Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?  (Read 342129 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #150 on: 24 September 2010, 01:34:15 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
masalah ijin meng ijin repottt dong...

kalau saya mau tampilin wajah jes**, saya harus nelepon ke nomor berapa? untuk minta ijin

bukan begitu, orang itu juga khan punya pengikutnya. biasanya kalo umat awam ketemu dengan dia dan bertutur kata pasti dengan nada hormat. nah sebagai umat awam, masa didepannya hormat dibelakangnya begitu.
atau kalo ts nemunya di fb, liat2 dulu dong itu vihara yg mana selidikin juga sektenya apa. theravada apa bukan... ini dari bajunya keliatan bukan, pasangnya dithread theravada. seorang biksu itu biasanya ada pengikutnya maen di konfrontir aja disini.
saya rasakan, apa yg anda rasakan.
Tp betul menurut saudara indra, jika beliau memajang fotonya di fesbuknya, dan semua orang(bukan temannya) bisa melihat, berarti itu foto untuk konsumsi publik.  dan harus siap dengan segala konsekuensi nya.

Mau mazhab mana pun, mengetahui dan meyakini pada era ii adalah era gotama
dan semu mazhab yg ada menghormati buddha dhamma sanggha,
begitu pula dgn vinaya yg ada.
saya harap anda mulai mengerti alurnya.

Memang hal tersebut seperti sepele... akhh biku cuma pegang gitar dan maen gitar...
masih untung gak megang dada cewe... dengan muka yg merah.

Kalo pola pikir anda seperti itu, wah... saya tidak tahu harus bahagia atau kasihan terhadap anda
Samma Vayama

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #151 on: 24 September 2010, 01:35:04 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
masalah ijin meng ijin repottt dong...

kalau saya mau tampilin wajah jes**, saya harus nelepon ke nomor berapa? untuk minta ijin

bukan begitu, orang itu juga khan punya pengikutnya. biasanya kalo umat awam ketemu dengan dia dan bertutur kata pasti dengan nada hormat. nah sebagai umat awam, masa didepannya hormat dibelakangnya begitu.
atau kalo ts nemunya di fb, liat2 dulu dong itu vihara yg mana selidikin juga sektenya apa. theravada apa bukan... ini dari bajunya keliatan bukan, pasangnya dithread theravada. seorang biksu itu biasanya ada pengikutnya maen di konfrontir aja disini.
katanya dian dharma, itu vihara apaan?
sepertinya yg sering nerbitin buku juga mas..
penerbit Dian Dharma
Samma Vayama

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #152 on: 24 September 2010, 01:35:58 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

waktu saya lebih berguna jika digunakan untuk hal-hal lain daripada ngurusin bhikkhu yg tuna budaya
memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya
mantap bleh =))

berarti bhiku di indo tidak berbudaya semua =))
tinggal hitung ajak, lumayan banyak lokh

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #153 on: 24 September 2010, 01:36:31 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
kalau soal jantan, dengan membuat thread ini juga sudah membuktikan aye jantan kok, kaga pake klonengan2 buat bikin ginian, ingin tahu pendapat kalian semua mengenai hal ini daripada disimpan dalam hati unek2 melihat prilaku bhante sekarang yang semakin lama kok begitu menggambarkan ajaran Buddha yang SANGAT BENAR seperti main gitar, main Pesbuk dll =))
tapi biasanya khan kalo ketemu yang bersangkutan kita manut2 aja. dibelakang baru koar2 uneg2 yg ada.
gw bukan type gitu, kalau menurut gw salah ya salah lah, ngapain di hormat segala.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #154 on: 24 September 2010, 01:37:33 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
kalau soal jantan, dengan membuat thread ini juga sudah membuktikan aye jantan kok, kaga pake klonengan2 buat bikin ginian, ingin tahu pendapat kalian semua mengenai hal ini daripada disimpan dalam hati unek2 melihat prilaku bhante sekarang yang semakin lama kok begitu menggambarkan ajaran Buddha yang SANGAT BENAR seperti main gitar, main Pesbuk dll =))
tapi biasanya khan kalo ketemu yang bersangkutan kita manut2 aja. dibelakang baru koar2 uneg2 yg ada.
saya dan kawan2 saya, tidak begitu...
dan seingat saya dalam sebuah sutta pun ada, percakapan antara bhagava dgn siapa...

Setelah ia (umat) nmengetahui tindakannya bla..bla..bla.. tidak sesuai dengan bla..bla..bla..
maka tinggalkanlah.

Dan anda janga heran, vihara yg banyak umatnya itu, rata2 ngak ada isinya, cuma kosmetik doang
Samma Vayama

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #155 on: 24 September 2010, 01:39:00 PM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

waktu saya lebih berguna jika digunakan untuk hal-hal lain daripada ngurusin bhikkhu yg tuna budaya
memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya
mantap bleh =))

berarti bhiku di indo tidak berbudaya semua =))
tinggal hitung ajak, lumayan banyak lokh
bedakan dengan : lumayan banyak dengan tidak ada
anda mengatakan begitu berarti bagi anda B. pannavaro, B. Uttamo dll itu tidak berbudaya.

hebat bener.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #156 on: 24 September 2010, 01:42:15 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
masalah ijin meng ijin repottt dong...

kalau saya mau tampilin wajah jes**, saya harus nelepon ke nomor berapa? untuk minta ijin

bukan begitu, orang itu juga khan punya pengikutnya. biasanya kalo umat awam ketemu dengan dia dan bertutur kata pasti dengan nada hormat. nah sebagai umat awam, masa didepannya hormat dibelakangnya begitu.
atau kalo ts nemunya di fb, liat2 dulu dong itu vihara yg mana selidikin juga sektenya apa. theravada apa bukan... ini dari bajunya keliatan bukan, pasangnya dithread theravada. seorang biksu itu biasanya ada pengikutnya maen di konfrontir aja disini.
katanya dian dharma, itu vihara apaan?
sepertinya yg sering nerbitin buku juga mas..
penerbit Dian Dharma
search di gugle, Vihara Ekayana, itu sekte apa?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #157 on: 24 September 2010, 01:43:52 PM »
Tak kasih info nih karena owe mau kerja dulu. Sibuk urusin debat ginian, besok owe lanjut.
Kenyataan Fakta yang ada soal budaya dan aGama Buddha. Khususnya teravada yang g mau bahas, kemarin mahayana melulukan, giliran teravada nanti g hbahas, g beberapa hari lampau g obrol masalah Aliran sekte Budhism seluruh dunia dengan Ivan taniputera, beliau sendiri menyadari tidak ada lagi yang namanya konsep pemurnian sekte teravada, mahayana, vajrayana.
Anda harus ketahui, teravada sekarang sudah seperti Masa 1000 tahun lampau,
Masih murni, sekrang sudah tidak ada, Mazab aliran teravda sudah berpefgang pada ajaran sesepuh masing masing, tergantung dari mazab apa dia, myamar, birma, thailand itu sudah berbeda, aturan dan vinaya berbeda aturan beda abudaya, dan beda cara sudah lain, oleh karena itu Bro ivan taniputera dan kawan kawan budhis lain nantinya mau buat buku Aliran Buddhism di Dunia,
Termasuk sekte teravada, sekalipun nyata harus diterima kalau bicara budaya dalam Teravada, Budaya mana dulu. tidak semudah anda kira, walau ada kemiripan, tapi sebenarnya banyak perbedaan.
Dah yah. besok lanjuttttttt.

Offline lykim176

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 236
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #158 on: 24 September 2010, 01:44:34 PM »
ya udahlah, saya juga gak tau itu baju dari sekte apa, dian dharma itu vihara apa. saya juga gak tau kalo foto dipasang di fb itu kalo dicomot taro dithread lain itu aturan maennya gimana, etikanya gimana. yg pasti saya jadi ngeri juga kalo pasang poto di fb, nanti di edit2 sama orang jadi aneh2 trus disebarin gak bisa dituntut lagi orangnya.
ok deh, masalah foto bodo amat dulu, karena kurangnya pengetahun(tapi ju2r saya masih merasa kurang etis), kalo menurut saya bhikkhu itu denger musik, biar musik buddhis pun kalo bisa jangan, gak perlu bawa2 kaset atau cd2 lagu buddhis terus minta disetelin waktu dianter pake mobil sama umat.
Dunia tidak runtuh dari langit

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #159 on: 24 September 2010, 01:46:20 PM »
Paling tidak dari mereka ada yang ngak cocok dengan bhante bhante lain kan.
Kalau berbudaya mah semua akur, justru di indo, Vihara tera satu dengan lainnya lain bendera, lain masalah, lain cara, belum tentu satu sama lain akur. he hehehehee

Offline lykim176

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 236
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #160 on: 24 September 2010, 01:48:38 PM »
ngapain pake dimunculin segala poto-nya. TS udah ijin belum sama pribadi yg bersangkutan, saya merasa TS nya kurang beretika kalo belum dapet ijin. lebih baik ketika berkumpul begitu ditanya langsung sama biksunya, jawabannya apa baru posting disini. skalian minta ijin supaya potonya di muat, itu baru jantan.
kalau soal jantan, dengan membuat thread ini juga sudah membuktikan aye jantan kok, kaga pake klonengan2 buat bikin ginian, ingin tahu pendapat kalian semua mengenai hal ini daripada disimpan dalam hati unek2 melihat prilaku bhante sekarang yang semakin lama kok begitu menggambarkan ajaran Buddha yang SANGAT BENAR seperti main gitar, main Pesbuk dll =))
tapi biasanya khan kalo ketemu yang bersangkutan kita manut2 aja. dibelakang baru koar2 uneg2 yg ada.
saya dan kawan2 saya, tidak begitu...
dan seingat saya dalam sebuah sutta pun ada, percakapan antara bhagava dgn siapa...

Setelah ia (umat) nmengetahui tindakannya bla..bla..bla.. tidak sesuai dengan bla..bla..bla..
maka tinggalkanlah.

Dan anda janga heran, vihara yg banyak umatnya itu, rata2 ngak ada isinya, cuma kosmetik doang
bagus kalo kamu dan kawan2mu itu tidak begitu
Dunia tidak runtuh dari langit

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #161 on: 24 September 2010, 01:50:44 PM »
Kalo tentang sekte" mah udah banyak artikel maupun buku yang bahas...

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #162 on: 24 September 2010, 01:51:11 PM »
"Bhante" yang sedang dibahas ini memang kontroversial. Selain main gitar dan bernyanyi sambil duduk bersebelahan dengan wanita, terlihat di album fotonya bahwa dia mengoleksi banyak foto-foto wanita, menyibukkan diri dalam acara santai seperti kumpul muda-mudi, cukup narsis untuk difoto, dan juga aktif bermain Facebook. 

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.749
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #163 on: 24 September 2010, 01:51:33 PM »
nanti boleh dong merokok
ini ya?




setahu saya, di thai, ada 2 aliran theravada, dhammayutta nikaya dan mahanikaya. salah satunya boleh ngerokok. cmiiw.

"A cross-sectional study was conducted from June to December, 2003 among Thai Buddhist monks in 4 provinces of the central region (Nonthaburi, Pathum Thani, Saraburi and Chai Nat) and in 4 provinces of the eastern region (Chachoengsao, Rayong, Trat, and Sa Kaeo) of Thailand. Data were collected using face to face interviews, questionnaires, and physical examination reports (weight, height, heart rate, blood pressure, etc) as the research tools. This study focused on sociodemographics, history of illness, and smoking behavior. The proportion of the cigarette smoking was 47.6% of the total of 920 Buddhist monks. The age group 20-34 years, Maha Nikaya section and Public temple were the majority of the study subjects."
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15916063
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #164 on: 24 September 2010, 01:53:36 PM »
ya udahlah, saya juga gak tau itu baju dari sekte apa, dian dharma itu vihara apa. saya juga gak tau kalo foto dipasang di fb itu kalo dicomot taro dithread lain itu aturan maennya gimana, etikanya gimana. yg pasti saya jadi ngeri juga kalo pasang poto di fb, nanti di edit2 sama orang jadi aneh2 trus disebarin gak bisa dituntut lagi orangnya.
ok deh, masalah foto bodo amat dulu, karena kurangnya pengetahun(tapi ju2r saya masih merasa kurang etis), kalo menurut saya bhikkhu itu denger musik, biar musik buddhis pun kalo bisa jangan, gak perlu bawa2 kaset atau cd2 lagu buddhis terus minta disetelin waktu dianter pake mobil sama umat.

itu resiko nempel foto sembarangan di publik.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))