Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tanya ? Jawab untuk Pemula  (Read 374926 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #60 on: 21 March 2009, 11:57:08 PM »
[at] 4kupak

Buddha artinya adalah "Yang Tersadarkan".
Tathagata artinya adalah "Yang Telah Pergi, Yang Telah Datang".

Siddhattha Gotama sering disebut sebagai Sang Buddha oleh banyak orang setelah mencapai Pencerahan Sempurna. Sedangkan para pengikut-Nya sering memanggil Beliau dengan panggilan Sang Bhagava. Sedangkan Beliau sendiri sering menyebut diri-Nya dengan panggilan Sang Tathagata.

Dalam nilai-nilai moralitas manusia (setidaknya di zaman ini), sisi kanan identik dengan nilai-nilai kesopanan dan kepantasan. Karena itu, sisi bahu kanan merupakan sisi yang cenderung lebih 'terbuka'. Ini karena disesuaikan pula dengan norma kesopanan dalam berpakaian di India dulu. Sama seperti kita yang sering menggunakan tangan kanan untuk bersalaman, memberikan barang atau makan.


Selalu makan dengan tangan kanan,
upasaka

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #61 on: 22 March 2009, 12:58:36 AM »
Dalam menjalankan hidup sehari-hari, sebagai umat Buddhis yg bertekad melatih diri dalam Pancasila
kita sering berhadapan pada posisi yg dilematis (ciieee bhsnya keren yeeeh  :P ;D)
artinya kita dihadapankan pada pilihan .... ya ato tidak

misalnya :
- Sejak ayee mengenal Buddhis, ayee gak lagi makan pecel lele, kepiting, kerang, ikan (yg masih hidup),
   itu bisa dilaksanakan jika ayee makan sendiri. Bagaimana jika suatu saat ada teman yg Ultah ato yg ingin
   traktur teman dan makan rame2 di Res sea Food?
   DiRes Sea food rata2 pilihan makanan yg masih hidup bukan?? ....

- Apa syarat2 yg disebut sebahgai pencuri?? ...... contohnya sederhana, baru2 ini musim hujan kebetulan
  kamar mandi dirumah suka mampet, jadi kalo mandi suka numpang di rumah sodara.
  segala peralatan sudah lengkap tapi ada yg kelupaan odol, dikamar mandi sodara ada odol tapi karena belum
  minta izin minta ....yaaah akhirnya gak jadi .... padahal kalo mintapun pasti dikasih
  utk berlatih tidak mencuri .... ayee praktek seperti ini, apakah sikap ayee berlebihan?? ....

- Berlatih tidak meminum yg memabukan ...... di pesta perkawinan,perpisahan,ultah kita tidak bisa  
  menghindari dari minuman beralcohol. misalnya ada teman Ultah dan rayain Ultah di Dugem  :hammer:
  demi teman .... datang ... minum sedikit demi menghormati teman ( asal gak mabuk)  ::)
  Bagaimana sikap kita bila berhadapan seperti ini ?? .....  



Thanks ......  _/\_
« Last Edit: 22 March 2009, 01:00:35 AM by Virya »
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #62 on: 22 March 2009, 07:52:03 AM »
[at] Virya

- Kalau ingin mentraktir teman, hindari saja tempat makan yang menyediakan 'hewan segar' untuk disantap. Kalau ditraktir teman, asalkan Anda tidak berniat membunuh hewan untuk dimakan, maka Anda tidak melanggar sila ke-1.

- Syarat-syarat yang melandasi satu tindakan pencurian adalah (i)adanya sesuatu yang merupakan milik makhluk lain (objek), (ii) kesadaran makhluk yang bersangkutan (subjek) akan hal ini, (iii) niat untuk mencuri, (iv) langkah-langkah perbuatan, dan (v) peralihan benda ke makhluk yang bertindak sebagai akibatnya. Tindakan Anda benar. Jadi lain kali minta izin saja, supaya lebih sopan, halal dan syah. ;D

- Sila ke-5 itu yang ditekankan adalah 'tidak meminum'. Objeknya adalah 'minuman yang dapat melemahkan kesadaran'. Jadi bukan masalah 'mabuknya'. Ketika Anda meminumnya, meski tidak sampai mabuk, Anda tetap sudah melanggar sila ke-5. Kalau Anda ingin teguh dalam menjalankan sila, Anda dapat menolak ajakan ini. Tolaklah tawaran yang baik itu dengan ramah dan tegas.


Pernah dipaksa 'minum' sama Boss,
upasaka

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Tanya Jawab Untuk Pemula
« Reply #63 on: 22 March 2009, 09:36:33 AM »
Oh bagus bro Virya. Justru sebaiknya kita memang harus seperti itu, selalu menyadari apa yg kita lakukan sehingga kita tdk melanggar Sila. Kalau kita terbiasa bersikap sembrono dan menganggap sepele pelanggaran Sila maka lama2 kita akan melakukan kesalahan yg lbh fatal.
Seperti lampu merah dilanggar, motor jalan di atas trotoar, di jalur burway, melawan arah, dsbnya itu jg tdk boleh dilakukan walaupun tdk melanggar Sila
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #64 on: 22 March 2009, 10:06:26 AM »
nice virya , emang walaupun pasti dikasih , akan lebih baik kalo kita minta ijin dulu pd pemiliknya.
dulu g srg metik bunga tuk altar Buddha dirmh , dipinggir2 jln n kdg dipekarangan rmh org .
yg dipekarangan rmh org ini yg susah , kdg pintu rmh ditutup .. g mo ketok minta ijin petik bunganya takut ganggu orngnya ,.. ya g petik aja , g pikir masa sih nggak dikasih .
tp lama2 hati g gak enak , abis ini sama aja dgn mencuri walaupun keliatannya sepele .
jadi walaupun keliatannya sepele .. ya jgn dilakukan .

kalo diajak temen ketempet dugem , ya pesen aja minuman yg lain ... softdrink   :)
thanks Buddha...

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #65 on: 23 March 2009, 07:44:56 AM »
4kupak
karena itu pekarangan orang lain yang mana masih menjadi jajaran wilayah kepemilikannya, anda tetap melanggar sila tentang mengambil barang orang lain tanpa seijin pemiliknya
semoga kita semua bisa mengurangi kejahatan baik dalam pikiran, ucapan maupun perbuatan
sadhu
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #66 on: 23 March 2009, 09:05:14 AM »
Dalam menjalankan hidup sehari-hari, sebagai umat Buddhis yg bertekad melatih diri dalam Pancasila
kita sering berhadapan pada posisi yg dilematis (ciieee bhsnya keren yeeeh  :P ;D)
artinya kita dihadapankan pada pilihan .... ya ato tidak

misalnya :
- Sejak ayee mengenal Buddhis, ayee gak lagi makan pecel lele, kepiting, kerang, ikan (yg masih hidup),
   itu bisa dilaksanakan jika ayee makan sendiri. Bagaimana jika suatu saat ada teman yg Ultah ato yg ingin
   traktur teman dan makan rame2 di Res sea Food?
   DiRes Sea food rata2 pilihan makanan yg masih hidup bukan?? ....

- Apa syarat2 yg disebut sebahgai pencuri?? ...... contohnya sederhana, baru2 ini musim hujan kebetulan
  kamar mandi dirumah suka mampet, jadi kalo mandi suka numpang di rumah sodara.
  segala peralatan sudah lengkap tapi ada yg kelupaan odol, dikamar mandi sodara ada odol tapi karena belum
  minta izin minta ....yaaah akhirnya gak jadi .... padahal kalo mintapun pasti dikasih
  utk berlatih tidak mencuri .... ayee praktek seperti ini, apakah sikap ayee berlebihan?? ....

- Berlatih tidak meminum yg memabukan ...... di pesta perkawinan,perpisahan,ultah kita tidak bisa  
  menghindari dari minuman beralcohol. misalnya ada teman Ultah dan rayain Ultah di Dugem  :hammer:
  demi teman .... datang ... minum sedikit demi menghormati teman ( asal gak mabuk)  ::)
  Bagaimana sikap kita bila berhadapan seperti ini ?? .....  



Thanks ......  _/\_


dear Virya,

sedikit menambahi apa yg sudah dijelaskan oleh bro upasaka.

1. Untuk mentraktir, sepertinya anda lebih baik menghindari resto seafood yah. Tapi jika ditraktir, mgkn anda bisa "menghindar" atau lihat resto seafoodnya kaya apa karena ada bbrp resto seafood biasanya sudah beku.
Jika anda sudah "kecemplung" dan terpaksa makanan sea food, ambillah ikan yg paling besar atau cumi. Ikan yg besar rata2 sudah mati, ketimbang yg kecil2 seperti udang, kerang

2. Inti dari mencuri adalah mengambil barang yg tidak diberikan.
Jadi mengambil bunga di depan rumah org lain -> itu mencuri.
Mengambil buah mangga yg tergantung ke jalan -> itu mencuri
Mengambil uang yg jatuh di jalan -> itu mencuri

3. Di pesta pernikahan sih, saya ga pernah dipaksa utk minum yg beralkohol tuh, kecuali atas kemauan sendiri. Jika memang "dipaksa", bisa anda akali dgn pura2 minum khan?  :D
Sebaiknya tidak memulai "perbuatan yg buruk" walau sekecil apapun karena lambat laun akan jadi kebiasaan

semoga bermanfaat

metta  _/\_

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #67 on: 23 March 2009, 09:08:58 AM »
Mengkonsumsi alkohol kalau hanya untuk menghangatkan badan (biasa berlaku di dunia barat) yang mempunyai musim salju
Apakah itu termasuk pelanggaran sila kelima atau bukan ?
Ataukah hanya mencari2 pembenaran semata ?

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #68 on: 23 March 2009, 09:57:33 AM »
Mengkonsumsi alkohol kalau hanya untuk menghangatkan badan (biasa berlaku di dunia barat) yang mempunyai musim salju
Apakah itu termasuk pelanggaran sila kelima atau bukan ?
Ataukah hanya mencari2 pembenaran semata ?

ada rekan saya buddhis bule bilang, dia pernah terjebak di mobil dalam keadaan bersalju semalaman. tapi kagak butuh minuman beralkohol. secara nalar kita, apakah orang tidak bisa menghangatkan diri dengan cara lain?
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #69 on: 23 March 2009, 10:25:12 AM »
Mo nanya..

lagee... ;D

Apa manfaat menjadi Bhikkhu ?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #70 on: 23 March 2009, 10:28:23 AM »
Mo nanya..

lagee... ;D

Apa manfaat menjadi Bhikkhu ?

Menjadi bhikkhu merupakan sarana yang lebih kondusif untuk mencapai Pembebasan.

Offline tula

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 482
  • Reputasi: 24
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #71 on: 23 March 2009, 03:54:40 PM »
Mengkonsumsi alkohol kalau hanya untuk menghangatkan badan (biasa berlaku di dunia barat) yang mempunyai musim salju
Apakah itu termasuk pelanggaran sila kelima atau bukan ?
Ataukah hanya mencari2 pembenaran semata ?

ada rekan saya buddhis bule bilang, dia pernah terjebak di mobil dalam keadaan bersalju semalaman. tapi kagak butuh minuman beralkohol. secara nalar kita, apakah orang tidak bisa menghangatkan diri dengan cara lain?

WEDANG JAHE ?  ;D .... (bhs indo nya apa ya ini ?)

mengenai mencuri .. ada yg lebih halus lagi .. seperti .. men dl lagu or pelem dari internet .. or sharing2 an lagu or pelem ama temen (tentunya pelem or musik yg berhak cipta) ... tula sering nih  :'(

terus memaki software2 bajakan ... kena jg nih ... pakai lah open saus :hammer: (open source)


Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #72 on: 23 March 2009, 04:37:08 PM »
Mengkonsumsi alkohol kalau hanya untuk menghangatkan badan (biasa berlaku di dunia barat) yang mempunyai musim salju
Apakah itu termasuk pelanggaran sila kelima atau bukan ?
Ataukah hanya mencari2 pembenaran semata ?

Kuncinya ada pada ketagihan dan menyebabkan lemahnya kesadaran........

jadi sebenarnya kembali ke batinnya...... misal makan makanan enak pun seperti soto, kalau menyebabkan ketagihan, hendaknya itu harus dikendalikan

semoga bermanfaat

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #73 on: 23 March 2009, 04:41:55 PM »

WEDANG JAHE ?  ;D .... (bhs indo nya apa ya ini ?)

mengenai mencuri .. ada yg lebih halus lagi .. seperti .. men dl lagu or pelem dari internet .. or sharing2 an lagu or pelem ama temen (tentunya pelem or musik yg berhak cipta) ... tula sering nih  :'(

terus memaki software2 bajakan ... kena jg nih ... pakai lah open saus :hammer: (open source)

salut utk bro tula...... memang sulit dan dilematis bagi kita utk tidak menggunakan produk bajakan

namun semoga bs menjadi latihan bagi kita semua utk meminimalisir akusala kamma itu

metta

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #74 on: 23 March 2009, 04:45:25 PM »
[At] Markos
Makasih penjelasannya
Pengen tanya lagi tentang produk bajakan, kita sebagai konsumennya apakah juga terkena pelanggaran silakah ?