Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tanya ? Jawab untuk Pemula  (Read 348714 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #75 on: 23 March 2009, 04:53:16 PM »
[At] Markos
Makasih penjelasannya
Pengen tanya lagi tentang produk bajakan, kita sebagai konsumennya apakah juga terkena pelanggaran silakah ?

dear Lokkhi,

kembali pada prinsip dari sila itu.
Untuk sila Adinadana ini, prinsip utamanya adalah "mengambil barang yg tidak diberikan"

Dengan pengertian ini, kita memang membeli dari toko penjual
Namun secara sadar, kita tahu bhw ini adalah produk yg tidak memiliki ijin dari pemilik hak cipta.
Dengan kata lain, sebenarnya kita tahu bhw kita sudah melanggar sila kedua namun tetap dilakukan

Jadi Pancasila buddhis hendaknya jangan dilihat secara harafiah saja bro namun lebih ke bagaimana batinnya karena jika hanya secara harafiah, bnyk yg berkelit misal dalam sila ke-5, ada yg menyebut merokok tidak termasuk pelanggaran

semoga bermanfaat

metta

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #76 on: 23 March 2009, 10:17:28 PM »
Dalam menjalankan hidup sehari-hari, sebagai umat Buddhis yg bertekad melatih diri dalam Pancasila
kita sering berhadapan pada posisi yg dilematis (ciieee bhsnya keren yeeeh  :P ;D)
artinya kita dihadapankan pada pilihan .... ya ato tidak

misalnya :
- Sejak ayee mengenal Buddhis, ayee gak lagi makan pecel lele, kepiting, kerang, ikan (yg masih hidup),
   itu bisa dilaksanakan jika ayee makan sendiri. Bagaimana jika suatu saat ada teman yg Ultah ato yg ingin
   traktir teman dan makan rame2 di Res sea Food?
   DiRes Sea food rata2 pilihan makanan yg masih hidup bukan?? ....
caranya gampangg ;D ;D ;D , di Resto seafood kan ada juga hidangan sayur2nya, pesan saja hidangan sayur2an saja\ ;D /klo ada yang taruh udang kecil2 gitu, klo mau menghindarinya, bilang saja sayur yang tumis bawang polos\ ;D /<=otomatis dah menghindari bukan? :D :D :D ,
Klo makan rame2 sama teman, teman yang nraktir, dan teman pada pesan hidangan2 begituan, kan bisa pesan setidaknya satu jenis sayurann\ ;D /, sayur sehat lhooo :D :D :D ;D ;D ;D ,
makan dengan satu jenis sayur saja, sudah cukup bukan? :D :D :D , klo gak suka sayur, sayurnya  makan campur sambal kecap aja lhoo, enak juga lhoo :D :D :D
no gengsi gengsi 8) 8) 8) :P
Quote
- Apa syarat2 yg disebut sebagai pencuri?? ...... contohnya sederhana, baru2 ini musim hujan kebetulan
  kamar mandi dirumah suka mampet, jadi kalo mandi suka numpang di rumah sodara.
  segala peralatan sudah lengkap tapi ada yg kelupaan odol, dikamar mandi sodara ada odol tapi karena belum
  minta izin minta ....yaaah akhirnya gak jadi .... padahal kalo mintapun pasti dikasih
  utk berlatih tidak mencuri .... ayee praktek seperti ini, apakah sikap ayee berlebihan?? ....
nggak, sama sekali gak berlebihan kok :yes: :yes: :yes:
syarat seseorang dikatakan melanggar sila ke 2:
a. Ada barang milik orang lain (paraparigahittam)
b. Mengetahui bahwa barang tersebut ada pemiliknya (parapariggahitasannita)
c. Berniat utk mencuri (theyyacittam)
d. Melakukan usaha untuk mengambilnya upakammo
e. Berhasil mengambil melalui usaha itu (tena haranam)

Jadi sebaiknya barang apapun juga yang diketahui ada pemiliknya, maupun tidak, sebaiknya jangan diambil tanpa seizin pemilik terlebih dahulu, walaupun kita sudah mengetahui pemiliknya pasti tetap akan meminjamkannya(demi tidak melanggar sila, sebaiknya dihindari, walaupun hal sekecil apapun). Dan juga walaupun misalnya nemu uang di jalanan gitu...
sebaiknya jangan diambil, karena itu bukan hak kita, kita tak berhak atas uang yang tercecer tersebut...(walaupun dalam jumlah yang sangat kecil uang yang tercecer tsb)
Bagaimana kalau yang kehilangan itu uang kita? pasti kita akan merasa sangat sedih, karena uang yang sudah susah payah didapat tersebut...(apalagi kalau misalnya yang kehilangan tersebut orang yang darurat kondisi keuangannya, yang baru saja mendapatkan rejeki). pasti ia akan sangat kehilangan, dan seharusnya kita berpikir, kita yang tidak dalam keadaan darurat, malah mengambil uang tersebut(<=yang tdk berhak sama sekali atas uang tercecer tersebut), dan apalagi memfoya2kannya :hammer:

Jadi, hal sekecil apapun yang kira2 dirasa dapat membuat terlanggarnya sila, sebaiknya kita hindari...
Quote
- Berlatih tidak meminum yg memabukan ...... di pesta perkawinan,perpisahan,ultah kita tidak bisa   
  menghindari dari minuman beralcohol. misalnya ada teman Ultah dan rayain Ultah di Dugem  :hammer:
  demi teman .... datang ... minum sedikit demi menghormati teman ( asal gak mabuk)  ::)
  Bagaimana sikap kita bila berhadapan seperti ini ?? .....   

Thanks ......  _/\_

syarat2 seseorang dikatakan telah melanggar sila ke 5:
a. Ada sesuatu yang merupakan sura(zat yang membuat mabuk), meraya(minuman keras yang didapat dari bahan yang diragikan), atau majja(sesuatu yang menyebabkan orang tidak sadarkan diri) (suramerayamajjabhavo)
b. Ada niat untuk meminum atau menggunakannya (pivitukamata)<<= berhati-hatilah ^-^ ^-^ ^-^ , bisa saja niat utk mengkonsumsinya ada, tetapi sangatt kecil, dan kurang disadari lhoo... ^-^ ^-^ ^-^ , sehingga dapat mengakibatkan kita utk menjadikan berbagai hal sebagai alasan utk menengguknya lhoo ^-^ ^-^ ^-^ ^-^
c. Meminum atau menggunakannya (pivanam)
d. Timbulnya gejala-gejala mabuk (maddanam)<<= gejala2 mabuk gak timbul pun, musti dihindarii>.<, musti hati2\>0</, sekali saja menengguknya, bisa fatal akibatnya lhoo>.<!!!, sekali ketagihan gawat lhooo>.<!!, jgn termakan alasan: tak apalah... seteguk saja kokk... gak bakalan mabuk kok...<<= :no: :no: :no: setidaknya mewaspadainya demi kelancaran pelaksanaan sila\ ;D /

Mengkonsumsi alkohol kalau hanya untuk menghangatkan badan (biasa berlaku di dunia barat) yang mempunyai musim salju
Apakah itu termasuk pelanggaran sila kelima atau bukan ?
Ataukah hanya mencari2 pembenaran semata ?
bisa saja hanyalah alasan diri kita semata, toh di zaman sekarang ini, utk mengahangatkan badan  dapat juga dilakukan berbagai cara lainnya. Lagian alkohol itu dapat merusak hati kita lhoo...
lebih baik menggunakan cara lain, daripada meminum alkohol? bisa dikatakan menghangatkan badan itu hanyalah alasan kita untuk dapat meminum alkohol tersebut(mungkin ada keinginan kita jugaa, yg sangatttt kecilll>.< jadinya gak begitu disadari bahwa kita punya niat utk meminumnya), tapi zaman modern begini, yang sudah canggih, dah ketinggalan jaman mencari alasan yang begituann :whistle: :whistle: :whistle: , sebaiknya kita waspadai ketika akan meminumnyaa, krn bisa saja dibalik menghangatkan badan ada alasan lain yang tersembunyi ^-^ ^-^ ^-^ , demi kelancaran sila sebaiknya dihindarii apapun itu, yang dapat membuat kita menengguknya\>0</
klo temen ngajak, kan bisa menggunakan cara lain menghindarinyaa>0<, pastinya ada jalan keluar tuk menghindarinyaa\>0</, bukanlah alasan yang tepat utk menghormati/menghargai teman dengan cara seperti itu :no:<<= klo temen bilang:ayolah, minum seteguk saja, demi persahabatan kita<<= :no: :no: :no:klo seperti itu, bukannya namanya sudah akalyanamitta?(sahabat palsu)<bersahabat dengan kita hanya karena kita menyerah pada minuman keras :no: >
Dan juga hal ini merupakan salah satu penyebab hilangnya kekayaan kita, yakni:
berasahabat dengan orang yang berwatak buruk:
Bahaya yg dapat ditimbulkan dari bersahabat dengan sahabat yang berwatak buruk adalah:
- setiap penjudi adalah temannya
- setiap orang yang kurang hajar adalah temannya
- setiap pemabuk adalah temannya<<=klo kita suka mabuk2an ia baru akan mau menjadi teman kita :no: :no: :no:
- setiap penipu adalah temannya
- setiap pengecoh adalah temannya
- setiap orang yang suka berkelahi adalah temannya
dalam Sigalovada sutta

Kalau tidak salah bergaul dengan pemabuk juga merupakan sebab2 kemerosotan, di dunia ini masih banyak kok org yg dapat dijadikan sebagai kalyanamitta, dan kita mo jadi kalyanamitta juga bisa\ ;D / nasehati secara halus saja kepada teman kita tersebut, klo tidak bisa, ya sudahlah...
(jangan terlalu ngotot, hati2 ntar kita pula yg terpengaruh jadinya, bukan kita yang mempengaruhi mereka jadinya :)) )
Dan juga klo kita suka mabuk, orang yang bijaksana bisa menjauhi kita lho... ^-^ ^-^ ^-^ , jadi hindarilah minuman kerass\ :D / agar dapat melaksanakan sila kita dengan sempurna\ ;D /
Mengkonsumsi alkohol kalau hanya untuk menghangatkan badan (biasa berlaku di dunia barat) yang mempunyai musim salju
Apakah itu termasuk pelanggaran sila kelima atau bukan ?
Ataukah hanya mencari2 pembenaran semata ?

ada rekan saya buddhis bule bilang, dia pernah terjebak di mobil dalam keadaan bersalju semalaman. tapi kagak butuh minuman beralkohol. secara nalar kita, apakah orang tidak bisa menghangatkan diri dengan cara lain?
bisa bisa\ :yes: /\ :yes: /\ :yes: /
Mo nanya..

lagee... ;D

Apa manfaat menjadi Bhikkhu ?
mungkin seseorang ingin menjadi Bhikkhu karena bisa saja ia ingin mengabdi pada Buddha Dhamma,
Dan juga bisa saja, menurut orang tersebut dengan menjadi Bhikkhu(meninggalkan kehidupan berumah tangga), akan lebih memudahkan dirinya untuk mencapai tingkat kesucian...
alasannya: karena baginya mungkin dengan meninggalkan kehidupan berumah tangga, akan lebih mudah mengikis kemelekatannya akan kehidupan berumah tangga....
Klo salah mohon maaf dan dikoreksi yaa ^:)^

Bro topi merah.... w curiga nih... :-? :-? :-? , jangan2 topi merah berniat utk menjadi Bhikkhu ya? :D :D :D
Mengkonsumsi alkohol kalau hanya untuk menghangatkan badan (biasa berlaku di dunia barat) yang mempunyai musim salju
Apakah itu termasuk pelanggaran sila kelima atau bukan ?
Ataukah hanya mencari2 pembenaran semata ?

ada rekan saya buddhis bule bilang, dia pernah terjebak di mobil dalam keadaan bersalju semalaman. tapi kagak butuh minuman beralkohol. secara nalar kita, apakah orang tidak bisa menghangatkan diri dengan cara lain?

WEDANG JAHE ?  ;D .... (bhs indo nya apa ya ini ?)

mengenai mencuri .. ada yg lebih halus lagi .. seperti .. men dl lagu or pelem dari internet .. or sharing2 an lagu or pelem ama temen (tentunya pelem or musik yg berhak cipta) ... tula sering nih  :'(

terus memakai software2 bajakan ... kena jg nih ... pakai lah open saus :hammer: (open source)


tulalit, tulalit, wedang jahe itu minum air jahe ya :D :D :D <=ada dijual dalam bentuk kemasannya lhoo :D :D :D (sales mode:ON :)) )
w pernah minum juga lho.... bisa juga ya dijadiin pengganti alkohol yaa :yes: :yes: :yes:
waktu minum dengan air hangat, rasanya hangat2 lhoo\ ;D /, waktu itu w dikasih minum waktu sesak... jadinya hangat lhoo, dan rasanya lega dikit gituu... ;D ;D ;D
bagusan ini aja pengganti alkohol, jahe juga hangat lhooo :D :D :D

mo nanya nih....
Klo anjing orang lain masuk ke rumah kita, tanpa seizin pemiliknya, hal tersebut termasuk mencuri gak ya :-? :-? :-?

trus, klo kita mendownload lagu dari website seperti esnips gitu, termasuk mencuri gak ya?
bukannya website tersebut memang sudah dikhususkan utk mendownload2 lagu gitu, dan kalau termasuk mengedarkan lagu tanpa seizin penerbit(<=termasuk melanggar sila gak ya?), napa si penerbit gak melaporkan website tersebut kepada pihak yg berwajib? kan websitenya dah mengedarkan hak cipta tanpa izin? apakah artinya tidak dilaporkan itu berarti pencipta mengizinkan utk didownloadnya lagu2 tersebut? :-? :-? :-? :-?
\ ;D /\ ;D /\ ;D /\ ;D /Yokkk, kita diskusiin yukkk\ ;D /\ ;D /\ ;D /\  ;D /\ ;D /

[move] ;D beberapa sumber: buku pelajaran agama Buddha klas 2 SMA  ;D[/move]
movenya klo ditambah kok gak makin cepat ya jalannya? :-? lagi kurang kerjaan nih :)) :P
trim's,
metta cittena,
Citta _/\_
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #77 on: 24 March 2009, 12:44:04 AM »
[at] ii,suk suk Citta .....  ;D

ii Citta yg masih muda (masih 17 thn khan :))) udah Hebat pengetahuan Dhammanya  :jempol:
bisa jadi calon Upasaka ato markosprawira  ;) ;D
cuma ada yg kurang .....  ::) keterangan/penjelasan jangan terlalu panjang dan banyak memakai icon
jadi pucing bacanya  :hammer: ... lama2 baca mata bisa jereng  :))
diringkasin aja , padat, yg penting intisarinya ......  :)

 _/\_

  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #78 on: 24 March 2009, 01:38:23 AM »
Ok .... Lanjut lagi
Sekarang tentang Pandangan Salah yg berhubungan dengan Buddhisme

- Pernah mendengar ato mengalami ..... Surat berantai yg isinya kita harus mengirim kembali isi surat tersebut kepada teman ato sodara sebanyak 10 orang  dan di kasih waktu seminggu(kalo gak salah)
Jika kita tidak mengirim ato lalai ..... maka malapetaka akan datang
yang membuat kita milis, .... dalam surat itu memakai nama Avalokitesvara, yang se-olah2 akan menghukum bagi yg lalai dgn tidak mengirim isi surat tersebut kpd 10 orang .....

- Seorang Penceramah pernah bercerita : suatu saat ditetangganya yg beragama Buddha ingin memindahkan
  Patung Buddha, Avalokitesvara dll ketempat yg baru. Sebelum memindahkan tetangga itu bertanya kepada peramal ato yg bisa kerasukan ..... dan jawabanya adalah Patung2/dewa2 tidak ingin dipindahkan,jika dilanggar maka siempunya rumah bisa sakit keras, celaka dll.
kemudian Penceramah ini memberi pengertian yg benar, bahwa gak mungkin Buddha. Avalokistesvara yg penuh welas -asih yg sempurna menghukum/mencelakakan orang, tetapi tetap saja tetangganya itu takut memindahkan. ....... Akhirnya penceramah itu menawarkan diri utk memindahkan patung2 tersebut ketempat yg baru .....

Penceramah itu mengatakan sangat prihatin atas segala pandangan salah didalam lingkungan Buddhis itu sendiri ......

Ayee mao kumpulin tentang pandangan salah yg pernah dengar dan mengalami sendiri dan tentunya ada jawaban yg benar menurut Buddhis (contoh 2 hal diatas bisa dijawab  :))

Yang tentu paling berpengalaman Yaitu Romo Cunda   :)
karena beliau sering menjawab di radio cakrawala .......
Romo Cunda bisa share juga disini ..... yah seingat romo, yg bisa memberi contoh2 pandangan salah dalam lingkungan Buddhis ......
 _/\_


 
 

 
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.644
  • Reputasi: 67
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #79 on: 24 March 2009, 08:14:25 AM »
At Virya
meskipun saya bukan Romo Cunda
mo sharing dikit..
saya pernah mendapatkan surat berantai itu juga, itukan cerita udah lama, karena waktu itu masih belum mengenal Dhamma, cuma bisanya pegang dupa/hio, jadi deh saya kepikiran sampe ga bisa tidur, benar2 bikin shock surat kaleng model gitu  :ngomel:
namun kini saya sudah tak takut lagi, ketika berikutnya dapat lagi, saya langsung mengakhirinya di tong sampah rumah saya  >:D bahkan kini sudah berlembang via sms juga dan media lainnya  :-&
kasus kedua juga saya pernah dulu punya pandangan kayak gitu juga, namun kini sudah tidak lagi, perlahan2 saya write off dari pikiran saya..  #-o

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #80 on: 24 March 2009, 06:00:50 PM »
w juga mo share nih... ;D

Dulu juga w pernah dapat surat berantai gitu, tapi gak w peduliin :P , katanya klo gak dilakuin perintah spt yg surat bilang, ntar masa remaja wnya gak mulus :P ,( gak percaya :P )
Meski wnya juga bukan rocun, wnya juga mo share nih...
Bukankan kita semua pemilik kamma kita sendiri (kammasaka)?
aku adalah pemilik kammaku sendiri (kammasaka)
pewaris kammaku sendiri (kamma dayada),
terlahir dari kamma kita sendiri (kamma yoni),
berhubungan dengan kamma kita sendiri (kamma bandhu)
terlindung oleh kamma kita sendiri (kamma patisarana)
 apapun kamma yang kita perbuat(yam kamma karissanti)
baik atau buruk (kalyanam va papakam va)
itulah kelak yang akan diwarisinya (tassa dayada bhavissanti)

Jadi, apa yang perlu dikhawatirkan? :D :D :D :D

Waktu itu juga pernah, w dapat sms lulus UAN punya :))
katanya klo gak dikirim berantai ntar w bisa gak lulus UN :)) :)) :))
tapi gak w kirim... :P :P :P dan wnya tetep aja luluss\ ;D /\ ;D /\ ;D /
Jadi, kesimpulannya:Jangan mudah percaya pada hal begituan, toh kita adalah pemilik dari kamma kita sendiri, tak perlu cemas akan hal seperti itu

Kalau misalnya pun, saya tidak lulus ujian UN waktu itu misalnya, sungguh bodoh kalau saya menyesal tidak menuruti sms itu, krn buktinya aja sekarang w lulus gak nuruti sms itu 8)
Klo w gak lulus toh bukan karena sms itu... hal itu krn kesalahanku sendiri...

Jadi, kita tidak boleh mudah percaya begitu saja pada sms ataupun surat berantai seperti itu...
Buktinya saya sendiri lhoo :D , wnya gak nuruti sms itu bisa lulus :D :D :D

Jangan mudah percaya pada hal apapun itu, kuncinya ehipassiko dulu(<<= spt yang dijelaskan dalam kalama sutta), tak perlu menyesalinya klo memang hal tersebut sudah terjadi\ ;D /

Quote from: Virya link=topic=9554.msg162503#msg162503 date=1237830244
[at
ii,suk suk Citta .....  ;D

ii Citta yg masih muda (masih 17 thn<= :no: khan :))) udah Hebat pengetahuan Dhammanya  :jempol: <= masih dangkal kok cek virr, wnya juga masih dalam tahap mendalami kok\ ;D /
bisa jadi calon Upasaka ato markosprawira  ;) ;D
cuma ada yg kurang .....  ::) keterangan/penjelasan jangan terlalu panjang dan banyak memakai icon
jadi pucing bacanya  :hammer: ... lama2 baca mata bisa jereng  :))
diringkasin aja , padat, yg penting intisarinya ......  :)

 _/\_



cek virrT_T, dari dulu w paling gak suka tugas meringkas sesuatuu :)) :)) :))
penjelasannya panjang, soalnya ada lari juga ke yang lain :)) :)) :)) :P :P :P
w juga tau, pasti bacanya pada pusing klo panjang2, jadi biar gak bosan w buat warna warni aja yaa lain kali :-? :-? :-? biar gak bosan...
iya deh, iconnya w kurangi.... :P :P :P (iconnya kan bisa ngeramein juga sih... ^-^  :P )


Metta cittena,
Citta _/\_






May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #81 on: 24 March 2009, 06:20:37 PM »
citta mang hebat ..  :jempol:  , tp jd sakit mata nih  :-&

surat berantai gitu , dicuekin aja ..  masa sih seorang Bodhisattva yg penuh dgn welas asih

bisa mencelakai org kalo gak diterusin surat berantainya ... lain kali kalo terima lagi , dibakar aja .  :)
« Last Edit: 24 March 2009, 06:32:45 PM by 4kupak »
thanks Buddha...

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #82 on: 26 March 2009, 12:23:16 PM »
dlm atthasila ada sila yg melarang untuk makan setelah lwt tengah hari.

apakah ini berarti makan hnya sekali atw boleh 2x asal tidak lwt dr tengah hari ?

kalo makan yg ringan2 aja spt buah atw sereal walau lwt tengah hari , boleh gak ?

thanks  :)
thanks Buddha...

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #83 on: 26 March 2009, 10:45:57 PM »
dlm atthasila ada sila yg melarang untuk makan setelah lwt tengah hari.

apakah ini berarti makan hnya sekali atw boleh 2x asal tidak lwt dr tengah hari ?

kalo makan yg ringan2 aja spt buah atw sereal walau lwt tengah hari , boleh gak ?

thanks  :)

Setelah lewat tengah hari, masih boleh untuk makan lagi.
Yang tidak diperbolehkan adalah memakan makanan berat seperti nasi, mentega, roti, dsb.


Offline Gunawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
  • Siswa Berbaju Putih
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #84 on: 26 March 2009, 11:35:00 PM »
dlm atthasila ada sila yg melarang untuk makan setelah lwt tengah hari.

apakah ini berarti makan hnya sekali atw boleh 2x asal tidak lwt dr tengah hari ?

kalo makan yg ringan2 aja spt buah atw sereal walau lwt tengah hari , boleh gak ?

thanks  :)

Setelah lewat tengah hari, masih boleh untuk makan lagi.
Yang tidak diperbolehkan adalah memakan makanan berat seperti nasi, mentega, roti, dsb.



Apakah anda ada spesifikasi antara makanan Berat dengan makanan ringan yang boleh dimakan setelah tengah hari?
Yo kho Vakkali dhamma? passati so ma? passati; yo ma? passati so dhamma? passati.
DhammaƱhi, vakkali, passanto ma? passati; ma? passanto dhamma? passati"

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #85 on: 27 March 2009, 12:05:42 AM »
dlm atthasila ada sila yg melarang untuk makan setelah lwt tengah hari.

apakah ini berarti makan hnya sekali atw boleh 2x asal tidak lwt dr tengah hari ?

kalo makan yg ringan2 aja spt buah atw sereal walau lwt tengah hari , boleh gak ?

thanks  :)

Setelah lewat tengah hari, masih boleh untuk makan lagi.
Yang tidak diperbolehkan adalah memakan makanan berat seperti nasi, mentega, roti, dsb.



Apakah anda ada spesifikasi antara makanan Berat dengan makanan ringan yang boleh dimakan setelah tengah hari?

Makanan berat itu cenderung makanan yang kasar dan bersifat mengenyangkan.
Makanan yang boleh dimakan para bhikkhu setelah lewat tengah hari pun biasanya lebih sering berupa jus buah.

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #86 on: 27 March 2009, 01:54:08 PM »
dlm atthasila ada sila yg melarang untuk makan setelah lwt tengah hari.

apakah ini berarti makan hnya sekali atw boleh 2x asal tidak lwt dr tengah hari ?

kalo makan yg ringan2 aja spt buah atw sereal walau lwt tengah hari , boleh gak ?

thanks  :)


Setelah lewat tengah hari, masih boleh untuk makan lagi.
Yang tidak diperbolehkan adalah memakan makanan berat seperti nasi, mentega, roti, dsb.



Apakah anda ada spesifikasi antara makanan Berat dengan makanan ringan yang boleh dimakan setelah tengah hari?

Makanan berat itu cenderung makanan yang kasar dan bersifat mengenyangkan.
Makanan yang boleh dimakan para bhikkhu setelah lewat tengah hari pun biasanya lebih sering berupa jus buah.

Dalam hal Attha sila maksimal makan 2 x sebelum lewat tengah hari (jam 12 siang) 1 x juga boleh.

Setelah itu tidak boleh makan makanan apapun. Kalaupun harus minum jus buah maka itu harus disaring.  _/\_
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.644
  • Reputasi: 67
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #87 on: 29 March 2009, 09:32:18 PM »
Juga ukuran buahnya tidak boleh lebih dari sekepalan tangan

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #88 on: 29 March 2009, 09:37:13 PM »
prinsipnya adalah tidak memanjakan indria kita dengan segala kenikmatan indria, silahkan ditafsirkan sendiri apa itu indria, dan apa itu kenikmatan indria ;D

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #89 on: 30 March 2009, 09:28:55 AM »
prinsipnya adalah tidak memanjakan indria kita dengan segala kenikmatan indria, silahkan ditafsirkan sendiri apa itu indria, dan apa itu kenikmatan indria ;D

kalau boleh saya tambahkan, bro....

Baik secara jasmani maupun pikiran (6 indera)
- Hendaknya tidak melekati apa yg menyenangkan kita
- dan tidak menolak apa yang tidak menyenangkan kita