Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Yuk... Sharing tentang Otomotif  (Read 153758 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #30 on: 06 November 2008, 02:30:30 PM »
Rolls Royce Tercepat Bertenaga 1350bhp!




Mobil ini diklaim sebagai Rolls Royce tercepat yang pernah dibangun! Racikannya adalah dengan memodifikasi Rolls Royce Silver Shadow lansiran tahun 1970 yang mengusung tenaga sebesar 1350bhp. Pada ajang SEMA tahun ini, setidaknya membuktikan salah satu kehebatan dari para pabrikan dalam meracik kendaraan mereka dan tidak hanya menyajikan katalog komponen-komponen kendaraan lansiran mereka. Mobil ini pun dimiliki secara pribadi oleh seseorang dan sering dipakai sebagai kendaraan hariannya.

Mobil ini mencangkok mesin Hemi V8 supercharged berkapasitas 9.3-liter (9300 cc) dengan casis bespoke. Tidak hanya itu saja, interiornya diselubungi dengan material berbahan kulit, suspensinya memakai air suspension dan untuk mendongkrak tenaganya ditanam nitrous injection. Tetapi tidak hanya faktor performa saja yang mendapat perhatian, untuk mendapatkan sensasi kenyamanan dan kemewahan, pemiliknya juga menambahkan empat buah televisi, dimana salah satunya diletakkan diarea bagasi. Biaya untuk modifikasinya pun cukup fantastis, sekitar £200,000. (autoexpress)


Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #31 on: 07 November 2008, 01:40:43 PM »
Turbo charge & racing engine start





Zero One Turbo Charger Honda Jazz

Bagi penggemar modifikasi mesin, aplikasi piranti Turbo Charger merupakan hal yang paling diminati. Khusus bagi SO mania pemilik Honda Jazz lama yang termasuk pencinta street racing dan speed holic, aplikasi Turbo Charger yang bisa didapatkan di bengkel AMS ini bisa menjadi sebuah pilihan tepat. Aplikasi piranti ini sangat fungsional dan efektif untuk mendongkrak tenaga mesin jadi lebih besar dan responsif.

Harga : Rp.28.000.000

Info : AMS (Amiau Motor Sport)
Jl. Lapangan Bola, No.33A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Phone : 021-5324084 / 5362783

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #32 on: 07 November 2008, 01:41:45 PM »
Racing Engine Start RTSW02





Memiliki kabin mobil bernuansa racing look, sepertinya belum lengkap jika detailnya tidak dilengkapi penggunaan produk aksesoris racing seperti panel Racing Engine Start (Ignition Switch Panel). Penggunaan produk aksesoris ini bukan hanya untuk memperkental nuansa racing look saja, tapi mampu mempermudah dan mempercepat proses menyalakan mesin mobil. Racing Engine Start RTSW02 bisa difungsikan ke berbagai jenis dan merk mobil.

Harga : Rp.250.000

Info : Arena Motorsport
Mall Mega Glodok Kemayoran Lantai 06 Blok A5, No.02
Phone : 021-26646778

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #33 on: 07 November 2008, 02:08:21 PM »
All About Distributor (Delco)





Pada mobil model lama yang masih menggunakan sistem pengatur pengapian dengan platina, waktu dan pembagian pengapian (Ignition Timing) ke ruang bakar dikerjakan oleh sebuah parts bernama distributor atau dikenal juga dengan sebutan delco.

Sistem kerjanya adalah distributor membagi dan mengatur pengapian yang berasal dari koil untuk disampaikan ke busi pada tiap silinder dengan dibantu platina, kondensor dan rotor yang berada didalam badan distributor. Rotor bertugas membagi arus listrik ke busi tiap silinder sesuai dengan urutan pembakarannya, yaitu 1-3-4-2 (urutan per silinder) jika mesin mobil itu menggunakan 4 silinder dan seterusnya, jadi pengapian tidak bisa berurutan 1-2-3-4.

Tanda Kerusakan Distributor
Menurut Rudi Niko yang biasa dipanggil Pak Rudi, mekanik ahli dari bengkel Latimojong Motor dibilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini, “Gejala awal ada kelainan pada distributor serta bagian didalamnya itu menyebabkan mesin tersendat-sendat karena pengapian tidak sempurna atau bisa dibilang pengapian pincang dan bila dipaksakan jalan, ujung-ujungnya mobil akan mogok”.

Ketika berbicara tentang kerusakan distributor berarti meluas menjadi bahasan kerusakan pada sistem pengapian mobil yang bermesin konvensional. “Gejala mesin tersendat paling sering disebabkan adanya kerusakan pada bagian platina karena sudah terbakar dan kondensor yang sudah lemah hingga tidak mampu menyimpan arus listrik ke platina maupun tutup distributor dan rotor yang sudah retak sehingga arus listrik tidak teralirkan ke busi, dan penyebab lainnya itu bisa juga karena koil ataupun busi serta kabel-kabelnya yang sudah rusak, namun jika kerusakan hanya pada kabel busi atau busi, mesin hanya menjadi 'brebet' , tidak langsung mogok dan jika koil atau platina yang rusak, kemungkinan besar mobil bisa mati mendadak atau mogok ”, tambah Pak Rudi kepada SO.

Pengaturan Waktu Pengapian (Ignition Timing) 
Menurut Pak Rudi yang telah lebih dari 10 tahun menjadi mekanik mesin khusus mobil ini, langkah pertama pengaturan waktu pengapian itu harus diatur dulu gap platina dengan benar, umumnya tiap mobil memakai ukuran gap itu normalnya sebesar 0,40 mm, selanjutnya baru atur waktu pengapian melalui badan distributor dengan cara mengendurkan dulu baut badan distributor pada blok mesin lalu memutarnya sedikit-dikit searah ataupun berlawanan arah jarum jam hingga mencapai ukuran yang tepat.

Penyetelan waktu pengapian ini biasa disebut dan dikenal dengan menyetel 'na dan voor' distributor, yang dimana 'na' itu untuk memperlambat pengapian, sedangkan 'voor' itu untuk mempercepat pengapian. Untuk ukurannya biasanya atau umumnya standar pengapian mobil itu diatur 5 sampai 10 derajat sebelum top atau titik mati atas (TMA) mesin. Setiap mobil memiliki arah putar 'na dan voor' yang berbeda-beda dan ukuran yang juga berbeda, jadi tergantung dari mobilnya, khusus untuk mobil keluaran Toyota, putarannya 'na' itu searah jarum jam dan 'voor' berarti sebaliknya. Bila pengaturan waktu pengapiannya belum pas maka efeknya mesin mobil akan 'nglitik' (knocking) karena hal ini berhubungan dengan putaran mesin.





Pengaturan 'na dan voor' distributor ini diperlukan keahlian serta pengalaman, karena terkadang ukuran secara teknis bisa saja meleset dan tidak pas, untuk itu biasanya mekanik juga mengandalkan 'feeling' berdasarkan pengalamannya. Jika SO mania merasakan mesin mobilnya tiba-tiba 'nglitik', So mania bisa mencoba untuk melakukan penyetelan waktu pengapian sendiri. Pertama seperti yang telah disebutkan diatas kendurkan dulu bau pengikat distributor ke blok mesin lalu dalam keadaan mesin hidup putar sedikit distributor ke posisi 'na' untuk memperlambat pengapian hingga putaran stabil, setelah itu mobil di gas hingga rpm tinggi, jika masih terdengar bunyi katup 'nglitik' putar sedikit lagi ke arah 'na', dalam hal ini SO mania harus mampu peka terhadap keadaan putaran mesin mobilnya.

Terakhir dari Pak Rudi, untuk menghindari masalah pada mobil yang dapat menyulitkan dan menyebabkan mogok, mobil harus rutin tune up ke bengkel. Terutama untuk menghindari masalah pengapian pada mobil yang masih menggunakan platina, sebaiknya setiap 10.000 sampai 15.000 Km atau setiap kali tune up, platina dan kondensor harus diganti termasuk busi juga jangan sampai terlupakan, jadi jangan tunggu sampai bagian tersebut rusak hingga menyebabkan mogok. Sedangkan untuk tutup distributor (delco) akan lebih baik diganti setelah penggunaan hingga 50.000 Km agar terhindar dari kebocoran arus listrik untuk pengapian.

Thanks to :
Rudi Niko
Latimojong Motor
Jl. Kebon Jeruk Raya, Komp.BPK III No.7A
Phone : 021-5333272

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #34 on: 07 November 2008, 02:31:35 PM »
BatSmart hadir di SEMA





Batmobile, pasti anda sudah tahu bahwa kendaraan ini memang kepunyaan superhero asal Gotham City yakni Batman tetapi kalau ukuran batmobile kecil tentunya akan menjadi pertanyaan yang besar. Smart sebuah produsen kendaraan mini dalam acara SEMA menghadirkan kendaraannya untuk dimodifikasi dengan karakter kelelawar dan dinamakan BatSmart.

Smart yang berkostum kelelawar ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung acara smart, dengan kendaraan yang mini para pengunjung acara ini menjadi lebih terhibur dan tidak terkesan monoton. Selain berwarna hitam pekat BatSmart ini memiliki modifikasi yang cukup baik dan jelas berbeda dengan versi standarnya.

Berbagai aksesoris untuk BatSmart telah ditanamkan seperti penggunaan warna yang serba hitam baik interior maupun eksteriornya, penggunaan bodykit yang bertema kelelawar, pintu gunting, velg racing hitam dof, dan tak ketinggalan peningkatan performa di bidang mesin ditambahkan seperti performance kit khusus untuk BatSmart yang kesemuanya diciptakan oleh rumah modifikasi George Barris.

Paket BatSmart ini tentunya akan dapat dibeli walau belum ada kepastian mengenai harga yang ditawarkan. Bila ingin melihat aneka parts untuk samrt ini dapat mengunjungi situs www.smart42parts.com dan disana tersedia aneka pilihan modifikasi khusus untuk Smart. (autoblog)

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #35 on: 07 November 2008, 02:35:22 PM »
Tren Velg Aftermarket




Dalam memodifikasi mobil, ada berbagai macam aliran modifikasi yang dapat dipilih dan diusung oleh para modifikator. Tapi apapun jenis aliran modifikasi yang diusung, pastinya tidak akan pernah ketinggalan untuk melakukan penggantian velg original (OEM) dengan versi aftermarket. Karena mengganti velg adalah jalan termudah dan tercepat untuk membuat mobil tampil beda dari yang lain.

Produk Aftermarket Lokal & Import
Velg-velg aftermarket yang masuk ke pasar Indonesia lebih didominasi oleh lansiran Taiwan, Jepang, China yang kemudian disusul oleh produk-produk lansiran Jerman dan Amerika Serikat. Untuk bahan materialnya, velg-velg ini umumnya terbuat dari bahan aluminium alloy dimana bahan ini bisa dibilang cukup ringan dan kuat. Model dan ukurannya pun beragam, mulai dari pelek berukuran 15” hingga 24”. Selain produk aftermarket dari luar negeri, saat ini terdapat juga velg aftermarket buatan lokal yang sudah beredar dipasaran dalam negeri, pelek ini banyak yang dijual mulai dari ukuran 13” hingga 18”.

Sepintas secara fisik antara produk aftermarket luar negeri dengan produk lokal agak susah untuk membedakannya, tapi secara mudahnya dapat dilihat mulai dari brand / merek, kemudian model finishing-nya atau hasil akhir pengerjaan, velg buatan lokal kualitasnya masih kurang baik dibandingkan dengan buatan luar negeri dan terakhir ketika memegang velg-velg tersebut dapat dibedakan dengan cara menentengnya dimana untuk velg lokal lebih berat dibandingkan dengan yang luar negeri. 

Karakter Berbeda-beda
Masing-masing velg, baik itu produk Taiwan, Jepang ataupun Amerika mempunyai ciri khas masing-masing. Secara gampang membedakannya dari logo dan juga merek-nya. Biasanya untuk produk lansiran Amerika model velg-nya dilapisi krom hampir sama dengan produk lansiran Taiwan. Sedangkan untuk produk lansiran Jepang biasanya bermain pada velg-velg model JDM atau lebih 'racing look'. Dan untuk velg lansiran Jerman, terlihat dari model palang / jari-jarinya bercabang mirip seperti akar, contohnya seperti model velg merk BBS.   

Tren Modifikasi Velg
Untuk saat ini, tren untuk memodifikasi velg di Tanah Air kembali mengacu pada tren yang sedang berlangsung di Amerika Serikat dimana tren yang sedang berlangsung adalah DUB style yang cirinya adalah menggunakan velg-velg besar berukuran besar , seperti ukuran 20” dengan model Black Lips. Model velg ini, bisa dilihat dengan sangat jelas dimana pada bagian bibir dalam velg dibalur dengan warna hitam sedangkan palangnya dihias dengan krom. Bagi para pemilik kendaraan berbadan bongsor semacam SUV, cocok untuk mencangkok velg besar dengan model seperti ini.

Sedangkan untuk jenis mobil-mobil kecil seperti model sedan ataupun hatchback, masih banyak yang mengacu pada tren yang sedang in di Jepang, yaitu mempergunakan model velg JDM style atau Time Attack Style. “velg-velg model ini biasanya punya warna polos atau solid yang biasanya dimodifikasi dengan diberi tambahan garis (stripes) berwarna di bagian tepi velg tersebut sebagai lis. Contohnya pelek berwarna hitam dengan lis merah dibagian pinggirnya ataupun hanya sekedar warna putih polos atau krem saja” ujar Lilik, komandan dari JP Racing yang bermarkas dibilangan Jakarta Barat ini. Jadi intinya tiap jenis atau konsep modifikasi memiliki tren velg yang berbeda-beda karakter.   

Thanks to :
Lilik
JP Racing
Jl.Panjang Arteri Kedoya Raya No.4 A
Phone : 021-70717483

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #36 on: 07 November 2008, 02:38:38 PM »
Uji test berbagai oli di majalah Mobil Motor terbaru

Ada uji test berbagai oli di maj. Mobil Motor terbaru.

Test sample berbagai oli bekas (yg udah jalan 5000 - 10.000 Km) oleh lab BTMP - BPPT


Menarik juga  melihat reportnya, ternyata  banyak faktor yg turut  menentukan kinerja jangka panjang pelumas.

Ada oli yg dipake 5000 Km udah babak belur / amsyong abis, ada juga yg masih oke dan bisa jalan 2500 Km lagi.

Yg babak belur ada yg TBN nya udah rendah bgt. walau dipake 5000 Km, sehingga oli nyaris jadi bersifat asam.

Ada lagi oli lain 10W-40 dr merek terkenal dipake 10.000 Km di Xenia , pas di cek  visc. kinematicnya udah nggak karu -karuan, olinya dah jadi super - duper encer.



So kesimpulannya :

Kalo mesin mo awet, oli jangan dipaksakan,  atau  kalau senang ganti oli sampe jauh banget maka siap2 suatu hari nanti ganti mesinnya sekalian......he he hee 

Offline calon_arahat

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 26
  • Gender: Female
  • On the journey of life..
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #37 on: 07 November 2008, 07:45:27 PM »
Quote
Eh bro johan org surabaya nih???

opo kabare, cak???

dulu gw kuliah di unair....... salam kenal.......
hmm.. kuliah di unair ya, angkatan berapa?
kok ga kenal ya... padahal gw kan pengurus UKKB Unair, hehehe...
pengurus UKKB Unair kan juga kenal sama senior2 yg sudah lulus
The health of my patients will be my first consideration..

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #38 on: 08 November 2008, 03:39:44 PM »
itu kekna mobil taon 1950-60an yah bro???

Yess. Bro..

Citroen DS... dulunya sering shooting di FILM layar lebar....
(salah satunya... film Al-Pacino...)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #39 on: 10 November 2008, 05:05:43 PM »
hmm.. kuliah di unair ya, angkatan berapa?
kok ga kenal ya... padahal gw kan pengurus UKKB Unair, hehehe...
pengurus UKKB Unair kan juga kenal sama senior2 yg sudah lulus

eh ketemu ama adik kelas nih..... coba deh tanya nama markos prawira ke okta, youngki, arlene, maissy yah.....

itu semua adik2 kelas yg dulu ikut bangun UKKB  :-[

bisa juga tanya ke bu khema yah  :P

sori, angkatan gw jadul bgt........ NIM 049314266..... bisa tau dong artinya?  :D
« Last Edit: 10 November 2008, 05:08:33 PM by markosprawira »

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #40 on: 10 November 2008, 09:18:56 PM »
angkatan 49? Haa...
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #41 on: 10 November 2008, 09:23:22 PM »
angkatan 49? Haa...
=)) itu jangan2 pas lagi kuliah.. datang sekutu
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline calon_arahat

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 26
  • Gender: Female
  • On the journey of life..
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #42 on: 10 November 2008, 11:26:49 PM »
Quote from: markosprawira
eh ketemu ama adik kelas nih..... coba deh tanya nama markos prawira ke okta, youngki, arlene, maissy yah.....

itu semua adik2 kelas yg dulu ikut bangun UKKB  Embarrassed

bisa juga tanya ke bu khema yah  Tongue

sori, angkatan gw jadul bgt........ NIM 049314266..... bisa tau dong artinya?  Cheesy
ntar deh tak tanya.. kenal semua kok nama2 yg diatas itu..
ngerti2 arti dari NIM itu... begitu liat langsung tau dari angkatan berapa dan fakultas apa
The health of my patients will be my first consideration..

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #43 on: 11 November 2008, 11:16:13 AM »
 [at] benz & hedi : itu ada kode2 RHS-nya bro......  :D

 [at] calon_arahat : yup, biasanya khan tiap jumat ada kumpul2...... silahkan ditanya aja  ;) (kecuali arlene yg udh balik JKT kali yah?  ;D )

Offline calon_arahat

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 26
  • Gender: Female
  • On the journey of life..
Re: Yuk... Sharing tentang Otomotif
« Reply #44 on: 11 November 2008, 10:04:34 PM »
emang dulu tiap jumat kumpul2, tapi lama2 hampir pudar kebiasaan itu (di 2th belakangan)
paling cuman waktu kuliah agama pertama dalam 1 semester yg pada datang semua, hari2 jumat lainnya sepi
tahun ini jam kuliahnya juga dimajuin, yg angkatan atas byk yg ga bisa dateng pas hari jumat, masih kuliah yg lain
tapi kita ada waktu2 lain buat kumpul2 juga kok, jadi sekarang ga selalu hari jumat^^
iya arlene udah balik JKT, tapi pernah ketemu juga, waktu dia ikut welcome party
lain kali ikutan acara ukkb juga ya, biar pada kenal sama anak2 baru
The health of my patients will be my first consideration..