Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: referensi sutta soal makhluk alam lain lupa/ingat dgn kehidupan sebelumnya  (Read 5446 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Berawal dari pembahasan di milis SP bertopik: Kenapa kita LUPA setelah TUMIMBAL LAHIR?!

http://groups.yahoo.com/group/samaggiphala/message/98413

Saya ringkas sedikit disini:

Quote
pertanyaan:
Kalo kesadaran dan/atau kelahiran kembali tidak ada jeda:
muncul-bertahan-lenyap ..maka kenapa saat terlahir kembali kita tidak pernah ingat?!
...dstnya ....

sy berspekulasi dengan menjawab:
Tidak ada penjelasan yg memadai soal LUPA ini bila dihubungkan dengan kesadaran
yg berkesinambungan/tanpa jeda. Apapun penjelasannya, dalam tingkatan ini, kita
mungkin hanya bisa berspekulasi dari paparan Dhamma yg ada.

Bbrp hal dominan yg menyebabkan manusia umumnya LUPA terhadap kehidupan
lampaunya sebelum kehidupan kini adalah:

1. Pada saat2 usia tua, kesadaran akan melemah secara bertahap(secara Abhidhamma mungkin bisa dijabarkan lbh jauh soal Cuti-Citta). Hal ini dapat dilihat dari orang2 tua yg mulai pikun dan bahkan tidak ingat sosok anaknya sendiri. Belum juga meninggal, ia sudah lupa sanna di kehidupannya saat ini.
2. Proses kematian itu sendiri yg cukup menyakitkan yg merupakan kondisi kuat untuk membenam semua sanna/ingatan selama kehidupan tsb (sanna tidak pernah bisa di delete, hanya tertutup oleh persitiwa lain yg lebih berkesan).
3. 9 Bulan di dalam kandungan, tanpa panca indera yg lengkap mengkondisikan kesadaran ibarat hibernate, hanya setitik cahaya yg vakum. Keadaan begini selama 9 bulan turut mengkondisikan ingatan 'terlupakan'.
4. Kelahiran kembali sejak bayi hingga menginjak dewasa. Saat2 pertumbuhan begini, kesadaran yg telah hibernate selama 9 bulan menerima signal2 baru dari ke 6 panca indera akan membenam ingatan lama semakin dalam. Kesadaran sibuk menerima kontak2 baru dan menimbun terus menerus Sanna segar baru.
..dstnya..

Tapi ada masukkan dari TS bahwa kelahiran di alam lainpun semua makhluk LUPA dengan kehidupan sebelumnya.

Pertanyaan yg ingin sy lempar disini adalah:

~ Apakah semua makhluk alam lain juga lupa dengan kehidupan lampaunya? Seingat saya ada cerita makhluk yg terlahir di alam peta masih mengingat sanak saudara nya yg masih hidup di alam sini (terkait dengan persembahan, dana perbuatan baik yg kita lakukan unt mereka, dsbnya..). Juga ada pemikiran soal mana yg lahir spontan (yg lebih mungkin mengingat kehidupan lampaunya) dan mana yg lahir lewat proses lebih lama (kandungan, kelembaban, telur) yg kemungkinan akan terkondisi untuk lupa dengan kehidupan lampaunya.

~ Jika ada, referensi sutta yg menjelaskan soal makhluk alam lain (dewa. peta, dll) sesungguhnya mereka lupa/ingat dengan kehidupan sebelumnya.

::
« Last Edit: 27 February 2011, 04:57:33 PM by williamhalim »
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Wah pos yg bgs bngt aku jg lg bertanya2 mengenai hal ini...♥·♡ τнänκ чöü ♥·♡ 

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Mereka yang terlahir sebagai dewa bisa mengingat kehidupan sebelumnya.

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Mereka yang terlahir sebagai dewa bisa mengingat kehidupan sebelumnya.
sebagai peta atau asura pun kan bisa juga kan?
kalau binatang mah kek nya nga bisa..
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Mereka yang terlahir sebagai dewa bisa mengingat kehidupan sebelumnya.

sebagai peta atau asura pun kan bisa juga kan?
kalau binatang mah kek nya nga bisa..

Anumodana atas infonya . Bisa bantu referensi beberapa suttta pendukung soal ini Bro?


::

Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
hasil googling, ternyata memang terdapat catatan Sutta yg menunjukkan bahwa umumnya kelahiran spontan (dalam contoh ini makhluk dewa) memang mengingat kehidupan sebelumnya.

Janavasabha Sutta (Digha Nikaya 18) yang mengisahkan kunjungan sosok yakkha
bernama Janavasabha, seorang penggiring Raja Vessavana (salah dari dari Empat
Raja Dewa di surga Catummaharajika), kepada Sang Buddha dan menyatakan dirinya
tak lain adalah Raja Bimbisara pada kehidupan sebelumnya. Yakkha Janavasabha
juga mengucapkan syair tentang ingatan kehidupan lampaunya sbb: Tujuh kelahiran
di sini dan tujuh di sana, empat belas kelahiran, Itu adalah jumlah kehidupan
yang dapat kuingat."

Dhammapada Atthakatha kita juga menemukan kisah semacam ini, misalnya kisah
Matthakundali dalam penjelasan syair ke-2 Dhammapada di mana Matthakundali yang
terlahir kembali di surga Tavatimsa karena keyakinannya kepada Sang Buddha
kembali ke alam manusia untuk menganjurkan ayahnya mengundang dan berdana
makanan kepada Sang Buddha.

Anathapindikovada Sutta (Majjhima Nikaya 143) dikisahkan bahwa setelah
mendengarkan uraian Dhamma dari YA Sariputta, Anathapindika yang terbaring sakit
akhirnya meninggal dunia dan terlahir kembali sebagai dewa di surga Tusita
kemudian kembali mengunjungi vihara Jetavana untuk memberikan penghormatan
kepada Sang Buddha, memuji kebijaksanaan YA Sariputta, dan mengungkapkan
kegembiraannya karena Sang Buddha dan para anggota Sangha berdiam di vihara
tersebut.

Demikian juga beberapa Sutta yg mencatat makhluk2 alam rendah yg turut
bersedih/gembira melihat tingkah laku sanak-saudara yg ditinggalkannya di
kehidupan alam manusia.

Jadi, IMO, makhluk2 yg terlahir secara spontan umumnya dapat mengingat kehidupan
lampaunya, namun tidak untuk makhluk2 yg terlahir secara non-spontan (termasuk
kita manusia). Penyebabnya karena hal2 yg telah kita coba spekulasikan dipostingan awal...

Mungkin ada hal2 yg perlu ditambahkan?

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: referensi sutta soal makhluk alam lain lupa/ingat dgn kehidupan sebelumnya
« Reply #6 on: 09 September 2011, 02:56:24 PM »
Iya, kenapa yah manusia jarang yang ingat kehidupan lampaunya ?

Kalau alasannya karena faktor sebelum kematian, bukankah preta- dewa - yaksa - bisa mengingatnya ?

Kalau alasannya karena 9 bulan dalam kandungan :
1. Alasan sebelum kematian dan usia tua yang bikin pikun telah terpatahkan oleh kisah kisah mengenai preta, yaksa dan dewa dan asura.

Oh iya, saya juga ingin tahu, Yaksa itu di urutan enam alam dia termasuk makhluk apa yah ?

2. Kenapa banyak umat Buddha yang menekuni meditasi dan mendalami anatta tapi kok hampir tidak ada yang mampu mengingat kehidupan lampau ?
Kemudian , walau ada yang dikatakan ingat kehidupan lampau, entah itu orang biasa atau bhikku atau rohaniawan sekte apapun, kok mereka tidak ingat bahasa kehidupan lampau ya ? sebab bukankah diantara semua ingatan justru bahasa lah yang paling diingat, contohnya saat orang kena amnesia ia lupa semua anggota keluarga, tapi nggak lupa bahasa indonesia .

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: referensi sutta soal makhluk alam lain lupa/ingat dgn kehidupan sebelumnya
« Reply #7 on: 09 September 2011, 03:02:41 PM »
Iya, kenapa yah manusia jarang yang ingat kehidupan lampaunya ?

Kalau alasannya karena faktor sebelum kematian, bukankah preta- dewa - yaksa - bisa mengingatnya ?

Kalau alasannya karena 9 bulan dalam kandungan :
1. Alasan sebelum kematian dan usia tua yang bikin pikun telah terpatahkan oleh kisah kisah mengenai preta, yaksa dan dewa dan asura.

Oh iya, saya juga ingin tahu, Yaksa itu di urutan enam alam dia termasuk makhluk apa yah ?

2. Kenapa banyak umat Buddha yang menekuni meditasi dan mendalami anatta tapi kok hampir tidak ada yang mampu mengingat kehidupan lampau ?
Kemudian , walau ada yang dikatakan ingat kehidupan lampau, entah itu orang biasa atau bhikku atau rohaniawan sekte apapun, kok mereka tidak ingat bahasa kehidupan lampau ya ? sebab bukankah diantara semua ingatan justru bahasa lah yang paling diingat, contohnya saat orang kena amnesia ia lupa semua anggota keluarga, tapi nggak lupa bahasa indonesia .

salah satu yg jadi pertanyaan gw...kalo ingat kehidupan masa lampau..apakah semua yang dipelajari di kehidupan lampau ga ingat ? jadi kan ga usah susah2 belajar lg di kehidupan skrg ;D
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: referensi sutta soal makhluk alam lain lupa/ingat dgn kehidupan sebelumnya
« Reply #8 on: 09 September 2011, 03:28:35 PM »
salah satu yg jadi pertanyaan gw...kalo ingat kehidupan masa lampau..apakah semua yang dipelajari di kehidupan lampau ga ingat ? jadi kan ga usah susah2 belajar lg di kehidupan skrg ;D

masa ingat kehidupan lampau, tapi lupa apa yang dipelajari di-masa itu ? wkwkwkwk
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: referensi sutta soal makhluk alam lain lupa/ingat dgn kehidupan sebelumnya
« Reply #9 on: 09 September 2011, 04:16:50 PM »
Nah it
masa ingat kehidupan lampau, tapi lupa apa yang dipelajari di-masa itu ? wkwkwkwk

Nah , itu dia nih... kakak bikin saya tambah bertanya tanya....

Arahat bisa mengingat berapa kehidupan ? Berarti seharusnya semua bhikku Thailand atau Vietnam yang telah mencapai Arahat bisa beberapa macam bahasa dong, nggak cuma bahasa negaranya sendiri. Sebab selama ini tiap ceramah mesti pakai translator. Terutama banyak (maaf out of topic juga) para Tulku banyak yang cuma bisa bahasa Tibet aja.

Apalagi dikatakan bila meditasi tingkatanya udah mencapai kesucian bisa secara alamiah ingat kehidupan lampau....

Offline kamyapinus

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: referensi sutta soal makhluk alam lain lupa/ingat dgn kehidupan sebelumnya
« Reply #10 on: 21 November 2012, 08:41:20 PM »
Namo Sakya Muni Buddhaya.
Namo Amithaba Buddhaya.
Namo Avalokitesvara Bodhisatvaya.

Adakah yg tahu ttg Alaya Vinnana ?
Periksa dan pelajari di Surangama Sutta (Dharani).

Alaya vinnana adalah kesadaran ke 8 berfungsi sebagai gudang memori yg menyimpan semua perbuatan dari sebuah kehidupan individual.
Alaya vinnana jugalah yg menciptakan 7 kesadaran lainnya.
Secara ajaran Buddha, alayavinnana masuk dlm rahim ibu dan bergabung dgn telor dan sperma ditambah 4 unsur pokok menghasilkan
pertumbuhan janin baru. Karna begitu ada janin baru, maka segalanya "barang" baru, termasuk otak/memori dr janin tersebutpun baru.
Oleh sebab inilah kita tak mampu mengingat kehidupan lampau,karna kita menggunakan badan yg baru dgn ingatan yg cuma terbatas pada kehidupan baru ini.
Seseorang bisa mengingat kehidupan lampau tergantung pada bakat bawaan sebelumnya. Dia mampu memicu ingatan masa lampau yg tersimpan dlm memory
alayavinnana. Biasanya org ini bukan org biasa.
Dengan mendalami pengetahuan Alayavinnana,mempraktekan semua ajaran Buddha terutama putusnya kemelekatan di panca skandha, dia sudah mendekati perenungan kepada sang pencipta (alayavinnana).Karna kammapun disimpan dlm alayavinnana baru bisa menjalankan kamma secara adil dan benar.

Semoga membantu.

Amithofo.
Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
May all beings be happy

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: referensi sutta soal makhluk alam lain lupa/ingat dgn kehidupan sebelumnya
« Reply #11 on: 21 November 2012, 08:46:46 PM »
welcome eternalist