Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan  (Read 149628 times)

0 Members and 7 Guests are viewing this topic.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #135 on: 27 October 2012, 10:18:54 AM »
kalau tinggal di batam, apa yang kurang ?
dari segi hiburan, hampir semuanya ada kecuali TMII & ancol. klo mau-nya sperti ini nyeberang ke singp aja pake feri ndak 1 jam nyampe, seaport ada 3 sekarang.
mall (disekitar nagoya ada berapa), resort (ujung2 ke ujung) bertebaran disegala penjuru batam.

dari segi sosial budaya, masyarakat disana majemuk sekali:
dari china jawa, china kepri, china kepulauan, china medan, batak, jawa, WIT & WITA juga berkumpul di batam
bahkan kalau mau cari yang aneh2 juga ada, mantan pengungsi p. Galang juga ada.

klo mau cari jodoh di vihara, disana kan juga banyak vihara & banyak acara
dari aliran sesat s/d aliran terang.
Makan di vege di vhr "sesat" maitreya s/d acara makan2 di vihara kalau ada acara pasar Angkasa, tiban, baloi ataupun legenda malaka.
ikut acara di salah satu tempat tsb juga menambah peluang untuk bertemu jodoh.


klo boleh tau, tinggal dimana dan kerja di daerah mana ?
dl disini juga ada warga batam tp entah lah sekarang kmana ? sudah menyebrang kali yah ;D

Menurut saya, pelarian sama sekali bukan solusi. Kita butuh hiburan, tapi jangan jadikan hiburan sebagai pelarian. Begitu pula cari pasangan baru sebagai pelarian. Biasanya kemungkinan besar malah akan bikin terpuruk tambah parah.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #136 on: 27 October 2012, 10:28:54 AM »
:))
Ketawa2, jangan2 Om Rubah pengalaman nih...?  /:)
;D


  :hammer:  :))  menurutku sewaktu  ad rencana nikah hrsnya lgsg putusin pcr, ga lucu donk tar  tb2  istrinya shock ada telepon  diangkat  "hallo my honey bear lg ngapain...  :P  n jd berpeluang  buat selingkuh  diam2

Cc nadia ad link  bgs buat baca2
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,20598.msg357954.html#msg357954
Jadi harus bagaimana ngomongnya?
"Sayangku, setelah setahun kita membina hubungan yang sangat baik-baik dan tanpa masalah, maka saya mengambil keputusan untuk menikah minggu depan ... dengan orang lain yang saya tidak suka, yang dengannya saya akan bermuram durja dan uring-uringan sepanjang hari. Mohon pengertiannya untuk fenomena yang lebih langka daripada komet Halley ini. Untuk info lebih lanjut, hubungi mantan calon mertua anda (i.e. ibu angkat saya).

P.S.: Dulu kita berencana nikah 5 tahun setelah pacaran, sekarang baru setahun, semoga sebelum jatuh tempo (4 tahun ke depan), saya sudah berhasil melakukan proses penceraian terhadap pernikahan yang akan dilakukan minggu depan ini."


Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #137 on: 27 October 2012, 10:32:09 AM »
Belum tentu tidak gentle. Posisinya sulit, sebagai anak angkat yang benar2 diperlakukan sebagai anak kandung, biasanya rasa hutang budi itu lebih besar, jadi sulit untuk membantah. Lalu terhadap pacar, dia sendiri mungkin tidak tahu harus bicara bagaimana. Ga mungkin 'kan kasih undangan dengan title "[neutral] & Partner" dan bilang, 'Say, datang yah ke resepsi, tapi saya tidak bisa jadi partner karena nanti sibuk di pelaminan.'

yeah, thats the point.

I guess, gw merasakan penderitaan utk gw (krn ditinggal nikah) dan dia (krn hidup susah, posisi sulit dan hrs mengorbankan kebahagiaan dia sdr).

Bayangkan, bayi yg br berusia bbrp hari ditolak ortu kandung kemudian dtg ortu yg lain utk mengangkatnya dan memperlakukannya bagai anak sdr.  Merawat n membesarkan dgn penuh cinta kasih.. Wkt masi bayi, dia kena penyakit apa gt, dirawat dgn baik sampai sembuh.  saking sayangnya ortu ke dia, dia diprioritaskan kuliah sdgkn adiknya yg satu lagi (anak kandung ortu) ga dpt kesempatan kuliah (masalah ekonomi).  nah skrg giliran adik yg plg kecil mau lulus SMA en dia donk yg hrs ngurusin and make sure dia kuliah.  in return, dia sayang bgt dan merasa hutang budi yg besar pada keluarga ini, klo ada keinginan, susah donk membantah..apalg papa sdg sakit keras.

Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #138 on: 27 October 2012, 10:34:34 AM »
yeah, thats the point.

I guess, gw merasakan penderitaan utk gw (krn ditinggal nikah) dan dia (krn hidup susah, posisi sulit dan hrs mengorbankan kebahagiaan dia sdr).

Bayangkan, bayi yg br berusia bbrp hari ditolak ortu kandung kemudian dtg ortu yg lain utk mengangkatnya dan memperlakukannya bagai anak sdr.  Merawat n membesarkan dgn penuh cinta kasih.. Wkt masi bayi, dia kena penyakit apa gt, dirawat dgn baik sampai sembuh.  saking sayangnya ortu ke dia, dia diprioritaskan kuliah sdgkn adiknya yg satu lagi (anak kandung ortu) ga dpt kesempatan kuliah (masalah ekonomi).  nah skrg giliran adik yg plg kecil mau lulus SMA en dia donk yg hrs ngurusin and make sure dia kuliah.  in return, dia sayang bgt dan merasa hutang budi yg besar pada keluarga ini, klo ada keinginan, susah donk membantah..apalg papa sdg sakit keras.
Ya begitulah kadang memang hubungan bisa terhalang berbagai macam kondisi. Inilah samsara. Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali berusaha melakukan yang terbaik namun tetap ikhlas terhadap hasilnya.

"What doesn't kill you makes you stranger" >:D
« Last Edit: 27 October 2012, 10:36:52 AM by Kainyn_Kutho »

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #139 on: 27 October 2012, 10:40:23 AM »
om KK, pelarian memang bukan memberikan solusi
yang dimaksud tulisan diatas dengan adanya "fasilitas" yang ada itu bisa dijadikan pengalih perhatian untuk kegiatan positive (jalan bareng ama temen, karoke, outbon & ngajak ortu/teman dekat ikut kegiatan vihara dll). Dengan kegiatan itu pula, membuka peluang & wawasan tentang sesuatu yang belum diketahui.
di batam dr ujung ke ujung ndak sampai 2 jam, beda dengan jakarta, kalau mau ke suatu tempat pasti ngantri tapi ngantri macet dulu (ngantri koQ macet)


Menurut saya, pelarian sama sekali bukan solusi. Kita butuh hiburan, tapi jangan jadikan hiburan sebagai pelarian. Begitu pula cari pasangan baru sebagai pelarian. Biasanya kemungkinan besar malah akan bikin terpuruk tambah parah.
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #140 on: 27 October 2012, 10:42:24 AM »
om KK, pelarian memang bukan memberikan solusi
yang dimaksud tulisan diatas dengan adanya "fasilitas" yang ada itu bisa dijadikan pengalih perhatian untuk kegiatan positive (jalan bareng ama temen, karoke, outbon & ngajak ortu/teman dekat ikut kegiatan vihara dll). Dengan kegiatan itu pula, membuka peluang & wawasan tentang sesuatu yang belum diketahui.
di batam dr ujung ke ujung ndak sampai 2 jam, beda dengan jakarta, kalau mau ke suatu tempat pasti ngantri tapi ngantri macet dulu (ngantri koQ macet)


Oh, intinya mengisi pikiran dengan hal-hal positif jadi tidak banyak waktu merenung yang 'mengundang' pikiran sedih itu muncul yah? Iya, saya setuju itu.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #141 on: 27 October 2012, 10:42:58 AM »
Ketawa2, jangan2 Om Rubah pengalaman nih...?  /:)
 ;D
nggak sih, ada pengalaman yang mirip.. tapi bedanya statusnya memang udah resmi putus.
makanya baca kisah ini.. jadi dejavu :P



  :hammer:  :))  menurutku sewaktu  ad rencana nikah hrsnya lgsg putusin pcr, ga lucu donk tar  tb2  istrinya shock ada telepon  diangkat  "hallo my honey bear lg ngapain...  :P  n jd berpeluang  buat selingkuh  diam2


Cc nadia ad link  bgs buat baca2
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,20598.msg357954.html#msg357954
gimana kalau diganti.. hallo cutie bani switi chiki ? :))

« Last Edit: 27 October 2012, 10:44:32 AM by Forte »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #142 on: 27 October 2012, 10:43:12 AM »
Ketawa2, jangan2 Om Rubah pengalaman nih...?  /:)
;D

Jadi harus bagaimana ngomongnya?
"Sayangku, setelah setahun kita membina hubungan yang sangat baik-baik dan tanpa masalah, maka saya mengambil keputusan untuk menikah minggu depan ... dengan orang lain yang saya tidak suka, yang dengannya saya akan bermuram durja dan uring-uringan sepanjang hari. Mohon pengertiannya untuk fenomena yang lebih langka daripada komet Halley ini. Untuk info lebih lanjut, hubungi mantan calon mertua anda (i.e. ibu angkat saya).

P.S.: Dulu kita berencana nikah 5 tahun setelah pacaran, sekarang baru setahun, semoga sebelum jatuh tempo (4 tahun ke depan), saya sudah berhasil melakukan proses penceraian terhadap pernikahan yang akan dilakukan minggu depan ini."
Wkwkwk.... aku pny kata2 yg lbh bgs....
Sayank... sblm ngom aku mau minta maaf.  Tapi km janji ya ga bole marah.  Aku rasa hub kt ga bs ditruskan lg, karena aku dijodohkan dan aku menyetujuinya untuk menghormati ortu. Ini adalah murni pilihan ku. Smoga km mengerti. (Kmudian pergi berlalu meninggalkannya tanpa berbalik badan lg). *diiringi hembusan angin menggugurkan daun2*

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #143 on: 27 October 2012, 10:44:04 AM »
kalau tinggal di batam, apa yang kurang ?
dari segi hiburan, hampir semuanya ada kecuali TMII & ancol. klo mau-nya sperti ini nyeberang ke singp aja pake feri ndak 1 jam nyampe, seaport ada 3 sekarang.
mall (disekitar nagoya ada berapa), resort (ujung2 ke ujung) bertebaran disegala penjuru batam.

dari segi sosial budaya, masyarakat disana majemuk sekali:
dari china jawa, china kepri, china kepulauan, china medan, batak, jawa, WIT & WITA juga berkumpul di batam
bahkan kalau mau cari yang aneh2 juga ada, mantan pengungsi p. Galang juga ada.

klo mau cari jodoh di vihara, disana kan juga banyak vihara & banyak acara
dari aliran sesat s/d aliran terang.
Makan di vege di vhr "sesat" maitreya s/d acara makan2 di vihara kalau ada acara pasar Angkasa, tiban, baloi ataupun legenda malaka.
ikut acara di salah satu tempat tsb juga menambah peluang untuk bertemu jodoh.


klo boleh tau, tinggal dimana dan kerja di daerah mana ?
dl disini juga ada warga batam tp entah lah sekarang kmana ? sudah menyebrang kali yah ;D

ah udah hidup di batam sejak lahir, tiap mgg ke mall, sebulan bbrp kali ke spore (utk urusan kerja, bukan sombong). ke resort jg da pernah dr kecil..nothing new..
mau ke luar, ga punya duit, well, ga diizinin jg, wkwkwk.

iya sih masy majemuk tp kurang greget..sukanya yg emang di luar, yg beda wawasannya.

vhr "sesat" maitreya? LOL.. emang gw lebih percaya theravada, tp ortu aliran maitreya.
tiap chue yit dan cap goh makan vege..walau ga suka, haha. di aliran theravada kan ga mengharuskan vege.
dl pernah ikut acara vhr, tp yahhh gt deh..kurang tertarik. hehe.

iya ini skrg lg tinggal di nagoya dan kerja di daerah tg uncang. emang situ di batam? tau daerah2 yg gw sebut? hehe

Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #144 on: 27 October 2012, 10:45:29 AM »
Ya begitulah kadang memang hubungan bisa terhalang berbagai macam kondisi. Inilah samsara. Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali berusaha melakukan yang terbaik namun tetap ikhlas terhadap hasilnya.

"What doesn't kill you makes you stranger" >:D
Kok stranger bkn stronger?

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #145 on: 27 October 2012, 10:46:20 AM »
nggak sih, ada pengalaman yang mirip.. tapi bedanya statusnya memang udah resmi putus.
makanya baca kisah ini.. jadi dejavu :P
Oh, Sang Mantan memberikan undangan yah? ;D


Kok stranger bkn stronger?
Iya, 'kan 2 sisi. Kalo ga stronger yah stranger. ;D

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #146 on: 27 October 2012, 10:50:56 AM »
Ketawa2, jangan2 Om Rubah pengalaman nih...?  /:)
;D

Jadi harus bagaimana ngomongnya?
"Sayangku, setelah setahun kita membina hubungan yang sangat baik-baik dan tanpa masalah, maka saya mengambil keputusan untuk menikah minggu depan ... dengan orang lain yang saya tidak suka, yang dengannya saya akan bermuram durja dan uring-uringan sepanjang hari. Mohon pengertiannya untuk fenomena yang lebih langka daripada komet Halley ini. Untuk info lebih lanjut, hubungi mantan calon mertua anda (i.e. ibu angkat saya).

P.S.: Dulu kita berencana nikah 5 tahun setelah pacaran, sekarang baru setahun, semoga sebelum jatuh tempo (4 tahun ke depan), saya sudah berhasil melakukan proses penceraian terhadap pernikahan yang akan dilakukan minggu depan ini."

LOL..gokil!! gw suka bgt ama kata2 bro ini. sah!!!

kdg terbesit, klo gw da tau dr awal, maybe gw akan terbang ke kampungnya, dan menghancurkan pestanya..yaa, masi belia dimaklumin dah, haha.
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #147 on: 27 October 2012, 10:51:48 AM »
Wkwkwk.... aku pny kata2 yg lbh bgs....
Sayank... sblm ngom aku mau minta maaf.  Tapi km janji ya ga bole marah.  Aku rasa hub kt ga bs ditruskan lg, karena aku dijodohkan dan aku menyetujuinya untuk menghormati ortu. Ini adalah murni pilihan ku. Smoga km mengerti. (Kmudian pergi berlalu meninggalkannya tanpa berbalik badan lg). *diiringi hembusan angin menggugurkan daun2*
plus iringan Musik yang menyayat hati.. pake biola.. zzz
drama banget si kelinci satu ini :))



Oh, Sang Mantan memberikan undangan yah? ;D
yeah.. awalnya dia sangat susah untuk mengemukakannya, dengan alasan takut menyakiti..
setelah didesak dan dipastikan : tenanglah, gw tidak akan kenapa2.. dia akhirnya ngomong.. dan baru kasih undangan..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #148 on: 27 October 2012, 10:54:34 AM »
LOL..gokil!! gw suka bgt ama kata2 bro ini. sah!!!

kdg terbesit, klo gw da tau dr awal, maybe gw akan terbang ke kampungnya, dan menghancurkan pestanya..yaa, masi belia dimaklumin dah, haha.
;D Jangan, justru harus merelakan. Kalau kita melakukan hal-hal yang tidak baik, walaupun mungkin sekarang bisa senang, tapi perbuatan jahat itu suatu saat akan kembali ke kita, apakah di kehidupan ini ataupun kehidupan selanjutnya. Yah, jadi anggap saja memang belum ada kamma baik untuk bisa bersama.

Dimohon dengan sangat, tolong jangan dipraktekkan masalah 4 tahun ke depan yah! ;D

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Ditinggal nikah karena pacar dijodohkan
« Reply #149 on: 27 October 2012, 10:56:07 AM »
;D Jangan, justru harus merelakan. Kalau kita melakukan hal-hal yang tidak baik, walaupun mungkin sekarang bisa senang, tapi perbuatan jahat itu suatu saat akan kembali ke kita, apakah di kehidupan ini ataupun kehidupan selanjutnya. Yah, jadi anggap saja memang belum ada kamma baik untuk bisa bersama.

Dimohon dengan sangat, tolong jangan dipraktekkan masalah 4 tahun ke depan yah! ;D
kalau sempat dipraktekkan.. ini benar gara2 ajaran sesat guru KK.. asli .. gw aja gak kepikiran :))
karma buruk sebagian dilimpahkan pada yang ngajar :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl