Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?  (Read 350986 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

Offline lykim176

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 236
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #210 on: 25 September 2010, 09:35:39 AM »
Sebetulnya TS hanya membahas vinaya tentang bhikkhu boleh atau tidak main gitar. Tidak ada upaya untuk menghakimi atau mengubah cara hidup si bhikkhu tersebut. Kenapa sepertinya ada cheerleader yang sewot sendiri yah? Mengenai pribadinya juga dibahas untuk mengetahui benarkah itu dari mazhab Theravada, bukan untuk membahas bagaimana sifatnya, seperti yang dibahas sang cheerleader yang maha-tahu.


Soal foto yang dipublikasikan, itu adalah tanggung jawab pemilik foto. Sama seperti jika orang publikasi sembarangan nomor telpon, maka jika dia ditelpon oleh orang yang melihat publikasi nomor, itu sudah konsekwensinya. Tidak bisa mengatakan, "itu tidak etis."
cheerleadernya itu siapa ya? trus knapa dibilang cheerleader?
« Last Edit: 25 September 2010, 09:37:51 AM by lykim176 »
Dunia tidak runtuh dari langit

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #211 on: 25 September 2010, 09:36:41 AM »
Cheerleder ???, Owe mah cuman koment bikin rame aja, bosan kan bahas LSY sama maitreya tyussss.

Siapa yang nyatakan Bhante teravada tidak berbudaya you kan semestinya u jawab indra, bukan g :P

memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #212 on: 25 September 2010, 09:39:35 AM »
Hue hue g punya refrensinya u ndak punya :P
Diskusi itu hendaknya memaparkan referensi, bukan kepemilikan referensi.


Kepemilikan refrensi dari siapa ?, G dapat dari buku lor, dari wiki, juga dari dikasih tau beberapa bhante tera, lagi pula g mau minjam refrensi si ivan ndak masalah lah wong udah kenal, karena sering diskusi sejarah, mau minjem buku dia ngak masalah, Tinggal pilih mau peneliti budhis benaran, g kenalin dekh, biar tau sebenarnya apa yang terjadi dengan budhism sekarang

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #213 on: 25 September 2010, 09:43:17 AM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

waktu saya lebih berguna jika digunakan untuk hal-hal lain daripada ngurusin bhikkhu yg tuna budaya
memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya

apakah anda mengatakan bahwa "Di indonesia tidak ada bhikkhu theravada yg berbudaya?" mohon konfirmasi anda.

Bro Purnama, mohon anda menjawab pertanyaan saya di atas

Saya jawab yah Budaya apa dulu saya tanya.
Budaya Myanmar, Budaya Kamboja, budaya Laos, Budaya Thailand, Budaya Birma, Budaya Srilangka, semua ngak sama beda bro. Sudah saya jawab kan

Budaya yg sama dengan budaya yg anda maksudkan dalam pernyataan anda ini "Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya"

dalam pernyataan anda, budaya manakah yg anda maksudkan?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #214 on: 25 September 2010, 09:45:40 AM »
astaga ... another padpad

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #215 on: 25 September 2010, 09:46:14 AM »
cheerleadernya itu siapa ya? trus knapa dibilang cheerleader?
Yang bisa mengetahui bathin si bhante dan tahu persis bahwa bhante itu tidak pernah melanggar vinaya.

Dikatakan cheerleader karena alasan sederhana: memeriahkan suasana.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #216 on: 25 September 2010, 09:49:07 AM »
Kepemilikan refrensi dari siapa ?, G dapat dari buku lor, dari wiki, juga dari dikasih tau beberapa bhante tera, lagi pula g mau minjam refrensi si ivan ndak masalah lah wong udah kenal, karena sering diskusi sejarah, mau minjem buku dia ngak masalah, Tinggal pilih mau peneliti budhis benaran, g kenalin dekh, biar tau sebenarnya apa yang terjadi dengan budhism sekarang
Contoh memaparkan referensi:
Menurut Brahmajala Sutta, Digha Nikaya 1, tidak bersenang-senang dalam kesenangan indriah seperti musik adalah sila yang dijalani Bhikkhu.


Contoh memaparkan kepemilikan referensi:
"Gue punya Brahmajala Sutta, loe ga punya!"


Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #217 on: 25 September 2010, 10:06:50 AM »
Sebetulnya TS hanya membahas vinaya tentang bhikkhu boleh atau tidak main gitar. Tidak ada upaya untuk menghakimi atau mengubah cara hidup si bhikkhu tersebut. Kenapa sepertinya ada cheerleader yang sewot sendiri yah? Mengenai pribadinya juga dibahas untuk mengetahui benarkah itu dari mazhab Theravada, bukan untuk membahas bagaimana sifatnya, seperti yang dibahas sang cheerleader yang maha-tahu.

Soal foto yang dipublikasikan, itu adalah tanggung jawab pemilik foto. Sama seperti jika orang publikasi sembarangan nomor telpon, maka jika dia ditelpon oleh orang yang melihat publikasi nomor, itu sudah konsekwensinya. Tidak bisa mengatakan, "itu tidak etis."


Sebetulnya TS hanya membahas vinaya tentang bhikkhu boleh atau tidak main gitar. Tidak ada upaya untuk menghakimi atau mengubah cara hidup si bhikkhu tersebut. Kenapa sepertinya ada cheerleader yang sewot sendiri yah? Mengenai pribadinya juga dibahas untuk mengetahui benarkah itu dari mazhab Theravada, bukan untuk membahas bagaimana sifatnya, seperti yang dibahas sang cheerleader yang maha-tahu.

Soal foto yang dipublikasikan, itu adalah tanggung jawab pemilik foto. Sama seperti jika orang publikasi sembarangan nomor telpon, maka jika dia ditelpon oleh orang yang melihat publikasi nomor, itu sudah konsekwensinya. Tidak bisa mengatakan, "itu tidak etis."




iya yang anehnya, masing2 vihara katanya vinayanya beda, semua bhante theravada tidak berbudaya, jadi kemana2 =))

Cheerleder ???, Owe mah cuman koment bikin rame aja, bosan kan bahas LSY sama maitreya tyussss.

Siapa yang nyatakan Bhante teravada tidak berbudaya you kan semestinya u jawab indra, bukan g :P

sebaiknya anda memikirkan dulu apa yg mau ditulis, supaya apa yg anda tuliskan sesuai dengan tata bahasa dan tidak membingungkan pembaca. bukankah anda pernah memberikan tips2 bagaimana menulis yg benar di forum ini juga?

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #218 on: 25 September 2010, 10:07:50 AM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

waktu saya lebih berguna jika digunakan untuk hal-hal lain daripada ngurusin bhikkhu yg tuna budaya
memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya

apakah anda mengatakan bahwa "Di indonesia tidak ada bhikkhu theravada yg berbudaya?" mohon konfirmasi anda.

Bro Purnama, mohon anda menjawab pertanyaan saya di atas

Saya jawab yah Budaya apa dulu saya tanya.
Budaya Myanmar, Budaya Kamboja, budaya Laos, Budaya Thailand, Budaya Birma, Budaya Srilangka, semua ngak sama beda bro. Sudah saya jawab kan

Budaya yg sama dengan budaya yg anda maksudkan dalam pernyataan anda ini "Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya"

dalam pernyataan anda, budaya manakah yg anda maksudkan?
Budaya Sopan Santun, saling menghormati :P.  Di Indo tuh bhantenya tuh satu sama lainnya saling menyindir tuh

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #219 on: 25 September 2010, 10:10:13 AM »
ebaiknya anda memikirkan dulu apa yg mau ditulis, supaya apa yg anda tuliskan sesuai dengan tata bahasa dan tidak membingungkan pembaca. bukankah anda pernah memberikan tips2 bagaimana menulis yg benar di forum ini juga?
.
Jawab
Ini status koment toh, bukan resmi, Komentar yah terserah, kalau resmi lain, g statusnya bukan narasumber, kalo narasumber beda lagi lar, disini pakai bahasa santaikan, jadi santai saja

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #220 on: 25 September 2010, 10:12:48 AM »
Pernyataan awal:
"memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya"

Perkembangan kemudian:
"tinggal hitung ajak, lumayan banyak lokh"

Perkembangan hari ini:
"Siapa yang nyatakan Bhante teravada tidak berbudaya you kan semestinya u jawab indra, bukan g :P"



WOWW!!! :o :o :o
Konsisten banget, bang!! :o *still shocked*
appamadena sampadetha

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #221 on: 25 September 2010, 10:13:10 AM »
At Indra kok endak tanya Ryu padahal dia sendiri bedalor dari anda contoh
yang soal rokok, yang memancing kan anda bukan saya, penyataan bro ryu Bhante tidak boleh rokok, Pernyataan anda  boleh merokok, Jelas berdua membuat pernyataan hinaya teravada sama, kok soal rokok aja bisa berbeda yah, ini menandakan bahwa hinaya u berdua itu tidak sama. kok ngak ditanya yah ?.

Kedua Soal peryataan Bhante Teravada Tidak berbudaya bukan g lagi yang bikin pernyataan, tapi Ryu, kenapa anda tanya saya soal Bhante Teravada yang tidak berbudaya, tanya dong dia, masa tanya saya terus, bosen larrr

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #222 on: 25 September 2010, 10:13:38 AM »
Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Di sini kita kritik bukan untuk mengubah dia, tetapi sekadar memberikan opini bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan sutta-vinaya.
Soal ketemu orangnya, bukan tidak berani, tapi saya tidak punya urusan mengunjungi petapa palsu yang tidak mau melepas kesenangan indrawi.
Jangan menghakimi orang sebelum menanyainya langsung, kalau main hakim sendiri, itu namanya menuduh, daripada menuduh lebih baik tanya orangnya langsung,
Gituuu aja repot

tidak ada yg mein hakim di sini, gambar memang sangat jelas memperlihatkan seorang bhikkhu yg sedang main gitar, apakah mungkin dia sedang bermeditasi dengan teknik baru?

Tanya sama orangnya lar dia lagi ngapain kalo main gitar itu?. Lagian Dia Orang jakarta, U ketempat dia gampang. Mau prstes atau mau tanya relevansinya main gitar dengan Buddha dharma itu apa ?. Apalagi hubungannya dengan Sekte Aliran Teravada Dan hinayanya ?. daripada simpang siur menghakimi orang sebelum menanyakan perihal dia seperti itu.

kok saya jadi tambah bodoh? orang yg lagi main gitar tentu saja sedang main gitar, bukankah begitu? apakah ada orang main gitar untuk tujuan lain selain main gitar? misalnya main gitar untuk makan?

saya tidak tertarik untuk ketemu orangnya, jika berita yg disampaikan di sini tidak benar, yang bersangkutan dipersilahkan untuk memberikan bantahan.

Kenapa tidak tertarik alasannya tinggal pilih:
1.Tdk ada wktu ketemu wawancara.
2. Petak umpet.
3. Emang g males ketemu dia.
4. Atau laennya.

Kalau mau undang saja orangnya atau kasih linknya ke dia u add dia, seperti add hudoyo, tanya langsung secara personal dan sopan aja, gampangkan

waktu saya lebih berguna jika digunakan untuk hal-hal lain daripada ngurusin bhikkhu yg tuna budaya
memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya

apakah anda mengatakan bahwa "Di indonesia tidak ada bhikkhu theravada yg berbudaya?" mohon konfirmasi anda.

Bro Purnama, mohon anda menjawab pertanyaan saya di atas

Saya jawab yah Budaya apa dulu saya tanya.
Budaya Myanmar, Budaya Kamboja, budaya Laos, Budaya Thailand, Budaya Birma, Budaya Srilangka, semua ngak sama beda bro. Sudah saya jawab kan

Budaya yg sama dengan budaya yg anda maksudkan dalam pernyataan anda ini "Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya"

dalam pernyataan anda, budaya manakah yg anda maksudkan?
Budaya Sopan Santun, saling menghormati :P.  Di Indo tuh bhantenya tuh satu sama lainnya saling menyindir tuh

TATIYAMPI:

apakah anda mengatakan bahwa "Di indonesia tidak ada bhikkhu theravada yg berbudaya?" mohon konfirmasi anda.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #223 on: 25 September 2010, 10:15:14 AM »
Pernyataan awal:
"memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya"

Perkembangan kemudian:
"tinggal hitung ajak, lumayan banyak lokh"

Perkembangan hari ini:
"Siapa yang nyatakan Bhante teravada tidak berbudaya you kan semestinya u jawab indra, bukan g :P"



WOWW!!! :o :o :o
Konsisten banget, bang!! :o *still shocked*
G cuman nanya ada yang berbudaya ndak, ?
Budaya jenis apa, siapa nyatakan tidak berbudaya hue hue, belum tentu juga, hehehe main kalimat lagi akh

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #224 on: 25 September 2010, 10:15:22 AM »
At Indra kok endak tanya Ryu padahal dia sendiri bedalor dari anda contoh
yang soal rokok, yang memancing kan anda bukan saya, penyataan bro ryu Bhante tidak boleh rokok, Pernyataan anda  boleh merokok, Jelas berdua membuat pernyataan hinaya teravada sama, kok soal rokok aja bisa berbeda yah, ini menandakan bahwa hinaya u berdua itu tidak sama. kok ngak ditanya yah ?.

Kedua Soal peryataan Bhante Teravada Tidak berbudaya bukan g lagi yang bikin pernyataan, tapi Ryu, kenapa anda tanya saya soal Bhante Teravada yang tidak berbudaya, tanya dong dia, masa tanya saya terus, bosen larrr

apakah anda membantah telah mengatakan hal ini?

memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya


memangnya bhiku yang berbudaya gimana?
Seperti siapa contohnya ?
Di Indo mana ada Bhiku Tera yang berbudaya

Bro Purnama,
pertama-tama anda mengeluarkan statement dengan gegabah,
kemudian ketika terdesak anda malah memperumit dengan menuding orang lain yg mengatakan.
saya menyarankan agar anda tidak mempermalukan diri anda lebih jauh lagi
« Last Edit: 25 September 2010, 10:19:36 AM by Indra »