Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Aliran Maitreya  (Read 313920 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Aliran Maitreya
« Reply #75 on: 31 March 2008, 02:50:14 PM »
_/\_ ,
justru itulah, kenapa saya memilih buddhis bukan ajaran lain, karena buddhis selalu menunjukkan kepada kita cermin kehidupan, sesungguhnya tidak ada yg salah dengan ajaran mereka yang salah adalah individunya yang berpandangan salah, saya mau tanya kepada anda..jika ada seorang bernama "A", A mempunyai pandangan salah, A adalah seorang Buddhis, lantas A menceritakan kekonyolannya kepada org2 sekitar sebut saja agama lain, lalu agama lain menganggap Buddhis adalah ajaran yg salah hanya karena pandangan A semata, apa anda dapat menerima perlakuan itu??

 :)

Coba pelajari dasar ajaran mereka. Baru kita tau seperti yg dikatakan Bro Karuna.
Misal ajaran Buddha yg paling mendasar adalah anatta, sementara mereka mengatakan adanya atta.Di ajaran Buddha , tidak ada Tuhan dan firman2an, tapi  mereka bilang ada. Karma bisa ditanggung, kalau mereka ngak dompleng dengan mengatakan ajaran Buddha, pake agama bendera sendiri. itu ngak masalah.
Prinsipnya Dhamma asli harus dipertahankan, siapapun yg menyelewengkan kita tidak segan katakan sesat. Kalau mau hidup beragama silakan kita hidup berdampingan dengan saling menghormati, tapi jangan mengaduk-aduk rumah tangga orang lain.

Sampai kapanpun, Dhamma harus dipertahankan dengan cara yg elegan tanpa permusuhan dan kekerasan tetapi berani menyatakan ini adalah Dhamma, ini bukan Dhamma, yg mana pemahaman tersebut juga  didasari praktek Dhamma itu sendiri. Ibarat berlian harus di jaga, jangan sampai ada yg meretakannya.

 _/\_

Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Aliran Maitreya
« Reply #76 on: 31 March 2008, 02:54:19 PM »
kebenarannya ya pasti ada, misalnya menjalankan sila, dll


Walaupun mereka menjalankan sila, hanya kebenaran dalam sila saja, tetapi tidak membawa pada jalan pembebasan jika pandangan dasarnya salah lalu menanggap sebagai ajaran Buddha. Jadi harus dilihat pondasi dasarnya harus lah pandangan benar, bukan micchaditthi.
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Aliran Maitreya
« Reply #77 on: 31 March 2008, 03:03:15 PM »
Dan untuk melengkapi Bond, sedikit referensi.

Pandangan benar adalah titik awal bagi semua faktor jalan mulia beruas delapan. Lihat Mahacattarisaka Sutta. http://www.accesstoinsight.org/tipitaka/mn/mn.117.than.html

Orang yang tidak membunuh, tidak berbohong, tidak mencuri, dll bertindak benar, tetapi dia tidak mengambil unsur jalan mulia beruas delapan tindakan benar. Seseorang yang bermeditasi bisa sampai jhana 8, dan terlahir di alam arupa brahma, tetapi dia tidak mengambil unsur jalan mulia beruas delapan konsentrasi benar.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Aliran Maitreya
« Reply #78 on: 31 March 2008, 04:09:17 PM »
......Seseorang yang bermeditasi bisa sampai jhana 8, dan terlahir di alam arupa brahma, tetapi dia tidak mengambil unsur jalan mulia beruas delapan konsentrasi benar.

Maksudnya?  :-?  bingung nih....   :o
Bisa tolong di jelaskan?  Anumodana _/\_

 _/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Aliran Maitreya
« Reply #79 on: 31 March 2008, 04:25:30 PM »
Seseorang tanpa pandangan benar bila bermeditasi bisa sampai jhana 8, seperti guru-guru Siddharta sebelum menjadi Buddha. Karena buah dari perbuatan baik tersebut mereka akan terlahir di alam Arupa, tetapi mereka tidak menjalankan jalan mulia beruas delapan. Biasanya yang sampai alam Arupa tanpa pandangan benar, akan jatuh ke alam rendah setelah habis masa hidupnya (karena pandangan salah). Mereka tetap akan terbawa dalam samsara, dan tidak mengikuti jalan.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Aliran Maitreya
« Reply #80 on: 31 March 2008, 04:34:55 PM »
 _/\_ Kebeneran telah begitu jelas diajarkan dan tidak ada sesuatu hal yang didustai adri ajarannya,jadi untuk apa harus mencari kehebohan membuat ajaran baru?
Berbuat kebaikan disetiap agama diajarkan denganbaik tapi untuk apa kita mencaplok agama lain dan merubah/memodifikasi dengan pemikiran yang berbeda?
Berbuat baik tapi menambah kebodohan batin untuk apa?
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Aliran Maitreya
« Reply #81 on: 31 March 2008, 04:47:44 PM »
 _/\_ dan satuhal lagi paling aneh adalah ada beberapa penganut yang ga boleh masuk dalam aliran mereka yaitu pelacur,pengemis/gembel/anak yatim piatu. ini merupakan kontradiksi dimana anda ingin menyelamatkan orang tapi milih2.
Alasan mereka adalah mereka tidak cocok berada di Surga karena pekerjaan mereka.buat saya,kalo mereka mengenal konsep Ketuhanan,maka salah siapa mereka terlahir menjadi begini?apakah mereka yang memilihnya?
vegetarian hanyalah satu tameng mereka,sesungguhnya ajaran mereka ibarat pohon rapuh yang ditutupi daun yang berasal dari pohon tetangga,kalo daun ini kita cabut maka kelihatanlah pohon gersang ini.
Tolong saya minta tolong pelajari Buddhisme yang sejati,jangan yang dibutakan dengan pemahaman sesat begini.begitu banyak Kebenaran yang telah diajarkan oleh Sang Buddha kenapa kita harus membuat pembohongan atas Dhamma-Nya? satu hal,Buddha tidak pernah di chiu tao baru menjadi Buddha melainkan atas usaha sendiri bukan atas kekuatan dewa tertinggi manapun.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Aliran Maitreya
« Reply #82 on: 31 March 2008, 05:03:36 PM »
dear ci lily,

singkat kata, untuk mencapai jhana, hanya membutuhkan konsentrasi yang kuat saja, yang bisa dicapai oleh setiap meditasi/samadhi.
Itu kenapa guru2 Pangeran Sidhattha bisa berada di alam arupa brahma

namun untuk mencapai kesucian, harus melakukan samadhi yang benar dengan menggunakan obyek yang benar pula

cmiiw.........

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Aliran Maitreya
« Reply #83 on: 31 March 2008, 06:10:00 PM »
_/\_, sebenarnya apa bedanya maitreya dengan budhis,
Tanya kenapaaa..  ;D

sebenarnya aliran apa saja seharusnya punya inti yang sama, seperti kr****n, muslim, dll..sesungguhnya mereka mempunyai inti yang sama yaitu mencapai kebahagiaan, bukan berarti maitreya itu berpandangan salah, mungkin mereka punya pandangan tersendiri mengenai hidup..
Beeeeenerrrrrrrrrrrrrrrr...point 100 buat cc rina :)
Masing2 ajaran memiliki pandangan masing2...Ajaran aliran maitreya tidak salah. Tapi "tingkah" nya yg salah. Mendompleng nama buddhis n melecehkan dhamma.

mohon maaf saya hanya mencoba menempatkan diri dalam posisi mereka.

 ^:)^ ^:)^
mohon maaf juga...jinaraga hanya mencoba menempatkan diri dalam posisi yg dilecehkan

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Aliran Maitreya
« Reply #84 on: 31 March 2008, 10:02:56 PM »
Beeeeenerrrrrrrrrrrrrrrr...point 100 buat cc rina :)
Masing2 ajaran memiliki pandangan masing2...Ajaran aliran maitreya tidak salah. Tapi "tingkah" nya yg salah. Mendompleng nama buddhis n melecehkan dhamma.

Seperti yang saya sudah bilang, kalau begitu tidak ada kebenaran sejati? Semua sama saja?

Tiga corak umum sebagaimana diajarkan Sang Buddha :
Semua yang berkondisi tidak kekal. (Sabbe sankhara anicca)
Semua yang berkondisi tidak memuaskan. (Sabbe sankhara dukkha)
Tidak ada atta. (Sabbe dhamma anatta)

Dalam ajaran agama tetangga, dan ajaran aliran Maitreya, apakah ada hal tersebut? Ataukan dalam ajaran tersebut diajarkan atta? Apakah pandangan atta tersebut bisa disamakan dengan ajaran Sang Buddha?

Mengapa ajaran Maitreya sesat :
Tidak mengenal tiga corak umum, tidak mengenal 4 kebenaran mulia, tidak mengenal jalan mulia beruas delapan, tidak mengenal sebab musabab yang saling bergantung (pengertian dan pikiran salah)
Memuja yang tidak patut dipuja (perbuatan salah)
Menghina agama lain dan berbohong mengenai apa yang diajarkan agama lain (perkataan salah)
Mencari uang dengan manipulasi (mata pencaharian salah)
Tidak mengenal meditasi baik samatha maupun vipassana (daya upaya salah, konsentrasi salah, perhatian salah)

Saya yakin pasti masih banyak lagi.
 
Quote
mohon maaf juga...jinaraga hanya mencoba menempatkan diri dalam posisi yg dilecehkan

Bukan melecehkan atau merendahkan. Tetapi mengatakan yang benar sebagai yang benar dan yang tidak benar sebagai yang tidak benar. Hal tersebut telah dilakukan oleh Sang Buddha sejak khotbah pertama.

Sedikit saran saya untuk Jinaraga, jika ingin belajar Ajaran Sang Buddha, sebaiknya mulai dari yang dasar terlebih dahulu. Terutama pengertian benar. Karena dari pengertian benar maka adalah dasar jalan mulia beruas delapan.

Best regards.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline SandalJepit

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 425
  • Reputasi: 3
Re: Aliran Maitreya
« Reply #85 on: 31 March 2008, 11:20:38 PM »
_/\_, sebenarnya apa bedanya maitreya dengan budhis,
sebenarnya aliran apa saja seharusnya punya inti yang sama, seperti kr****n, muslim, dll..sesungguhnya mereka mempunyai inti yang sama yaitu mencapai kebahagiaan, bukan berarti maitreya itu berpandangan salah, mungkin mereka punya pandangan tersendiri mengenai hidup..

mohon maaf saya hanya mencoba menempatkan diri dalam posisi mereka.

 :)

i got the point,  misalkan seseorang belajar agama Buddha, sebut saja namanya si A. Si A ini kurang cerdas, sehingga dia tidak mampu menyerap keseluruhan ajaran Buddha. walaupun si A kurang cerdas, namun dia pandai menarik hati rakyat. beberapa tahun kemudian si A mampu membentuk suatu aliran sendiri, walaupun dengan pemahaman yang salah... 

... apakah kira-kira gambaran aliran Maitreya seperti ini?
 _/\_




Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Aliran Maitreya
« Reply #86 on: 01 April 2008, 01:20:41 AM »
Yup!Ditambah bumbu2 dari agama lain...Trus goreng hingga bewarna kuning keemasan, tiriskan.....
Ajaran siap disajikan...

Porsi : Banyak orang...

Peringatan:
Efek pemahaman yg salah terhadap agama Buddha pasti terjadi dan tidak ditanggung.
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Aliran Maitreya
« Reply #87 on: 01 April 2008, 08:14:12 AM »
 _/\_ kembali ke ajaran semula aja susah banget ,kenapa harus cari perhatian yah dengan masuk aliran taipak yang aneh2 begitu.haih,apakah jodoh bertemu dengan Buddhadhamma begitu sempitnya?
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Aliran Maitreya
« Reply #88 on: 01 April 2008, 11:07:40 AM »
Sang Buddha menyatakan bahwa di alam semesta ini terdapat empat kondisi yang sulit diperoleh atau ditemui oleh para mahluk hidup. Salah satu kondisi tersebut adalah:

Sulit untuk berkesempatan memperoleh / mendengarkan  Dhamma yang benar (Kiccham saddhammasavanam)

 _/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Aliran Maitreya
« Reply #89 on: 01 April 2008, 11:14:44 AM »
 _/\_ semoga mereka berjodoh untuk mengenal Buddhadhamma.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.