Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?  (Read 342333 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #120 on: 24 September 2010, 01:05:33 PM »
Bhante ngerokok ?  Baru denger gw... Yang kek gt uda pasti ga bener lah, mana ada bhikku terkenal yang ngerokok. Yang ngerokok cuma bhikku" ga niat doang wkwkwk...

kalau gak salah Ajahn Lee dalam biografinya tertulis bahwa beliau merokok

bukan ajan lee tp ajan mun

hah, arahat ngerokok ? Bukankah ngerokok bikin ketagihan ? dan itu merupakan kemelekatan...

apakah ada Arahat yg melekat?

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #121 on: 24 September 2010, 01:05:42 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #122 on: 24 September 2010, 01:06:28 PM »
MAin gitar relevasinya sama membunuh apa yah?
Emangnya merugikan orang lain ndak kan, lain dengan membunuh,
Gak nyambung relevansinya bro

Relevansinya adalah 2-2-nya sama-sama ada dalam peraturan sila yang dijalani oleh bhikkhu, DAN keduanya bukan dijalankan hanya sewaktu-waktu, namun terus-menerus selama menjadi bhikkhu.
Peraturan sila dari Sekte teravada mana dulu?
Begini saja, coba anda jelaskan di sini sekte Theravada mana yang vinayanya tidak ada mengatur tentang bermusik atau yang peraturannya hanya belaku di waktu tertentu saja.

Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu
kalau bisa undang ke sini, biar selain main gitar, juga bisa debat disini jadi khan ada vinaya yang membedakan juga dari vihara lain (boleh debat di forum) =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #123 on: 24 September 2010, 01:08:04 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #124 on: 24 September 2010, 01:08:22 PM »
Bhante ngerokok ?  Baru denger gw... Yang kek gt uda pasti ga bener lah, mana ada bhikku terkenal yang ngerokok. Yang ngerokok cuma bhikku" ga niat doang wkwkwk...

kalau gak salah Ajahn Lee dalam biografinya tertulis bahwa beliau merokok

bukan ajan lee tp ajan mun

hah, arahat ngerokok ? Bukankah ngerokok bikin ketagihan ? dan itu merupakan kemelekatan...

apakah ada Arahat yg melekat?

Oleh karena itu, orang yang merokok pasti akan ketagihan ? Apa dia hanya merokok sekali2 ? atau mau bilang dia merokok terus tapi tidak melekat ?

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #125 on: 24 September 2010, 01:08:28 PM »
die sedang menyelami apa yg pangeran sidharta alami..
jika senar bla..bla..bla.. maka bla..bla..bla...
nampaknya anda belum mengerti, apa itu vinaya dan apa itu fungsi vinaya, tidak heran banyak orang berkubang dalam lumpur
Samma Vayama

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #126 on: 24 September 2010, 01:09:36 PM »
Bhante ngerokok ?  Baru denger gw... Yang kek gt uda pasti ga bener lah, mana ada bhikku terkenal yang ngerokok. Yang ngerokok cuma bhikku" ga niat doang wkwkwk...

kalau gak salah Ajahn Lee dalam biografinya tertulis bahwa beliau merokok

bukan ajan lee tp ajan mun

hah, arahat ngerokok ? Bukankah ngerokok bikin ketagihan ? dan itu merupakan kemelekatan...

apakah ada Arahat yg melekat?

Oleh karena itu, orang yang merokok pasti akan ketagihan ? Apa dia hanya merokok sekali2 ? atau mau bilang dia merokok terus tapi tidak melekat ?
dalam buku tidak dituliskan frekuensi merokoknya Bro, menurut anda apakah makan juga melekat?

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #127 on: 24 September 2010, 01:10:19 PM »
Halah, ga ada yang namanya bhante itu main gitar. Jangan dibiasain, kek tetangga. Mo jadi musisi ato anggota sangha ? Sekalian aja sono pindah ke tetangga yang ada konsernya kan lebih asyik... Jelas-jelas di paritta pancasila itu ada menghindari nyanyi-nyanyian, yahhhhh ini malah maen gitar...  =P~
Dia main gitar juga tau situasi kaleeeeeee.
G kan tau dia kayak gimana

tell me what u dont know :)

mungkin gak ngerti, tulung di terjemahin

bank pur bilang dia tau bhikkhunya kyk gmn, jadi gw minta dikasih tau yang dia tidak tau ;D

:P. Emangnya g bayangannya dia, tau semua, dan tidak tau semua :P.
G cuman deket aja, tau sifatnya aja, perilaku dia kepada umat - umat aja.
Selama ini orangnya rasional, ramah, dan juga orangnya juga kredibel dalam membababarkan dharma, memang g tau dia hobinya main gitar, tapi ngak salah dia juga sendiri tau sila dan vinaya juga kok, ada saat tertentu saja dia itu main gitar, tdk sering atau kecanduan kok

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #128 on: 24 September 2010, 01:10:38 PM »
Makan adalah kebutuhan untuk mempertahankan hidup... Merokok itu untuk mempertahankan hidup ?

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #129 on: 24 September 2010, 01:11:16 PM »
MAin gitar relevasinya sama membunuh apa yah?
Emangnya merugikan orang lain ndak kan, lain dengan membunuh,
Gak nyambung relevansinya bro

Relevansinya adalah 2-2-nya sama-sama ada dalam peraturan sila yang dijalani oleh bhikkhu, DAN keduanya bukan dijalankan hanya sewaktu-waktu, namun terus-menerus selama menjadi bhikkhu.
Peraturan sila dari Sekte teravada mana dulu?
Begini saja, coba anda jelaskan di sini sekte Theravada mana yang vinayanya tidak ada mengatur tentang bermusik atau yang peraturannya hanya belaku di waktu tertentu saja.

Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu
kalau bisa undang ke sini, biar selain main gitar, juga bisa debat disini jadi khan ada vinaya yang membedakan juga dari vihara lain (boleh debat di forum) =))

Nah itu lebih bagus sama kayak hudoyo di undang, mau ngak bahas sama kita, daripada sewot sendiri

Offline lykim176

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 236
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #130 on: 24 September 2010, 01:13:01 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
Dunia tidak runtuh dari langit

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #131 on: 24 September 2010, 01:13:45 PM »
Makan adalah kebutuhan untuk mempertahankan hidup... Merokok itu untuk mempertahankan hidup ?

bagi seorang yg tubuhnya sudah beradaptasi dengan nikotin, rokok juga adalah kebutuhan untuk mempertahankan hidup. tapi topik merokok ini sudah pernah dibahas, atau anda silahkan buka topik baru jika ingin mendiskusikan hal ini, agar tidak OOT

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #132 on: 24 September 2010, 01:14:45 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #133 on: 24 September 2010, 01:15:16 PM »
Makan adalah kebutuhan untuk mempertahankan hidup... Merokok itu untuk mempertahankan hidup ?

bagi seorang yg tubuhnya sudah beradaptasi dengan nikotin, rokok juga adalah kebutuhan untuk mempertahankan hidup. tapi topik merokok ini sudah pernah dibahas, atau anda silahkan buka topik baru jika ingin mendiskusikan hal ini, agar tidak OOT

Ok, sorry jd OOT  ;D ...

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #134 on: 24 September 2010, 01:16:21 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.

jika melihat melalui Facebook di mana semua orang bisa mengakses foto itu tanpa harus friend, sptnya tidak ada masalah jika foto itu juga ditampilkan di sini. kecuali jika digunakan untuk tujuan komersial