbàna

1 Nibbàna is supramundane (lokuttara), that is, beyond the
31 planes of existence, beyond the world of mind and
body(i.e. the five aggregates).

2 Nibbàna is realized through the knowledge belonging
to the Four Paths and the Four Fruits. It is observed by
magga-nana and phala-nana.

3 Nibbàna is the object of the four Paths and their Fruits.

4 When the cause of suffering, that is, defilements (kilesas)
are completely eradicated by the 4 Path-wisdoms,
suffering is also annihilated. Then only bliss (pãti) and
peacefulness (santi) exist in the mental stream. This
unique bliss and peacefulness is called Nibbàna.

In Sanskrit, Nibbàna is called Nirvàna which is composed
of 'ni' and 'vàna'. 'Ni' implies 'to be free from', and 'vàna' means
'weaving or craving'. It is this craving (tanhà) which acts as a
cord to connect the series of lives of an individual in the course
of his wanderings in Samsara – the eternal cycle of birth and
death.

As long as one is entangled by craving, one accumulates
fresh kammas which will give rise to new birth and death
repeatedly. When all forms of craving are annihilated by the
four Paths, kammic force ceases to operate and one escapes from
the cycle of birth and death. Then one is said to attain Nibbàna.
The Buddhist concept of 'Deliverance or Liberation' is this escape
from the ever-recurring cycle of birth and death and all the
misery associated with them.

By nature or intrinsically Nibbàna is peaceful (santi). As such
it is unique. Though it is single by santi-lakkhana, Nibbàna is
viewed as twofold according to the way it is experienced before
and after the death of an arahat.

1 Sa-upàdisesa-Nibbàna
Sa – with, upàdi – the five aggregates grasped by craving and
false view; sesa – remaining.
In Buddhas and arahats, though all defilements (kilesàs) have
been annihilated, vipàka-cittas and their concomitants (together
known as vipàka-namakkhandha) and kammaja-råpas still remain.
Yet Buddhas and arahats can experience Nibbàna fully. The
element of Nibbàna which is realized by Buddhas and arahats
before death with vipàka-nàmakkhandha and kammaja-råpas
remaining is called sa-upàdisesa Nibbàna-dhàtu.

2 Anupàdisesa-Nibbàna
This is the Nibbàna experienced by Buddhas and arahats after
death. The element of Nibbàna which is realized without any
vipàka-nàmakkhandha and kammaja-råpa remaining is called
anupàdisesa Nibbàna-dhàtu.
Sa-upàdisesa Nibbàna = Kilesa Nibbàna, i.e. it is attained by
the annihilation of kilesàs.
Anupàdisesa Nibbàna = Khandha Nibbàna, i.e. it is attained
by the annihilation of the five aggregates.

Three Modes of Nibbàna

1 Sunnata-Nibbàna
Nibbàna is devoid of lust, hatred and ignorance; it is
also devoid of groups of råpa and nàma. So it is called
Su¤¤ata-Nibbàna.
Su¤¤a – void or zero; here it means that lust, hatred,
ignorance, råpa and nàma are zero, but it does not mean
that Nibbàna is 'nothingness'.

2 Animitta-Nibbàna
Material groups, which are composed of råpa-kalàpas,
have dif ferent forms and shapes. Mental g roups
consisting of citta and its concomitants may be assumed
to have some kind of form for they can be seen by certain
persons who have developed super-normal power
(abhinnàs). Nibbàna, however, has no form and shape at
all. Thus it is called Animitta-Nibbàna.

3 Appanihita-Nibbàna
Nibbàna has no nàma and råpa nor any form and shape
to be longed for by taõhà (craving or lust). Neither is
there any lust or craving in Nibbàna. Nibbàna is abso
lutely free from lust as well as from the hankerings of
lust. So it is known as Appanihita-Nibbàna.

Some more Definitions of Nibbàna

Nibbàna may also be characterised by the following virtues.
1 Accutam – It has past death, and thus no death occurs
in Nibbàna.

2 Accantam – It has past the end called death, so it is
endless.

3 Asankhatam – It is not conditioned by the four causes
viz., kamma, citta, utu and àhàra. Hence it is eternal and
is neither a cause nor an effect.

4 Anuttaram – It is superior to and more noble than any
Dhamma.

5 Padam – It is an objective reality (vatthu-dhamma) that
can be realized by ariyas (noble persons).

Sumber : Buddha Abhidhamma Ultimate Science~Dr.Mehm Tin Mon

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

hendrako

Quote from: fabian c on 23 November 2009, 09:33:57 PM


Menurut bhikkhu Thanissaro Nibbana + unbinding, ini agak mendekati tapi pengertian lebih harfiah Nibbana adalah Ni = free from + vana = weaving, craving.

Menurut apa yang saya ketahui: Nibbana adalah keadaan yang terbebas dari konsep dan persepsi, terbebas dari kontak indera, terbebas dari perasaan, terbebas dari dimensi, berhentinya arus sankhara, damai luar biasa, batin waspada dan jernih (tapi jangan tanya saya dimana referensinya) ini adalah pernyataan sebatas yang saya ketahui.
Menurut suhu, apakah apa yang saya terangkan mengenai pengalaman Nibbana diatas  bisa dicapai pada waktu meditasi? apakah keadaan Nibbana yang saya uraikan diatas bertentangan dengan sutta?


Mungkin Anda kurang sependapat dengan Bhikku Thanissaro, namun saya kutipkan bagian dari tulisan beliau yang kelihatannya cocok sebagai bahan renungan yang berhubungan dengan "quote" diatas,

"The best state of concentration for the sake of developing all-around insight is one that encompasses a whole-body awareness. There were two exceptions to Ajaan Fuang's usual practice of not identifying the state you had attained in your practice, and both involved states of wrong concentration. The first was the state that comes when the breath gets so comfortable that your focus drifts from the breath to the sense of comfort itself, your mindfulness begins to blur, and your sense of the body and your surroundings gets lost in a pleasant haze. When you emerge, you find it hard to identify where exactly you were focused. Ajaan Fuang called this moha-samadhi, or delusion-concentration.

The second state was one I happened to hit one night when my concentration was extremely one-pointed, and so refined that it refused settle on or label even the most fleeting mental objects. I dropped into a state in which I lost all sense of the body, of any internal/external sounds, or of any thoughts or perceptions at all — although there was just enough tiny awareness to let me know, when I emerged, that I hadn't been asleep. I found that I could stay there for many hours, and yet time would pass very quickly. Two hours would seem like two minutes. I could also "program" myself to come out at a particular time.


After hitting this state several nights in a row, I told Ajaan Fuang about it, and his first question was, "Do you like it?" My answer was "No," because I felt a little groggy the first time I came out. "Good," he said. "As long as you don't like it, you're safe. Some people really like it and think it's nibbana or cessation. Actually, it's the state of non-perception (asaññi-bhava). It's not even right concentration, because there's no way you can investigate anything in there to gain any sort of discernment.[/color]"

Source: .accesstoinsight.org/lib/authors/thanissaro/jhananumbers.html

Bisa jadi, yang dimaksud oleh Bhikku Thanissaro dengan "just enough tiny awareness to let me know" adalah yang anda maksud dengan "knowing mind".

Semoga bermanfaat.
yaa... gitu deh

fabian c

Quote from: hendrako on 24 November 2009, 06:24:47 PM
Quote from: fabian c on 23 November 2009, 09:33:57 PM


Menurut bhikkhu Thanissaro Nibbana + unbinding, ini agak mendekati tapi pengertian lebih harfiah Nibbana adalah Ni = free from + vana = weaving, craving.

Menurut apa yang saya ketahui: Nibbana adalah keadaan yang terbebas dari konsep dan persepsi, terbebas dari kontak indera, terbebas dari perasaan, terbebas dari dimensi, berhentinya arus sankhara, damai luar biasa, batin waspada dan jernih (tapi jangan tanya saya dimana referensinya) ini adalah pernyataan sebatas yang saya ketahui.
Menurut suhu, apakah apa yang saya terangkan mengenai pengalaman Nibbana diatas  bisa dicapai pada waktu meditasi? apakah keadaan Nibbana yang saya uraikan diatas bertentangan dengan sutta?


Mungkin Anda kurang sependapat dengan Bhikku Thanissaro, namun saya kutipkan bagian dari tulisan beliau yang kelihatannya cocok sebagai bahan renungan yang berhubungan dengan "quote" diatas,

"The best state of concentration for the sake of developing all-around insight is one that encompasses a whole-body awareness. There were two exceptions to Ajaan Fuang's usual practice of not identifying the state you had attained in your practice, and both involved states of wrong concentration. The first was the state that comes when the breath gets so comfortable that your focus drifts from the breath to the sense of comfort itself, your mindfulness begins to blur, and your sense of the body and your surroundings gets lost in a pleasant haze. When you emerge, you find it hard to identify where exactly you were focused. Ajaan Fuang called this moha-samadhi, or delusion-concentration.

The second state was one I happened to hit one night when my concentration was extremely one-pointed, and so refined that it refused settle on or label even the most fleeting mental objects. I dropped into a state in which I lost all sense of the body, of any internal/external sounds, or of any thoughts or perceptions at all — although there was just enough tiny awareness to let me know, when I emerged, that I hadn't been asleep. I found that I could stay there for many hours, and yet time would pass very quickly. Two hours would seem like two minutes. I could also "program" myself to come out at a particular time.


After hitting this state several nights in a row, I told Ajaan Fuang about it, and his first question was, "Do you like it?" My answer was "No," because I felt a little groggy the first time I came out. "Good," he said. "As long as you don't like it, you're safe. Some people really like it and think it's nibbana or cessation. Actually, it's the state of non-perception (asaññi-bhava). It's not even right concentration, because there's no way you can investigate anything in there to gain any sort of discernment.[/color]"

Source: .accesstoinsight.org/lib/authors/thanissaro/jhananumbers.html

Bisa jadi, yang dimaksud oleh Bhikku Thanissaro dengan "just enough tiny awareness to let me know" adalah yang anda maksud dengan "knowing mind".

Semoga bermanfaat.

Saudara Hendrako yang baik,
Mungkin saudara kurang teliti membaca tulisan saya, dan melewatkan kata-kata waspada dan jernih.

Kata-kata I lost all sense of the body, of any internal/external sounds, or of any thoughts or perceptions at all — although there was just enough tiny awareness to let me know
berarti beliau kehilangan kesadaran terhadap tubuh, suara di dalam/ di luar, semua pikiran dan persepsi dan hanya sedikit kesadaran.
Nampaknya pengalaman tersebut mirip tetapi berbeda, karena pada pengalaman Nibbana kesadaran terhadap ke enam indera bukan hilang (karena kurang kesadaran), tetapi berhenti (cut off) dan batin tetap sadar, waspada sepenuhnya dan jernih.

Sebenarnya pengalaman seperti yang dialami bhante Thanissaro banyak saya jumpai pada meditator-meditator kita yang berlatih sepuluh hari ketika saya menjadi penerjemah untuk para Sayadaw yang datang ke Indonesia.

Untuk mengetahui seperti apakah batin mereka yang sudah melangkah jauh dalam meditasi Vipassana, mungkin bisa dibaca disini:

http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,5040.0.html


_/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Jerry

_/\_ Sdr Peacemind,

Anumodana utk penjelasannya yg kumplit dan mencerahkan. Sangat puas. Thanks.. :)

Mettacittena,

appamadena sampadetha

bond

Quote
In Buddhas and arahats, though all defilements (kilesàs) have
been annihilated, vipàka-cittas and their concomitants (together
known as vipàka-namakkhandha) and kammaja-råpas still remain.
Yet Buddhas and arahats can experience Nibbàna fully. The
element of Nibbàna which is realized by Buddhas and arahats
before death with vipàka-nàmakkhandha and kammaja-råpas
remaining is called sa-upàdisesa Nibbàna-dhàtu.

Setelah direnungkan dengan mendalam dan begitu baca muncul tulisan diatas sebagai konfirmasi. Saya mau share beberapa pengertian  berkaitan apakah sotapanna telah mengalami Saupadisesa nibbana atau pada arahat baru mengalaminya : Perhatikan kata yg saya bold 'Fully'


Seperti kita ketahui bahwa arti sebenarnya dari nibbana adalah padamnya LDM dan nibanna adalah tidak berkondisi.

Sehubungan dengan praktek vipasanna dengan menggunakan objek nibbana untuk mencapai tingkat kesucian berikut diatasnya yang dimulai dari sotapanna memiliki arti sebagai berikut :

Seorang sotapana telah mematahkan 3 belenggu/kilesa. Maka ketika 3 kilesa itu hilang atau berhasil dihancurkan maka ada suatu pengalaman hilangnya belenggu atau kilesa tadi yaitu atau bisa disebut nibbana tetapi tidak sepenuhnya HANYA sehubungan 3 kilesa yg telah hilang pada saat/moment pencapaian sotapanna. Sehingga ketika orang tersebut ingin mencapai sakadagami keatas dia menggunakan objek nibbana maka yg dimaksud masuk kedalam pengalaman nibbana adalah dan hanya sehubungan dengan kilesa yg telah hilang sampai ia mematahkan kilesa2 berikutnya. Sehingga hanya dapat dikatakan seorang sotapanna baru melihat/mencicipi nibbana.
Sehingga hanya Buddha atau arahat dapat dikatakan mengalami Nibbana sepenuhnya/fully (seperti yg tertulis diatas) = Saupadisesa nibbana.

  _/\_


Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Lily W

Quote from: bond on 25 November 2009, 10:04:21 AM
Quote
In Buddhas and arahats, though all defilements (kilesàs) have
been annihilated, vipàka-cittas and their concomitants (together
known as vipàka-namakkhandha) and kammaja-råpas still remain.
Yet Buddhas and arahats can experience Nibbàna fully. The
element of Nibbàna which is realized by Buddhas and arahats
before death with vipàka-nàmakkhandha and kammaja-råpas
remaining is called sa-upàdisesa Nibbàna-dhàtu.

Setelah direnungkan dengan mendalam dan begitu baca muncul tulisan diatas sebagai konfirmasi. Saya mau share beberapa pengertian  berkaitan apakah sotapanna telah mengalami Saupadisesa nibbana atau pada arahat baru mengalaminya : Perhatikan kata yg saya bold 'Fully'


Seperti kita ketahui bahwa arti sebenarnya dari nibbana adalah padamnya LDM dan nibanna adalah tidak berkondisi.

Sehubungan dengan praktek vipasanna dengan menggunakan objek nibbana untuk mencapai tingkat kesucian berikut diatasnya yang dimulai dari sotapanna memiliki arti sebagai berikut :

Seorang sotapana telah mematahkan 3 belenggu/kilesa. Maka ketika 3 kilesa itu hilang atau berhasil dihancurkan maka ada suatu pengalaman hilangnya belenggu atau kilesa tadi yaitu atau bisa disebut nibbana tetapi tidak sepenuhnya HANYA sehubungan 3 kilesa yg telah hilang pada saat/moment pencapaian sotapanna. Sehingga ketika orang tersebut ingin mencapai sakadagami keatas dia menggunakan objek nibbana maka yg dimaksud masuk kedalam pengalaman nibbana adalah dan hanya sehubungan dengan kilesa yg telah hilang sampai ia mematahkan kilesa2 berikutnya. Sehingga hanya dapat dikatakan seorang sotapanna baru melihat/mencicipi nibbana.
Sehingga hanya Buddha atau arahat dapat dikatakan mengalami Nibbana sepenuhnya/fully (seperti yg tertulis diatas) = Saupadisesa nibbana.

  _/\_

Saya sependapat dengan Bond... :jempol:

Bond telah mengerti apa yang telah saya postingkan ttg Nibbana...:jempol:

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Sumedho

There is no place like 127.0.0.1

bond

Quote from: Sumedho on 25 November 2009, 06:55:53 PM
mbah bonk, itu sumbernya darimana yak?

Yang di quote atau penjelasan saya yg ditanyakan?

Kalau yg di quote itukan dari penjelasan abhidhamma yg diterangkan Prof Mehm ti mun.

Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Sumedho

There is no place like 127.0.0.1

bond

Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

dhammasiri

Quote from: bond on 25 November 2009, 10:12:52 PM
Quote from: Sumedho on 25 November 2009, 07:57:35 PM
uhmmm okey dokey, ;D kekna dari commy

thanks

commy artinya apa suhu?  ??? membingungkan  ;D
Commy adalah singkatan dari Commentary. Maksudnya, itu mengacu pada kitab komentar.
Kedamaian dunia tidak akan tercapai bila batin kita tidak damai

Indra

Quote from: bond on 25 November 2009, 10:12:52 PM
Quote from: Sumedho on 25 November 2009, 07:57:35 PM
uhmmm okey dokey, ;D kekna dari commy

thanks


commy artinya apa suhu?  ??? membingungkan  ;D

kek naruto, avatar, dragon ball, kungfuboy, itu judul2 commy


gajeboh angek

HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days