Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?  (Read 358946 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #135 on: 24 September 2010, 01:18:01 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

waktu saya lebih berguna jika digunakan untuk hal-hal lain daripada ngurusin bhikkhu yg tuna budaya

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #136 on: 24 September 2010, 01:18:24 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
masalah ijin meng ijin repottt dong...

kalau saya mau tampilin wajah jes**, saya harus nelepon ke nomor berapa? untuk minta ijin
Samma Vayama

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #137 on: 24 September 2010, 01:20:23 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
masalah ijin meng ijin repottt dong...

kalau saya mau tampilin wajah jes**, saya harus nelepon ke nomor berapa? untuk minta ijin


ijin sudah diberikan oleh pemilik foto dengan membuka akses kepada umum untuk melihat foto2nya

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #138 on: 24 September 2010, 01:22:21 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.

jika melihat melalui Facebook di mana semua orang bisa mengakses foto itu tanpa harus friend, sptnya tidak ada masalah jika foto itu juga ditampilkan di sini. kecuali jika digunakan untuk tujuan komersial

Tidak bermasalah ditampilkan tapi subjek berita dengan gambar tidak sinkron aja, dari jenis threadnya nanya Bhante boleh main gitar menurut hinaya dan aliran sekte teravada?. Hasil kontra kan, yah sudah kalau kontra, daripada kita debat secara benar kagaknya, tanya sama orangnya langsung alesannya, daripada asumsi sendiri, begitu kalau peneliti kerja, tidak pakai asumsi sendiri ?.
Kotra itu pasti, Pro pasti, Tapi jgan pake asumsi sendiri menentukan bener salahnya orang , jangan main hakim sendiri itu aja

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #139 on: 24 September 2010, 01:23:28 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

waktu saya lebih berguna jika digunakan untuk hal-hal lain daripada ngurusin bhikkhu yg tuna budaya
memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #140 on: 24 September 2010, 01:25:35 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.

jika melihat melalui Facebook di mana semua orang bisa mengakses foto itu tanpa harus friend, sptnya tidak ada masalah jika foto itu juga ditampilkan di sini. kecuali jika digunakan untuk tujuan komersial

Tidak bermasalah ditampilkan tapi subjek berita dengan gambar tidak sinkron aja, dari jenis threadnya nanya Bhante boleh main gitar menurut hinaya dan aliran sekte teravada?. Hasil kontra kan, yah sudah kalau kontra, daripada kita debat secara benar kagaknya, tanya sama orangnya langsung alesannya, daripada asumsi sendiri, begitu kalau peneliti kerja, tidak pakai asumsi sendiri ?.
Kotra itu pasti, Pro pasti, Tapi jgan pake asumsi sendiri menentukan bener salahnya orang , jangan main hakim sendiri itu aja

sebelum anda bergabung dalam thread ini, kami memang sedang mendiskusikan mengenai boleh atau tidak boleh, karena kebetulan hampir semua yg di sini tidak mengenal bhikkhu itu. andalah yg mulai memberikan pembelaan terhadap oknumnya. jadi justru anda sendirilah yg memulai kontroversi ini.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #141 on: 24 September 2010, 01:26:16 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
kalau soal jantan, dengan membuat thread ini juga sudah membuktikan aye jantan kok, kaga pake klonengan2 buat bikin ginian, ingin tahu pendapat kalian semua mengenai hal ini daripada disimpan dalam hati unek2 melihat prilaku bhante sekarang yang semakin lama kok begitu menggambarkan ajaran Buddha yang SANGAT BENAR seperti main gitar, main Pesbuk dll =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #142 on: 24 September 2010, 01:26:27 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

waktu saya lebih berguna jika digunakan untuk hal-hal lain daripada ngurusin bhikkhu yg tuna budaya
memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya

apakah anda mengatakan bahwa "Di indonesia tidak ada bhikkhu theravada yg berbudaya?" mohon konfirmasi anda.

Offline lykim176

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 236
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #143 on: 24 September 2010, 01:27:11 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
masalah ijin meng ijin repottt dong...

kalau saya mau tampilin wajah jes**, saya harus nelepon ke nomor berapa? untuk minta ijin

bukan begitu, orang itu juga khan punya pengikutnya. biasanya kalo umat awam ketemu dengan dia dan bertutur kata pasti dengan nada hormat. nah sebagai umat awam, masa didepannya hormat dibelakangnya begitu.
atau kalo ts nemunya di fb, liat2 dulu dong itu vihara yg mana selidikin juga sektenya apa. theravada apa bukan... ini dari bajunya keliatan bukan, pasangnya dithread theravada. seorang biksu itu biasanya ada pengikutnya maen di konfrontir aja disini.
Dunia tidak runtuh dari langit

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #144 on: 24 September 2010, 01:31:02 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.

jika melihat melalui Facebook di mana semua orang bisa mengakses foto itu tanpa harus friend, sptnya tidak ada masalah jika foto itu juga ditampilkan di sini. kecuali jika digunakan untuk tujuan komersial

Tidak bermasalah ditampilkan tapi subjek berita dengan gambar tidak sinkron aja, dari jenis threadnya nanya Bhante boleh main gitar menurut hinaya dan aliran sekte teravada?. Hasil kontra kan, yah sudah kalau kontra, daripada kita debat secara benar kagaknya, tanya sama orangnya langsung alesannya, daripada asumsi sendiri, begitu kalau peneliti kerja, tidak pakai asumsi sendiri ?.
Kotra itu pasti, Pro pasti, Tapi jgan pake asumsi sendiri menentukan bener salahnya orang , jangan main hakim sendiri itu aja

sebelum anda bergabung dalam thread ini, kami memang sedang mendiskusikan mengenai boleh atau tidak boleh, karena kebetulan hampir semua yg di sini tidak mengenal bhikkhu itu. andalah yg mulai memberikan pembelaan terhadap oknumnya. jadi justru anda sendirilah yg memulai kontroversi ini.
Membela Oknum,  emangnya g digaji beliau, g menyampaikan jangan main obsesi sendiri, Wajar forum mau pro mau kontra, boleh dong kalo Pro, masak ngak boleh :D, mau counter juga bolehkan, gak dilarang, selama g kenal sama orangnya, kan tidak ada paksaan

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #145 on: 24 September 2010, 01:32:11 PM »
Kalo fb sih, boleh" aja karena salah satu media penyebaran dhamma asal jangan OVER EXIST...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #146 on: 24 September 2010, 01:32:31 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

waktu saya lebih berguna jika digunakan untuk hal-hal lain daripada ngurusin bhikkhu yg tuna budaya
memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya
mantap bleh =))

berarti bhiku di indo tidak berbudaya semua =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline lykim176

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 236
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #147 on: 24 September 2010, 01:32:54 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
kalau soal jantan, dengan membuat thread ini juga sudah membuktikan aye jantan kok, kaga pake klonengan2 buat bikin ginian, ingin tahu pendapat kalian semua mengenai hal ini daripada disimpan dalam hati unek2 melihat prilaku bhante sekarang yang semakin lama kok begitu menggambarkan ajaran Buddha yang SANGAT BENAR seperti main gitar, main Pesbuk dll =))
tapi biasanya khan kalo ketemu yang bersangkutan kita manut2 aja. dibelakang baru koar2 uneg2 yg ada.
Dunia tidak runtuh dari langit

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #148 on: 24 September 2010, 01:33:21 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
masalah ijin meng ijin repottt dong...

kalau saya mau tampilin wajah jes**, saya harus nelepon ke nomor berapa? untuk minta ijin

bukan begitu, orang itu juga khan punya pengikutnya. biasanya kalo umat awam ketemu dengan dia dan bertutur kata pasti dengan nada hormat. nah sebagai umat awam, masa didepannya hormat dibelakangnya begitu.
atau kalo ts nemunya di fb, liat2 dulu dong itu vihara yg mana selidikin juga sektenya apa. theravada apa bukan... ini dari bajunya keliatan bukan, pasangnya dithread theravada. seorang biksu itu biasanya ada pengikutnya maen di konfrontir aja disini.
katanya dian dharma, itu vihara apaan?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #149 on: 24 September 2010, 01:33:37 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

waktu saya lebih berguna jika digunakan untuk hal-hal lain daripada ngurusin bhikkhu yg tuna budaya
memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya

apakah anda mengatakan bahwa "Di indonesia tidak ada bhikkhu theravada yg berbudaya?" mohon konfirmasi anda.

Budaya mana dulu ?. Budaya Indonesia, kalo Budaya indonesia, semua bhante bilangnya budaya indonesia.. Maksud owe Berbudaya kayak apa dulu, satu buat Budaya ente, Mana ada