Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?  (Read 342098 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #195 on: 24 September 2010, 10:53:55 PM »
lagian bhikkhu bergitar salah kamar yak. bukan theravada kan?
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #196 on: 24 September 2010, 10:56:20 PM »
lagian bhikkhu bergitar salah kamar yak. bukan theravada kan?

dugaan sih theravada tapi sebelum ada konfirmasi sebaliknya, biarin di sini aja dulu

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #197 on: 24 September 2010, 11:06:39 PM »
nyanabhadra itu dari thich nhat hanh, jadi bukan theravada. lagian yang pertama juga bukan theravada kan?
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #198 on: 24 September 2010, 11:08:19 PM »

kalo kata satria bergitar sungguh therlalu =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #199 on: 24 September 2010, 11:13:46 PM »
nyanabhadra itu dari thich nhat hanh, jadi bukan theravada. lagian yang pertama juga bukan theravada kan?
denger2 yg gambarnya di atas itu theravada, tapi not sure juga sih. di banyak tempat mbah google ada nyebutin Bhikkhu, Bhante, Shin untuk orang ini, kalau dari panggilan sepertinya theravada jebolan Myanmar
« Last Edit: 24 September 2010, 11:29:45 PM by Indra »

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #200 on: 25 September 2010, 04:00:46 AM »
Untuk soal "kadang-kadang", silakan lanjutkan di sini:

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=18101.0
appamadena sampadetha

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #201 on: 25 September 2010, 08:59:00 AM »
sudah berkali2 saya menanyakan kepada the All-knowing Cheerleader, tapi tidak pernah dijawab.
Karena Bro GM Kainyn menggunakan sebutan yg sama, maka saya bertanya kepada Saudara Bro GM Kainyn, apakah arti HINAYA itu?
Singkatnya:
Hinaya diduga adalah peraturan yang diwariskan oleh Buddha pada setiap wihara. Kalau wiharanya banyak pohon jambu misalnya, bisa ditambahkan hinaya: bhikkhu ga boleh manjat-manjat.
Hinaya juga lebih moderat dan bisa dilanggar asalkan jangan melanggarnya terus-menerus. Misalnya kalau ada umat bawa PSP, bolehlah bhikkhu pinjam sebentar untuk main. Tapi mainnya ga boleh terus-terusan.
Yang paling menarik, hinaya tidak dilanggar jika tidak merugikan orang lain, misalnya: perkosa orang. Jadi kalau "berhubungan" atas dasar suka sama suka, tidak melakukannya terus-terusan (mungkin batasnya 1-2 ronde), itu tidak apa-apa.

Demikianlah dugaan singkat mengenai "Hinaya". Konon yang tidak setuju dengan hal demikian, memiliki pemikiran sempit.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #202 on: 25 September 2010, 09:15:15 AM »
Mohon kepada rekan2 sekalian, thread ini didedikasikan untuk bhikkhu bergitar, untuk bhikkhu merokok silahkan buka topik baru atau lanjutkan topik lama
Boleh aja atuh kan yang pertama membahas rokok siape, Ndak ada larangan lar

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #203 on: 25 September 2010, 09:19:25 AM »
sudah berkali2 saya menanyakan kepada the All-knowing Cheerleader, tapi tidak pernah dijawab.
Karena Bro GM Kainyn menggunakan sebutan yg sama, maka saya bertanya kepada Saudara Bro GM Kainyn, apakah arti HINAYA itu?
Singkatnya:
Hinaya diduga adalah peraturan yang diwariskan oleh Buddha pada setiap wihara. Kalau wiharanya banyak pohon jambu misalnya, bisa ditambahkan hinaya: bhikkhu ga boleh manjat-manjat.
Hinaya juga lebih moderat dan bisa dilanggar asalkan jangan melanggarnya terus-menerus. Misalnya kalau ada umat bawa PSP, bolehlah bhikkhu pinjam sebentar untuk main. Tapi mainnya ga boleh terus-terusan.
Yang paling menarik, hinaya tidak dilanggar jika tidak merugikan orang lain, misalnya: perkosa orang. Jadi kalau "berhubungan" atas dasar suka sama suka, tidak melakukannya terus-terusan (mungkin batasnya 1-2 ronde), itu tidak apa-apa.

Demikianlah dugaan singkat mengenai "Hinaya". Konon yang tidak setuju dengan hal demikian, memiliki pemikiran sempit.
Bro kenyataan Hinaya Teravada, mahayana dan vajrayana sekarang ini berbeda, so wajarlah sesuai dengan sekte masing masing, di teravada seluruh dunia terdapat 15 sekte, u sebenarnya tidak bermasalah menyampaikan tersebut, karena satu hal Sekarang budhism dijalani tuh sudah budhism ikut trend. Trend apa tuh di jalani, cuman ada 1 sekte teravada sekte tradisi Bhutan itu ada di myanmar menganggap dirinya paling murni, karena mereka hidup di hutan, dan masih nyeker, tidak tersentuh teknologi, dan juga tidak menerima orang asing sembarangan.
Intinya tiap hinaya sekte tuh berbeda tergantung Sesepuhnya kalo Di teravada, sudah tidak ada lagi hinaya versi Buddha lagi.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #204 on: 25 September 2010, 09:21:51 AM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

waktu saya lebih berguna jika digunakan untuk hal-hal lain daripada ngurusin bhikkhu yg tuna budaya
memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya

apakah anda mengatakan bahwa "Di indonesia tidak ada bhikkhu theravada yg berbudaya?" mohon konfirmasi anda.

Bro Purnama, mohon anda menjawab pertanyaan saya di atas

Saya jawab yah Budaya apa dulu saya tanya.
Budaya Myanmar, Budaya Kamboja, budaya Laos, Budaya Thailand, Budaya Birma, Budaya Srilangka, semua ngak sama beda bro. Sudah saya jawab kan

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #205 on: 25 September 2010, 09:29:47 AM »

Bro kenyataan Hinaya Teravada, mahayana dan vajrayana sekarang ini berbeda, so wajarlah sesuai dengan sekte masing masing, di teravada seluruh dunia terdapat 15 sekte, u sebenarnya tidak bermasalah menyampaikan tersebut, karena satu hal Sekarang budhism dijalani tuh sudah budhism ikut trend. Trend apa tuh di jalani, cuman ada 1 sekte teravada sekte tradisi Bhutan itu ada di myanmar menganggap dirinya paling murni, karena mereka hidup di hutan, dan masih nyeker, tidak tersentuh teknologi, dan juga tidak menerima orang asing sembarangan.
Intinya tiap hinaya sekte tuh berbeda tergantung Sesepuhnya kalo Di teravada, sudah tidak ada lagi hinaya versi Buddha lagi.

Maka saya persilahkan Bro Purnama untuk menunjukkan sekte Theravada yang tidak ikut Kanon Pali.
Kalau antar mazhab seperti Mahayana dan Tantrayana, sudah tentu berbeda.



Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #206 on: 25 September 2010, 09:30:00 AM »
Tak kasih info nih karena owe mau kerja dulu. Sibuk urusin debat ginian, besok owe lanjut.
Kenyataan Fakta yang ada soal budaya dan aGama Buddha. Khususnya teravada yang g mau bahas, kemarin mahayana melulukan, giliran teravada nanti g hbahas, g beberapa hari lampau g obrol masalah Aliran sekte Budhism seluruh dunia dengan Ivan taniputera, beliau sendiri menyadari tidak ada lagi yang namanya konsep pemurnian sekte teravada, mahayana, vajrayana.Anda harus ketahui, teravada sekarang sudah seperti Masa 1000 tahun lampau,
Masih murni, sekrang sudah tidak ada, Mazab aliran teravda sudah berpefgang pada ajaran sesepuh masing masing, tergantung dari mazab apa dia, myamar, birma, thailand itu sudah berbeda, aturan dan vinaya berbeda aturan beda abudaya, dan beda cara sudah lain, oleh karena itu Bro ivan taniputera dan kawan kawan budhis lain nantinya mau buat buku Aliran Buddhism di Dunia,
Termasuk sekte teravada, sekalipun nyata harus diterima kalau bicara budaya dalam Teravada, Budaya mana dulu. tidak semudah anda kira, walau ada kemiripan, tapi sebenarnya banyak perbedaan.
Dah yah. besok lanjuttttttt.

bold hitam
anda hanya membahas saja dijadikan patokan/referensi utk menyatakan banyak perbedaan antara sekte sehingga Hinaya juga berbeda =))

 _/\_


Hue hue g punya refrensinya u ndak punya :P

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #207 on: 25 September 2010, 09:31:39 AM »

Bro kenyataan Hinaya Teravada, mahayana dan vajrayana sekarang ini berbeda, so wajarlah sesuai dengan sekte masing masing, di teravada seluruh dunia terdapat 15 sekte, u sebenarnya tidak bermasalah menyampaikan tersebut, karena satu hal Sekarang budhism dijalani tuh sudah budhism ikut trend. Trend apa tuh di jalani, cuman ada 1 sekte teravada sekte tradisi Bhutan itu ada di myanmar menganggap dirinya paling murni, karena mereka hidup di hutan, dan masih nyeker, tidak tersentuh teknologi, dan juga tidak menerima orang asing sembarangan.
Intinya tiap hinaya sekte tuh berbeda tergantung Sesepuhnya kalo Di teravada, sudah tidak ada lagi hinaya versi Buddha lagi.

Maka saya persilahkan Bro Purnama untuk menunjukkan sekte Theravada yang tidak ikut Kanon Pali.
Kalau antar mazhab seperti Mahayana dan Tantrayana, sudah tentu berbeda.



Kanon pali jaman sekarang tuh udah ngak murni lagi, ada yang ngalamin perkembangannya. Intinya bukan Dari Kanon Palinya tapi hinaya aturannya, Lain buku, Lain aturan

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #208 on: 25 September 2010, 09:31:44 AM »
Hue hue g punya refrensinya u ndak punya :P
Diskusi itu hendaknya memaparkan referensi, bukan kepemilikan referensi.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #209 on: 25 September 2010, 09:34:57 AM »
Sebetulnya TS hanya membahas vinaya tentang bhikkhu boleh atau tidak main gitar. Tidak ada upaya untuk menghakimi atau mengubah cara hidup si bhikkhu tersebut. Kenapa sepertinya ada cheerleader yang sewot sendiri yah? Mengenai pribadinya juga dibahas untuk mengetahui benarkah itu dari mazhab Theravada, bukan untuk membahas bagaimana sifatnya, seperti yang dibahas sang cheerleader yang maha-tahu.

Soal foto yang dipublikasikan, itu adalah tanggung jawab pemilik foto. Sama seperti jika orang publikasi sembarangan nomor telpon, maka jika dia ditelpon oleh orang yang melihat publikasi nomor, itu sudah konsekwensinya. Tidak bisa mengatakan, "itu tidak etis."


Sebetulnya TS hanya membahas vinaya tentang bhikkhu boleh atau tidak main gitar. Tidak ada upaya untuk menghakimi atau mengubah cara hidup si bhikkhu tersebut. Kenapa sepertinya ada cheerleader yang sewot sendiri yah? Mengenai pribadinya juga dibahas untuk mengetahui benarkah itu dari mazhab Theravada, bukan untuk membahas bagaimana sifatnya, seperti yang dibahas sang cheerleader yang maha-tahu.

Soal foto yang dipublikasikan, itu adalah tanggung jawab pemilik foto. Sama seperti jika orang publikasi sembarangan nomor telpon, maka jika dia ditelpon oleh orang yang melihat publikasi nomor, itu sudah konsekwensinya. Tidak bisa mengatakan, "itu tidak etis."




iya yang anehnya, masing2 vihara katanya vinayanya beda, semua bhante theravada tidak berbudaya, jadi kemana2 =))

Cheerleder ???, Owe mah cuman koment bikin rame aja, bosan kan bahas LSY sama maitreya tyussss.

Siapa yang nyatakan Bhante teravada tidak berbudaya you kan semestinya u jawab indra, bukan g :P