Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: alat2 musik Tradisional Chinese  (Read 117000 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #15 on: 18 November 2008, 09:55:57 PM »
nanya donk om dan tante ;D klo gitar yang taro dimeja, yang di film red cliff dimaenin ama zu ge liang/takeshi itu apaan?

Offline quark

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 29
  • Reputasi: 1
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #16 on: 19 November 2008, 08:19:46 AM »
nanya dong Gina, kalo alat musik tiup dari China ada banyak macem, n bahannya juga beda2, ada yang dari bambu, ada yang dari batu giok (kalo gak salah yah, kalo salah mohon diralat). Truz pertanyaanya, di Indo ada yang jual?
N ada website yang ngajarin maen alat musik tiup China? Sebenernya gua dari dulu pengagum alat musik tiup China gara2 sering nonton pelem silat dari jaman gua masi SD doeloe ;D

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #17 on: 19 November 2008, 08:34:53 AM »
nanya donk om dan tante ;D klo gitar yang taro dimeja, yang di film red cliff dimaenin ama zu ge liang/takeshi itu apaan?

kalo Zhu Ge Liang biasa main namanya Gu Qin bentuknya agak mirip kecapi Gu Zheng tapi variasi permainannya lebih tua, Zhu Ge Liang juga mengkompilasi sebuah kitab musik kerajaan juga yang sampai hari ini hanya bisa dibaca serpihannya termasuk cara membuat Gu Qin dan menentukan nada pentatonik stringnya.

nanya dong Gina, kalo alat musik tiup dari China ada banyak macem, n bahannya juga beda2, ada yang dari bambu, ada yang dari batu giok (kalo gak salah yah, kalo salah mohon diralat). Truz pertanyaanya, di Indo ada yang jual?
N ada website yang ngajarin maen alat musik tiup China? Sebenernya gua dari dulu pengagum alat musik tiup China gara2 sering nonton pelem silat dari jaman gua masi SD doeloe ;D

Website yang ngajar alat musik China agak jarang yang berbahasa Inggris,kalaupun yang mandarin itu juga diajarin beberapa lesson trus langsung disuruh daftar ketemu guru lesnya. kalau tertarik di Jalan Bandengan ada Penta Musik,kalo di WTC Mang Du ada Ya Yun.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #18 on: 19 November 2008, 08:36:06 AM »
ngemeng2 12 Girls Band, ada yg tau kenapa "12" padahal personilnya ada 13?

ga tau juga, yg saya tau juga personilnya 13 org, tapi ditulisnya 12, mungkin krn melambangkan shio, mereka udh suka ganti2 personil, skr aja udh ganti lagi pemain pi panya, ga tau juga perkembangan yg skr gimana...

takut suwe kali kalo 13 , 1 + 3 = 4(mate)
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline gina

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 656
  • Reputasi: 89
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #19 on: 19 November 2008, 11:17:45 AM »
nanya donk om dan tante ;D klo gitar yang taro dimeja, yang di film red cliff dimaenin ama zu ge liang/takeshi itu apaan?

namanya Gu Qin, dulu sejarahnya di jaman kerajaan dinasti2 alat Gu Qin dan Pi Pa adalah alat2 yg dimainkan oleh para bangsawan dan sastrawan, tapi yang paling populer itu Gu Qin, karna kalo yg Gu Qin pasti udh ketauan dia bukan org biasa, contohnya Li Bai (yg suka buat puisi) dia juga bisa memainkan Gu Qin, baru alat kedua populer adalah Pi Pa, tapi dulu bentuknya bukan yg seperti sekarang

sekarang Gu Qin udh jarag yg bisa mainin, di China pun udh jarang yg bisa main, yang saya tau ada belajarnya kalo paling deket sama Indo hrs ke Singapore, kenapa Gu Qin tdk begitu populer krn selain susah juga belajarnya, nadanya pun ga gitu enak seperti Gu Zheng, dia terdiri dr 7 senar, nadanya rendah2, jd kalo org yg ga gitu minat belajarnya bisa tidurrrr....hheheheheh.....

Offline gina

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 656
  • Reputasi: 89
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #20 on: 19 November 2008, 11:32:28 AM »
nanya dong Gina, kalo alat musik tiup dari China ada banyak macem, n bahannya juga beda2, ada yang dari bambu, ada yang dari batu giok (kalo gak salah yah, kalo salah mohon diralat). Truz pertanyaanya, di Indo ada yang jual?
N ada website yang ngajarin maen alat musik tiup China? Sebenernya gua dari dulu pengagum alat musik tiup China gara2 sering nonton pelem silat dari jaman gua masi SD doeloe ;D

yup ada yg dr giok, yg saya tau ada waktu itu yg jual harganya 25 juta, ga tau juga skr harganya brp, mungkin dr giok asli makanya mahal, mungkin kalo giok palsu murah kali...hehhehehe....

yg sering dipake sekarang adalah yg dr bambu, di sekolah musik yg aku ngajar ada jual, satu set kalo ga salah ada 6-7 suling nada yg berbeda-beda, krn suling dibagi menjadi beberapa nadanya, ada yg nada D, G, A, F, C, Bb, dll, harganya pun bervariasi, kira2 5-10 juta, yg 10 juta keatas, tapi kayanya boleh beli satuan, soalnya kalo pemula pake suling D..
kalo mau cari cara belajar suling di internet hrs cari di www.baidu.com, tapi kalo pelajar dasar hrs ada guru yg ajarin scr tepat bagaimana cara tiupnya, krn suling China dan suling Indo lain caranya, kalo suling China ga tau cara penempatan mulut kita yg bener ga akan bs bunyi...

kalo bener2 mau belajar suling bs hubungi saya lewat PM, di penta musik baru datangin gurusuling dr China, saya satu universitas sm dia, cuma saya bagian sastra, dia bagian musik, guru sulingnya adalah salah satu murid terbaik di universitas, skr dia bisa ngomong indonesia dikit2, baru 2 bulan di indo tapi udh bisa ngomong dikit2...jago juga..hehhehe

kalo mau denger lagu suling yg terkenal judulnya mu min xin ge....cari di www.baidu.com, klik yg mp3, ketik aja mu min xin ge, nanti ada huruf mandarin klik aja, nanti keluar semua lagu itu.....
« Last Edit: 19 November 2008, 11:47:17 AM by gina »

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #21 on: 19 November 2008, 11:41:51 AM »
nanya dong Gina, kalo alat musik tiup dari China ada banyak macem, n bahannya juga beda2, ada yang dari bambu, ada yang dari batu giok (kalo gak salah yah, kalo salah mohon diralat). Truz pertanyaanya, di Indo ada yang jual?
N ada website yang ngajarin maen alat musik tiup China? Sebenernya gua dari dulu pengagum alat musik tiup China gara2 sering nonton pelem silat dari jaman gua masi SD doeloe ;D

yup ada yg dr giok, yg saya tau ada waktu itu yg jual harganya 25 juta, ga tau juga skr harganya brp, mungkin dr giok asli makanya mahal, mungkin kalo giok palsu murah kali...hehhehehe....

yg sering dipake sekarang adalah yg dr bambu, di sekolah musik yg aku ngajar ada jual, satu set kalo ga salah ada 6-7 suling nada yg berbeda-beda, krn suling dibagi menjadi beberapa nadanya, ada yg nada D, G, A, F, C, Bb, dll, harganya pun bervariasi, kira2 5-10 juta, yg 10 juta keatas
kalo mau cari cara belajar suling di internet hrs cari di www.baidu.com, tapi kalo pelajar dasar hrs ada guru yg ajarin scr tepat bagaimana cara tiupnya, krn suling China dan suling Indo lain caranya, kalo suling China ga tau cara penempatan mulut kita yg bener ga akan bs bunyi...

kalo bener2 mau belajar suling bs hubungi saya lewat PM, di penta musik baru datangin gurusuling dr China, saya satu universitas sm dia, cuma saya bagian sastra, dia bagian musik, guru sulingnya adalah salah satu murid terbaik di universitas, skr dia bisa ngomong indonesia dikit2, baru 2 bulan di indo tapi udh bisa ngomong dikit2...jago juga..hehhehe

ini ada link lagu suling boleh didengarkan, ini adalah lagu suling yg paling terkenal...judulnya mu min xin ge

http://www.chinayarn.net/xianwei/tz/di.mp3
lagunya bajakan bukan tuh cc :)
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline gina

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 656
  • Reputasi: 89
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #22 on: 19 November 2008, 11:45:36 AM »
[at] atas
 ups ga boleh ya....sorry sorry....di ganti dulu deh

Offline gina

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 656
  • Reputasi: 89
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #23 on: 19 November 2008, 11:48:05 AM »
udh diganti...hehhehe :)

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #24 on: 19 November 2008, 11:54:50 AM »
btw dah aye download koq :))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #25 on: 19 November 2008, 03:11:10 PM »
Omong omong Gina kamu ngajar Alat - alat musik tradisonal atau menjualnya

Offline gina

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 656
  • Reputasi: 89
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #26 on: 19 November 2008, 06:24:56 PM »
Omong omong Gina kamu ngajar Alat - alat musik tradisonal atau menjualnya

saya ga jual, saya cuma ngajar....hehe n_n

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #27 on: 20 November 2008, 01:46:04 PM »
Boleh tau ngajar dimana ?

hebat dong berapa alat musik yang kamu bisa mainkan ?.

Offline gina

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 656
  • Reputasi: 89
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #28 on: 21 November 2008, 12:26:19 AM »
Boleh tau ngajar dimana ?

hebat dong berapa alat musik yang kamu bisa mainkan ?.

saya ngajar di daerah bandengan, di penta musik, hhehehe....alat yg saya bisa mainkan ada 5, cuma masih harus banyak belajar lagi n_n

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: alat2 musik Tradisional Chinese
« Reply #29 on: 21 November 2008, 09:56:42 AM »
 :o

OOO, Bandengan Di sekolah Penta Musik , Daerah jakarta yah,
Boleh dong Promosi disini  ^-^

Salam Kenal,