Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Yuk... Sharing tentang Otomotif  (Read 157117 times)

0 Members and 4 Guests are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #15 on: 04 November 2008, 10:32:12 AM »
Hamann BMW X6, eksplorasi hi-end SUV





Setelah merilis besutan dari Mecedes yakni Hamann Volcano, rumah modifikasi asal Jerman ini kembali membuat gebrakannya melalui Hamann BMW X6. Paket khusus dari Hamnann berupa pasts secara signifikan ditambahkan untuk membuat kendaraan standar menjadi lebih baik dari sisi visualnya ataupun performanya.

Dari sisi eksteriornya Hamann berkreasi melalui body kit yang jauh berbeda dengan versi standar, segala aspek diperhitungkan seperti aerodinamikanya serta bahan yang berkualitas seperti body kit Hamann X6 terdiri dari integrated LED daytime running headlights, three-part rear casing, dan new roof spoiler. Untuk sebagai tambahan opsional pelanggan dapat menambah beberapa prominent rear spoiler dan new bonnet made of ultra-light carbon.

Sedangkan untuk performa Hamann menambahkan berbagai penyempuranaan, seperti pada mesin bensin ditambahkan exhaust manifold power, yang dapat menambahkan 360 dk dengan masksimum torsi 398 lb-ft. Dan top speed hingga 170 mph atau 273 km/jam. Sedangkan mesin diesel Hamann juga menambahkan beberapa paerts tenaga sehingga tenaga standar dapat dipacu sehingga dapat menghasilkan 265 dk dan torsi sebesar 487 lb-ft.

Hamann BMW X6 akan menggunakan velg 23” merk DESIGN EDITION RACE sebagai standarisasi dari Hamann. Mengenai harga paket yang ditawarkan oleh Hamann kepada pengguna BMW X6 sebesar 9,385 euro. (ect)

source

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #16 on: 04 November 2008, 10:35:53 AM »
Corvette Grand Sport 1963 Langka Dilelang dibulan Januari




Ada beberapa jenis Corvette yang kini menjadi legenda, seperti L88, ZL1 dan juga Z06 dan kini akan ada sebuah Corvette yang akan menjadi icon, sebuah Corvette super Vettes. Tapi tidak ada satupun diantara mereka memiliki status seperti yang dimiliki oleh Corvette Grand Sport 1963. Secara keseluruhan, hanya lima buah yang diproduksi oleh "father of the Corvette", Zora Arkus-Duntov, yang memang dibuat untuk menyaingi Shelby Cobra roadster sebelum General Motors menghentikan aktivitas balapnya ditahun 1964.

Corvette Grand Sport tidak pernah terdengar sama sekali bahkan bisa dibilang sangat langka untuk dijual, dan kini untuk pertama kalinya, mobil ini diperlihatkan untuk dilelang. Baik bagi rumah lelang RM Auctions, sebagai penyelenggara dan juga Keith Martin, yang merupakan penerbit dari Corvette Market Magazine, sudah menyatakan bahwa mobil ini merupakan sebuah Corvette terpenting yang pernah ditawarkan untuk dijual.

Mobil Grand Sport yang luar biasa ini bernomor casis #002 dan ini merupakan satu dari dua buah roadster yang masih ada. Corvette Grand Sport ini ditampilkan dalam bentuk bodi tanpa restorasi dan kesemuanya masih asli dimana mobil ini sebelumnya dimiliki oleh Roger Penske and George Wintersteen. Belum ada harga pasti yang diumumkan untuk pelelangan mobil ini, tapi yang pasti penawarannya akan dimulai dari jutaan dolar.(rmauctions)



source

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #17 on: 04 November 2008, 10:37:39 AM »
Hamann Volcano Berbasis Mercedes Mclaren SLR




Hamann Volcano merupakan sebuah versi mobil yang dibuat ulang dan berbasis dari salah satu supercar paling diminati diseluruh dunia - Mercedes McClaren SLR. Para teknisi dari Hamann mampu untuk mendongkrak performa mesin V8 dari Mercedes-Benz yang berkapasitas 5.4 liter (5400 cc) dan bertenaga 626 hp dengan putaran torsi maksimum sebesar 780 Nm menjadi 700 hp dengan putaran torsi maksimumnya 830 Nm pada putaran 3,300 rpm yang mampu melesatkan Hamann dari 0-100 km/h hanya dalam tempo 3.6 detik.

Performa seperti itupun didapat dari pengembangan sistem aerodinamikanya, dengan adanya penambahan pada besarnya sayap terbaru dibagian depan dan belakang serta penambahan side skirt baru dan juga selubungnya.

Bagian Interior juga tidak ketinggalan terkena imbas penambahan aksesoris penunjang yang tetap tampil mewah tapi tetap sporty. Dibagian ini penambahan aksesoris termasuk pada pedal yang berbahan aluminium pedal, foot-rest, sil-sil pada pintu, head-rest dan juga karpet kaki dengan logo Hamann serta adanya penambahan material kualitas tinggi dari Alcantara untuk konsol tengah dan juga pada bagian-bagian dashboard.(wcf)

source

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #18 on: 04 November 2008, 02:04:36 PM »
Camaro LS7 Concept, red american muscle




Pada ajang Specialty Equipment Market Association (SEMA) Show Chevrolet menggebrak dengan memperlihatkan  sedan konsep yang berbasiskan new Camaro. Dengan penambahan berbagai parts membuat sedan dua pintu ini tampak terlihat lebih berotot dari versi standar.

Dengan menambahkan berbagai desain yang menarik membawa kendaraan ini serasa balik kemasa kejayaannya di era american muscle dimana kendaraan saat itu berwarna terang dan memiliki karakter besar dan bertenaga.

“New Camaro adalah kendaraan sports di abad 21 bagi kaum muda atau orang yang berjiwa muda” ujar Ed Peper, GM North America vice president Chevrolet. “Apapun hasrat anda terhadap dunia otomotif Chevrolet Camaro dapat menjawabnya dengan desain kelas dunia serta anda akan mendapatkan pengalaman mengemudi yang mengesankan di dalamnya. Konsep kendaraan yang diperkenalkan pada acara SEMA menunjukkan kuatitas serta memacu imajinasi dari berbagai pihak.”

Berbagai penambahan parts membuat kendaraan ini bertambah hebat seperti racing kits dari GM Performance Parts LS7 Crate motor membuat mesin yang bertenaga awal 427 dk melonjak menjadi 550 dk. Kemudian ditambahkan parts seperti Tremec six-speed manual handles shifting duties, Brembo brakes dengan kemampuan mengerem yang lebih baik, velg 20-inch custom dan lowered ride sebagai sentuhan akhir.

Terakhir pada pengecatan kendaraan ini dilabur dengan cat berwarna merah darah dan hitam dof pada kap depan dari Victory Red paint yang membuat kendaraan ini terlihat sangat berbeda dengan versi standarnya. (autoblog)

source

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #19 on: 04 November 2008, 02:08:07 PM »
Pertolongan Pertama Mobil Terendam Banjir



Banjir saat musim penghujan, terutama saat ini sudah merupakan sebuah kejadian yang biasa terjadi. Buat pemilik kendaraan terutama mobil, banjir adalah sebuah hal yang menakutkan terutama jika sampai bagian mesin terendam, karena akibatnya dapat membuat kerusakan mesin yang fatal. Telah banyak terjadi mobil yang terendam banjir saat sedang diparkir, entah itu diperkantoran atau bahkan rumah pribadi yang memang selalu menjadi titik rawan banjir.

Bila kejadian itu tiba-tiba menimpa SO mania, sebenarnya ada beberapa tips untuk meminimalkan kerusakan yang fatal pada mesin atau efek negatif lainnya pada mobil, yaitu :


  • Segera lepaskan kabel positif aki, hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek (korsleting) dari arus listrik yang dapat merusak komponen elektronik didalamnya.
  • Jika memungkinkan untuk memindahkannya, lakukan dengan cara mendorong, jangan coba-coba untuk menyalakan mesin karena bisa menyebabkan adanya korslet dan air banjir bisa terhisap banyak masuk ke dalam mesin.
  • Segera non-aktifkan rem tangan lalu gunakan batu atau masukkan persneling ke gigi 1 untuk menghindari kanvas rem melekat terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.
  • Cek semua oli ataupun minyak baik itu transmisi, mesin dan yang lainnya setelah banjir tidak lagi merendam mobil, karena kemungkinan oli ataupun minyak yang dipakai pada mobil telah tercampur air, jadi sebaiknya kuras semua oli maupun minyak tersebut dengan yang baru.
  • Kuras juga tangki bensinnya agar memastikan bensin tidak bercampur air dan menghindari karat pada bagian dalam tangki.
  • Keringkan busi, saringan udara (Air Filter), karburator, koil, alternator, delco (distributor) kabel-kabel dan seluruh bagian atau komponen mobil yang berhubungan dengan kelistrikan, pastikan semua sampai benar-benar dalam kondisi kering lalu lakukan pemeriksaan semua fungsi-fungsinya masing-masing komponen tersebut.
  • Cek fungsi audio sistem terutama head unit, untuk speaker sudah pasti akan rusak jika terendam banjir, karena bagian depan atau konusnya terbuat dari bahan yang tidak boleh terkena air.
  • Copot atau keluarkan karpet, jok, doortrim dan bagian interior lainnya yang telah basah akibat banjir lalu cuci dan keringkan agar tidak menyebabkan timbulnya jamur dan bau tidak sedap serta menghindari terjadinya karat pada bagian dalam kabin.
  • Bila terjadi pada mobil yang sudah menggunakan komponen ECU, sebaiknya langsung lakukan pemeriksaan ke bengkel resmi, karena komponen ECU sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam banjir.
  • Setelah mesin dapat menyala, lakukan pemeriksaan seperti mendengarkan suara mesin, apakah terdengar ada suara mesin yang aneh atau tidak seperti biasanya. Jalankan mobil dengan sedikit menginjak pedal rem untuk mempercepat pengeringan sistem rem.


Kondisi mobil yang telah terendam banjir pastinya memang akan mengalami kerusakan, tapi dengan tips diatas, kondisi mobil bisa lebih baik dan setidaknya terhindar dari kerusakan secara total yang akan membuat SO mania mengalami kerugian yang sangat banyak.

source

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #20 on: 04 November 2008, 02:15:08 PM »
JDM Way





Mengusung konsep modifikasi JDM (Japanese Domestic Market) memang pilihan yang cukup tepat, terutama untuk mobil lansiran Jepang yang pemiliknya masih berjiwa muda dan sporty. Seperti mobil Honda Jazz yang satu ini, Ivan selaku pembesutnya telah memberikan sentuhan modifikasi lebih ke arah JDM. Konsep ini dipilih karena menurut Ivan, bentuk body mobil Honda Jazz sangat compact, jadi konsep JDM lebih cocok membuat mobil Jazz tampil beda dan lebih sporty.

Pada bagian eksterior yang dilengkapi bodykit OEM telah ditambahkan beberapa aksesoris pemanis , terlihat ada aplikasi wing Spoon dengan knalpot racing Kansai dibagian buritan. Untuk eksterior bagian depannya, mobil ini juga dilengkapi air duct JS Racing yang melekat pada front bumper, emblem Honda berkelir merah dan lampu HID coolight 8000K agar penerangan malam hari semakin mumpuni.

Mobil ini tampil semakin sporty look dengan adanya aplikasi velg Buddy Club P1 6 palang berukuran 15 inci berkelir putih. Sebagai cara untuk memaksimalkan mobil saat dikendarai, velg telah dibalut dengan ban Toyo Proxess R1R berukuran 195/50 dan per original yang dirasa kurang memuaskan untuk mengusung konsep JDM langsung diganti dengan per lansiran Tein tipe S-Tech, alhasil meskipun simple, penampilan mobil Jazz silver ini makin tampil sporty dan mulai memiliki aura JDM.




Suara Tetap Prioritas

Merasa musik adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan, Ivan sang pemilik yang punya hobi karaoke ini merombak audio system besutannya dengan instalasi versi aftermarket berkonsep daily SPL. Instalasi audio systemnya ini dikerjakan oleh workshop audio Bassindo lewat tangan instalaturnya Andrie. Kabin langsung dijejali head unit single din DEH-6050UB lansiran Pioneer yang siap menelan berbagai format dan media musik. 

Setelah dijejali head unit aftermarket, audio system dilengkapi dengan speaker depan 2 jalur dari Helix  tipe Darkblue 62 MKII. Posisi tweeter diletakkan disudut kanan dan kiri pilar A dengan cangkang custom kecil namun tetap rigid menjaga arah tweeter. Speaker belakang pada doortrim pintu belakang mobil ini telah dipasangkan speaker coaxial Darkblue 6 MKII yang juga dari Helix. Semua speaker baik depan maupun belakang didukung oleh sebuah amplifier 4 channel Intersys ISP-4100 yang tertanam di bagasi.

Ambisi untuk mendapatkan suara bass yang kuat dan nyaman terdengar untuk sehar-hari, Ivan mempercayakan 2 unit subwoofer 10 inci lansiran Rockford Fosgate tipe P1. Kedua subwoofer dijejali dibagian kanan dan kiri bagasi dengan box yang berdesain tidak terlalu besar, sehingga bagasi masih dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Tenaga dentuman bass dalam mobil ini juga diperkuat oleh  amplifier 4 channel berdaya besar lansiran Optima OP 1200.4. Setelah kabin dimaksimalkan dengan audio system yang mumpuni, Ivan juga langsung membalut seluruh jok dan doortrim dengan lapisan kulit sintetis MB-Tech two tone Mreah dan Hitam.

Untuk kedepannya, konsep modifikasi JDM yang diusung oleh Ivan untuk mobilnya ini adalah ingin memasangkan engine hood alias kap mesin berbahan karbon. Sedangkan selanjutnya akan mengganti knalpot Kaisan dengan produk dari HKS), niatan ini bertujuan untuk memperkental konsep JDM yang telah diusungnya. Biaya total dari modifikasi yang telah dilakukannya ini telah menguras kocek ±22, 5 juta rupiah.




Pemilik Mobil : Ivan
Instalatur Audio : Andrie
Workshop Audio : Bassindo
Alamat : Jl. Raya Kelapa Gading Boulevard Blok WA2, No.5, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara
Phone : 021-4532607

Spesifikasi :
Kaki-kaki :

Velg : Buddy Club P1
Ban : Toyo Proxes R1R 195/50
Per : tein S-Tech
Eksterior :

Body kit : OEM Honda
Air Duct : JS Racing
Emblem : Honda Red
Headlamp : HID Coolight 8000K
Wing : Spoon
Muffler : Kansai
Interior & Audio System :

Jok : Semi Kulit MB Tech
Head Unit : Pioneer DEH-6050UB
Front Speaker :  Helix Darkblue 62 MKII (1 Set)
Rear Speaker :  Helix Coaxial Darkblue 6 MKII
Subwoofer : Rockford Fosgate P1 (2 Pcs)
Amplifier (Front) : Intersys SP-4100 (1 Pcs)
Amplifier (Sub) : Optima OP-1200.4 (1 Pcs)
Capasitor Bank : EFX (1 Pcs)
Peredam : Automat

source

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #21 on: 05 November 2008, 09:56:40 AM »
Quote
Pertolongan Pertama Mobil Terendam Banjir

Biasanya pemilik mobil lagi asyik NOnton, Karaoke, ataupun sesuatu yg lain.....

begitu keluar mobilnya udah terendam.....

Jadi sebelum anda parkir mobil... lihat lah tanda2 banjir...(garis air pada dinding2),
pintu2 yg ditinggikan, dll, dll....

dan sebaiknya tidak melakukan aktivitas yg sampai ngak bisa kedengar HUJAN TURUN....

soalnya di DarmoPark2, tempatnya agak menurun....
dan SETIAP HUJAN besar........... banyak memakan korban (Mobil yg terendam)...
terutama SPEDA MOTOR2.... dan semua itu DITINGGALKAN TUKANG PARKIR....
(pemilik lagi asyik karaoke, nonton, atau melakukan something ASYIK)

kejadian yg berulang-ulang.........

semoga info ini beguna...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #22 on: 05 November 2008, 11:01:02 AM »
Eh bro johan org surabaya nih???

opo kabare, cak???

dulu gw kuliah di unair....... salam kenal.......

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #23 on: 05 November 2008, 11:10:48 AM »
Report test ride Mitsu I-Miev





Test ride Mitsu "marmut" i-Miev awalnya terlihat agak sedikit mengecewakan dimana kita hanya duduk jadi penumpang & mobil disetir oleh test driver.

Setelah menulis nama & mengambil nomor antrian nubie menunggu giliran utk naik si marmut.

Lalu tibalah giliran nubie naik si marmut, kesan pertama yg terdengar di dlm kabin adalah suara hembusan blower AC-nya (Kompressor AC di driver dgn electro motor juga), begitu duduk si test driver menjelaskan sedikit ttg si marmut.

Mobil melewati arena test drive yg terbuat dari paving block, lalu melewati arena jalan yg dibuat sedikit zig-zag, kemudian test akselerasi & selesai.

Asalnya nubie minta ke test driver utk coba akselerasi dari posisi diam, tapi test driver mengatakan  tarikannya tetap terasa dan memang benar........ketika belok pelan keluar dr arena zig-zag dan pedal gas dibejek tarikannya memang cukup terasa utk ukuran sebuah mobil "marmut", G-nya sedikit terasa dan tanpa raungan khas mesin motor bakar.

Keunggulan electro motor adalah dimana dia dapat menghasilkan Torsi penuh sejak putaran rendah layaknya Diesel & dimana si Marmut ini bekonfigurasi RWD !!!

Konon si marmut dapat beroperasi selama 7 - 8 jam sesudah batere-nya di charge penuh.


Moga moga suatu hari nanti bisa ada acara test drive si marmut atau mobil listrik lainnya di jalan aspal beneran.


Secara keseluruhan acara test ride tsb. cukup menarik, dimana para pengunjung dibagikan Aqua botol ukuran kecil & dipandu para SPG yg ramah.


Demikian sekilas report.


Salam bebas minyak Bumi

source : http://www.treehugger.com/files/2008/02/mitsubishi_i_miev_electric_car.php

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #24 on: 05 November 2008, 02:47:11 PM »
Eh bro johan org surabaya nih???

opo kabare, cak???

dulu gw kuliah di unair....... salam kenal.......

Salam juga bro.............

Kalau unair................waahh udah langganan...

setiap hari deh....

cuma numpang lewat....

Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #25 on: 05 November 2008, 02:53:44 PM »

Design mobil ini selalu membuat saya penasaran...

(selalu diingat.., walaupun mobil lain lebih cantik)

Mobil apakah itu?

Spoiler: ShowHide
Citroen DS ... mobil Prancis...(mobil lama)

« Last Edit: 05 November 2008, 02:56:20 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #26 on: 05 November 2008, 02:57:57 PM »
itu kekna mobil taon 1950-60an yah bro???

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #27 on: 05 November 2008, 03:00:06 PM »
Hyundai Memperkenalkan Tiga Model Genesis Coupe Projects di SEMA 2008





Tujuh model custom Genesis Coupe dan sedan akan diperkenalkan di Specialty Equipment Market Association (SEMA) Show untuk menunjukkan komitmen Hyundai pada kendaraan-kendaraan berperforma dengan sistem kendali rear-wheel drive. Ketujuh model Genesis SEMA yang diperkenalkan mempunyai jangkauan kemampuan yang cukup luas, mulai dari Rhys Millen 2.0T Genesis Coupe, yang terinspirasi dari seri Super GT Jepang, sampai dengan Euro yang terinspirasi dari sedan RKSport Genesis, dengan mesin konsep yang diususng oleh Hyundai dengan model mesin V8 supercharged berkapasitas 4.6 Liter (4600 cc) dan mampu mendongkrak tenaga hingga 460-hp. Mobil-mobil konsep custom dari Hyundai akan diperlihatkan pada booth SEMA di Las Vegas Convention Center mulai dari tanggal 4-7 November 2008.

Model custom pertama adalah dari Rhys Millen Racing (RMR), salah satu tuner yang cukup diakui dikalangan industri ini merancang "Art of Speed" Genesis Coupe 2.0T. RMR Genesis Coupe ditenagai oleh mesin empat-silinder segaris berkapasitas 2.0-liter (2000 cc) dan mencangkok Turbonetics turbocharger, wastegate dan blow-off valve untuk mendapatkan tenaga ekstra dan juga torsi maksimum. Model ini juga dilengkapi dengan transmisi heavy-duty lansiran HKS dan juga suspensi KW coilover untuk mendapatkan hentakan tenaga kebawah.

RMR Genesis Coupe dibalur dengan warna bodi silver dan biru juga dilengkapi dengan wide bodi kit RMR berbahan karbon fiber, hood scoop yang bersifat fungsional serta sayap belakang berbahan karbon fiber lansiran APR GTC-500. RMR juga menambahkan pelek SSR Type-F competition lightweight dan dibalut dengan ban racing tipe slick lansiran Bridgestone Potenza serta mencangkok sistem pengereman lansiran Brembo, dimana pada area tersebut mampu bekerjasama dengan sangat baik. Untuk bagian interiornya, kokpit telah berubah menjadi model racing cockpit dengan stir kemudi dan juga jok dari Sparco, delapan titik roll cage serta dashboard berbahan karbon fiber dengan model dari RMR.

Untuk model yang kedua digarap oleh tuner lama dari Hyundai yaitu Shawn Williams dari Street Concepts yang memodifikasi Genesis Coupe dengan model selubung hitam, dimana untuk model pengecatannya terinspirasi dari Stealth Fighter untuk lebih menonjolkan sisi agresif sebuah kendaraan. Dibagian eksteriornya pun ditambahkan fitur-fitur model custom untuk desain gril, tinted taillights dan sayap belakang dari APR.

Street Concept Genesis Coupe dirancang menggunakan pelek racing berukuran 19” dari Volk, ban performa dari Pirelli, suspensi yang dimodifikasi dan sistem pengereman lansiran Brembo. Sistem pembuangan belakang model Magnaflow cat dan sistem pendingin air intake dari K&N mampu meningkatkan performa dari mesin V6 berkapasitas 3.8-liter (3800 cc) ini. Bagian interior yang dimodifikasi termasuk sistem audio custom dari Infinity, Jok Recaro Sportster Topline dengan aksen bahan suede berwarna hitam yang dirancang agar sama dengan tema Stealth Fighter yang diusung.

Sedangkan tuner terakhir adalah dari HKS, yang memang sudah terkenal sebagai supplier untuk komponen-komponen performa-nya, merancang secara custom Genesis Coupe yang mampu memaksimalkan kemampuan performa berkendara bagi para penggila balap. HKS Genesis Coupe mencangkok Turbo HKS GT2835R pada kompartemen mesin agar mampu meningkatkan horsepower dan mencapai torsi yang maksimal, kemudian mempergunakan HKS stainless tubular manifold, meng-upgrade HKS intercooler, HKS super sequential blow-off valve, HKS performance stainless cat-back exhaust, HKS carbon fiber air box dan intake duct-nya, Busi HKS Super Fire serta suspensi HKS Hipermax III fully-adjustable.

HKS Genesis Coupe juga memperlihatkan functional ground effect yang dirancang oleh Ken Style, mitra aerodinamis untuk mobil Time-Attack HKS. Dibagian interior lebih menekankan pada kontrol dan kenyamanan berkendara yang mempergunakan bahan-bahan elektronik HKS termasuk CAMP2 yang mampu memonitor hingga 24 data signal dari Genesis OBD2 dan sebuah program kalkulasi untuk menghitung besarnya biaya bahan bakar, konsumsi bahan bakar rata-rata dan juga menghitung penghematan bahan bakar yang dihitung secara real time. (wcf)

source

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #28 on: 05 November 2008, 03:05:23 PM »
Penghemat BBM Paling Bagus





Semua orang ingin berkendara secara efisien terutama sejak naiknya harga BBM premium jadi Rp 6.000,- Banyak orang yang bahkan rela merogoh koceknya dalam-dalam untuk membeli alat-alat yang harganya bisa sampai jutaan. Tapi ternyata anda juga dapat berhemat BBM dengan gratis. Modalnya adalah penguasaan diri alias Eco Driving. Simak liputannya dalam artikel ini.

Prilaku eco-driving / mengemudi ekonomis dan hemat bahan bakar harus menjadi pedoman serta acuan kita semua, karena menghasilkan dampak:

  • Menghemat biaya perawatan kendaraan
  • Hemat bahan bakar
  • Lebih berwawasan lingkungan
  • Nyaman bagi penumpang
  • Megurangi stress pengemudi


Ketentuan utama mengemudi ekonomis / eco-driving adalah sebagai berikut:

  • Pindahkan Transmisi ke Posisi yang Lebih Tinggi Secepat Mungkin (jangan sampai kehilangan momentum)
  • Perpindahan transmisi dilakukan secepat mungkin saat rpm diantara 2800-3500 Rpm.
  • Sedapat Mungkin Pertahankan Kecepatan pada Putaran Ekonomis (3000rpm).
  • Kebanyakan tenaga mesin hanya terpakai untuk akselerasi atau kecepatan tinggi, apabila pengemudi berusaha untuk mempertahankan kecepatan dan putaran ekonomis, maka energi yang terbuang dan boros bahan bakar dapat dikurangi.
  • Biasanya RPM mesin yg ekonomis berada diantara 2500-3500 rpm.
  • Hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu.
  • Pengereman yang tak perlu memboroskan energi, hindari akselerasi yang ekstrim, kecuali keadaan terpaksa, antisipasi kondisi lalu lintas dan tidak mengikuti mobil lain terlalu dekat dapat menghemat bahan bakar 5 - 10%.
  • Memperlambat dengan Lembut.
  • Ketika memperlambat atau menghentikan kendaraan, maka lakukanlah perlambatan dengan lembut dan persneling tetap dalam keadaan masuk pd posisi tertinggi. Jangan turunkan perseneling ke gigi yang lebih rendah cepat2, kecuali dalam keadaan urgent yang memerlukan engine-break.


Antisipasi Arus Lalu Lintas

Antisipasi tersebut mencakup:

  • Lalu lintas di depan kendaraan kita.
  • Lalu lintas arah berlawanan.
  • Lalu lintas di persimpangan.
  • Mendahului dan mundur

Untuk itu pengemudi harus:

  • Memandang kedepan sejauh mungkin.
  • Kosentrasi.
  • Mengerem dengan cermat.
  • Hati-hati dengan kendaraan di depan.
  • Jaga jarak.
  • Berusaha sebisanya mempertahankan kecepatan ekonomis.
  • Beradaptasi dengan perubahan situasi.
  • Mengetahui rute perjalanan dan
  • Memperhatikan kerusakan jalan dan kemungkinan kesalahan pengemudi lain.


Mengemudi di Tanjakan dan Turunan

Pada jalan mendaki diperlukan tenaga mesin yang lebih besar dibandingkan dengan jalan datar.
Tergantung dari sudut tanjakan yang akan ditempuh, usahakan cara berikut ini:

Sesuaikan putaran mesin.

Teknik perpindahan transmisi yang tepat dan cermat.
Manfaatkan kecepatan kendaraan untuk menempuh tanjakan berikutnya.

Matikan Mesin bila Memungkinkan

Matikan mesin waktu perhentian singkat; pada lintasan jalan kereta api, lampu lalu lintas atau sedang menunggu sesuatu yang berhentinya diperkirakan lebih dari 60 detik. Saat matikan mesin pastikan rpm dalam kondisi idle dan ketika menghidupkan mesin kembali jangan tekan pedal gas.

Mengemudi dengan Banyak belokan

Kurangi kecepatan saat mendekati belokan sampai mencapai kecepatan yang sesuai, bila perlu pengurangan kecepatan dilakukan dengan tenaga mesin atau sebisanya tanpa pengereman dan tidak menurunkan transmisi pada posisi yang lebih rendah.
Bila sering melakukan akselerasi dan pengereman mendadak dan putaran mesin tinggi, tidak saja meningkatkan konsumsi bahan bakar dan keausan rem, juga menyebabkan kondisi kurang baik pada pengemudi.

Muatan/Beban

Muatan/beban adalah faktor yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar yang utama. Penambahan beban 100 kg pada kendaraan ukuran sedang (1500 kg) akan menaikkan konsumsi bahan bakar sekitar 6 - 7%. Kurangi beban tambahan yang tidak perlu pada kendaraan.

Aerodinamis

Faktor lain yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar adalah aerodinamis.
Makin cepat laju kendaraan semakin besar hambatan udara yang ditimbulkan, misalnya pada kecepatan 120km/jam dapat meningkatkan sedikitnya 20% pemakaian bahan bakar.

Tekanan Ban

Memeriksa tekanan ban adalah penting agar hambatan gesek ban dapat dikurangi.
Tekanan yang tidak sesuai misalnya kurang 25% dari spesifikasi dapat meningkatkan tahanan gesek sampai 10% serta memboroskan bahan bakar 2%. Terlalu rendah tekanan ban juga mempunyai akibat kurang baik pada jarak pengereman. Untuk memastikan tekanan ban, periksa sedikitnya sekali sebulan.

Servis Berkala

Servis berkala adalah faktor yang sangat penting untuk menghemat bahan bakar, membersihkan saringan udara serta melaksanakan item pekerjaan servis rutin lainnya dengan benar dan diakhiri dengan uji emisi akan dapat membantu Anda untuk menghemat bahan bakar, oleh kerana itu lakukan pekerjaan servis berkala kendaraan Anda pada bengkel yang Anda percayai.

Bagian kendaraan yg membuat boros :

A/C >> gunakan A/C saat diperlukan dan matikan A/C dg perkiraan 5 menit sebelum sampai tujuan.
Gunakan AC dengan cermat, karena AC adalah beban tambahan mesin.

Air Filter >> Usahakan untuk menjaga filter udara dalam kondisi bersih (bersihkan tiap 2000KM). Ganti filter udara bila sudah kotor (max 10rb km sekali), filter udara yg kotor membuat boros BBM 3%.

Oli >> Gunakan oli sesuai std pabrikan 5w30 atau lebih encer, oli full synhtetic lebih baik. Oli yg encer lebih mudah menguap/berkurang tetapi dapat menghemat BBM smp 3%.

Panduan ini dibuat berdasarkan Eco-Drive Training Module TTA International yg disesuaikan isinya untuk kendaraan Livina (GL/XR/XGEAR).

Dirangkum langsung dari diskusi pada Forum .com

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #29 on: 06 November 2008, 02:29:01 PM »
Mugen Kits untuk Honda Fit-Jazz





Mugen segera menelurkan beragam aksesorisnya untuk Honda Fit 2009 (di Indonesia bernama Honda Jazz) yang akan tersedia pada Mugen outlet store telah diperlihatkan secara nyata dalam acara (Specialty Equipment Market Association's)  SEMA 2008. Dengan Mugen Kits ini Honda Fit - Jazz akan menjadi lebih memiliki karakter yang lebih dinamis dan berbeda dengan versi standar.

Mugen kits untuk paket eksterior terdiri dari front grille, spoiler, side skirts, rear spoiler, velg custom yang berlabel Mugen, dan rearview miror yang kesemuanya kreasi dari Mugen. Sedangkan untuk mesin dan interior Mugen menyediakan berbagai aksesoris penunjang seperti quick shifter, shift knob, sports pedals (MT), sports floor mats, dan untuk mesin Mugen memberikan parts racing dan premium performance components.

Mengenai harga Mugen belom memberikan secara detail, yang jelas kali ini Mugen baru sekedar memperkenalkan berbagai aksesorisnya yang juga bekerjasama dengan Honda Motor Corp. untuk pengembangan selanjutnya. (autoblog)