//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Listrik statik  (Read 15421 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline harta

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 601
  • Reputasi: 21
  • Gender: Male
  • Wanna Shopping?? ^o^
Re: Listrik statik
« Reply #30 on: 29 August 2007, 07:51:11 AM »
gara2 spatu karet??
hm.. bukannya karet tu sebagai isolator (penetral listrik) ya?  :-?
pegang tembok baru pegang besi??
hm.. patut dicoba.. hehe..
~May All Beings Be Happy~

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Listrik statik
« Reply #31 on: 29 August 2007, 08:01:06 AM »
kan listrik statik terjadi gara2x gesekan benda yg biasanya isolator. karet, karpet, plastik. lupa deh fisika nya :)

tembok kan bisa jadi ground buat buang muatan
There is no place like 127.0.0.1

Offline Upaseno

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 244
  • Reputasi: 17
  • Gender: Male
Re: Listrik statik
« Reply #32 on: 29 August 2007, 08:31:27 AM »
Teman-teman,

Ada cerita, tadi siang ada ikut nebeng mobil teman pergi makan. Ketika turun dan hendak menutup pintu, tiba-tiba ada bunyi 'TAAAKKk' cukup kencang. Saya sampai melompat. Rupanya ada loncatan listrik dengan pintu mobil yang terbuat dari logam. Bunyi sangat kencang sampai dikira kejedot pintu. Seperti kena setrum. Dan ketika pulang, terjadi lagi  #-o (padahal kemarin malam beru terjadi jg)
Ini sih bukan pertama kali, terlalu sering sekali. Bahkan ketika mo tekan tombol flush urinoir saja bisa terjadi :))

Katanya sih karena ada pergesekan antara karet (sol sepatu) dengan karpet. Tapi dimobil ada beberapa orang, tidak ada yang demikian ?

Punya pengalaman begini juga ?

 _/\_
Ah...itu biasa.
Kalau di negara empat musim, waktu winter sering terjadi begitu.  Kalo di negara dingin, kan kita pake wool dan sering terjadi gesekan dengan carpet.  Jadi, aliran listrik di tubuh kita bertambah.  Kalau terkena metal, pasti terjadi gesekan listrik yang menimbulkan bunyi gituan.

Nah...di Sea World, Siam Paragon di Bangkok, ada satu mesin yang bisa test aliran listrik tubuh manusia.  So, saya dan Suhu Xian Bing coba mesin itu.  Ternyata aliran listrik tiap manusia beda.  So...kalau ga salah, yang tegangannya tinggi,  gampang dideteksi oleh ikan hiu.  Ya tentu saja, gampang lebih kesetrum.

Ok?

Offline harta

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 601
  • Reputasi: 21
  • Gender: Male
  • Wanna Shopping?? ^o^
Re: Listrik statik
« Reply #33 on: 29 August 2007, 09:17:29 AM »
Teman-teman,

Ada cerita, tadi siang ada ikut nebeng mobil teman pergi makan. Ketika turun dan hendak menutup pintu, tiba-tiba ada bunyi 'TAAAKKk' cukup kencang. Saya sampai melompat. Rupanya ada loncatan listrik dengan pintu mobil yang terbuat dari logam. Bunyi sangat kencang sampai dikira kejedot pintu. Seperti kena setrum. Dan ketika pulang, terjadi lagi  #-o (padahal kemarin malam beru terjadi jg)
Ini sih bukan pertama kali, terlalu sering sekali. Bahkan ketika mo tekan tombol flush urinoir saja bisa terjadi :))

Katanya sih karena ada pergesekan antara karet (sol sepatu) dengan karpet. Tapi dimobil ada beberapa orang, tidak ada yang demikian ?

Punya pengalaman begini juga ?

 _/\_
Ah...itu biasa.
Kalau di negara empat musim, waktu winter sering terjadi begitu.  Kalo di negara dingin, kan kita pake wool dan sering terjadi gesekan dengan carpet.  Jadi, aliran listrik di tubuh kita bertambah.  Kalau terkena metal, pasti terjadi gesekan listrik yang menimbulkan bunyi gituan.

Nah...di Sea World, Siam Paragon di Bangkok, ada satu mesin yang bisa test aliran listrik tubuh manusia.  So, saya dan Suhu Xian Bing coba mesin itu.  Ternyata aliran listrik tiap manusia beda.  So...kalau ga salah, yang tegangannya tinggi,  gampang dideteksi oleh ikan hiu.  Ya tentu saja, gampang lebih kesetrum.

Ok?

Thx Bhante... ^^
Waks... Bahaya juga nih kalo berenang2 di laut..
Ntar tiba2 muncul aja tu hiu2...  :(
~May All Beings Be Happy~

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Listrik statik
« Reply #34 on: 29 August 2007, 10:21:55 AM »
 [at] harta: maksud bhante, kita harus hati2x kalo berenang dilaut ;D

thanks bhante
There is no place like 127.0.0.1

Offline SSMHB

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 3
  • Reputasi: 0
Re: Listrik statik
« Reply #35 on: 29 August 2007, 02:43:54 PM »
Wah Aq juga sama nih
tangan kering, utk siraman di toilet kontak
Pegang bangku (besi) kontak juga

Waktu ceritera sama teman seruangkan, mereka tdk percaya
Suatu hari Aq ingin memberikan suatu benda kepada teman Qu
terdengar suara sangat keras, temanku itu tersetrum

Akhirnya semua teman seruangan sdh pernah nyobain kontak

samapai2 mreka bilang tdk usah pakai UPS kalau listrik mati krn ada Aq

Pernah waktu memberikan CD ke teman, tersentuh ujung jarinya
timbul suara keras dan teman itu kesakitan

Pernah juga Aq pegang pintu (kaca)
dan saat bersamaan ada teman lain yg pegang handle pintu
dia menjerit kaget krn kontak

mungkin grounding nya salah yah ?????/

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Listrik statik
« Reply #36 on: 29 August 2007, 02:45:53 PM »
wah, welcome to the club deh SSMHB. Dan inget, kalo berenang di laut, hati-hati yaah  ^-^

Baru gabung yah, salam kenal.
There is no place like 127.0.0.1

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Listrik statik
« Reply #37 on: 29 August 2007, 06:09:13 PM »
jangan2 harus dikumpulin nih kaya di heroes.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Listrik statik
« Reply #38 on: 29 August 2007, 06:29:18 PM »
League of Extrakonsletnari People :))
There is no place like 127.0.0.1

Offline SSMHB

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 3
  • Reputasi: 0
Re: Listrik statik
« Reply #39 on: 31 August 2007, 09:47:35 AM »
Yah aq baru gabung
tertarik melihat kasus yang serupa
Jd aq tdk sendirian

Salam kenal juga utk semuanya

Wah untung aq tdk suka berenang di laut

Terima kasih Bhante dan teman2 semua

Ttp akhir2 ini kelihatannya kemampuan menyetrumnya sdh hilang
Sdh 1 bln lah tdk ada setrum lagi
Heran juga yah pdhal sehari-harinya masih yg biasa2 saja
Tdk melakukan yang khusus2

Semoga Semua Mahkluk Hidup Berbahagia
Liang

Offline harta

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 601
  • Reputasi: 21
  • Gender: Male
  • Wanna Shopping?? ^o^
Re: Listrik statik
« Reply #40 on: 31 August 2007, 01:55:43 PM »
setelah baca2, ternyata listrik di gua ga terlalu kuat ya kalo dibandingin ma suhu medho n ssmhb..
soalnya ga ampe kluar suara gt.. hehe..

hm.. keknya mesti lebih byk belajar lage nih..  :P
~May All Beings Be Happy~

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Listrik statik
« Reply #41 on: 31 August 2007, 04:01:51 PM »
Teman-teman,

Ada cerita, tadi siang ada ikut nebeng mobil teman pergi makan. Ketika turun dan hendak menutup pintu, tiba-tiba ada bunyi 'TAAAKKk' cukup kencang. Saya sampai melompat. Rupanya ada loncatan listrik dengan pintu mobil yang terbuat dari logam. Bunyi sangat kencang sampai dikira kejedot pintu. Seperti kena setrum. Dan ketika pulang, terjadi lagi  #-o (padahal kemarin malam beru terjadi jg)
Ini sih bukan pertama kali, terlalu sering sekali. Bahkan ketika mo tekan tombol flush urinoir saja bisa terjadi :))

Katanya sih karena ada pergesekan antara karet (sol sepatu) dengan karpet. Tapi dimobil ada beberapa orang, tidak ada yang demikian ?

Punya pengalaman begini juga ?

 _/\_

Wahai Sumedho...liat yg aku BOLD...sebenarnya sadarkah engkau bahwa El Sol selalu melindungimu? kadang2 tubuh batin El Sol keserempet benda2 berlogam..muncullah energi..jadi jangan kaget ato takut...jika kamu kaget ato takut..

ingatlah kepada El Sol..kalo tidak bisa ingat kepada El Sol..ingatlah kepada Buddha, kalo ndak bisa ingat kepada Buddha,ingatlah kepada Dhamma, kalo ndak bisa ingat kepada Dhamma, ingatlah kepada Sangha..jadi yg penting ingat kepada El Sol selalu...

Offline harta

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 601
  • Reputasi: 21
  • Gender: Male
  • Wanna Shopping?? ^o^
Re: Listrik statik
« Reply #42 on: 31 August 2007, 04:48:20 PM »
Teman-teman,

Ada cerita, tadi siang ada ikut nebeng mobil teman pergi makan. Ketika turun dan hendak menutup pintu, tiba-tiba ada bunyi 'TAAAKKk' cukup kencang. Saya sampai melompat. Rupanya ada loncatan listrik dengan pintu mobil yang terbuat dari logam. Bunyi sangat kencang sampai dikira kejedot pintu. Seperti kena setrum. Dan ketika pulang, terjadi lagi  #-o (padahal kemarin malam beru terjadi jg)
Ini sih bukan pertama kali, terlalu sering sekali. Bahkan ketika mo tekan tombol flush urinoir saja bisa terjadi :))

Katanya sih karena ada pergesekan antara karet (sol sepatu) dengan karpet. Tapi dimobil ada beberapa orang, tidak ada yang demikian ?

Punya pengalaman begini juga ?

 _/\_

Wahai Sumedho...liat yg aku BOLD...sebenarnya sadarkah engkau bahwa El Sol selalu melindungimu? kadang2 tubuh batin El Sol keserempet benda2 berlogam..muncullah energi..jadi jangan kaget ato takut...jika kamu kaget ato takut..

ingatlah kepada El Sol..kalo tidak bisa ingat kepada El Sol..ingatlah kepada Buddha, kalo ndak bisa ingat kepada Buddha,ingatlah kepada Dhamma, kalo ndak bisa ingat kepada Dhamma, ingatlah kepada Sangha..jadi yg penting ingat kepada El Sol selalu...

iya sih.. tiap kali gua ngeliat sol spatu gua yang rusak, pasti ingatnya el sol mulu..  :))

pizz...  :>-
~May All Beings Be Happy~

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Listrik statik
« Reply #43 on: 31 August 2007, 07:59:15 PM »
Teman-teman,

Ada cerita, tadi siang ada ikut nebeng mobil teman pergi makan. Ketika turun dan hendak menutup pintu, tiba-tiba ada bunyi 'TAAAKKk' cukup kencang. Saya sampai melompat. Rupanya ada loncatan listrik dengan pintu mobil yang terbuat dari logam. Bunyi sangat kencang sampai dikira kejedot pintu. Seperti kena setrum. Dan ketika pulang, terjadi lagi  #-o (padahal kemarin malam beru terjadi jg)
Ini sih bukan pertama kali, terlalu sering sekali. Bahkan ketika mo tekan tombol flush urinoir saja bisa terjadi :))

Katanya sih karena ada pergesekan antara karet (sol sepatu) dengan karpet. Tapi dimobil ada beberapa orang, tidak ada yang demikian ?

Punya pengalaman begini juga ?

 _/\_

Wahai Sumedho...liat yg aku BOLD...sebenarnya sadarkah engkau bahwa El Sol selalu melindungimu? kadang2 tubuh batin El Sol keserempet benda2 berlogam..muncullah energi..jadi jangan kaget ato takut...jika kamu kaget ato takut..

ingatlah kepada El Sol..kalo tidak bisa ingat kepada El Sol..ingatlah kepada Buddha, kalo ndak bisa ingat kepada Buddha,ingatlah kepada Dhamma, kalo ndak bisa ingat kepada Dhamma, ingatlah kepada Sangha..jadi yg penting ingat kepada El Sol selalu...

iya sih.. tiap kali gua ngeliat sol spatu gua yang rusak, pasti ingatnya el sol mulu..  :))

pizz...  :>-
inget seh gpp..yg penting jangan dibawa sampe mimpi basah ajah... :P ;D

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Listrik statik
« Reply #44 on: 31 August 2007, 08:01:58 PM »
Teman-teman,

Ada cerita, tadi siang ada ikut nebeng mobil teman pergi makan. Ketika turun dan hendak menutup pintu, tiba-tiba ada bunyi 'TAAAKKk' cukup kencang. Saya sampai melompat. Rupanya ada loncatan listrik dengan pintu mobil yang terbuat dari logam. Bunyi sangat kencang sampai dikira kejedot pintu. Seperti kena setrum. Dan ketika pulang, terjadi lagi  #-o (padahal kemarin malam beru terjadi jg)
Ini sih bukan pertama kali, terlalu sering sekali. Bahkan ketika mo tekan tombol flush urinoir saja bisa terjadi :))

Katanya sih karena ada pergesekan antara karet (sol sepatu) dengan karpet. Tapi dimobil ada beberapa orang, tidak ada yang demikian ?

Punya pengalaman begini juga ?

 _/\_

Wahai Sumedho...liat yg aku BOLD...sebenarnya sadarkah engkau bahwa El Sol selalu melindungimu? kadang2 tubuh batin El Sol keserempet benda2 berlogam..muncullah energi..jadi jangan kaget ato takut...jika kamu kaget ato takut..

ingatlah kepada El Sol..kalo tidak bisa ingat kepada El Sol..ingatlah kepada Buddha, kalo ndak bisa ingat kepada Buddha,ingatlah kepada Dhamma, kalo ndak bisa ingat kepada Dhamma, ingatlah kepada Sangha..jadi yg penting ingat kepada El Sol selalu...

hail to the sol   ^:)^

pokoke, el sol is the best dah. :>-
There is no place like 127.0.0.1

 

anything