Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan  (Read 139983 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #105 on: 26 October 2012, 07:23:43 PM »
kamma baik maka berbuah kamma baik,,
kamma buruk maka berbuah kamma buruk,,

ini 2 hal yg terpisah, tidak bisa di gabungkan..
anda melakukan berjuta2 kamma baik tetap tidak bisa menghapus kamma buruk anda,,

saya pernah dgr perumpamaan ttg segelas kopi (di vihara). kopi berwarna itam, ibarat kamma buruk yg qta perbuat. kopi itu qta tuang terus dgn air putih, lama2 warnanya akan pudar..walau ga mungkin sama sekali jd putih.

jadi kamma buruk qta akan berkurang juga dgn kebajikan yg qta perbuat.  salahkah?


1 hal yg bisa membuat kamma buruk anda menjadi lebih baik,,
yaitu dengan PIKIRAN,,

contoh:
1. anda mendapat kamma kecopetan, pikiran anda tidak stress dan kebencian, malah berpikir ah buat apa g stres dan benci, barang tetap gk akan balik, jadi biarin saja mau gimana lagi..

2. anda mendapat kamma di tabrak motor, pikiran anda tidak ingin marah2 dan adu fisik,, malah berpikir buat apa marah dan berantem, tetap saja g sudah tertabrak motor dan kaki lecet gk bisa sembuh, ya sudah lah kan orangnya sudah minta maaf dan kaki cuma lecet dikit,,

3. DLL

hanya dengan pikiran lah yg bisa membuat kamma buruk anda bisa menjadi lebih baik untuk di hadapi, karena pikiran adalah sumber penderitaanya,

thx..so intinya sabar dan ikhlaskan?
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #106 on: 26 October 2012, 07:26:54 PM »
Saya turut berduka atas kondisi yang sedang Anda hadapi.
Semoga batin yang terluka ini segera pulih dan kembali seperti keadaan semula.
Jika saya berada dalam kondisi yang Anda hadapi, saya tidak tahu apakah saya masih bisa setegar Anda.
Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari cuplikan komik "Ujaran Buddha" karya Tsai Chih Chung di bawah ini:

METODE UNTUK BERSABAR
Ketika orang lain melukai kita, kita seharusnya berpikir dengan cara ini:
- Ini adalah karena ia tidak dapat menolong dirinya sendiri
- Ini adalah akibat perbuatanku yang tidak baik di masa lalu
- Ini adalah karena kekeliruan sudut pandangku yang egois
- Ini adalah karena batinku berada di tempat yang salah
- Tak ada seorangpun di dunia ini yang tidak memiliki kesulitan
- Banyak yang memiliki kesulitan lebih besar dari kesulitanku
- Kondisi seperti ini sesungguhnya baik untuk pengembangan batinku
- Semua makhluk adalah utusan yang membawa pelajaran kepadaku agar aku menjadi lebih baik
- Kemampuan menerima kesulitan dan bersabar membuat semua Buddha bahagia akan kemajuanku
- Ini akan membantuku memupuk begitu banyak jasa dan kebajikan.

Semoga semua mahkluk berbahagia..

thx santi, anak baru ya..met kenal dan selamat bergabung ya.. smoga betah.

ya hrs tegar lah, klo ga tegar bs bunuh diri or membawa kabur suami org? hehe.

anyway, thx for the metode bersabar ya..gw amalkan semampu mungkin.
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #107 on: 26 October 2012, 07:29:02 PM »
maybe, kerja kamma itu banyak dari faktor lain juga, bisa kamma ato bisa bukan kamma,
kalo anda tidak perhatian sama pasangan, cuek, suka marah2, egois dll yg negatif, maka mungkin kalo pasangan anda selingkuh bukan karna kamma masa lalu tapi perbuatan saat ini yg bisa buat dia selingkuh..

sejauh yg gw ingat sih gw perhatian dan punya attitude yg positif deh.. mantan gw malah yg santai aja.

past life regression itu seperti hipnotis supaya tahu masa lalu bukan ya?  :-?
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #108 on: 26 October 2012, 07:45:55 PM »
1 tidak adil? hmm, dia melanggar janjinya jg tidak adil bwt gw..kenapa dia tak memperjuangkan gw, sekali aja.. bahkan gw mengetahui dia uda menikah itu setelah berbulan2 atas usaha sdr mencari tau

Apakah dimana sis dia masih pria idola ? kalau bukan idola lupakan saja.... masih, soalnya dia tipe idaman gw dah
apakah sis udah tanya kenapa dia tidak lebih cepat memberitahukan sis kalau udah dijodohkan dan akan cepat nikah ? apakah sis bertanya kenapa ibu nya memilih cewek yg dijodohkannya ? apakah ada kekurangan sis dibandingkan dgn cewek pilihan tsb... ?
bagaimanakah sis bisa tau kalau hal tsb terjadi ? apakah udah recheck dari dia....tgl berapa akan nikah ? tgl berapa jadinya ?


1) menurut dia, dia tdk memberitahukan perjodohan lbh awal krn lg banyak mslh, n dia pasrah pas dijodohin, ga mau banyak berperan dsana krn gw akan lbh sulit melepaskannya.
2) gw da tanya, tp dia ga mau menjawab, dia blg ga tau dan ga minat tau kenapa mamanya begitu. pdhl gw belom ketemu ortunya
3) dia blg tidak ada yg kurang dr gw, gw baik dan punya masa dpn yg bgs, cuman nasib dan garis jalan tiap org berbeda.
4) gw tau hal tsb terjadi setelah gw menemukan dia (kira2 7 bln dia ga kasi kabar). awalnya dia blg mau dinas ke pelosok tp lama ga ada kabar ya gw nyari dia..klo gw ga nyari dia, mgkn seumur idup gw ga tau apa yg terjadi. kami pacaran jarak jauh.
5) uda cek nikahnya bulan2 kmrn dan ada foto nikah wkt pemberkatan di kelenteng.



2 karena pake hati..pst sedih.
sebaiknya sis membuka hati utk orang yg lain aja....
setelah yg terjadi kyknya bkl lebih berhati2

3.  ---
Karena klo ketemu yg tepat mungkin akan lebih bahagia

5. Betul, selain orgnya ga tepat, qta uda ga berada pada posisi utk setia pada org tsb
siap2 utk cari yg baru sis...


6  Tapi ini uda kedua kalinya aku gagal. kdg pikir kenapa aku begitu bodoh.  apakah mrk yg sekali pacaran langsung nikah itu tidak termasuk sukses?

apakah isteri yg udah pernah beberapa kali putus ...... dan bila suaminya pergi/meninggal
dia udah memiliki ketegaran yg lebih baik dari pada yg sekali pacaran, langsung kawin ?


masa sih ada org yg brnasib sesial gt?

7 umur sis masih belia sekali..... berpikirlah pada sisi yg TERANG.... peluang utk hal2 yg lebih baik masih terbuka lebar sekali.....

Thx, i guess i must do it..berpikir pada sisi TERANG.  hanya TERANG yg bisa membimbing jalan qta k dpn

Mungkin sis tidak melihat bertapa terang dan bercahayanya sis.... kasih perkenalan dungg sis...
mana tau disini banyak single yg langsung tertarik sama sis ?.... mana taoooo mana taooooo....


hehehe..numpang iklan gt? apa hrs lgsg cari yg baru, baru bs move on? gw capek dan tkt skrg.  umur gw ga termasuk belia, temen2 gw aja ada yg uda menikah dan punya anak

 _/\_ :P

semoga cepat sembuh dari patah hatinya ya sis.... dan mendpt manfaat dari kejadian ini.... ;D
thx bro..masalah dr gw skrg: gw sulit melepaskan dia. gw ga tau caranya gimana. klo melupakan, malah makin ingat dan makin ga rela melepaskan
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #109 on: 26 October 2012, 07:54:59 PM »
pengen komentari dikit.. jika sist ingin melihat penyebab kamma dari past life regression sebenarnya saat ini tidak penting. Ibarat sist saat ini sedang ditabrak motor dan lecet, apakah sist lebih memilih mencari tahu siapa yang menabrak atau menyembuhkan luka lecet ?

jadi menurut saya, mengikuti saran bro stephen udah bagus, ikhlasin aja memang gw tahu ini berat bikin gak bisa makan .. gak bisa tidur nyenyak .. kepikiran terus .. galau .. berpuluh2 bahkan beratus2 bahkan beribu2 pertanyaan : koq kamu tega sih.. koq kamu gitu sih.. koq kamu ....

bener, hikss uda lama ga bisa bobok tenang, hrs bikin diri secapek mungkin br bs bobok, ga bernafsu makan, kurus banyak, galau..stiap pagi dan malam mikirin trus kenapa bgt, emang banyak bgt pertanyaan dlm kepala gw *jd curhat*

Tapi sekali lagi, semakin sist memikirkannya.. tidak akan ada solusi :) karena sudah resmi menikah..

Tips dari saya :

- coba sadari umur masih muda, baru 24 kan.. memang bukan jodohnya, siapa tahu ntar abis ini dapat cowok ganteng + tajir dan sist malah bersyukur wah enaknya dapat cowok ganteng.. heheheh

mudah2an

- sembuhkan diri dulu.. jangan mengurung diri di kamar, pergilah keluar bersama teman2.. have fun.. jika tipe introvert gak punya banyak teman, keluar kamar nonton bareng bersama ortu juga bisa membantu mengalihkan pikiran ke hal2 lain

iya nih, uda diusahakan..tp ga semangat klo da keluar, kayak zombie gt, ga bs menikmati.  klo di kamar malah nangis mulu *cengeng*

- jangan berniat melupakan karena yang terjadi malah ingat terus sebab otak tidak mengenal perintah negatif. "Jangan pikirkan gajah pink dengan belalai panjang". Yang terjadi di otak gw pas ketik ini adalah gambar gajah pink dengan belalai panjang kayak bona (di majalah bobo) lalu berusaha tidak memikirkan :P

betul. kata mantan gw, let it flow

- ganti statement negatif dengan statement positif : "Semoga semua makhluk berbahagia", "Semoga aku bahagia". Lakukan reprogramming bisa berbicara di cermin sehabis mandi. "Saya bertekad untuk bahagia hari ini." Hal ini cukup membantu mengingatkan. Contoh saya tipe yang suka marah. Tiap pagi abis mandi : habis baca paritta ovadapatimokkha, saya mengatakan juga : "saya bertekad untuk lebih sabar hari ini". Jadi pas selama hari itu, ada kejadian yang tidak menyenangkan.. "sabar.. sabar.." :P

hehe..akan dicoba. tp kan ga mungkin tiap hr ga ada kejadian yg tidak menyenangkan. oops

Semoga bermanfaat

bermanfaat bgt, rupanya byk yg perhatian..hehe
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #110 on: 26 October 2012, 07:56:33 PM »
gpp.. puas2in nak.. diriku tau kamu jarang punya kesempatan untuk ledekin gw

sebenarnya gw sudah sixpack dengan bantuan ini nich :P
Spoiler: ShowHide




NINE PACK!!! hahahaha
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #111 on: 26 October 2012, 07:58:34 PM »
kalo saling sayang biasanya ada rasa tidak tega utk berbuat salah satu sama lain.
saling sayang dalam artian apa yh? keterikatan kamma sperti guru dan murid ( tidak semua org bisa diajarkan oleh guru itu )

 _/\_

maksudnya gw sayang dia, dia masi sayang gw (cinta).  dan cinta tidak hrs memiliki, katanya. menurut gw omong kosong, krn cinta hrs diperjuangkan.
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #112 on: 26 October 2012, 07:59:34 PM »
Halo nadia... :)

Dulu kuliah dimana?

Tinggalnya dimana?

Asal mana??

Cukup sekian dulu :D

oh balesan dr reply gw di thread laen kmrn ya? pm ya.

yg lain klo berminat, gw pm, wkwkwk
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #113 on: 26 October 2012, 08:00:49 PM »
mungkin karma dulu pernah rebut paksa pacar orang kali. ;D

seingat gw, di masa kini, kagak. malah org lain yg rebut punya gw. maybe di masa kehidupan seblmnya, kaliiii
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #114 on: 26 October 2012, 08:01:41 PM »
si cumi lagi pkt tuh...

pkt? apaan tuh
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: manfaat ditinggal pacar/calon pengantin...
« Reply #115 on: 26 October 2012, 08:07:13 PM »
manfaat ditinggal pacar/calon pengantin...

1 bila kita gagal melakukan sesuatu, maka kitapun mendptkan pelajaran kenapa kegagalan bisa terjadi...
2 bila udah beberapa kali gagal, maka sebenarnya lebih siap utk gagal lagi....
3 kegagalan membuka kesempatan utk mencoba, dan mencoba hal baru...
4 kegagalan pun membuat seseorang lebih tangguh lagi
5 bila kemahiran danpengalaman telah diasa, maka kegagalan pun bukan masalah lagi
6 bila gagal dlm satu usaha, didunia luar MASIH BANYAK SEKALI USAHA yg dpt ditekunin...

hmmm, klo positive thinking emang jd manfaat :) klo gw dr awal kejadian ini, suka bilang Tuhan jahat  :'(

jadi, menjadi menarik bertanya...
1 adakah manfaat ditinggal pacar/calon pengantin....(bila usia masih belia... spt24 gitu) ?
berhubung lg sakit hati dan ga bs berpikir dgn rasional, kyknya cuma diet manfaatnya  :|

2 berapa banyak cowok yg dpt diprospek dlm sebulan ? setahun ?.....5 tahun ?
emang asuransi? pake target? haha.  klo ketemu cowok ga pake target sih, let nature take its course.  krn gw da belajar, semakin banyak berharap, semakin sakit wkt jatohnya. expectation kills

mohon masukannya...
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline stephen chow

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.055
  • Reputasi: 37
  • Gender: Male
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #116 on: 26 October 2012, 09:00:00 PM »
thx..so intinya sabar dan ikhlaskan?
iya kurang lebih lah gitu,, walaupun prakteknya susah ya lebih baik di jalankan supaya dpt hasil yg baik
Menjadi Baik adalah moralitas sejati..
Berbuat Baik adalah mungkin sekadar jalan menuju tujuan..
Y.M. Dr. H. Saddhatissa..

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #117 on: 26 October 2012, 09:02:37 PM »
iya kurang lebih lah gitu,, walaupun prakteknya susah ya lebih baik di jalankan supaya dpt hasil yg baik

i guess that's the only thing i should and can do now..even its hard :)
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline L.D.D

  • Sebelumnya: Lokasanjaya(Dhamma Dhiro)
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 349
  • Reputasi: 18
  • Gender: Male
  • Sang Penakluk - be yourself
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #118 on: 26 October 2012, 09:22:12 PM »
maksudnya gw sayang dia, dia masi sayang gw (cinta).  dan cinta tidak hrs memiliki, katanya. menurut gw omong kosong, krn cinta hrs diperjuangkan.
hmmm...  sayang dan cinta tanpa ada alasan. kekurangan dan kelebihan diterima apa adanya.
ambil positifnya lebih baik mengetahuinya sekarang(apakah dia cinta/sayang km?) daripada setelah married. nyeselnya ga bisa dibayangkan (kalo km jadi sama dia).
puas2kan sj nangis n sakit hati nya tp jangan terlalu lama karena tidak ada gunanya dan tidak akan merubah apa yg sudah terjadi. belajar melepas. ingat ya gpp tp lepas lg. ga perlu ditolak semakin di tolak akan semakin resah dan sulit utk dilupakan.
buka lembaran baru dengan ceria dan semangat. ciayo

 _/\_
Terwarisi oleh perbuatan sendiri, Lahir dari perbuatan mereka sendiri, berhubungan dengan perbuatan mereka sendiri, Tergantung pada perbuatan mereka sendiri, Perbuatan apapun yang akan mereka lakukan baik atau buruk perbuatan itulah yang akan mereka warisi.
Anumodana-sabbe satta bhavantu sukkhitatta

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #119 on: 26 October 2012, 09:39:15 PM »
hmmm...  sayang dan cinta tanpa ada alasan. kekurangan dan kelebihan diterima apa adanya.
ambil positifnya lebih baik mengetahuinya sekarang(apakah dia cinta/sayang km?) daripada setelah married. nyeselnya ga bisa dibayangkan (kalo km jadi sama dia).
puas2kan sj nangis n sakit hati nya tp jangan terlalu lama karena tidak ada gunanya dan tidak akan merubah apa yg sudah terjadi. belajar melepas. ingat ya gpp tp lepas lg. ga perlu ditolak semakin di tolak akan semakin resah dan sulit utk dilupakan.
buka lembaran baru dengan ceria dan semangat. ciayo

 _/\_

yup itu keresahan yg gw hadapi skrg..mau lupain tp inget trus..makin kepikiran malah. just let it flow..

jiayou!!
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared