Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...  (Read 365958 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #15 on: 24 March 2009, 01:43:00 PM »
mau tanya, alam sukhavati itu = dgn alamnya anagami?
sebab d sebutkan d sukhavati d ajarkan dhamma oleh buddha amitabha dan lsg mencapai nibanna.
CMIIW
Samma Vayama

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #16 on: 24 March 2009, 01:43:17 PM »
ada
aliran aliran budhis kayaknya pernah dibahas di Dhammacitta
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=9372.0

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #17 on: 24 March 2009, 01:44:37 PM »
Mau Tanya Kenapa di Mahayana mengunakan Upaya Kausaliya? dan Apa Manfaatnya?
Ada yang Bisa bantu saya?

 _/\_
Thanks & Best Regards
Gunawan S S

Hanya Bodhisattva tingkat atas yang mampu melakukan upaya kausalya yang melanggar sila, dan tentu upaya kausalya ini sekalipun melanggar sila, ditujukan untuk kebahagiaan semua makhluk.

Apabila ada seorang Bodhisattva melakukan upaya kausalya yang melanggar sila, maka ini bukanlah sebagai teladan, namun sebagai teguran pada kita.
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #18 on: 24 March 2009, 01:48:25 PM »
mau tanya, alam sukhavati itu = dgn alamnya anagami?
sebab d sebutkan d sukhavati d ajarkan dhamma oleh buddha amitabha dan lsg mencapai nibanna.
CMIIW

Jawaban singkatnya :

1. Percaya akan dhamma Dan mengakui Buddha sebagai Penuntun hidup
2. Pratek dhamma Dalam kehidupan sehari - hari mengikis semua karma buruk
3. Melafalkan Sutra Seperti Sutra amitabha Sutra, Dsbya.

Ketiga tiganya haruslah dilaksanakan secara bersamaan tidak ada perbedaan

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #19 on: 24 March 2009, 01:56:35 PM »
mau tanya, alam sukhavati itu = dgn alamnya anagami?
sebab d sebutkan d sukhavati d ajarkan dhamma oleh buddha amitabha dan lsg mencapai nibanna.
CMIIW
ada yang bilang itu alam brahmana

sebenarnya menurut saya, itu alam saha seperti bumi ato dunia yg kita tempati
cuma bedanya alam sukhavati itu ada diplanet lain disebelah barat...
disono kita belajar dharma, dan umur manusia nya tidak tak terbatas

klu tidak tak terbatas, berhubung umurnyaaaaaaaa panjaanngggggg....
trus belajar dharma terus tiap hari, kenapa tidak bisa mencapai nibbana?  ^-^

CMIIW,

navis
« Last Edit: 24 March 2009, 01:58:48 PM by naviscope »
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline ENCARTA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 797
  • Reputasi: 21
  • Gender: Male
  • love letters 1945
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #20 on: 24 March 2009, 01:58:03 PM »
kalau ajaran paling penting dalam mahayana itu apa?

Semua Penting.
Tidak ada yang tidak penting
dalam Mahayana teori Dhamma haruslah diimbangi dengan Pratek Dhamma.
Barulah dia mengerti dhamma

semuanya penting? benar? tanpa terkecuali?

apa benar kalau mahayana tingkatnya lebih tinggi dari T ? kenapa?

tdk ada yg lebih tinggi dan tdk ada yg lebih rendah , sama saja.

aliran sungai yg berbeda toh menuju samudra yg sama .

ada aliran sungai yg pendek dan panjang kan, yg belok, yg lurus saja, dll

Offline ENCARTA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 797
  • Reputasi: 21
  • Gender: Male
  • love letters 1945
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #21 on: 24 March 2009, 02:00:13 PM »
mau tanya, alam sukhavati itu = dgn alamnya anagami?
sebab d sebutkan d sukhavati d ajarkan dhamma oleh buddha amitabha dan lsg mencapai nibanna.
CMIIW
ada yang bilang itu alam brahmana

sebenarnya menurut saya, itu alam saha seperti bumi ato dunia yg kita tempati
cuma bedanya alam sukhavati itu ada diplanet lain disebelah barat...
disono kita belajar dharma, dan umur manusia nya tidak tak terbatas

klu tidak tak terbatas, berhubung umurnyaaaaaaaa panjaanngggggg....
trus belajar dharma terus tiap hari, kenapa tidak bisa mencapai nibbana?  ^-^

CMIIW,

navis


rumput tetangga memang lebih hijau ;D

Offline Gunawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
  • Siswa Berbaju Putih
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #22 on: 24 March 2009, 02:06:55 PM »
pembahasan

Banyak menyangka bahwa kitab suci pertama Buddhis itu adalah bahasa pali sebenarnya kitab suci pertama Agama Budhha itu sansekerta. Mahayana diperkenankan setiap orang telah mencapai arahat untuk mengembangkan Dhamma sesuai dengan keadaan kondisi, waktu, dan tempat.

Kekurangan Mahayana di Indonesia adalah penerjemah sastra mandarin, Ahli bahasa sansekerta dan juga staff ahli pengajar yang tepat, karena pembahasan Dhamma dalam mahayana jauh lebih complek dari pada diperkirakan orang.

Sebagian Sutra Mahayana berkembang di Negeri Tiongkok kemudian menyebar sesuai kondisi, tempat dan waktu sehingga mengalami evolusi Dogma. Maka itulah kenapa Mahayana lebih komplek.

 [at] Bro Purnama = Kitab Suci TIPITAKA PALI TEXT mulai di tulis di daun lontar pada Sidang Agung Sangha Ke Empat yg diadakan di Alu Vihara di Desa Matale pada tahun 101-77 SM yang di hadiri oleh 500 Bhikkhu Arahat + Bhikkhu Terpelajar. Yang jadi pertanyaan saya ke Bro Pur adalah
1.Apakah ada Sejarah Resmi yang mengatakan bahwa Kitab Suci pertama tertulis Bhs Sansekerta?
2.Apakah anda sudah Mengecek Pada Tahun Berapa 3 Rahib China (Fa Xien,Xuan Tzuang,It-Ching) yang mencari Kitab Ke Barat krn Mrk lah yang membantu menyebarkan Agama Buddha di Negeri Tiongkok dan perlu di ketahui bahwa pd waktu itu di negeri tiongkok ada banyak Kaisar yang menentang Agama Buddha shg Para Kaisarnya memerintahkan untuk membakar habis Kitab-kitab agama Buddha di Tiongkok pd waktu itu?  

Semoga kita saling asah,asih dan asuh..... No Offense...

 _/\_
Thanks & Best regards
Gunawan S S
« Last Edit: 24 March 2009, 02:10:28 PM by Gunawan »
Yo kho Vakkali dhamma? passati so ma? passati; yo ma? passati so dhamma? passati.
Dhammañhi, vakkali, passanto ma? passati; ma? passanto dhamma? passati"

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #23 on: 24 March 2009, 02:07:13 PM »
kalau ajaran paling penting dalam mahayana itu apa?
Semua Penting.
Tidak ada yang tidak penting
dalam Mahayana teori Dhamma haruslah diimbangi dengan Pratek Dhamma.
Barulah dia mengerti dhamma

semuanya penting? benar? tanpa terkecuali?

apa benar kalau mahayana tingkatnya lebih tinggi dari T ? kenapa?

tdk ada yg lebih tinggi dan tdk ada yg lebih rendah , sama saja.

aliran sungai yg berbeda toh menuju samudra yg sama .

ada aliran sungai yg pendek dan panjang kan, yg belok, yg lurus saja, dll

Yup. Kalo ngak penting yah buat apa ada dhamma dibuat ?. Masak cuman bacaan doang ^.^

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #24 on: 24 March 2009, 02:09:24 PM »
menurut i, semua obat dan racun sudah disediakan...

silahkan bedakan sendiri :P (nah loh...)
i'm just a mammal with troubled soul



Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #25 on: 24 March 2009, 02:14:08 PM »
Quote
Yang jadi pertanyaan saya ke Bro Pur adalah Apakah ada Sejarah Resmi yang mengatakan bahwa Kitab Suci pertama tertulis Bhs Sansekerta? dan Apakah anda sudah Mengecek Pada Tahun Berapa 3 Rahib China (Fa Xien,Xuan Tzuang,It-Ching) yang mencari Kitab Ke Barat krn Mrk lah yang membantu menyebarkan Agama Buddha di Negeri Tiongkok dan perlu di ketahui bahwa pd waktu itu di negeri tiongkok ada banyak Kaisar yang menentang Agama Buddha shg Para Kaisarnya memerintahkan untuk membakar habis Kitab-kitab agama Buddha di Tiongkok pd waktu itu?  [/qoute]

U bener Bro. Aku baca dari Eksklopedia Buddhis dari teman punya, melihat dari sejarah kita lihat Kapilavastu itu adanya di nepal bro, wajarlah Bahasa sansekerta digunakan.  Dalam sejarah Tiongkok emang benar ada beberapa kaisar dari negeri tiongkok tolak mentah  - mentah Dharma.
Buddhim itu berkembang pesan pada saat dinasti tang.
Seblumnya udah ada tapi banyak yang kagak suka

contoh Tat mo kot su Setengah mati ngajarin dharma ke kaisar pada jaman enam dinasti, malah milih Shaolin se.

banyak hal yang saya bisa aja beri tahu.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #26 on: 24 March 2009, 02:15:38 PM »
menurut i, semua obat dan racun sudah disediakan...

silahkan bedakan sendiri :P (nah loh...)

Obat dipake kebanyakan bisa jadi racun lokh .
Racun dipake racun bisa jadi obat lokh.
Percaya ngak ?

Offline Gunawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
  • Siswa Berbaju Putih
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #27 on: 24 March 2009, 02:18:09 PM »
Mau Tanya Kenapa di Mahayana mengunakan Upaya Kausaliya? dan Apa Manfaatnya?
Ada yang Bisa bantu saya?

 _/\_
Thanks & Best Regards
Gunawan S S

Hanya Bodhisattva tingkat atas yang mampu melakukan upaya kausalya yang melanggar sila, dan tentu upaya kausalya ini sekalipun melanggar sila, ditujukan untuk kebahagiaan semua makhluk.

Apabila ada seorang Bodhisattva melakukan upaya kausalya yang melanggar sila, maka ini bukanlah sebagai teladan, namun sebagai teguran pada kita.

 [at] Bro Naviscope = Anumodana atas Penjelasannya......  :) Jadi maksud anda Walaupun Melanggar sila asal untuk Kesejahteraan dan Kebahagiaan  semua Makhluk , semua itu adalah Benar?  Maaf ya Bro,Apakah Sang Buddha pernah Mengatakan seperti ini? apakah ada Sutranya?.. Thanks ya Bro.....Semoga kita bisa saling Asah,Asih dan Asuh.

No Offense..... :)

 _/\_
Thanks & Best Regards
Gunawan S S
Yo kho Vakkali dhamma? passati so ma? passati; yo ma? passati so dhamma? passati.
Dhammañhi, vakkali, passanto ma? passati; ma? passanto dhamma? passati"

Offline coedabgf

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 946
  • Reputasi: -2
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #28 on: 24 March 2009, 02:30:30 PM »
aku mo tambahkan juga, Buddha atau arahat atau orang suci siapa (yang mana) yang melanggar sila? coba sebutkan bro!

kutipan :
kutipan dari topik Puisi-puisi Master Chan Xuyun :
Menyelami Chan! Abaikan takhayul yang tak masuk akal itu
Hal itu membuat beberapa orang mengaku bahwa mereka mencapai Chan.
Keyakinan bodoh dari mereka yang belum terbangunkan.
Dan mereka adalah yang membutuhkan pendalaman Chan!



semoga kutipan ada relevansinya
good hope and love
coedabgf
iKuT NGeRumPI Akh..!

Offline ENCARTA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 797
  • Reputasi: 21
  • Gender: Male
  • love letters 1945
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #29 on: 24 March 2009, 02:33:26 PM »
aku mo tambahkan juga, Buddha atau arahat atau orang suci siapa (yang mana) yang melanggar sila? coba sebutkan bro!

kutipan :
kutipan dari topik Puisi-puisi Master Chan Xuyun :
Menyelami Chan! Abaikan takhayul yang tak masuk akal itu
Hal itu membuat beberapa orang mengaku bahwa mereka mencapai Chan.
Keyakinan bodoh dari mereka yang belum terbangunkan.
Dan mereka adalah yang membutuhkan pendalaman Chan!



semoga kutipan ada relevansinya
good hope and love
coedabgf

bearti memang chan kan wakkaaaa