Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Saran, Kritik dan masukkan  (Read 105715 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Elin

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #255 on: 05 January 2010, 04:57:27 PM »
ini topik apanya ya?

thread ini bs digunakan para member untuk kasih saran, kritik dan masukkan bagi DC Peduli..
Jika bro punya ide, silahkan post di thread ini..


ini untuk saran ya,oh ya para member DC,pernah ada acara temu sesamanya?

ada, lihat board informasi & pengumuman kegiatan Buddhis yach..


Offline darwin hua

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 103
  • Reputasi: 3
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #256 on: 05 January 2010, 04:58:35 PM »
Kesabaran adalah cara menguji diri yang paling baik,walaupun sulit..jadi kita harus praktek kesabaran tersebut...

thanks.

Offline maya devi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 159
  • Reputasi: 16
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #257 on: 20 January 2010, 03:41:42 PM »
 _/\_

Ini berbagi pengalaman aja.

Vihara mengadakan bazar baju bekas layak pakai 2thn lalu.
Klo dibilang pekerja lapangan cuma 2 org dan pekerja di vihara ada beberapa org yg bertugas mensortir pakaian.
Para sukarelawan ini bekerja kapan saja punya waktu, ketika mereka lagi free datang ke vihara dan mensortir pakaian.

Cara memperoleh pakaian ini juga hanya mengandalkan cuap2 ke teman2, tapi tidak disangka responnya begitu luar biasa, pakaian ini juga datang dari Jakarta.

Satu hal yang menurut kami sangat mendidik adalah kami tidak memberi secara gratis tapi menjual dengan ala kadar 500,1000 dan 2000 rupiah.
Sehingga mereka menghargai pakaian tersebut dan tidak berebutan.

Baju kami kelompokan menjadi 3 kategori: anak2, cew ato ibu2, cow ato bapak2.
setelah baju disortir baju diberi label harga sesuai dengan tingkat kelayakannya, klo agak pudar 500, klo masih baru 1000, klo setelan 2000.

Untuk pakaian dalam kami bli yang baru, ada donatur yang ngasih uang dan kami blikan pakaian dalam.

Sasaran kami adalah 3 kelurahan. dan kami menggunakan sistim kupon.
Pekerja lapangan klo ada wkt free pergi ke kecamatan ato kelurahan tanya daerah mana aja yg tinggi tingkat kemiskinannya.
Stelah itu pekerja lapangan mendatangi langsung rumah dan membuat kesepakatan apa nih kriteria yang layak sehingga mereka dapat kupon keikutsertaan bazar ini.

Memang kerja dilapangan betul2 susah, susah dalam menentukan layak ato tidak mereka memperoleh kupon tersebut. Medan yang dilalui juga berat, ada yang menolak ada yang sangat berterima kasih.

Setiap kupon dibatasi 10 potong pakaian. jadi hitung dulu berapa pakaian yang masuk lalu bagi tiap daerah dapat berapa kupon.
Untuk mendukung program go green kami tidak menyediakan kantong, tapi wkt membagikan kupon kita kasih tau harap membawa kantong sendiri, bagi yang tidak bawa kami pake kertas pembungkus rokok dan asoi bekas.

Nah baju yang paling cepat habis adalah baju anak2 termasuk baju sekolah.

Respon mereka setelah membeli baju ini begitu luar biasa, sy sampe terharu.
Mereka tanya kapan lagi.
Kami cuma bisa jawab ntar klo ada lagi kami kasih tau ya. :)

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #258 on: 21 January 2010, 09:01:03 AM »
 [at] sis maya,

bole juga tuh,
kapan bole kita joint venture untuk mengadakan nya

private message ya, sis maya

_/\_

« Last Edit: 21 January 2010, 09:03:03 AM by naviscope »
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #259 on: 21 January 2010, 09:03:13 AM »
[at] all DC-ers

teman2 yang ada ide2 ato pengalaman seperti sis maya, tlg kasi input-nya yach
ato bilang ada yang sekitar lingkungan anda yang kira2 membutuhkan bantuan

tlg kasi info nya yach

_/\_
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline Rina Hong

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.256
  • Reputasi: -2
  • Gender: Female
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #260 on: 21 January 2010, 09:24:11 AM »
Up Up...
The four Reliances
1st,rely on the spirit and meaning of the teachings, not on the words;
2nd,rely on the teachings, not on the personality of the teacher;
3rd,rely on real wisdom, not superficial interpretation;
And 4th,rely on the essence of your pure Wisdom Mind, not on judgmental perceptions

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #261 on: 21 January 2010, 09:46:43 AM »
menurut gw seh pribadi.. ide ini cukup baik.. tapi kalau berasal dari DC-ers, saran saya dipecah dulu jadi 2-3 regional besar
1. Medan => karena kebanyakan DC-ers domisili di Medan.. bisa dimandori oleh Rina Hong dkk
2. Jakarta => DC-ers yang dari Jabotabek.. bisa dimandori oleh Naviscope cs
3. Makassar => melihat DC-ers juga ada di kawasan timur.. dan di makassar kayaknya cukup banyak..  bisa dimandori oleh Felix dan lainnya (optional kalau pendukung di daerah makassar kurang)

setelah itu baru dipecah.. mau dibikin topik apa.. apakah baksos.. bazar murah.. atau dsb



Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Rina Hong

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.256
  • Reputasi: -2
  • Gender: Female
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #262 on: 21 January 2010, 12:43:09 PM »
gimana kalo baksos nya bukan hanya berupa pakaian...
ada sedikit cerita ttg baksos ini, saat itu seseorang sedang berdana pakaian kepada org yang kurang mampu, namun ada seorang ibu2 berkata kepada donatur ini : "saya masih bisa hidup dengan pakaian saya yang sekarang ini, tapi saya tidak dapat hidup tanpa mengisi perut saya"

dari kejadian ini, gimana kalo dana jangan hanya berupa pakaian, tapi di paketkan dengan beras atau mie instant, dan sebagainya.


regards,

 _/\_
The four Reliances
1st,rely on the spirit and meaning of the teachings, not on the words;
2nd,rely on the teachings, not on the personality of the teacher;
3rd,rely on real wisdom, not superficial interpretation;
And 4th,rely on the essence of your pure Wisdom Mind, not on judgmental perceptions

Offline maya devi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 159
  • Reputasi: 16
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #263 on: 21 January 2010, 01:34:59 PM »
 _/\_

sambungan dr post terdahulu ya.

Setelah acr bazar baju bekas sukses, uang yg terkumpul kami gunakan untuk modal awal bazar sembako murah dalam rangka menyambut idul fitri.

Konsepnya tetap sama. Tapi harganya 50%.
Sumber dana utama: dari celengan, kami masing2 punya celengan yg diisi tiap hari jadi klo ada acr ga cari dana sana sini lagi. Klo kurang baru cari donatur.

Tidak berupa paket, tapi mereka berhak memilih apa yg mereka butuhkan.
Kami menyediakan: beras 5kg, kue kering, minyak goreng, indomie per 8-10 (ga ingat), sarden, susu.
Sirup karena ada donatur jadi dikasih gratis 2 botol per kk.
Masing2 item pembeliannya dibatasi.

Klo punya donatur banyak asik kita bisa kasih gratis mereka, tapi tetap kami berkomitmen mereka harus bli dengan harga yg sangat murah supaya mereka menghargai barang tersebut.
Liat kondisi juga, klo mereka benar2 ga mampu boleh kasih gratis.

Bagaimana klo member dc buat celengan? Kayak tze chi, tiap hari kita berbuat baik.
Andaikan ada 1000 member 1 hari nabung 1000 brati 1 hari dana yg terkumpul 1jt. Jadi klo ada acr celengan dikumpul trus transfer, sehingga seluruh member punya kontribusi walaupun acrnya terpusat di satu kota.

Ga bisa dana tenaga, dana materi n saran.

 :)


Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #264 on: 21 January 2010, 02:15:08 PM »
^
sis maya, untuk lebih detailnya, tar kita coba diskus yach....
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #265 on: 21 January 2010, 02:19:03 PM »
menurut gw seh pribadi.. ide ini cukup baik.. tapi kalau berasal dari DC-ers, saran saya dipecah dulu jadi 2-3 regional besar
1. Medan => karena kebanyakan DC-ers domisili di Medan.. bisa dimandori oleh Rina Hong dkk
2. Jakarta => DC-ers yang dari Jabotabek.. bisa dimandori oleh Naviscope cs
3. Makassar => melihat DC-ers juga ada di kawasan timur.. dan di makassar kayaknya cukup banyak..  bisa dimandori oleh Felix dan lainnya (optional kalau pendukung di daerah makassar kurang)

setelah itu baru dipecah.. mau dibikin topik apa.. apakah baksos.. bazar murah.. atau dsb


se7 dengan pendapat bro forte
tapi tidak tertutup kemungkinan
untuk wilayah di surabaya : kan kita punya saceng ;D, trus gandalf n cs
untuk wilayah di kalimantan : kan kita punya huiphenk lo n cs

all DC-ers mohon dukungan nya

_/\_
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline Elin

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #266 on: 22 January 2010, 11:57:56 PM »
Bagaimana klo member dc buat celengan? Kayak tze chi, tiap hari kita berbuat baik.
Andaikan ada 1000 member 1 hari nabung 1000 brati 1 hari dana yg terkumpul 1jt. Jadi klo ada acr celengan dikumpul trus transfer, sehingga seluruh member punya kontribusi walaupun acrnya terpusat di satu kota.

thx saran nya sis..
Tapi kalo kita nabung perhari seribu rupiah, agak sulit..
Kalo transfer ke rekening DC di BCA kan minimum Rp 10.000 per transaksi..
Mungkin bisa nabung nya perbulan Rp 30.000 gt :)

Offline maya devi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 159
  • Reputasi: 16
Re: Saran, Kritik dan masukkan
« Reply #267 on: 23 January 2010, 12:32:32 PM »
nabung tiap hari berbeda dengan nabung per bulan.
klo tiap hari brati tiap hari kita berbuat kebajikan.
klo sekali sebulan berarti sekali sebulan aja berdananya.
yg penting "sering" dari pada jumlahnya.

mang ga tiap hari transfer ke dc  ;D

sebulan sekali aja kita kumpulin baru ditransfer. ;D


Bagaimana klo member dc buat celengan? Kayak tze chi, tiap hari kita berbuat baik.
Andaikan ada 1000 member 1 hari nabung 1000 brati 1 hari dana yg terkumpul 1jt. Jadi klo ada acr celengan dikumpul trus transfer, sehingga seluruh member punya kontribusi walaupun acrnya terpusat di satu kota.

thx saran nya sis..
Tapi kalo kita nabung perhari seribu rupiah, agak sulit..
Kalo transfer ke rekening DC di BCA kan minimum Rp 10.000 per transaksi..
Mungkin bisa nabung nya perbulan Rp 30.000 gt :)