Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?  (Read 350773 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #90 on: 24 September 2010, 12:42:23 PM »
Tidak bermasalah bagi g, g kenal 2 orang bhante itu, selama g kenal mereka fine fine aja, ndak ada yang melanggar sila atau vinaya, so what gitu, bhante megang gitar, dia mau megang apa terserah. Yang paling muda g sebelumnya samanera pernah tuh berdebat sama g, udah gitu yah sudah lewat aja, ngobrol biasa santai malah bercanda pula ^_^. Bagi g mah ngak ada yang hal yang aneh bagi g. Lagi Pula lain vihara lain aturan, Diphoto itu G juga kenal Ketua PMVG Baru kan ?.

Photo tahunnya tahun ini yeh, itukan kalo ngak salah lagi acara retreat dharma, lah wong bhantenya punya hobi main gitar. Asal dia tidak bikin lagu Tidak sesuai dharma, lagi pula dia punya tanggung jawab terhadap Dian Dharma so what gitu lokh ?.
 

bold biru
kalau begitu boleh mendirikan vihara kemudian tentukan aturan sendiri, Vinaya boleh diabaikan :whistle:
100 vihara boleh 100 aturan ???
 _/\_

Hehehe baru tau yeh :D
U ndak tau Di Setiap sekte Teravada itu beda aturan, Apalagi indo, Tiap vihara ada aturannya sendiri, Contoh ekayana belum tentu sama kayak dhamachaka, belum tentu sama dengan kayak lodan, belum tentu sama dengan Lembang.
Tergantung kepala viharanya mau kembanginnye.

aturan vihara boleh beda, tp dalam hal pengendalian diri tentu sama toh...
Selama ini g kenal mereka Pengendalian Dirinya Ok, Tidak ada nyentuh wanita atau apapun, emang yang di photo pertama dan yang paling muda orangnya suka bercanda, tapi selama g kenal mereka kalau bahas dharma masih rasional, masih ada pengendalian dirinya, lagipula beliau berdua tahu kapan pegang gitar atau lainnya, yang muda bukan aliran tera dia tuh mempelajari lebih daplam Vajra keahliannya disono, kalau yang tua aliran tera, maha, vajra dia ngerti, kalo mau protes ama yang tua gampang, u datang aja ke dian dharma jam 10 pagi sampai jam 2, orangnya suka nyokol disono, u tanya kenapa bhante boleh megang, daripada nanya nanya di forumkan, :D

seorang yg tidak mampu menjalankan vinaya, bagaimana bisa anda bilang pengendalian dirinya ok?

Karena G kenal dia dekat, g pernah diskusi dharma sama dia, orangnya rasional kalo memberi jawaban

mungkin rasional menurut anda. tetapi, kerasionalan anda pun saya ragukan, maaf...

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #91 on: 24 September 2010, 12:42:34 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg
Jadi sila tidak membunuh yah menjalankannya di waktu tertentu aja yah. Ga mungkin juga orang terus-terusan pegang pisau bunuhin semua orang, cuma kalo lagi senggang aja.

Nice...

MAin gitar relevasinya sama membunuh apa yah?
Emangnya merugikan orang lain ndak kan, lain dengan membunuh,
Gak nyambung relevansinya bro

relevansinya adalah sama2 pelanggaran vinaya, Bro.

Itu vinaya dari sekte teravada mana bro ?.
Lain sekte lain vinayanya

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #92 on: 24 September 2010, 12:42:42 PM »
MAin gitar relevasinya sama membunuh apa yah?
Emangnya merugikan orang lain ndak kan, lain dengan membunuh,
Gak nyambung relevansinya bro

Relevansinya adalah 2-2-nya sama-sama ada dalam peraturan sila yang dijalani oleh bhikkhu, DAN keduanya bukan dijalankan hanya sewaktu-waktu, namun terus-menerus selama menjadi bhikkhu.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #93 on: 24 September 2010, 12:43:18 PM »
Tidak bermasalah bagi g, g kenal 2 orang bhante itu, selama g kenal mereka fine fine aja, ndak ada yang melanggar sila atau vinaya, so what gitu, bhante megang gitar, dia mau megang apa terserah. Yang paling muda g sebelumnya samanera pernah tuh berdebat sama g, udah gitu yah sudah lewat aja, ngobrol biasa santai malah bercanda pula ^_^. Bagi g mah ngak ada yang hal yang aneh bagi g. Lagi Pula lain vihara lain aturan, Diphoto itu G juga kenal Ketua PMVG Baru kan ?.

Photo tahunnya tahun ini yeh, itukan kalo ngak salah lagi acara retreat dharma, lah wong bhantenya punya hobi main gitar. Asal dia tidak bikin lagu Tidak sesuai dharma, lagi pula dia punya tanggung jawab terhadap Dian Dharma so what gitu lokh ?.
 

bold biru
kalau begitu boleh mendirikan vihara kemudian tentukan aturan sendiri, Vinaya boleh diabaikan :whistle:
100 vihara boleh 100 aturan ???
 _/\_

Hehehe baru tau yeh :D
U ndak tau Di Setiap sekte Teravada itu beda aturan, Apalagi indo, Tiap vihara ada aturannya sendiri, Contoh ekayana belum tentu sama kayak dhamachaka, belum tentu sama dengan kayak lodan, belum tentu sama dengan Lembang.
Tergantung kepala viharanya mau kembanginnye.

aturan vihara boleh beda, tp dalam hal pengendalian diri tentu sama toh...
Selama ini g kenal mereka Pengendalian Dirinya Ok, Tidak ada nyentuh wanita atau apapun, emang yang di photo pertama dan yang paling muda orangnya suka bercanda, tapi selama g kenal mereka kalau bahas dharma masih rasional, masih ada pengendalian dirinya, lagipula beliau berdua tahu kapan pegang gitar atau lainnya, yang muda bukan aliran tera dia tuh mempelajari lebih daplam Vajra keahliannya disono, kalau yang tua aliran tera, maha, vajra dia ngerti, kalo mau protes ama yang tua gampang, u datang aja ke dian dharma jam 10 pagi sampai jam 2, orangnya suka nyokol disono, u tanya kenapa bhante boleh megang, daripada nanya nanya di forumkan, :D

seorang yg tidak mampu menjalankan vinaya, bagaimana bisa anda bilang pengendalian dirinya ok?

Karena G kenal dia dekat, g pernah diskusi dharma sama dia, orangnya rasional kalo memberi jawaban

mungkin rasional menurut anda. tetapi, kerasionalan anda pun saya ragukan, maaf...
Yah kalo gitu rasional anda pun saya ragukan _/\_, impas dong

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #94 on: 24 September 2010, 12:43:37 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg

kalau anda umat Buddha bro, seharusnya anda paham bahwa Vinaya bagi bhikkhu adalah mengikat dan untuk dilaksanakan sepanjang ia menjadi bhikkhu. jangan2 menurut anda sila tidak melakukan hubungan sex juga hanya dilaksanakan pada waktu2 tertentu, dan pada waktu lainnya boleh, begitu kah?

Relevansinya main gitar sama membunuh apa relevansinya
Emangnya main gitar memperkosa orang ?
Awa awa wae tidak relevan hubungannya atuh

relevansinya adalah sama2 pelanggaran vinaya, Bro. anda susah mengerti ya?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #95 on: 24 September 2010, 12:44:14 PM »
Tidak bermasalah bagi g, g kenal 2 orang bhante itu, selama g kenal mereka fine fine aja, ndak ada yang melanggar sila atau vinaya, so what gitu, bhante megang gitar, dia mau megang apa terserah. Yang paling muda g sebelumnya samanera pernah tuh berdebat sama g, udah gitu yah sudah lewat aja, ngobrol biasa santai malah bercanda pula ^_^. Bagi g mah ngak ada yang hal yang aneh bagi g. Lagi Pula lain vihara lain aturan, Diphoto itu G juga kenal Ketua PMVG Baru kan ?.

Photo tahunnya tahun ini yeh, itukan kalo ngak salah lagi acara retreat dharma, lah wong bhantenya punya hobi main gitar. Asal dia tidak bikin lagu Tidak sesuai dharma, lagi pula dia punya tanggung jawab terhadap Dian Dharma so what gitu lokh ?.
 

bold biru
kalau begitu boleh mendirikan vihara kemudian tentukan aturan sendiri, Vinaya boleh diabaikan :whistle:
100 vihara boleh 100 aturan ???
 _/\_

Hehehe baru tau yeh :D
U ndak tau Di Setiap sekte Teravada itu beda aturan, Apalagi indo, Tiap vihara ada aturannya sendiri, Contoh ekayana belum tentu sama kayak dhamachaka, belum tentu sama dengan kayak lodan, belum tentu sama dengan Lembang.
Tergantung kepala viharanya mau kembanginnye.

aturan vihara boleh beda, tp dalam hal pengendalian diri tentu sama toh...
Selama ini g kenal mereka Pengendalian Dirinya Ok, Tidak ada nyentuh wanita atau apapun, emang yang di photo pertama dan yang paling muda orangnya suka bercanda, tapi selama g kenal mereka kalau bahas dharma masih rasional, masih ada pengendalian dirinya, lagipula beliau berdua tahu kapan pegang gitar atau lainnya, yang muda bukan aliran tera dia tuh mempelajari lebih daplam Vajra keahliannya disono, kalau yang tua aliran tera, maha, vajra dia ngerti, kalo mau protes ama yang tua gampang, u datang aja ke dian dharma jam 10 pagi sampai jam 2, orangnya suka nyokol disono, u tanya kenapa bhante boleh megang, daripada nanya nanya di forumkan, :D

seorang yg tidak mampu menjalankan vinaya, bagaimana bisa anda bilang pengendalian dirinya ok?

Karena G kenal dia dekat, g pernah diskusi dharma sama dia, orangnya rasional kalo memberi jawaban

mungkin rasional menurut anda. tetapi, kerasionalan anda pun saya ragukan, maaf...
Yah kalo gitu rasional anda pun saya ragukan _/\_, impas dong

tidak apa2, hanya saja sebagian besar member mungkin lebih setuju dengan saya daripada anda

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #96 on: 24 September 2010, 12:44:32 PM »
MAin gitar relevasinya sama membunuh apa yah?
Emangnya merugikan orang lain ndak kan, lain dengan membunuh,
Gak nyambung relevansinya bro

Relevansinya adalah 2-2-nya sama-sama ada dalam peraturan sila yang dijalani oleh bhikkhu, DAN keduanya bukan dijalankan hanya sewaktu-waktu, namun terus-menerus selama menjadi bhikkhu.
Peraturan sila dari Sekte teravada mana dulu?

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #97 on: 24 September 2010, 12:45:18 PM »
Dari dulu juga itu vinaya uda dibilang, menghindari nyanyi-nyanyian.... Tiap sekte beda di aturan" tambahan, selebihnya mah mirip"

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #98 on: 24 September 2010, 12:45:59 PM »
Tidak bermasalah bagi g, g kenal 2 orang bhante itu, selama g kenal mereka fine fine aja, ndak ada yang melanggar sila atau vinaya, so what gitu, bhante megang gitar, dia mau megang apa terserah. Yang paling muda g sebelumnya samanera pernah tuh berdebat sama g, udah gitu yah sudah lewat aja, ngobrol biasa santai malah bercanda pula ^_^. Bagi g mah ngak ada yang hal yang aneh bagi g. Lagi Pula lain vihara lain aturan, Diphoto itu G juga kenal Ketua PMVG Baru kan ?.

Photo tahunnya tahun ini yeh, itukan kalo ngak salah lagi acara retreat dharma, lah wong bhantenya punya hobi main gitar. Asal dia tidak bikin lagu Tidak sesuai dharma, lagi pula dia punya tanggung jawab terhadap Dian Dharma so what gitu lokh ?.
 

bold biru
kalau begitu boleh mendirikan vihara kemudian tentukan aturan sendiri, Vinaya boleh diabaikan :whistle:
100 vihara boleh 100 aturan ???
 _/\_

Hehehe baru tau yeh :D
U ndak tau Di Setiap sekte Teravada itu beda aturan, Apalagi indo, Tiap vihara ada aturannya sendiri, Contoh ekayana belum tentu sama kayak dhamachaka, belum tentu sama dengan kayak lodan, belum tentu sama dengan Lembang.
Tergantung kepala viharanya mau kembanginnye.

aturan vihara boleh beda, tp dalam hal pengendalian diri tentu sama toh...
Selama ini g kenal mereka Pengendalian Dirinya Ok, Tidak ada nyentuh wanita atau apapun, emang yang di photo pertama dan yang paling muda orangnya suka bercanda, tapi selama g kenal mereka kalau bahas dharma masih rasional, masih ada pengendalian dirinya, lagipula beliau berdua tahu kapan pegang gitar atau lainnya, yang muda bukan aliran tera dia tuh mempelajari lebih daplam Vajra keahliannya disono, kalau yang tua aliran tera, maha, vajra dia ngerti, kalo mau protes ama yang tua gampang, u datang aja ke dian dharma jam 10 pagi sampai jam 2, orangnya suka nyokol disono, u tanya kenapa bhante boleh megang, daripada nanya nanya di forumkan, :D

seorang yg tidak mampu menjalankan vinaya, bagaimana bisa anda bilang pengendalian dirinya ok?

Karena G kenal dia dekat, g pernah diskusi dharma sama dia, orangnya rasional kalo memberi jawaban

mungkin rasional menurut anda. tetapi, kerasionalan anda pun saya ragukan, maaf...
Yah kalo gitu rasional anda pun saya ragukan _/\_, impas dong

tidak apa2, hanya saja sebagian besar member mungkin lebih setuju dengan saya daripada anda

hue hue karena sebagian member dc mempunyai pemikiran sempit seperti anda.
Bagi saya mah saya sudah kemana mana vihara teravada manapun udah pernah dikungjungi dan berbicara banyak bante.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #99 on: 24 September 2010, 12:46:51 PM »
MAin gitar relevasinya sama membunuh apa yah?
Emangnya merugikan orang lain ndak kan, lain dengan membunuh,
Gak nyambung relevansinya bro

Relevansinya adalah 2-2-nya sama-sama ada dalam peraturan sila yang dijalani oleh bhikkhu, DAN keduanya bukan dijalankan hanya sewaktu-waktu, namun terus-menerus selama menjadi bhikkhu.
Peraturan sila dari Sekte teravada mana dulu?
Begini saja, coba anda jelaskan di sini sekte Theravada mana yang vinayanya tidak ada mengatur tentang bermusik atau yang peraturannya hanya belaku di waktu tertentu saja.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #100 on: 24 September 2010, 12:47:10 PM »
Dari dulu juga itu vinaya uda dibilang, menghindari nyanyi-nyanyian.... Tiap sekte beda di aturan" tambahan, selebihnya mah mirip"

nyanyian kayak gimana. Lah wong dia cuman biasa biasa aja, kalo buat lagu juga ndak harus melagar sila seperti orang kira kok

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #101 on: 24 September 2010, 12:47:27 PM »
Bahkan seorang umat awam pun pada hari uposatha wajib melaksanakan atthasila yg salah satunya berbunyi:

7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jadi apakah Bhikkhu malah tidak menjalankan sila ini?


Menjalankan nya di waktu tertentu lar, u tanya saja sama orangnya, Dia emangnya terus -terusan megang gitar, cuman kalo waktu segang aja kale,.
Kalau memang waktunya dia harus jalan kan sila atau vinaya, setau g dijalanin kok, Dia main gitar juga liat situasi jg
Jadi sila tidak membunuh yah menjalankannya di waktu tertentu aja yah. Ga mungkin juga orang terus-terusan pegang pisau bunuhin semua orang, cuma kalo lagi senggang aja.

Nice...

MAin gitar relevasinya sama membunuh apa yah?
Emangnya merugikan orang lain ndak kan, lain dengan membunuh,
Gak nyambung relevansinya bro

relevansinya adalah sama2 pelanggaran vinaya, Bro.

Itu vinaya dari sekte teravada mana bro ?.
Lain sekte lain vinayanya

sekte theravada di seluruh dunia menjalankan ini
7. Nacca-gita-vadita-visukkadassana mala-gandha-vilepana-dharana-mandana-vibhusanathana veramani sikkhapadam samadiyami
saya bertekad untuk melatih diri menghindari menari, bernyanyi, mendengarkan musik, pergi melihat hiburan, memakai perhiasan, memakai parfum, dan memakai kosmetik)

jika anda mengatakan bahwa vihara ekayana tidak melaksanakan aturan ini untuk para bhikkhunya, apakah anda berani mengatakan bahwa anda mewakili ekayana dalam hal ini? kami mungkin akan mengonfirmasi hal ini dengan Kepala Vihara

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #102 on: 24 September 2010, 12:50:48 PM »
MAin gitar relevasinya sama membunuh apa yah?
Emangnya merugikan orang lain ndak kan, lain dengan membunuh,
Gak nyambung relevansinya bro

Relevansinya adalah 2-2-nya sama-sama ada dalam peraturan sila yang dijalani oleh bhikkhu, DAN keduanya bukan dijalankan hanya sewaktu-waktu, namun terus-menerus selama menjadi bhikkhu.
Peraturan sila dari Sekte teravada mana dulu?
Begini saja, coba anda jelaskan di sini sekte Theravada mana yang vinayanya tidak ada mengatur tentang bermusik atau yang peraturannya hanya belaku di waktu tertentu saja.

Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #103 on: 24 September 2010, 12:51:52 PM »
MAin gitar relevasinya sama membunuh apa yah?
Emangnya merugikan orang lain ndak kan, lain dengan membunuh,
Gak nyambung relevansinya bro

Relevansinya adalah 2-2-nya sama-sama ada dalam peraturan sila yang dijalani oleh bhikkhu, DAN keduanya bukan dijalankan hanya sewaktu-waktu, namun terus-menerus selama menjadi bhikkhu.
Peraturan sila dari Sekte teravada mana dulu?
Begini saja, coba anda jelaskan di sini sekte Theravada mana yang vinayanya tidak ada mengatur tentang bermusik atau yang peraturannya hanya belaku di waktu tertentu saja.

Gini aje entar g tanyain sama orangnya langsung ?. daripada loe orang bisanya kritik orang di forum, tapi temu orangnya dak berani, Soal sektenya dia entar g tanya dia, berasal dari sekte mana. Gampang kan. G wawancara dia secara langsung kalau ketemu nanti minggu

Sip lah... ditunggu hasil wawancaranya... ;)

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante boleh main gitar?
« Reply #104 on: 24 September 2010, 12:52:46 PM »
hue hue karena sebagian member dc mempunyai pemikiran sempit seperti anda.
Bagi saya mah saya sudah kemana mana vihara teravada manapun udah pernah dikungjungi dan berbicara banyak bante.

Luar biasa! Sudah banyak berkunjung ke peternakan ayam dan banyak mencoba omelet kotoran ayam yah? Tidak heran.