Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?  (Read 340168 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #75 on: 24 September 2010, 12:34:22 PM »
Bhikkhu Buddhadasa = dari sekte mana bro?. U mesti tau atuh di thai kan banyak sekte si Bhikhu Buddhasa dari sekte mana teravada?. Asal U tau di Thai tuh aturan vinayanya tiap sekte Teravada beda - beda.
sepertinya sih therajana, jadi menurut aturan vihara bhante itu boleh bermain gitar dan bernyanyi?

tujuan seorang bhante itu bermain gitar dan bernyanyi itu apa? memuji Buddha?

edit : jadi apa bedanya seorang yang berlatih (Bhante) dengan umat awam? gak ada bedanya dong kalau sama2 boleh nyaniy2, main gitar, nanti boleh dong merokok, boleh dong satu atap dengan istri, boleh dong bermain kungfu, boleh dong pake topeng badut, boleh dong pake jam rolex, APA KATA DUNIA =))

hehehehe belom tau yah di Thailand, myanmar, dan Birma. bhantenya ada atau luangponya ngerokok yah ?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.566
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #76 on: 24 September 2010, 12:35:24 PM »
Jika bhikkhu itu dari Aliran Mahayana atau Tantrayana, maka silakan melanjutkan kehidupannya dengan tenang. Tapi jika bhikkhu itu dari Aliran Theravada, bersiap-siaplah untuk menerima kritik dan kecaman.

keliatan jubah satu guru dengan padpad ! =))

 _/\_


:)).  Silakan kritik ke orang nya langsung daripada komet di Forum :P

apakah orangnya member DC juga? siapakah? menjadi pembicaraan di forum sebagai konsekuensi dari perbuatannya adalah resiko yg harus ia terima, tidak semua bhikkhu mendapat kehormatan begini kan?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.566
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #77 on: 24 September 2010, 12:36:06 PM »
Bhikkhu Buddhadasa = dari sekte mana bro?. U mesti tau atuh di thai kan banyak sekte si Bhikhu Buddhasa dari sekte mana teravada?. Asal U tau di Thai tuh aturan vinayanya tiap sekte Teravada beda - beda.
sepertinya sih therajana, jadi menurut aturan vihara bhante itu boleh bermain gitar dan bernyanyi?

tujuan seorang bhante itu bermain gitar dan bernyanyi itu apa? memuji Buddha?

edit : jadi apa bedanya seorang yang berlatih (Bhante) dengan umat awam? gak ada bedanya dong kalau sama2 boleh nyaniy2, main gitar, nanti boleh dong merokok, boleh dong satu atap dengan istri, boleh dong bermain kungfu, boleh dong pake topeng badut, boleh dong pake jam rolex, APA KATA DUNIA =))

hehehehe belom tau yah di Thailand, myanmar, dan Birma. bhantenya ada atau luangponya ngerokok yah ?

tau sekali, dan sayangnya dalam vinaya memang tidak ada larangan merokok.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #78 on: 24 September 2010, 12:36:30 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #79 on: 24 September 2010, 12:37:12 PM »
Bhikkhu Buddhadasa = dari sekte mana bro?. U mesti tau atuh di thai kan banyak sekte si Bhikhu Buddhasa dari sekte mana teravada?. Asal U tau di Thai tuh aturan vinayanya tiap sekte Teravada beda - beda.
sepertinya sih therajana, jadi menurut aturan vihara bhante itu boleh bermain gitar dan bernyanyi?

tujuan seorang bhante itu bermain gitar dan bernyanyi itu apa? memuji Buddha?

edit : jadi apa bedanya seorang yang berlatih (Bhante) dengan umat awam? gak ada bedanya dong kalau sama2 boleh nyaniy2, main gitar, nanti boleh dong merokok, boleh dong satu atap dengan istri, boleh dong bermain kungfu, boleh dong pake topeng badut, boleh dong pake jam rolex, APA KATA DUNIA =))

hehehehe belom tau yah di Thailand, myanmar, dan Birma. bhantenya ada atau luangponya ngerokok yah ?

tau sekali, dan sayangnya dalam vinaya memang tidak ada larangan merokok.
Beda dong dengan pendapat RYU. Dia bilang ndak boleh tuh :P

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.566
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #80 on: 24 September 2010, 12:37:21 PM »
Tidak bermasalah bagi g, g kenal 2 orang bhante itu, selama g kenal mereka fine fine aja, ndak ada yang melanggar sila atau vinaya, so what gitu, bhante megang gitar, dia mau megang apa terserah. Yang paling muda g sebelumnya samanera pernah tuh berdebat sama g, udah gitu yah sudah lewat aja, ngobrol biasa santai malah bercanda pula ^_^. Bagi g mah ngak ada yang hal yang aneh bagi g. Lagi Pula lain vihara lain aturan, Diphoto itu G juga kenal Ketua PMVG Baru kan ?.

Photo tahunnya tahun ini yeh, itukan kalo ngak salah lagi acara retreat dharma, lah wong bhantenya punya hobi main gitar. Asal dia tidak bikin lagu Tidak sesuai dharma, lagi pula dia punya tanggung jawab terhadap Dian Dharma so what gitu lokh ?.
 

bold biru
kalau begitu boleh mendirikan vihara kemudian tentukan aturan sendiri, Vinaya boleh diabaikan :whistle:
100 vihara boleh 100 aturan ???
 _/\_

Hehehe baru tau yeh :D
U ndak tau Di Setiap sekte Teravada itu beda aturan, Apalagi indo, Tiap vihara ada aturannya sendiri, Contoh ekayana belum tentu sama kayak dhamachaka, belum tentu sama dengan kayak lodan, belum tentu sama dengan Lembang.
Tergantung kepala viharanya mau kembanginnye.

aturan vihara boleh beda, tp dalam hal pengendalian diri tentu sama toh...
Selama ini g kenal mereka Pengendalian Dirinya Ok, Tidak ada nyentuh wanita atau apapun, emang yang di photo pertama dan yang paling muda orangnya suka bercanda, tapi selama g kenal mereka kalau bahas dharma masih rasional, masih ada pengendalian dirinya, lagipula beliau berdua tahu kapan pegang gitar atau lainnya, yang muda bukan aliran tera dia tuh mempelajari lebih daplam Vajra keahliannya disono, kalau yang tua aliran tera, maha, vajra dia ngerti, kalo mau protes ama yang tua gampang, u datang aja ke dian dharma jam 10 pagi sampai jam 2, orangnya suka nyokol disono, u tanya kenapa bhante boleh megang, daripada nanya nanya di forumkan, :D

seorang yg tidak mampu menjalankan vinaya, bagaimana bisa anda bilang pengendalian dirinya ok?

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #81 on: 24 September 2010, 12:38:11 PM »
Jika bhikkhu itu dari Aliran Mahayana atau Tantrayana, maka silakan melanjutkan kehidupannya dengan tenang. Tapi jika bhikkhu itu dari Aliran Theravada, bersiap-siaplah untuk menerima kritik dan kecaman.

keliatan jubah satu guru dengan padpad ! =))

 _/\_


:)).  Silakan kritik ke orang nya langsung daripada komet di Forum :P

apakah orangnya member DC juga? siapakah? menjadi pembicaraan di forum sebagai konsekuensi dari perbuatannya adalah resiko yg harus ia terima, tidak semua bhikkhu mendapat kehormatan begini kan?

G tau vihara dia banyak umatnya yah, dimana vihara sepi umat hayoo, usaha dong supaya rame

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #82 on: 24 September 2010, 12:38:58 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg
Jadi sila tidak membunuh yah menjalankannya di waktu tertentu aja yah. Ga mungkin juga orang terus-terusan pegang pisau bunuhin semua orang, cuma kalo lagi senggang aja.

Nice...

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #83 on: 24 September 2010, 12:39:12 PM »
Tidak bermasalah bagi g, g kenal 2 orang bhante itu, selama g kenal mereka fine fine aja, ndak ada yang melanggar sila atau vinaya, so what gitu, bhante megang gitar, dia mau megang apa terserah. Yang paling muda g sebelumnya samanera pernah tuh berdebat sama g, udah gitu yah sudah lewat aja, ngobrol biasa santai malah bercanda pula ^_^. Bagi g mah ngak ada yang hal yang aneh bagi g. Lagi Pula lain vihara lain aturan, Diphoto itu G juga kenal Ketua PMVG Baru kan ?.

Photo tahunnya tahun ini yeh, itukan kalo ngak salah lagi acara retreat dharma, lah wong bhantenya punya hobi main gitar. Asal dia tidak bikin lagu Tidak sesuai dharma, lagi pula dia punya tanggung jawab terhadap Dian Dharma so what gitu lokh ?.
 

bold biru
kalau begitu boleh mendirikan vihara kemudian tentukan aturan sendiri, Vinaya boleh diabaikan :whistle:
100 vihara boleh 100 aturan ???
 _/\_

Hehehe baru tau yeh :D
U ndak tau Di Setiap sekte Teravada itu beda aturan, Apalagi indo, Tiap vihara ada aturannya sendiri, Contoh ekayana belum tentu sama kayak dhamachaka, belum tentu sama dengan kayak lodan, belum tentu sama dengan Lembang.
Tergantung kepala viharanya mau kembanginnye.

aturan vihara boleh beda, tp dalam hal pengendalian diri tentu sama toh...
Selama ini g kenal mereka Pengendalian Dirinya Ok, Tidak ada nyentuh wanita atau apapun, emang yang di photo pertama dan yang paling muda orangnya suka bercanda, tapi selama g kenal mereka kalau bahas dharma masih rasional, masih ada pengendalian dirinya, lagipula beliau berdua tahu kapan pegang gitar atau lainnya, yang muda bukan aliran tera dia tuh mempelajari lebih daplam Vajra keahliannya disono, kalau yang tua aliran tera, maha, vajra dia ngerti, kalo mau protes ama yang tua gampang, u datang aja ke dian dharma jam 10 pagi sampai jam 2, orangnya suka nyokol disono, u tanya kenapa bhante boleh megang, daripada nanya nanya di forumkan, :D

seorang yg tidak mampu menjalankan vinaya, bagaimana bisa anda bilang pengendalian dirinya ok?

Karena G kenal dia dekat, g pernah diskusi dharma sama dia, orangnya rasional kalo memberi jawaban

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #84 on: 24 September 2010, 12:39:25 PM »
Bhante ngerokok ?  Baru denger gw... Yang kek gt uda pasti ga bener lah, mana ada bhikku terkenal yang ngerokok. Yang ngerokok cuma bhikku" ga niat doang wkwkwk...

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.566
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #85 on: 24 September 2010, 12:39:45 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg

kalau anda umat Buddha bro, seharusnya anda paham bahwa Vinaya bagi bhikkhu adalah mengikat dan untuk dilaksanakan sepanjang ia menjadi bhikkhu. jangan2 menurut anda sila tidak melakukan hubungan sex juga hanya dilaksanakan pada waktu2 tertentu, dan pada waktu lainnya boleh, begitu kah?

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #86 on: 24 September 2010, 12:40:21 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg
Jadi sila tidak membunuh yah menjalankannya di waktu tertentu aja yah. Ga mungkin juga orang terus-terusan pegang pisau bunuhin semua orang, cuma kalo lagi senggang aja.

Nice...

MAin gitar relevasinya sama membunuh apa yah?
Emangnya merugikan orang lain ndak kan, lain dengan membunuh,
Gak nyambung relevansinya bro

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.566
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #87 on: 24 September 2010, 12:40:43 PM »
Bhante ngerokok ?  Baru denger gw... Yang kek gt uda pasti ga bener lah, mana ada bhikku terkenal yang ngerokok. Yang ngerokok cuma bhikku" ga niat doang wkwkwk...

kalau gak salah Ajahn Lee dalam biografinya tertulis bahwa beliau merokok

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.566
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #88 on: 24 September 2010, 12:41:27 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg
Jadi sila tidak membunuh yah menjalankannya di waktu tertentu aja yah. Ga mungkin juga orang terus-terusan pegang pisau bunuhin semua orang, cuma kalo lagi senggang aja.

Nice...

MAin gitar relevasinya sama membunuh apa yah?
Emangnya merugikan orang lain ndak kan, lain dengan membunuh,
Gak nyambung relevansinya bro

relevansinya adalah sama2 pelanggaran vinaya, Bro.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #89 on: 24 September 2010, 12:41:44 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg

kalau anda umat Buddha bro, seharusnya anda paham bahwa Vinaya bagi bhikkhu adalah mengikat dan untuk dilaksanakan sepanjang ia menjadi bhikkhu. jangan2 menurut anda sila tidak melakukan hubungan sex juga hanya dilaksanakan pada waktu2 tertentu, dan pada waktu lainnya boleh, begitu kah?

Relevansinya main gitar sama membunuh apa relevansinya
Emangnya main gitar memperkosa orang ?
Awa awa wae tidak relevan hubungannya atuh