Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Yuk... Sharing tentang Otomotif  (Read 165129 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #75 on: 28 November 2008, 09:05:01 AM »
kalo ga salah, harga CBR berkisar 30an juta

Minerva 150 mgkn setengahnya, sktr Rp 15 jt

Happy Swift 200 cc, sekitar 16.5 juta

mgkn ada rekan2 lain yg bisa bantu update harga  _/\_

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #76 on: 28 November 2008, 09:12:36 AM »
Spesifikasi Honda All New City





Aerodinamis Eksterior & Grill Segi Enam

All New Honda City yang merupakan generasi paling anyar dari Honda City ini telah hadir dengan wujud yang sangat jauh berbeda dengan generasi terdahulunya.

Perubahan penampilannya sangat total, mulai dari bagian eksterior yang sangat mengedepankan kesan sporty sekaligus menawarkan kemewahan. Bagian bonnet yang membulat yang berfungsi meningkatkan aerodinamika telah dapat sekaligus memberikan wajah depan yang lebih sporty.

Grill depan dengan bentuk segi enam mampu menyatu dengan lampu depan yang desainnya tajam memanjang hingga kebagian fender samping juga memperkuat unsur sporty dan aerodinamika yang kian sempurna.



Lampu belakang pentagonal & Spion 15% lebih lebar

Bagian belakang dengan desain high deck trunk dan cut off tail juga membuat penampilan All New City semakin tegas dengan garis aerodinamika yang dapat mengurangi hambatan angin hingga meningkatkan performa berkendara dan berimbas juga pada efisiensi bahan bakar.

Lampu belakang yang dibuat dengan desain pentagonal 3 dimensi juga mampu memberikan nilai kemewahan yang lebih dan meningkatkan keamanan saat berkendara di malam hari karena mampu merefleksikan cahaya dengan lebih sempurna. Unsur safety juga ditingkatkan lagi dengan desain kaca spion yang memiliki view lebih lebar 15% dari model sebelumnya dan juga telah dilengkapi lampu sein.


Kabin Berkonsep “Cozy Lounge”

Dimensi Lebih Besar & Kabin Berkonsep “Cozy Lounge”

Kabin All New City memiliki kapasitas terlapang di kelasnya dan telah mengusung berbagai fitur untuk menambahkan nuansa mewah, aman dan nyaman bagi pengemudi ataupun penumpangnya. Pabrikan telah melengkapinya kabin All New City yang berdimensi:
- panjang 4.395 mm (lebih panjang 5 mm dari model sebelumnya),
- lebar 1.695 mm (lebih lebar 5 mm dari model sebelumnya) dan
- tinggi 1.470 mm (lebih rendah 15 mm dari model sebelumnya)
- leg room lebih luas yang bertambah sebanyak 25 mm dari pendahulunya

Reclining Seat sebagai WOW feature

Dengan tambahan fitur seperti Reclining Seat (yang membuat kursi belakang dapat direbahkan lebih kebelakang) menjadikan All New City sebagai sedan pertama di kelasnya yang menawarkan luxury sampai sedemikian jauh. *(Fitur Reclining Seat hanya terdapat pada All New City tipe Reclining)

Pilar A lebih tipis 14 mm, Kaca Belakang Lebih Lebar, Multi Information Display

Visibility pengemudi pada All New City juga semakin baik dibandingkan dengan model sebelumnya, karena pilar A telah dibuat lebih tipis 14 mm serta sudah tidak terdapat lagi quarter window. Pandangan ke belakang pun kian luas dengan adanya kaca belakang yang lebih lebar dengan kursi belakang yang menggunakan retractable head rest. Informasi digital kendaraan untuk pengemudi All New City juga telah dilengkapi meter cluster untuk mengetahui odometer, tripmeter dan rata-rata konsumsi bahan bakar serta perliraan sisa jarak jelajah dengan kaca berbahan acrylic untuk meningkatkan kesan mewah.

Bagasi Besar dan Extra Containers Dalam Kabin

Bagasi All New City juga memiliki kapasitas hingga 506 liter berdasarkan pengukuran VDA dan ini adalah ukuran yang sangat besar untuk sedan di kelasnya. Selain itu kabin juga telah dilengkapi Glove Box ukuran besar, side box pada pintu depan, back seat pocket pada belakang bangku depan, penyimpan ponsel, armrest dengan konsol box, under seat storage hingga 7 buah cup holder.

Audio System Canggih

Kenyamanan berkendara pada All New City juga semakin bertambah, karena telah dilengkapi audio system dengan head unit 2 Din yang memungkinkan untuk memutar lagu dalam format MP3, WMA, WAV, sedangkan untuk All New City tipe Reclining dilengkapi head unit dengan fitur USB dan koneksi AUX sebagai tambahannya, sehingga kabin All New City lebih atraktif.



Mesin 1.5 Liter Generasi Baru

Kekuatan All New City didukung dengan mesin i-VTEC 1.5 L SOHC,  4 silinder dengan 16 katup yang telah merupakan penggabungan performa mesi VTEC, Torque Boos Resonator dan Drive By Wire (DBW) sehingga memiliki performa yang lebih mumpuni dengan efisiensi BBM tingkat tinggi. Kekuatan mesin ini telah memiliki tenaga yang meningkat 10 PS dari mesin Honda City generasi sebelumnya hingga menjadi 120 PS (HP) pada putaran 6.600 rpm dan 14kgm dengan torsi pada 4.800 rpm. Tingkat emisi mesin All New City juga telah memiliki standarisasi Euro 4 yang telah melebihi standar emisi Euro 2 yang ditetapkan di Indonesia.

Dengan mesin ini menjadikan tenaga All New City sangat besar namun memilki tingkat emisi yang lebih ramah terhadap lingkungan berkat pembakaran pada mesin yang lebih sempurna, sehingga gas CO dan HC+NOx yang merupakan jenis polutan telah berhasil dikurangi secara signifikan. Mesin All New City juga menggunakan dual air-fuel ratio control yang bekerja dengan Linear Air-Fuel Ratio (LAF) sensor dan sebuah sensor O2, sehingga pencampuran udara dan BBM lebih presisi.

Fitur Transmisi: Automatic 5 Speed Grade Logic Control

Performa berkendara All New City didukung dengan sistem transmisi otomatis 5 percepatan dengan fitur Grade Logic Control agar kinerja tranmisi lebih optimal. Sistem ini bekerja ersamaan dengan Active Lock Up System, yang berfungsi untuk memberikan jeda waktu pergantian gigi yang menjadi lebih pendek serta akselerasi yang semakin cepat untuk mengurangi hentakan saat perpindahan gigi. Teknologi lainnya adalah adanya Shift Hold Control, yaitu sistem pengaturan perpindahan transmisi secara komputerisasi. Sistem ini mampu membuat mobil dapat melaju dengan lebih lincah dan mulus, terutama pada jalan yang berbelok

Safety Feature: ABS/EBD/BA/SRS/G-CON/ACE/dll...

All New City telah termasuk salah satu mobil dengan tingkat keamanan tertinggi di kelas mini sedan. Berbagai perangkat keamanan telah diaplikasikan dalam All New City, seperti teknologi ABS (Antilock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution dan BA (Brake Assist) serta Neck Shock Mitigation Seat, Seat Belt dengan Pretensioner dan load limiter, dual SRS Airbags. Struktur body G-CON yang dipadukan dengan teknologi Advance Compactibility Engineering (ACE) yang telah diuji melalui uji tabrak (Crash Test) menyeluruh di Real World Crash Test Facility Honda di Tochigi Jepang.

Rancangan struktur pedestrian safety body juga diterapkan pada All New City untuk meminimalkan cedera pada pejalan kaki jika terjadi tabrakan. Fitur keamanan lainnya yang ada adalah adanya Immobilizer Anti-Theft System dan Security Alarm.

--------- Summary --------

Mesin:
1.5 L I-Vtec SOHC 120ps Euro 4 Silinder, 16 Katup dan teknologi Drive By Wire serta Torque Boost Resonator
Kompresi 10,4:1
Daya Maksimum KW(ps)/rpm : 88(120)/6.600
Momen Puntir Kg-m(Nm)/rpm : 14,8/4.800

Dimensi Baru VS Lama: City 2008 & City 2006
Panjang 4.395mm (+5mm)
Lebar 1.695mm (+5mm)
tinggi 1.470mm  (-15mm)

kaki-Kaki:
Ban: 175/65 R15 dan 185/55 R16
Velg: Alloy 15' x 5 1/2 J dan 16' x 6 J
Rem ABS/EBD/BA: Ventilated Disc (depan), Disc (belakang)
Suspensi: Machperson Strut (depan), H-Shape Torsion Beam (belakang)

Sistem Audio :
Type S   : JVC KW-XG706H 2 Din, Single Disc, MP3/WMA/USB/AUX/iPod ready
Type RS : Kenwood DPX MP5110U 2 Din, Single Disc, MP3/WMA/WAV/USB/AUX/iPod/Illumination Display/SRS WOW effect

Sabuk pengaman:
Depan: 3 point ELR x 2
Belakang: 3 point ELR x2 + 2 point ELR x 1

Fitur & Keterangan Lain:
Neck shock mitigation seat
Key and lamp sound indicator
Radius Putar: 5 meter
Kapasitas Tangki: 42 liter
Berat kosong: 1.095 Kg - 1.155 Kg

Yang mau buru-buru pesan, silahkan siapkan antara 240 jt - 260 jt.

Menurut salah satu dealer mobil honda, berikut harga yang dipatok di pasaran:

Type 1.5 L 120ps i-Vtec
ALL NEW M/T Rp.239.000.000,-
ALL NEW A/T Rp.252.000.000,-

RECLINING M/T Rp.247.000.000,-
RECLINING A/T Rp.260.000.000,-

Booking fee 5 juta rupiah saja. Buruan sebelum inden, ntar dikenain upping fee lho...


source

Offline Centy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 175
  • Reputasi: -6
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #77 on: 28 November 2008, 09:13:31 AM »
Nanya dong, ada rekan2 yg tau gak Toyota fortuner yg D4D Diesel 2.5 mesinnya sama gak dengan mesin kijang innova yg D4D 2.5 juga?? Thanks ya

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #78 on: 28 November 2008, 09:15:46 AM »
Dastek Unichip, Universal And Smart Piggyback





Fungsi dasar perangkat tambahan bernama piggyback pada mesin yang kinerjanya dikendalikan oleh ECU (Engine Control Unit) adalah untuk memanipulasi data yang akan diterima oleh ECU mobil tersebut. Manipulasi data ini dimaksudkan agar segala pengaturan standar ECU bisa diprogram atau tuning ulang dengan tujuan meningkatkan dan memaksimalkan performa mesin dengan efektif dan aman tanpa merubah program standar ECU yang telah dibuat oleh pabrikan sehingga garansi resmi ECU tidak akan hilang.

Piggyback mampu merubah AFR (Air To Fuel Ratio) sehingga dapat meningkatkan nilai Horse Power (HP) dan Torque (Torsi) pada mesin. Selain itu hampir semua kinerja mesin yang dikontrol oleh ECU bisa di tuning melalui sistem Map dan setiap jenis mobil memiliki Map yang berbeda-beda. Efek dari aplikasi piggyback pada ECU juga variatif, karena tergantung juga dari spesifikasi mesin mobilnya. Dipasaran, khususnya di Indonesia telah banyak piggyback yang beredar dari berbagai merk, salah satu nya adalah merk Unichip. Piggyback ini dapat digunakan secara universal ke setiap ECU mobil, yang membedakannya hanya pada soket penghubungnya.



Feature

Teknologi yang diusung oleh piggyback berlabel Unichip ini sangat canggih dan memiliki banyak fitur untuk mendukung performa mesin. Perangkat ini memiliki telah memiliki 2 tipe terbaru, yaitu tipe Q+ dan Q yang telah teregistrasi dengan standar Euro 4 yang dimana untuk mendapatkan lisensi ini tidaklah mudah, jadi Unichip dapat diaplikasikan kedalam mobil yang sudah memiliki mesin dengan standarisasi emisi Euro 4.

Tipe Q+ dan Q, masing-masing punya fitur yang berbeda-beda, yaitu Tipe Q+ telah memiliki 5 output option dan 2 built in driver, sehingga tipe ini bisa langsung men-drive atau mengatur seperti injector, solenoid untuk boost control secara langsung tanpa memerlukan modul tambahan lagi, sedangkan tipe Q hanya memiliki 3 output dan memerlukan modul tambahan agar bisa men-drive injector ataupun boost control karena tidak memiliki built in driver.




Piggyback Unichip, baik tipe Q ataupun Q+ memiliki fitur 5 map berbeda-beda, yang membuatnya mampu menyimpan 5 tuning program dengan konfigurasi sinyal yang berbeda-beda sesuai keinginan, seperti contoh misalnya map 1 dibuat untuk Honda Jazz lama, map 2 untuk Suzuki SX4 dan seterusnya. Sedangkan jika diaplikasikan untuk satu jenis mobil saja, map ini bisa dibuat juga untuk memprogram jenis bahan bakar yang digunakan, misalnya map 1 untuk jenis premium, map 2 untuk pertamax, map 3 untuk jenis shell super, map 4 dan 5 jenis BBM lainnya. Dengan fitur ini, pemilik mobil jadi dapat dengan mudah memilih map yang diinginkan karena pengaturannya dapat dihubungkan dengan switch rotary, bahkan pengaturannya bisa melalui bluetooth akan tetapi memrlukan modul optional dan saat ini hanya tersedia modul untuk handphone merk Nokia dan Sony Ericsson

Menurut Teddy dari Rev Engineering salah satu bengkel Indonesia yang memegang merk Unichip ini, setelah perangkat Unichip digunakan, tidak perlu ada perawatan khususnya. Jadi mobil yang telah menggunakan Unichip ini bisa tetap melakukan servis berkala dibengkel resmi ataupun bengkel lainnya, tidak harus dibengkel yang telah memasangkan Unichip. Perubahan / retuning map piggyback Unichip tidak diperlukan, karena retuning hanya perlu dilakukan jika telah dilakukan modifikasi pada mesin, seperti adanya porting polish, ganti camshaft pemasangan turbo dan yang lainnya. Sekitar hampir 70% mobil yang mesinnya menggunakan speed limiter juga dapat dibuka speed limiternya oleh piggyback Unichip.

Proses aplikasi Unichip pada mobil harian hanya membutuhkan waktu 2 hingga 4 jam, tergantung dari jenis mobilnya juga dan untuk hasil dari aplikasi Unichip, tiap mobil memiliki hasil yang berbeda-beda, karena tergantung dari base map atau setelan standar dari pabrikan. Untuk aplikasi pada mobil yang menggunakan turbo, mobil perlu diinapkan di bengkel karena proses tuningnya memerlukan perlakuan khusus dan harganya untuk tuningnya pun berbeda lagi. Untuk harga, Unichip tipe Q  dibanderol 4,5 juta, sedangkan yang tipe Q+ dihargai 5 juta rupiah, semua harga sudah termasuk pemasangan standarnya.



Dastek UNICHIP Specification

UNICHIP Type Q

3 output
Fuel and ignition timing controller total 672 points
5 maps
Automatic Transmission optimization
Speed limit override
Shift light,Water injection,VVTi for toyota,VTEC, extra injector(with turbo module)
Compatible for vehicle with CAN bus system
UNICHIP Type Q+

5 output
2 driver ( for boost control, extra injector)
Lambda signal, catalytic signal
Other features:
Variable valve timing adjustment
Rev limit adjustment
Boost limit & level adjustment
Dual maps for use with different fuel grades & types
Nitrous oxide progressive injection
Bigger/supplementary injector handling
Variable induction control
Launch control for turbo vehicles
Full throttle gear changes
Road speed limiter removal
Speedo conversion for imports
Idle speed stabilization


Thanks to :
Rev Engineering
Jl.Arteri Kedoya No.70, Jakarta 11520
Phone : 021-56964612, 56969026


source

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #79 on: 28 November 2008, 09:19:07 AM »
Nanya dong, ada rekan2 yg tau gak Toyota fortuner yg D4D Diesel 2.5 mesinnya sama gak dengan mesin kijang innova yg D4D 2.5 juga?? Thanks ya

Sumber2 otomotif sih bilang bhw mesinnya sama tuh.....

terus info menariknya adalah bhw versi A/T, torsinya lebih gede dibanding versi M/T (245 Nm vs 200 Nm) yg beda di setelan boostnya....

kalo mo hemat, bisa beli versi M/T, terus atur setelan boostnya

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #80 on: 28 November 2008, 05:15:59 PM »
Grand Vitara 2.4 Senjata Pamungkas Suzuki

JAKARTA,KAMIS - Di tengah krisis global beberapa bulan belakangan ini, sejumlah produsen otomotif mengakui turunnya gairah pasar. Sejumlah strategi dipersiapkan untuk mengejar target yang dipasang pada awal tahun. Tak terkecuali, PT Indomobil Niaga Internasional (IMNI) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Suzukidi Indonesia.

Direktur Pemasaran PT IMNI, Endro Nugroho, mengatakan meski target hingga bulan Oktober terpenuhi, sejumlah strategi tetap disiapkan Suzuki untuk memenuhi target hingga akhir tahun. "Kita bertaruh di bulan November dan Desember," tutur Endro ketika ditemui Kompas.com di kantornya di kawasan Cawang Jakarta, Rabu (26/11).

Endro mengatakan hingga akhir tahun ini, Suzuki mentargetkan penjualan dalam rentang 73.000-75.000 unit. Hingga Oktober 2008, penjualan telah mencapai angka 64.691 unit. Selisih yang harus dikejar tidaklah sedikit.

Namun, Endro menyiapkan strategi yang lebih terfokus kepda masyarakat kalangan menengah ke atas melalui showroom dan pameran. "Di tengah situasi krisis begini, kita akan lebih fokus ke kalangan yang masih mampu bertahan dalam situasi ini," tutur Endro.

Suzuki, katanya juga akan mengandalkan sejumlah sponsorship, salah satunya melalui ajang ASEAN Footbal Federation Club. Meski krisis, Endro berharap hingga tahun depan pasar otomotif di Indonesia tidak rusak. Saat ini, Suzuki masih mampu mengekspor sekitar 2.500 unit mobil ke lebih 70 negara.

Untuk mengejar sisa angka target, tampaknya sulit bisa dicapai mengingat suasana pasa lagi kurang bergaitah. Namun untuk mendekati sangatlah mungkin. Pasalnya PT IMNI masih punya satu senjata andalan, yakni Grand Vitara baru bermesin 2.400 cc yang akan diperkenalkan pada pertenghahan Desember ini.

source

Offline Centy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 175
  • Reputasi: -6
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #81 on: 29 November 2008, 08:11:42 AM »
Nanya dong, ada rekan2 yg tau gak Toyota fortuner yg D4D Diesel 2.5 mesinnya sama gak dengan mesin kijang innova yg D4D 2.5 juga?? Thanks ya

Sumber2 otomotif sih bilang bhw mesinnya sama tuh.....

terus info menariknya adalah bhw versi A/T, torsinya lebih gede dibanding versi M/T (245 Nm vs 200 Nm) yg beda di setelan boostnya....

kalo mo hemat, bisa beli versi M/T, terus atur setelan boostnya


Teng Q informasinya bro Markos. Wah kalo gitu mana lebih worth it ya beli fortuner (306jt) atau kijang diesel G (205jt), beda cepek jeti boo....

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #82 on: 02 December 2008, 10:43:45 AM »
 [at] Centy : silahkan kembali ke kebutuhan anda ......

kalo liat mesin dan aksesorisnya ga masalah, silahkan pake Innova (buat saya sih udh cukup bgt  ;D )

tapi kalo butuh aksesoris kaya stir 4 spoke w/ leather, sound system yg udah memadai (2 DIN 6 speaker), suspensi yg lebih baik, dsbnya.... silahkan ambil Fortuner...

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #83 on: 03 December 2008, 09:57:03 AM »
Request mobil tenaga nuklir.......
supaya ngak usah ngisi BBM......

tolong di postingkan bro...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #84 on: 03 December 2008, 10:20:51 AM »
 [at] johan : adanya mobil hidrogen tuh......

pan bom hidrogen lebih parah daripada bom nuklir

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #85 on: 12 December 2008, 02:40:02 PM »
Bro markosprawira,

Mungkinkah mesin speda motor 125cc dibuat mesinnya
mobil ?.... udah jelas.... chasis2nya dan pintu2, lain2nya
dibuat seringan mungkin....?

Kalau tidak kenapa?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #86 on: 12 December 2008, 03:08:35 PM »
semuanya sih mgkn aja bro.....

mesin pemotong rumput, bisa dibuat jadi mesin motor......

seharusnya mesin motor bisa dipake juga buat mobil tuh.... tapi kalau mau gitu, saya sarankan bro johan cobain dulu mobil daihatsu ceria 600 cc  ;)

mobil seringan mgkn pun, masih kisaran diatas 1 ton loh....... beda jauh ama motor yg palingan cm 100an kg

tp tetep aja, semuanya itu memungkinkan kok......  ;)

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #87 on: 17 December 2008, 06:42:44 AM »
Kawasaki ninja terbaru sekarang harga berapaan? Katanya yang terbaru lebih bagus, karna ramah lingkungan. Ada yg punya info?

ps: lirik2 motor ddnya mush >:D


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #88 on: 17 December 2008, 01:40:45 PM »
kalo terakhir yg saya tau sih, kawasaki ninja berkisar di angka Rp 48 juta


Offline mushroom_kick

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.303
  • Reputasi: 92
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #89 on: 17 December 2008, 01:43:13 PM »
 [at] puzz, emang lbh bagus.. tp muahal na  :| :| :| , kek na jg gk cocok am org asia yg kicik2 badan na  :D :D
Segala fenomena bentuk & batin tidaklah kekal ada na.....
Semua hanyalah sementara.....