Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: alat2 musik Tradisional Chinese  (Read 117020 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #45 on: 05 December 2008, 08:40:38 AM »
 _/\_...

sis Gina saya mo tanya dong...

Alat musik yang suka dimainkan di GAMBANG KROMONG yang di gesek (seperti biola) orang sana menyebutnya
tehian... kalau pake bahasa disini jadinya apa?

maaf karena saya ngga paham bhs mandarin... apalagi yg ejaan baru...
trims...

salam kenal

 _/\_

Offline marijuana

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 16
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Que siga la tradicion !
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #46 on: 05 December 2008, 09:30:14 AM »
...
(alat2 yg diatas masih dibagi-bagi lagi menjadi beberapa macam, contohnya er hu terdiri dr byk macam, ada er hu, gao hu, er quan hu, ge hu, da ge hu, ban hu...) :)

Sis, sekedar usul.
Mungkin lebih baik kalau pakai istilah huqin untuk alat musik gesek secara umum.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #47 on: 05 December 2008, 03:12:31 PM »
_/\_...

sis Gina saya mo tanya dong...

Alat musik yang suka dimainkan di GAMBANG KROMONG yang di gesek (seperti biola) orang sana menyebutnya
tehian... kalau pake bahasa disini jadinya apa?

maaf karena saya ngga paham bhs mandarin... apalagi yg ejaan baru...
trims...

salam kenal

 _/\_

Bantu Gina sedikit mungkin gina agak kesulitan dalam hal satu ini, Dalam gambang kromong terdapat setidaknya 4 jenis alat musik yang berasal dari Tiongkok, Seperti Erhu, salah satu contoh kamu bilang yang dikenal dalam bahasa betawi Tehian.

Dalm budaya Betawi salah satu keseniannya musiknya mengalami akulturasi budaya, Dalam gambang kromong juga terdapat 6 jenis musik berasal dari jawa.

Lain halnya TAnjidor terdapat akulturasi dari dunia barat, maka kita bisa temu gitar, drum, dan juga trompet.

Jadi budaya betawi tuh Kesenian musiknya Gado gado sesuai makannanya khasnya :))

Offline Enlighted

  • Teman
  • **
  • Posts: 82
  • Reputasi: 2
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #48 on: 05 December 2008, 05:21:43 PM »
oi....bro marijuana (alias du ming jin). wah wah kok bisa nyangkut di dhammacitta juga ya? heheheh.
selamat datang ya :)

Offline gina

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 656
  • Reputasi: 89
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #49 on: 05 December 2008, 06:07:40 PM »
halo semuanya...sorry nih baru masuk board pojok seni lagi, tq tq utk bantuan kalo saya ga bs jawab...hehheh seperti gambang kromong (istilah ini kaga ngerti...hhahhaha :)) )
hong hua kayanya saya pernah denger, tapi blm pernah kesana, kalo misalkan member2 DC mau sharing lebih lanjut dgn saya, bagi yg tinggal di jkt bisa ke penta musik di bandengan hhehehheh....saya ngajar hr sabtu.....tq  :)  salam kenal bagi member baru :)

[at] marijuana
salam kenal....berarti kenal ko ahok ya? beliau guru saya, beliau juga main di zi, yang qin juga.....
« Last Edit: 05 December 2008, 06:15:38 PM by gina »

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #50 on: 06 December 2008, 12:29:29 AM »
Quote
Bantu Gina sedikit mungkin gina agak kesulitan dalam hal satu ini, Dalam gambang kromong terdapat setidaknya 4 jenis alat musik yang berasal dari Tiongkok, Seperti Erhu, salah satu contoh kamu bilang yang dikenal dalam bahasa betawi Tehian.

Dalm budaya Betawi salah satu keseniannya musiknya mengalami akulturasi budaya, Dalam gambang kromong juga terdapat 6 jenis musik berasal dari jawa.

Lain halnya TAnjidor terdapat akulturasi dari dunia barat, maka kita bisa temu gitar, drum, dan juga trompet.

Jadi budaya betawi tuh Kesenian musiknya Gado gado sesuai makannanya khasnya laugh

Trims bro purnama...  boleh ga usul lagi buat sis Gina... tentang alat musik yg dituliskan tolong diterjemahkan dalam bahasa Indo juga dong ( kalau yg ada terjemahannya ) biar yg blum ngerti bhs madarin jadi ngerti juga...

Trims...

Namo Buddhaya...    _/\_   ...

Offline gina

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 656
  • Reputasi: 89
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #51 on: 06 December 2008, 07:59:57 PM »
hehhe....ditulis mandarinnya soalnya ga tau indonya...hhahha :))
yg tau cuma: gu zheng (kecapi china), pi pa (sitar china), er hu (rebab china), di zi (suling china), yg lainnya ga tau
sorry sorry.... :)  bagi yg lain kalo ada yg tau tolong dibantu....tq  :)

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #52 on: 09 December 2008, 09:43:30 AM »
hehhe....ditulis mandarinnya soalnya ga tau indonya...hhahha :))
yg tau cuma: gu zheng (kecapi china), pi pa (sitar china), er hu (rebab china), di zi (suling china), yg lainnya ga tau
sorry sorry.... :)  bagi yg lain kalo ada yg tau tolong dibantu....tq  :)

gu zheng 古琴; pinyin: gǔqín;

Kecapi china


erhu (Chinese: 二胡; pinyin: èrhú)

Biola China / Rebab

Di Zi (Chinese: 笛子; pinyin: dízi),

Suling China

angqin (simplified Chinese: 扬琴; traditional Chinese
Mirip Qu zheng tapi menggukan stik untuk membentuk alat musiknya


guan (管; pinyin: guǎn)
Bagian Dari Di zi



sanxian (Chinese: 三絃)
Gitar China


Sisanya jarang di pakai
Yang saya beritahu jenis ini paling sering dipakai

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #53 on: 09 December 2008, 09:47:34 AM »
aih kok ngak muncul gambarnya :(
Padahal g mau pos masukin gambar gagal melulu
Ada yang mau ajarin cara masukin gambar ke postingan Thread ngak.
Dari dulu saya ngak isa yang satu ini
Gagal melulu

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #54 on: 09 December 2008, 10:13:53 AM »
hehhe....ditulis mandarinnya soalnya ga tau indonya...hhahha :))
yg tau cuma: gu zheng (kecapi china), pi pa (sitar china), er hu (rebab china), di zi (suling china), yg lainnya ga tau
sorry sorry.... :)  bagi yg lain kalo ada yg tau tolong dibantu....tq  :)

gu zheng 古琴; pinyin: gǔqín;

Kecapi china


erhu (Chinese: 二胡; pinyin: èrhú)

Biola China / Rebab


Di Zi (Chinese: 笛子; pinyin: dízi),

Suling China

Yangqin (simplified Chinese: 扬琴; traditional Chinese
Mirip Qu zheng tapi menggukan stik untuk membentuk alat musiknya


guan (管; pinyin: guǎn)
Bagian Dari Di zi


konghou (Chinese: 箜篌; pinyin: kōnghóu)
Harpa China





sanxian (Chinese: 三絃)
Gitar China


Sisanya jarang di pakai
Yang saya beritahu jenis ini paling sering dipakai

_/\_
THK To Rain ajarin g  :))

Offline gina

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 656
  • Reputasi: 89
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #55 on: 10 December 2008, 08:19:02 PM »
[at] atas

iya, yg ini saya tau semua, maksudnya kalo diterjemahin ke indo, ga tau bhs indonya, hehehehe ;D
thx kpd bro/sis purnama sudah membantu :)

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #56 on: 10 December 2008, 08:20:29 PM »
Kayaknya kalo main seruling China asik ya... mahal gak ya :))

Offline gina

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 656
  • Reputasi: 89
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #57 on: 10 December 2008, 09:24:25 PM »
Kayaknya kalo main seruling China asik ya... mahal gak ya :))

hhehhe...berminat belajar????suaranya enak lho....hihihi....
kalo ga salah 1 bulan 400 rb, 4 kali pertemuan...hehhehe

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #58 on: 10 December 2008, 09:29:14 PM »
Wah kalo ngeles sih kagak mungkin, kekurangan dana besar2an :)) :))

Maksudnya alat musiknya, gituan mahal gak?

Offline gina

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 656
  • Reputasi: 89
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #59 on: 10 December 2008, 09:51:54 PM »
Wah kalo ngeles sih kagak mungkin, kekurangan dana besar2an :)) :))

Maksudnya alat musiknya, gituan mahal gak?

oooooo.....hehehe alatnya satuan kalo ga salah ada dr harga 300-500 rb, ga tau juga detail harganya..n_n