Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tanya ? Jawab untuk Pemula  (Read 374887 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #30 on: 16 March 2009, 11:54:20 PM »
Gantian i mo tanya,

Bhikkhu2 itu kerjaannya ngapain aja ya?

Hanya ingin menambahkan...


Karaniya Metta Sutta merupakan sutta yang menggambarkan cinta kasih dan belas kasihan kepada semua makhluk. Sutta ini pertama kali diucapkan oleh Sang Buddha kepada lima ratus orang bhikkhu yang diganggu oleh makhluk halus ketika sedang melatih diri di hutan. Untuk membantu para siswa-Nya, Sang Buddha kemudian mengucapkan syair yang kemudian kita kenal dengan "Karaniya Metta Sutta".

” Inilah yang harus dilaksanakan oleh mereka yang tekun dalam kebaikan dan telah mencapai ketenangan bathin.

Ia harus pandai, jujur, sangat jujur. Rendah hati, lemah lembut, tiada sombong.

Merasa puas, mudah dirawat, tiada sibuk, sederhana hidupnya, tenang inderanya, selalu waspada, tahu malu, tidak melekat pada keluarga.

Tak berbuat kesalahan, walaupun kecil yang dapat dicela oleh Para Bijaksana. Hendaklah ia selalu berpikir: “Semoga semua makhluk sejahtera dan damai, semoga semua makhluk berbahagia”

Makhluk apapun juga, baik yang lemah atau yang kuat, tanpa kecuali yang kecil atau yang besar, yang sedang, pendek, kurus atau gemuk, yang terlihat atau tidak terlihat, yang jauh maupun yang dekat, yang telah terlahir atau yang akan dilahirkan; semoga semuanya berbahagia.

Jangan menipu orang lain atau menghina siapa saja. Janganlah karena marah dan benci, mengharapkan orang lain mendapat celaka.

Bagaikan seorang ibu mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi anaknya yang tunggal. Demikianlah terhadap semua makhluk, dipancarkannya pikiran kasih sayang tanpa batas. Hendaknya pikiran kasih sayang dipancarkannya ke seluruh penjuru alam, ke atas, ke bawah, dan ke sekeliling tanpa rintangan, tanpa benci atau permusuhan.

Sewaktu berdiri, berjalan, atau duduk, atau berbaring sesaat sebelum tidur. Ia tekun mengembangkan kesadaran ini yang dinamakan “Berdiam dalam Brahma”.

Tidak berpegang pada pandangan yang salah. Tekun dalam sila dan memiliki kebijaksanaan. Hingga batinnya bersih dari segala nafsu indera. Maka ia tak akan terlahir lagi di rahim manapun juga “



Kalau jadwal aktivitas bhikkhu (Theravada), pada umumnya meneladani aktivitas Sang Buddha semasa hidup-Nya. Secara garis besar aktivitasnya adalah makan sebelum tengah hari, giat bermeditasi, berpindapata, memberi pelayanan bagi umat, mempelajari Dhamma (baca Tipitaka atau Buku Dhamma), dll.
« Last Edit: 16 March 2009, 11:59:41 PM by upasaka »

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #31 on: 17 March 2009, 12:01:50 AM »
thanks bgt bro upasaka atas penjelasaannya
mau tanya lagi dibuku yang say baca selain menjelaskan kalo merubah nasib dengan berbuat baik juga kita musti baca paritta katanya itu bisa bantu kita buat baik..pertanyaanya masa c baca paritta bisa bikin karma baik?
bukanya karma baik itu dilakukan dengan tndakan? kalo baca paritta bisa buat karma baik mah bearti kita gak perlu dunk bebuat baiK?? mohon petunjuknya _/\_ _/\_ _/\_ _/\_
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #32 on: 17 March 2009, 12:12:10 AM »
thanks bgt bro upasaka atas penjelasaannya
mau tanya lagi dibuku yang say baca selain menjelaskan kalo merubah nasib dengan berbuat baik juga kita musti baca paritta katanya itu bisa bantu kita buat baik..pertanyaanya masa c baca paritta bisa bikin karma baik?
bukanya karma baik itu dilakukan dengan tndakan? kalo baca paritta bisa buat karma baik mah bearti kita gak perlu dunk bebuat baiK?? mohon petunjuknya _/\_ _/\_ _/\_ _/\_

Paritta bukanlah kalimat-kalimat sakti bin mukjizat. Paritta adalah syair-syair perenungan. Adalah lebih baik jika kita membaca paritta dengan perenungan dan pengertian yang benar terhadap semua syairnya. Paritta adalah syair-syair yang penuh inspirasi kebijaksanaan. Ketika kita membacanya dengan benar, pikiran kita seharusnya terarahkan untuk menjadi baik dan arif. Setelah merenungkannya, kita sebaiknya terus menjaga pikiran agar tetap terarah. Sehingga kita bisa mempraktekkan apa yang kita baca dalam paritta itu.

Membaca paritta disertai dengan konsentrasi dan perenungan, akan membuat pikiran lebih tenang. Karena itu, diharapkan agar kita mampu menjaga kondisi batin itu di setiap pikiran, ucapan dan perbuatan kita. :)

_/\_

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #33 on: 17 March 2009, 12:18:01 AM »
ohh begitu yah... jadi kita musti tau arti dari paritta tesebut yah kalo gak ga ada artinya buat di baca???
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #34 on: 17 March 2009, 12:21:44 AM »
ohh begitu yah... jadi kita musti tau arti dari paritta tesebut yah kalo gak ga ada artinya buat di baca???

Lebih baik jika Anda tahu juga makna dari syair-syairnya. Kalau tidak tahu pun tidak apa-apa. Hanya manfaatnya kurang optimal.

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #35 on: 17 March 2009, 12:29:35 AM »
oh begitu jadi tidak tau artinya juga tetep ada manfaatnya??
hmm aku cuman tau paritta tei pe cou itu pun gak tau cara bacanya n artinya
hehehe tapi bakal kupelajari lagi kok
thanks ya bro atas jawabanya
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Tanya Jawab Untuk Pemula
« Reply #36 on: 17 March 2009, 10:06:20 AM »
Ta Pei Cou itu Mantra KWAN IM PO SAT. Jadi kita baca Mantra itu, sebaiknya kita jg meneladani KWAN IM PO SAT yaitu Welas Asih dgn cara setiap hbs Liam Keng kita Limpahkan Jasa pd semua makhluk, juga kita menolong orang2 yg tdk mampu atau org yg sedang dalam kesulitan, Orang sakit, orang jompo, gelandangan, dll. Menolong menyelamatkan nyawa2 hewan yg tadinya akan di bunuh dgn melepaskan mereka ke alam bebas seperti ikan lele, belut, kepiting, kelabang, dll. Jadi selain Baca Ta Pei Cou kita jg berusaha mengembangkan Welas Asih sehingga Manfaatnya jd lbh maksimal.
Semoga kita semua semakin Maju dalam PRAKTEK DHARMA.
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Tanya Jawab Untuk Pemula
« Reply #37 on: 17 March 2009, 10:42:03 AM »
Baca Ta Pei Cou itu biasa aja tidak perlu pakai Irama. Yg penting kita membacanya dgn HATI YG TULUS DAN PENUH HORMAT. Itu yg penting. Juga kita mendengarkan Suara yg kita Ucapkan, jadi bukan asal baca aja.
Selamat Berlatih.
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline Hendi Wijaya

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 452
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #38 on: 17 March 2009, 11:18:57 AM »
kutipan dari Karaniya Metta Sutta

Quote
Merasa puas, mudah dirawat, tiada sibuk, sederhana hidupnya, tenang inderanya, selalu waspada, tahu malu, tidak melekat pada keluarga.

om upasaka...disitu tertulis tidak melekat pada keluarga,sperti yg kita tahu pada zaman Sang Buddha para pertapa harus melepaskan diri dari keluarga mereka dan mencari pencerahan (seperti Siddharta Gautama pada saat hidupnya)

ai mau tanya,kalo dalam kehidupan sekarang ini bagaimana cara mengaplikasian kata tidak melekat pada keluarga itu ya?  :)


1 more...
menanggapi post chubby bisa tolong dibantu sedikit...ai juga baca Ta Pei Cou,tapi sama sekali tidak tahu artinya...bisa tolong kasih tau arti setiap kata" dalam paritta tsb?ato kasih link situsnya jg blh,nnt ai ambil sndr...

Thx.
 _/\_
"Persiapan terbaik untuk hari esok adalah dengan menyelesaikan pekerjaan hari ini dengan baik"

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #39 on: 17 March 2009, 11:36:12 AM »
ai mau tanya,kalo dalam kehidupan sekarang ini bagaimana cara mengaplikasian kata tidak melekat pada keluarga itu ya?  :)

Tidak melekat pada keluarga semisalnya dengan anak sendiri
Kita tidak mungkin memaksakan pemikiran kita terhadap anak agar sesuai dengan maunya kita
Karena anak itu makhluk hidup lain, mempunyai batin dan jasmani berbeda
Dan diapun punya pemikiran tersendiri
Banyak ortu terlalu memaksakan anaknya harus begini harus begitu dengan mengabaikan keinginan anak sendiri, hobbynya, bahkan bakatnya

Dan pengaplikasian tidak melekat pada keluarga yang paling sulit untuk dilakukan adalah ketika kita harus kehilangan salah satu anggota keluarga karena kematian, entah itu istri, anak maupun orang tua

Semoga bisa sedikit menjelaskan pertanyaan bro hen
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #40 on: 17 March 2009, 11:56:38 AM »
ohhh begitu yah bro hengki
thanks buat penjelasanya:) _/\_ _/\_ _/\_ _/\_
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline Hendi Wijaya

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 452
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #41 on: 17 March 2009, 12:23:01 PM »
oh gitu ya bro eQu...
ok lah klo masalah hobi,bakat,dll...tapi kalo masalah agama/keyakinan
jadi kalo anak gk mau ikut agama orang tua (buddhis) gimana?(skrg ini pada banyak pindah ke karesten  ;D) dalam pengertian bahwa mereka terlalu sering dicekoki agama lain tsb,tidak pernah mempelajari agama sendiri ...
itu bagaimana ya? :)

btw,mumpung masih muda nanya" buat bekal hari tua  ^-^

Thx.
 _/\_

"Persiapan terbaik untuk hari esok adalah dengan menyelesaikan pekerjaan hari ini dengan baik"

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #42 on: 17 March 2009, 12:52:33 PM »
At Hendi W.
Meskipun orang tua tidak dapat memaksakan si anak harus begini dan begitu ,namun orangtua dapat menciptakan peluang bagi anaknya dengan melaksanakan pancasila Buddhis secara baik dan benar dan patut, serta memberi contoh dalam perilaku sehari2 sehingga si anak dapat tertarik mengikuti perilaku orangtuanya yang sesuai dengan Dhamma
Orangtua juga harus perlu terbekali oleh ajaran Dhamma yang suatu saat dapat menjawab setiap pertanyaan anak mengenai ajaran Buddha itu sendiri

« Last Edit: 17 March 2009, 01:18:17 PM by Equator »
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline Hendi Wijaya

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 452
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #43 on: 17 March 2009, 01:07:49 PM »
iya....iya..bener ko equator...
bener kata ko eQu,soalnya temen" saya pada pindah ke karesten ya karena itu dia masalahnya,hanya Buddha KTP sebelumnya...sama sekali tidak tahu ajaran buddha yg sebenarnya,hanya buddha tradisi...ibarat tidak ada tiang yg kokoh yg bisa dijadikan tumpuan...

makannya lg belajar dhamma skrg nih  ;D
Bagus penjelasannya...
Thanks atas pencerahannya ko eQu... GRP sent  :)

 _/\_
"Persiapan terbaik untuk hari esok adalah dengan menyelesaikan pekerjaan hari ini dengan baik"

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #44 on: 17 March 2009, 01:53:58 PM »
hooh minta tolong dunk arti paritta ta pei counya thanks
hy2 salam kenal ya semuanya