Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?  (Read 344261 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #105 on: 24 September 2010, 12:53:39 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg
Jadi sila tidak membunuh yah menjalankannya di waktu tertentu aja yah. Ga mungkin juga orang terus-terusan pegang pisau bunuhin semua orang, cuma kalo lagi senggang aja.

Nice...

MAin gitar relevasinya sama membunuh apa yah?
Emangnya merugikan orang lain ndak kan, lain dengan membunuh,
Gak nyambung relevansinya bro

relevansinya adalah sama2 pelanggaran vinaya, Bro.

Itu vinaya dari sekte teravada mana bro ?.
Lain sekte lain vinayanya

sekte theravada di seluruh dunia menjalankan ini
7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jika anda mengatakan bahwa vihara ekayana tidak melaksanakan aturan ini untuk para bhikkhunya, apakah anda berani mengatakan bahwa anda mewakili ekayana dalam hal ini? kami mungkin akan mengonfirmasi hal ini dengan Kepala Vihara

hehehe g nomaden lagi, ngapain g mewakili ekayana emang g megang jabatan apa sekarang. G bukan orang ormas sono, cuman dekat saja sama orang ormas sono, u tanya aja sendiri sama dia langsung ke kepala vihara, u protes secara langsung beramai ramai, lalu jawabnnya apa, dari pada cuman comentar di forum, sama aja bohong lar.

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #106 on: 24 September 2010, 12:54:16 PM »
hue hue karena sebagian member dc mempunyai pemikiran sempit seperti anda.
Bagi saya mah saya sudah kemana mana vihara teravada manapun udah pernah dikungjungi dan berbicara banyak bante.

Luar biasa! Sudah banyak berkunjung ke peternakan ayam dan banyak mencoba omelet kotoran ayam yah? Tidak heran.


 =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #107 on: 24 September 2010, 12:54:37 PM »
hue hue karena sebagian member dc mempunyai pemikiran sempit seperti anda.
Bagi saya mah saya sudah kemana mana vihara teravada manapun udah pernah dikungjungi dan berbicara banyak bante.

Luar biasa! Sudah banyak berkunjung ke peternakan ayam dan banyak mencoba omelet kotoran ayam yah? Tidak heran.

:)) gitu lar sama dengan anda yang mencoba LSY

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #108 on: 24 September 2010, 12:54:43 PM »
Bhante ngerokok ?  Baru denger gw... Yang kek gt uda pasti ga bener lah, mana ada bhikku terkenal yang ngerokok. Yang ngerokok cuma bhikku" ga niat doang wkwkwk...

kalau gak salah Ajahn Lee dalam biografinya tertulis bahwa beliau merokok

bukan ajan lee tp ajan mun

Online K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #109 on: 24 September 2010, 12:55:08 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #110 on: 24 September 2010, 12:56:18 PM »
Bhante ngerokok ?  Baru denger gw... Yang kek gt uda pasti ga bener lah, mana ada bhikku terkenal yang ngerokok. Yang ngerokok cuma bhikku" ga niat doang wkwkwk...

kalau gak salah Ajahn Lee dalam biografinya tertulis bahwa beliau merokok

bukan ajan lee tp ajan mun

hah, arahat ngerokok ? Bukankah ngerokok bikin ketagihan ? dan itu merupakan kemelekatan...

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #111 on: 24 September 2010, 12:57:29 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #112 on: 24 September 2010, 12:59:09 PM »
Bhante ngerokok ?  Baru denger gw... Yang kek gt uda pasti ga bener lah, mana ada bhikku terkenal yang ngerokok. Yang ngerokok cuma bhikku" ga niat doang wkwkwk...

kalau gak salah Ajahn Lee dalam biografinya tertulis bahwa beliau merokok

bukan ajan lee tp ajan mun

hah, arahat ngerokok ? Bukankah ngerokok bikin ketagihan ? dan itu merupakan kemelekatan...

ada dalam biografi ajan mun yg ditulis oleh maha boowa

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #113 on: 24 September 2010, 12:59:47 PM »
Halah, ga ada yang namanya bhante itu main gitar. Jangan dibiasain, kek tetangga. Mo jadi musisi ato anggota sangha ? Sekalian aja sono pindah ke tetangga yang ada konsernya kan lebih asyik... Jelas-jelas di paritta pancasila itu ada menghindari nyanyi-nyanyian, yahhhhh ini malah maen gitar...  =P~
Dia main gitar juga tau situasi kaleeeeeee.
G kan tau dia kayak gimana

tell me what u dont know :)

mungkin gak ngerti, tulung di terjemahin

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #114 on: 24 September 2010, 01:00:55 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #115 on: 24 September 2010, 01:02:09 PM »
Halah, ga ada yang namanya bhante itu main gitar. Jangan dibiasain, kek tetangga. Mo jadi musisi ato anggota sangha ? Sekalian aja sono pindah ke tetangga yang ada konsernya kan lebih asyik... Jelas-jelas di paritta pancasila itu ada menghindari nyanyi-nyanyian, yahhhhh ini malah maen gitar...  =P~
Dia main gitar juga tau situasi kaleeeeeee.
G kan tau dia kayak gimana

tell me what u dont know :)

mungkin gak ngerti, tulung di terjemahin

bank pur bilang dia tau bhikkhunya kyk gmn, jadi gw minta dikasih tau yang dia tidak tau ;D

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #116 on: 24 September 2010, 01:02:48 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.

benar, dalam kasus spt ini, biasanya yg bersangkutanlah yg harus mengklarifikasikan perbuatannya, melihat bahwa ybs cukup aktif di FB, adalah tidak masuk akal jika tidak bisa posting di sini

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #117 on: 24 September 2010, 01:03:26 PM »
Bhante ngerokok ?  Baru denger gw... Yang kek gt uda pasti ga bener lah, mana ada bhikku terkenal yang ngerokok. Yang ngerokok cuma bhikku" ga niat doang wkwkwk...

kalau gak salah Ajahn Lee dalam biografinya tertulis bahwa beliau merokok

bukan ajan lee tp ajan mun

hah, arahat ngerokok ? Bukankah ngerokok bikin ketagihan ? dan itu merupakan kemelekatan...

ada dalam biografi ajan mun yg ditulis oleh maha boowa


 :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-? :-?

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #118 on: 24 September 2010, 01:03:30 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot
bukan menghakimi, tapi bukti sudah ada yaitu fotonya, jangan bilang itu editan yak =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #119 on: 24 September 2010, 01:04:37 PM »
Halah, ga ada yang namanya bhante itu main gitar. Jangan dibiasain, kek tetangga. Mo jadi musisi ato anggota sangha ? Sekalian aja sono pindah ke tetangga yang ada konsernya kan lebih asyik... Jelas-jelas di paritta pancasila itu ada menghindari nyanyi-nyanyian, yahhhhh ini malah maen gitar...  =P~
Dia main gitar juga tau situasi kaleeeeeee.
G kan tau dia kayak gimana

tell me what u dont know :)

mungkin gak ngerti, tulung di terjemahin

bank pur bilang dia tau bhikkhunya kyk gmn, jadi gw minta dikasih tau yang dia tidak tau ;D

karena tidak dijawab berarti tidak ada yg dia tidak tau, aka dia Maha-Tahu, Maha-Tempe