Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tanya ? Jawab untuk Pemula  (Read 348377 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Yoko

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 351
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #15 on: 15 March 2009, 11:41:07 PM »
Yah klo mecahin patung buddha ga marah....Yah tergantung pikiran masing2 az..

Contoh :
Wkt ada pertandingan sepak bola di stadion, coba suruh dia ke tengah lapangan...
Trus bakar bendera merah putih...bagaimana reaksi yang akan ditimbulkan ??
heboh lgs 1 stadion :)) :)) dan mungkin akan masuk TV  ^-^ ^-^

Emang bendera hanya benda mati..tapi didalam pikiran kita masing2 benda tersebut memiliki makna tersendiri


Dhamma always in my heart  ;D ;D  _/\_

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #16 on: 16 March 2009, 12:26:47 AM »
Quote
T : Ok, saya ngerti. Sekarang kalo mis saya pecahin patung Budhanya di depan kamu, kamu marah ga?
J : Ya pasti marah lah.
T : Knp marah? Itu kan cuma benda mati? Kalo kamu patahin salib depan saya, saya ga marah. Kalo kamu bakar alkitab depan saya, saya juga ga marah. Knp? Soalnya itu cuma benda mati. Yg hidup itu adalah firman kita bla2..

J : oke deh... bawa aja alkitab kamu trus saya minta buat ganjelan meja saya... :))

Offline tula

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 482
  • Reputasi: 24
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #17 on: 16 March 2009, 02:56:59 PM »
 [at] chang an ...
kamu harus lebih rajin keliling2 utk baca2 ... seperti kemaren pas dengerin rekaman ceramah ajahn bramn di medan .... beliau ada bilang sesuatu yg menarik .. kalo gaslah isinya kira2 begini ...

zaman skrg ini bener2 enak .. kalo kita ga ngerti kita bisa tanya ke temen2 di vihara, kalo gada temen bisa nanya ke pandita2 divihara, kalo gada pandita di vihara, kita bisa nanya ke ajahn bramn, kalo gada ajahn bramn .... kita bisa nanya ke ajahn internet ;D, zaman dahulu ... kalo mau belajar dhamma kita harus ke vihara .. zaman skrg .. (seolah) vihara yg datang ke kita (lewat internet), ini sudah sangat mempermudah kita, dan utk itu kita HARUS membaca ....

ayo ayo ayo .. membaca ;D

Quote
Jujur temen2 sekalian disini, kalo ada yg nanya gitu gmn? Kalo ada yg pecahin patung Budha di depan kalian gmn? Kalo gw sih pasti ga rela lah.. Tapi.. *censored* tuh agama Karesten. Punya kepercayaan sendiri ya sendiri lah, parah banget sih. Wa br tau ternyata pandangan agama Budha di depan dia gitu tuh? Knp sih banyak yg mojokin agama Budha......

kalo ada yg pecahin patung Buddha sih gamasalah lah .. asal bayar aja, terus kan tinggal bikin yg baru yg lebih bagus, plus cuan nya jgn lupa ;D (ada pepatah .. mecahin berarti membeli gile ! ;D)
kenapa pandangan agama Buddha beginu ... karena yg mengaku ber Agama Buddha pun banyak yg emang tau nya memang beginu lo ... (ini realitas lo), so kalo yg ngaku Buddha aja banyak yg pandangannya jg sprt itu, gmn dengan yg lain ?

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #18 on: 16 March 2009, 03:16:30 PM »
Gantian i mo tanya,

Bhikkhu2 itu kerjaannya ngapain aja ya?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #19 on: 16 March 2009, 03:19:19 PM »
di Tipitaka sih ada dua, berlatih (praktek / meditasi) dan belajar (teori).

bunyinya sih mirip-mirip gitu. ada yang tahu suttanya?
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #20 on: 16 March 2009, 03:19:56 PM »
nanya nya ama yg berkepentingan bleh... klo nanya nya disini jd nya ngegosipin :))

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #21 on: 16 March 2009, 03:42:15 PM »
jah.... masa ngegosip :hammer:

maksudnya, mank gak ada jadwal baku ya?

misal jam 5 bangun pagi

dari jam5-sekian meditasi

trius misal makan siang

trus membaca sutta2 dari jam berapa- berapa gitu....
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #22 on: 16 March 2009, 04:25:51 PM »
Bagaimana yah cara menjelaskan Nibbana kepada anak2 sekolah minggu ?
Sebab Nibbana terasa sulit untuk dicerna
Tidak seperti Surga yang indah ataupun Neraka yang menyedihkan
Bagaimana memberi penjelasan agar anak2 tertarik ?

Lalu darimanakah cerita jataka berasal ?
Mengapa hewan2 dapat berbicara pada cerita itu ?
Apakah memang demikian adanya ?
« Last Edit: 16 March 2009, 04:31:16 PM by Equator »
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #23 on: 16 March 2009, 04:31:25 PM »
 [at] om Equasi

Menurut i malah gak usah dijelasin dulu.
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #24 on: 16 March 2009, 04:33:09 PM »
tergantung om.

seringkali kita mau langsung to the point, tapi... jangan lupa Sang Buddha sendiri menyesuaikan ajaran dengan kemampuan batin orang-orang yang diajar. Ada murid yang seumur-umur cuma diajar sila dan moralitas, dan pada penghujung hidup ketika batinnya siap baru diajar meditasi.

kalau menurut saya, untuk anak kecil yang belum matang lebih baik diajar hal-hal yang sederhana saja. kalaupun kita membicarakan konsep-konsep yang agak sulit, lebih baik cari upaya cerdik untuk mengatasinya, misalnya

kita bicarakan penderitaan yang sederhana kepada anak kecil, rasa sakit, rasa kehilangan, kemudian kita bilang nibanna adalah penderitaan tidak akan muncul lagi.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #25 on: 16 March 2009, 06:03:37 PM »
ada!

bahkan banyak tingkatannya...

mau yg mana hehehe

numpang tanya tadi aku baru baca buku dari vihara tentang cara memperbaiki nasib yaitu dengan memperbanayk karma baik. nah di situ dikasi contoh kalo orang yang selama hidupnya jahat kalo mati bakal masuk neraka terus di siksa dan lahir lagi di kehidupan berikutnya dengan nasib yang jelek karena nanggung karma buruk.. nah yang aku mau tanyain emangnya ada neraka dalam ajran Buddha???  mohon petunjuknya soalnya aku masi dalam tahap belajar... _/\_ _/\_ _/\_
Life is about living...

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #26 on: 16 March 2009, 08:03:57 PM »
Bagaimana yah cara menjelaskan Nibbana kepada anak2 sekolah minggu ?
Sebab Nibbana terasa sulit untuk dicerna
Tidak seperti Surga yang indah ataupun Neraka yang menyedihkan
Bagaimana memberi penjelasan agar anak2 tertarik ?

Menurut saya, untuk anak-anak gunakan saja perumpamaan sebagai pantai seberang yang terlalu indah untuk diceritakan.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #27 on: 16 March 2009, 08:08:22 PM »
Bro Upasaka, saya ingin mengajukan pertanyaan :

1. Kenapa Sang BUddha Mengajarkan kita 5 sila? dan jalan tengah? apa manfaatnya?
2. Hidup ini penuh dengan godaan, kekotoran, kesusahan, jalan apakah yang harus diambil?
3. Apa manfaat dari menjalankan Sila?

sementara ini dulu :) _/\_ :lotus:
Smile Forever :)

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #28 on: 16 March 2009, 10:25:03 PM »
[at] Bro Jendral LotharGuard

1) Sang Buddha menyarankan bagi gharavasa (perumah tangga) untuk menjalankan 5 sila karena merupakan fondasi dasar menuju Pembebasan. Setidaknya, menjalankan 5 sila merupakan standarisasi yang menyokong kita untuk dapat terlahir kembali menjadi manusia. Jalan Tengah merupakan jalan yang tepat; karena sesuatu yang berlebihan (ekstrim) adalah tidak baik. Menjalankan hidup sesuai dengan Jalan Mulia Beruas 8 (Jalan Tengah) akan membuat kita berbahagia di saat kini dan nanti.

2) Kebahagiaan dan kesuksesan dapat diraih dengan 2 jalan. Jalan yang pertama adalah jalan keburukan; yang akan memberikan kebahagiaan semu serta mengakibatkan penderitaan kelak. Jalan yang ke dua adalah jalan kebajikan; yang akan memberikan kedamaian di masa kini serta kebahagiaan di masa depan. Kalau Anda cermat, Anda akan sadar bahwa jalan keburukan merupakan jalan instan menuju pemuasan inderawi. Sedangkan jalan kebajikan merupakan jalan yang sulit, namun pada hakikatnya adalah kebahagiaan yang sesungguhnya. Sebagai Umat Buddha, kita seharusnya mengambil jalan kebaikan dalam penghidupan ini. Jadilah teratai yang tumbuh menjulang indah dan bersih meski hidup di lingkungan yang kotor.

3) Menjalankan sila (moralitas) akan memberikan kita kebahagiaan, karena kita hidup dengan benar. Dalam menjalankan sila, kita harus memiliki pemahaman yang benar, bahwa ; kita berbuat kebaikan karena kita mencintai kehidupan, dan kita menghindari keburukan karena kita menghargai kehidupan. Dalam sutta juga dijelaskan, jika umat manusia mengembangkan moralitas maka dunia akan menjadi indah, semua makhluk hidup berbahagia, usia meningkat, kesejahteraan berkembang pesat, dan semua makhluk merasakan kedamaian jasmani dan batin.

:)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #29 on: 16 March 2009, 11:42:11 PM »
Thanks bro upasaka, semoga dengan jawaban ini akan memberikan pencerahan bagi umat awan yang pemula selalu menanyakan untuk apa sila? jalan tengah? apa manfaatnya. _/\_ :lotus: :) GRP bulan depan udah gak bisa kasih :))
Smile Forever :)