Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tanya ? Jawab untuk Pemula  (Read 350924 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #45 on: 17 March 2009, 02:12:59 PM »
Tapeicou = Maha Karuna Dharani ... mantra maha welas asih dr bodhisattva Avalokitesvara.
Tdk mengetahui maknanya pun gpp, tp tentunya akan lebih baik kalo tahu maknanya.
Sedikit saran .. dari pengalaman ..
Sblum membacanya sebaiknya besihkan diri dulu .. pake pakaian yg sopan.
Ktk membacanya coba rasakan kalo diri ini penuh dgn cinta kasih , lalu sambil membacanya pancarkanlah cinta kasih ini kesekelilingmu ... metta .


 
thanks Buddha...

Offline Hendi Wijaya

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 452
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #46 on: 17 March 2009, 02:28:50 PM »
bagong...maksudnya lebih spesifik untuk setiap penggalan kata" dalam paritta Ta Pei Cou artinya apa...
gw juga gk tau tuh..padahal selama ini baca Ta Pei Cou  :(

mengetahui maknanya lebih baik sehingga dapat mempraktekkan setiap apa yg kita baca dalam paritta tsb (kata om upasaka n gw rasa hal itu betul)

gimana?temen" DC ada yg bisa translate bahasa dalam paritta kedalam bahasa indo gk?biar ngerti gt lo  :D

ditunggu lho...

Thx.
 _/\_
"Persiapan terbaik untuk hari esok adalah dengan menyelesaikan pekerjaan hari ini dengan baik"

Offline iwakbelido

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 251
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #47 on: 17 March 2009, 02:32:13 PM »
keknya perna ada yg share deh coba liat di:
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=8068.0
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=3644.0  --> ada artinya

_/\_
Sabbe satta bhavantu sukhitatta

Offline Hendi Wijaya

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 452
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #48 on: 17 March 2009, 02:50:47 PM »
wah..thanks infonya bro iwak...

 _/\_
"Persiapan terbaik untuk hari esok adalah dengan menyelesaikan pekerjaan hari ini dengan baik"

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Tanya Jawab Untuk Pemula
« Reply #49 on: 17 March 2009, 03:22:36 PM »
Ta Pei Cou kalah gak salah itu Nama2 Bodhisattva. Yg penting kita meneladani Figur KWAN IM PO SAT terutama WELAS ASIH. Bhiksu Wu Thung pernah bilang gak perlu tahu artinya yg penting baca dgn TULUS dan PENUH HORMAT. Baca Keng jg gak usah byk macam. Baca aja TA PEI COU terus tiap hari nanti kamu akan merasakan manfaatnya. Semua Sutra, Keng sama2 bermanfaat
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #50 on: 18 March 2009, 09:02:03 PM »
Mo tanya lagi....

1. Apakah Buddhisme itu suatu Agama?

2. Apakah dikenal Tuhan dalam Buddhisme?

3. Apakah itu Tiga Corak Umum?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #51 on: 18 March 2009, 09:28:04 PM »
Mo tanya lagi....

1. Apakah Buddhisme itu suatu Agama?

2. Apakah dikenal Tuhan dalam Buddhisme?

3. Apakah itu Tiga Corak Umum?

1) Buddhisme lebih menekankan filsafat dan pendalaman kebijaksanaan untuk menjalani hidup ini. Karenanya, Buddhisme lebih pantas dikategorikan sebagai sebuah pandangan, jalan hidup, ataupun filsafat. Kata "agama" berasal dari Bahasa Sansekerta; yaitu "a" = tidak, dan "gama" = kacau. Artinya "agama" = tidak kacau. Secara harfiah, berarti agama adalah satu sarana yang membuat hidup menjadi teratur dan tidak kacau. Jika menilik makna kata agama ini, maka Buddhisme juga termasuk agama.

2) Tuhan adalah konsep spiritual dari Timur Tengah. Di mana dinyatakan bahwa Tuhan adalah sosok pribadi yang menciptakan segala isi Alam Semesta. Kata "Tuhan" juga diadopsi dari kata "tuan", yang secara implisit mengandung artian bahwa Tuhan adalah sosok pribadi yang berkuasa atas Alam Semesta. Karena itu, Tuhan maupun konsep ketuhanan adalah paradigma yang tidak relevan untuk dibahas dalam Buddhisme. Karena paradigma ini tidak sejalan dengan Hukum Paticcasamuppada dan Hukum Sebab-Akibat di Buddhisme.

3) Tiga Corak Umum (Tilakkhana) adalah tiga sifat universal yang selalu eksis di jagad raya ini. Tiga corak ini merupakan tiga karateristik dunia dan kehidupan. Orang yang mencapai Pencerahan adalah orang yang sudah melihat dengan jelas tentang tiga karateristik ini.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #52 on: 18 March 2009, 09:46:57 PM »
lagi....... lagi...

Apakah itu Dukkha?

Saya juga mendapat bahagia, kenapa di dalam Corak Umum tidak terdapat Bahagia?

Apakah itu Empat Kesunyataan Mulia ?

Saya tertarik dengan kisah Sang Guru Buddha Gotama, dimana saya bisa mencari tahu kisah beliau?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #53 on: 18 March 2009, 09:55:18 PM »
lagi....... lagi...

Apakah itu Dukkha?

Saya juga mendapat bahagia, kenapa di dalam Corak Umum tidak terdapat Bahagia?

Apakah itu Empat Kesunyataan Mulia ?

Saya tertarik dengan kisah Sang Guru Buddha Gotama, dimana saya bisa mencari tahu kisah beliau?

Dalam pengertian dangkalnya, "dukkha" itu artinya "penderitaan". Namun pengertian "dukkha" tidaklah sesempit itu. Dukkha juga berarti "kehampaan", "fatamorgana", "tidak memuaskan". Misalnya :

- kehampaan -> untuk apa hidup kalau pada akhirnya mati, untuk apa makan kalau pada akhirnya lapar lagi, untuk apa menarik nafas kalau pada akhirnya dikeluarkan lagi.
- ilusi -> wanita cantik yang kita lihat ternyata hanyalah seonggok tulang-belulang yang terusun rapi beserta kotoran lainnya yang dibungkus kulit indah, kekayaan yang kita miliki ternyata hanya bisa membeli materi dan bukan kebahagiaan, kejadian di hidup ini terus berlalu bagaikan mimpi di waktu tidur.
- tidak memuaskan -> kita ingin mencari agama untuk memuaskan sisi spiritual kita, kita ingin mencari teman agar dapat bersosialisasi dan bahagia, kita ingin terhindar dari malapetaka.


Empat Kebenaran Mulia adalah empat fakta dunia ini; bahwa :
1) Dunia ini adalah dukkha
2) Asal-mula dukkha
3) Berakhirnya dukkha
4) Jalan untuk mengakhiri dukkha


Kisah Sang Buddha banyak disajikan di berbagai referensi. Salah satunya adalah Riwayat Agung Para Buddha.

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.644
  • Reputasi: 67
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #54 on: 20 March 2009, 09:44:07 AM »
Q : Bisa tula mohon nanya ttg yg d. kamma yg tidak berbuah karna tertimbun kamma yg lainnya (ahosi kamma) ? ini contohnya seperti apa ya ?
A : Ahosi Kamma adalah kamma (perbuatan) yang tidak memunculkan vipaka (akibat), karena tertimbun oleh kamma lain (Upaghataka Kamma). Setiap kamma cenderung akan menimbulkan vipaka, baik segera ataupun kelak. Vipaka akan muncul apabila semua syarat-syaratnya terpenuhi. Seperti benih yang ditanam, dapat tumbuh apabila syarat-syarat seperti tanah yang subur, air, temperatur, dll. menyokong pertumbuhannya. Bila tidak ada unsur-unsur pendukung; dan justru ada Upaghataka Kamma yang muncul, maka kamma itu tidak akan berbuah (menjadi Ahosi Kamma).

Sebagai contoh : Angulimala yang sudah banyak membunuh orang akan menerima vipaka buruknya, yaitu berupa kelahiran di alam rendah. Namun karena Angulimala menjalani kehidupan suci, banyak vipaka buruk yang menjadi ahosi. Salah satunya adalah Angulimala tidak terlahir di alam rendah, karena sudah merealisasi Nibbana.


Dapatkah vipaka yang baik menjadi ahosi pula ?
Ahosi apakah berlaku bagi umat awam ? Atau hanya berlaku bagi para orang suci saja ?
Upaghataka kamma itu contohnya seperti apa ?

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #55 on: 20 March 2009, 10:58:45 AM »
upaghataka kamma itu kayak begini : orang terlahir dengan buah kamma punya indera penglihatan yang baik, tetapi karena ada kamma buruk yang dilakukan di kehidupan lampau, maka matanya jadi buta
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #56 on: 20 March 2009, 01:25:40 PM »
Q : Bisa tula mohon nanya ttg yg d. kamma yg tidak berbuah karna tertimbun kamma yg lainnya (ahosi kamma) ? ini contohnya seperti apa ya ?
A : Ahosi Kamma adalah kamma (perbuatan) yang tidak memunculkan vipaka (akibat), karena tertimbun oleh kamma lain (Upaghataka Kamma). Setiap kamma cenderung akan menimbulkan vipaka, baik segera ataupun kelak. Vipaka akan muncul apabila semua syarat-syaratnya terpenuhi. Seperti benih yang ditanam, dapat tumbuh apabila syarat-syarat seperti tanah yang subur, air, temperatur, dll. menyokong pertumbuhannya. Bila tidak ada unsur-unsur pendukung; dan justru ada Upaghataka Kamma yang muncul, maka kamma itu tidak akan berbuah (menjadi Ahosi Kamma).

Sebagai contoh : Angulimala yang sudah banyak membunuh orang akan menerima vipaka buruknya, yaitu berupa kelahiran di alam rendah. Namun karena Angulimala menjalani kehidupan suci, banyak vipaka buruk yang menjadi ahosi. Salah satunya adalah Angulimala tidak terlahir di alam rendah, karena sudah merealisasi Nibbana.


Dapatkah vipaka yang baik menjadi ahosi pula ?
Ahosi apakah berlaku bagi umat awam ? Atau hanya berlaku bagi para orang suci saja ?
Upaghataka kamma itu contohnya seperti apa ?


dear Lokkhi,

bisa... bisa sekali vipaka kusala kamma jadi ahosi juga....

dalam buddhism, tingkatan kamma itu muncul dari Javana 7 di dalam proses citta yg ada 17 proses
Javana pertama kl ga salah akan berbuah pada kehidupan saat ini, Javana ke-7 pada kehidupan selanjutnya dan 5 javana sisanya akan berbuah sewaktu2 selama masih dalam lingkaran samsara
misal bnyk melakukan kusala kamma tapi berbuat akusala garuka kamma
maka pada kehidupan mendatang, PASTI masuk neraka avici

Pada umat awam sangat sulit terjadi ahosi karena 5 Javana yg saya sebut diatas itu, terjadi sewaktu2 jika kondisinya memungkinkan....

itu kenapa hanya pada Ariya sajalah, kebanyakan kamma menjadi ahosi terkecuali kamma yg berat juga dimana ini terjadi pada kaki buddha yg terluka

Upaghataka Kamma adalah Kamma yg meniadakan kekuatan dan akibat dari 1 sebab yg sudah terjadi (Janaka Kamma) dan sebaliknya menyuburkan berkembangnya kamma baru
Pemotongannya terjadi dengan 2 cara yaitu :
1. Memotong janaka kamma supaya tidak ada waktu menimbulkan hasil/akibat utk selamanya (Kammantara Upaghataka)
2. Memotong NAma-Rupa yg dilahirkan oleh JAnaka Kamma sampai rusak (contoh dari bro Wolverine)

semoga bermanfaat

metta

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #57 on: 20 March 2009, 01:28:59 PM »
lagi....... lagi...

Apakah itu Dukkha?

Saya juga mendapat bahagia, kenapa di dalam Corak Umum tidak terdapat Bahagia?

Apakah itu Empat Kesunyataan Mulia ?

Saya tertarik dengan kisah Sang Guru Buddha Gotama, dimana saya bisa mencari tahu kisah beliau?

Tapi bahagianya anda itu PASTI akan berakhir bro...... tidak ada kebahagiaan lokiya yg bisa bertahan terus menerus

berbeda dengan nibbana yg merupakan kebahagiaan yg tertinggi, kebahagiaan yg bebas dari kemelekatan

memang tidak bisa dibayangkan tapi hendaknya itu bisa menjadi tujuan kita semua

semoga bermanfaat

metta

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #58 on: 20 March 2009, 04:48:11 PM »
tanya .. apa arti dari kata " Tathagata " ..?

apa beda Buddha & Tathagata ..?  thanks ..



 
thanks Buddha...

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #59 on: 21 March 2009, 09:18:05 AM »
tanya lagi ..

Hyang Buddha biasa melipat jubahnya lalu diselendangkan dibahu sebelah kiri .

Kenapa tdk di bahu sebelah kanan atw di leher mungkin ,

apa ada artinya ..?  thanks
thanks Buddha...