perjalanan membuktikan ajaran Sang Buddha: patibhaga nimittta

Started by fabian c, 15 February 2009, 12:47:08 AM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

bond

Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Sunkmanitu Tanka Ob'waci

kesimpulannya meditasi teratur untuk membuktikan abhidhamma ;D
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Lily W

Quote from: fabian c on 22 February 2009, 02:41:26 AM
Terima kasih atas keterangan dari romo Cunda dan saudari Lily,

Setelah saya buka kembali buku Buddha Abhidhamma Dr. Mehm Tihn Mon, ternyata citta yang muncul di pintu mata pada proses melihat banyak ya? ada 46 citta.

a. pancadvaravajjana (apprehending)                             1
b. cakkhu vinnana (seeing)                                           2
c. sampaticchana (receiving)                                        2
d. santirana (investigating)                                          3
e. votthapana atau mano dvaravajjana (deterring)           1
f. kama-javana (apperceiving)                                     29
g. tadalambana (registering)                                         8
                       total                                                46

Rupanya Pancadvaravajjana muncul pada setiap proses indera, bukannya terbagi 5    ;D

sukhi hotu

_/\_

Ko Fabian... anumodana..._/\_

a. pancadvaravajjana (apprehending)                             1
---> upekkhasahagatam pancadvaravajjanacittam (dalam ahetukakiriya citta3) : Kesadaran/pikiran yg menyelidiki obyek dari lima pintu, di sertai perasaan netral.

b. cakkhu vinnana (seeing)                                           2
---> upekkhasahagatam cakkhuvinnanam (dalam  Akusala Vipaka citta7) : kesadaran/pikiran yg timbul dikarenakan indriya mata melihat obyek bentuk (yg baik), disertai perasaan netral

---> upekkhasahagatam cakkhuvinnanam (dalam Ahetuka kusala Vipaka citta8) : kesadaran/pikiran yg timbul dikarenakan indriya mata melihat obyek bentuk (yg baik), disertai perasaan netral

c. sampaticchana (receiving)                                        2
---> upekkhasahagatam Sampaticchanacittam (dalam  Akusala Vipaka citta7) : kesadaran/pikiran yg menerima lima obyek hasil cerapan panca indriya, di sertai perasaan netral

---> upekkhasahagatam  Sampaticchanacittam (dalam Ahetuka kusala Vipaka citta8) : kesadaran/pikiran yg menerima lima obyek hasil cerapan panca indriya, disertai perasaan netral


d. santirana (investigating)                                          3
---> upekkhasahagatam Santiranacittam (dalam  Akusala Vipaka citta7) : kesadaran/pikiran yg memeriksa lima obyek hasil cerapan panca indriya, di sertai perasaan netral

---> upekkhasahagatam  Santiranacittam (dalam Ahetuka kusala Vipaka citta8) : kesadaran/pikiran yg memeriksa lima obyek hasil cerapan panca indriya, disertai perasaan netral

---> Somanassasahagatam  Santiranacittam (dalam Ahetuka kusala Vipaka citta8) : kesadaran/pikiran yg memeriksa lima obyek hasil cerapan panca indriya, disertai perasaan senang


e. votthapana atau mano dvaravajjana (deterring)           1
---> upekkhasahagatam Manodvaravajjanacittam (dalam ahetukakiriya citta3) : Kesadaran/pikiran yg menyelidiki obyek dari pintu pikiran, di sertai perasaan netral.

f. kama-javana (apperceiving)                                     29
--->

g. tadalambana (registering)                                         8
--->

Ko Fabian dan Momo... apakah perinciannya seperti itu? kalo benar... bisa tolong lanjutkan perincian javana 29 & Tadalambana 8 tsb? karena sy belum ketemu perincian tsb.

Dutiyampi...anumodana..._/\_

:lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

tesla

Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Lily W

Quote from: cunda on 22 February 2009, 02:35:07 PM
Rupanya Pancadvaravajjana muncul pada setiap proses indera, bukannya terbagi 5    ;D



namaste suvatthi hotu

hehehehehehe ternyata cc Lily emang hebat

thuti

Momo...

Saya anggap momo telah lemparkan kotoran ke saya... :D Sebelum lemparan itu kena ke saya...yg lempar (yaitu momo) udah kena duluan.... :)) :)) :))

Anumodana..._/\_

:lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

fabian c

Quotef. kama-javana (apperceiving)                                     29
--->

g. tadalambana (registering)                                         8
--->

Ko Fabian dan Momo... apakah perinciannya seperti itu? kalo benar... bisa tolong lanjutkan perincian javana 29 & Tadalambana 8 tsb? karena sy belum ketemu perincian tsb.

Saudari Lily yang baik,

Yang saya ketemui dari buku Mehm Tin Mon kama-javana citta (29) adalah:
12 akusala citta + 8 maha-kusala + 8 maha-kiriya citta + 1 hasittupada citta.

Sedangkan tadalambana seharusnya 11 (yaitu 8 mahavipaka citta ditambah 3 santirana) tetapi karena santirananya (investigating) sudah dihitung lebih dahulu (poin d), maka tinggal sisa 8 mahavipaka citta.

Bener nggak sih? tolong dikoreksi bila salah.

sukhi hotu

_/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Indra

Quote from: fabian c on 22 February 2009, 09:42:36 PM
Quotef. kama-javana (apperceiving)                                     29
--->

g. tadalambana (registering)                                         8
--->

Ko Fabian dan Momo... apakah perinciannya seperti itu? kalo benar... bisa tolong lanjutkan perincian javana 29 & Tadalambana 8 tsb? karena sy belum ketemu perincian tsb.

Saudari Lily yang baik,

Yang saya ketemui dari buku Mehm Tin Mon kama-javana citta (29) adalah:
12 akusala citta + 8 maha-kusala + 8 maha-kiriya citta + 1 hasittupada citta.

Sedangkan tadalambana seharusnya 11 (yaitu 8 mahavipaka citta ditambah 3 santirana) tetapi karena santirananya (investigating) sudah dihitung lebih dahulu (poin d), maka tinggal sisa 8 mahavipaka citta.

Bener nggak sih? tolong dikoreksi bila salah.

sukhi hotu

_/\_
Bro & Sis

Informasi menarik, tapi apa gunanya ya?

_/\_

cunda

Quote from: Lily W on 22 February 2009, 08:27:40 PM
Quote from: fabian c on 22 February 2009, 02:41:26 AM
Terima kasih atas keterangan dari romo Cunda dan saudari Lily,

Setelah saya buka kembali buku Buddha Abhidhamma Dr. Mehm Tihn Mon, ternyata citta yang muncul di pintu mata pada proses melihat banyak ya? ada 46 citta.

a. pancadvaravajjana (apprehending)                             1
b. cakkhu vinnana (seeing)                                           2
c. sampaticchana (receiving)                                        2
d. santirana (investigating)                                          3
e. votthapana atau mano dvaravajjana (deterring)           1
f. kama-javana (apperceiving)                                     29
g. tadalambana (registering)                                         8
                       total                                                46

Rupanya Pancadvaravajjana muncul pada setiap proses indera, bukannya terbagi 5    ;D

sukhi hotu

_/\_

Ko Fabian... anumodana..._/\_

a. pancadvaravajjana (apprehending)                             1
---> upekkhasahagatam pancadvaravajjanacittam (dalam ahetukakiriya citta3) : Kesadaran/pikiran yg menyelidiki obyek dari lima pintu, di sertai perasaan netral.

b. cakkhu vinnana (seeing)                                           2
---> upekkhasahagatam cakkhuvinnanam (dalam  Akusala Vipaka citta7) : kesadaran/pikiran yg timbul dikarenakan indriya mata melihat obyek bentuk (yg baik), disertai perasaan netral

---> upekkhasahagatam cakkhuvinnanam (dalam Ahetuka kusala Vipaka citta8) : kesadaran/pikiran yg timbul dikarenakan indriya mata melihat obyek bentuk (yg baik), disertai perasaan netral

c. sampaticchana (receiving)                                        2
---> upekkhasahagatam Sampaticchanacittam (dalam  Akusala Vipaka citta7) : kesadaran/pikiran yg menerima lima obyek hasil cerapan panca indriya, di sertai perasaan netral

---> upekkhasahagatam  Sampaticchanacittam (dalam Ahetuka kusala Vipaka citta8) : kesadaran/pikiran yg menerima lima obyek hasil cerapan panca indriya, disertai perasaan netral


d. santirana (investigating)                                          3
---> upekkhasahagatam Santiranacittam (dalam  Akusala Vipaka citta7) : kesadaran/pikiran yg memeriksa lima obyek hasil cerapan panca indriya, di sertai perasaan netral

---> upekkhasahagatam  Santiranacittam (dalam Ahetuka kusala Vipaka citta8) : kesadaran/pikiran yg memeriksa lima obyek hasil cerapan panca indriya, disertai perasaan netral

---> Somanassasahagatam  Santiranacittam (dalam Ahetuka kusala Vipaka citta8) : kesadaran/pikiran yg memeriksa lima obyek hasil cerapan panca indriya, disertai perasaan senang


e. votthapana atau mano dvaravajjana (deterring)           1
---> upekkhasahagatam Manodvaravajjanacittam (dalam ahetukakiriya citta3) : Kesadaran/pikiran yg menyelidiki obyek dari pintu pikiran, di sertai perasaan netral.

f. kama-javana (apperceiving)                                     29
--->

g. tadalambana (registering)                                         8
--->

Ko Fabian dan Momo... apakah perinciannya seperti itu? kalo benar... bisa tolong lanjutkan perincian javana 29 & Tadalambana 8 tsb? karena sy belum ketemu perincian tsb.

Dutiyampi...anumodana..._/\_

:lotus:


Namaste suvatthi hotu

Javana 55

Āvajjanadvayavajjitāni kusalākusalaphalakiriyacittāni pañcapaññāsa javanakiccāni.

Akusala citta 12, kusalacitta 21, phala 4 dan kiriya citta 18 (kecuali Āvajjana citta 2) adalah berfungsi sebagai Javana 55.

Javana 55 terdiri dari: Kāmajavanacitta 29 dan Appanājavana citta 26


Kāmajavanacitta 29 terdiri dari: Akusalacitta 12, Mahākusalacitta 8, Mahākiriyacitta 8 dan Hasitupadacitta 1

Sedangkan Appanājavana citta 26 terdiri dari: Mahaggata-kusalacitta 9, Mahaggata-kiriyacitta 9, Magga- ñāṇacitta 4, dan Phala- ñāṇacitta 4


Tadārammaṇa 11

Sebenarnya terdapat sebelas jenis citta yang berfungsi sebagai kesadaran register (Tadārammaṇa), yaitu:


Aṭṭha mahāvipākāni ceva santīraṇattayañceti ekādasa tadārammaṇakiccāni.

Mahāvipākā citta 8 dan Santīraṇa citta 3 berfungsi sebagai sebelas kesadaran register (Tadārammaṇa)

Namun karena Santirana citta 3 sudah disebutkan dalam kelompok tersendiri, maka sisanya berjumlah 8, yaitu Mahāvipākā citta 8 saja


Mahāvipākāni aṭṭha paṭisandhibhavaṅgacutitadārammaṇavasena catukiccāni nāma.

Mahāvipākā citta 8 disebut menguasai empat fungsi yaitu sebagai: Paṭisandhi 8, Bhavaṅga 8, Cuti citta 8, dan Tadārammaṇa 8


Sādhu Sādhu Sādhu


thuti



cunda


fabian c


Quote from: cunda on 22 February 2009, 09:53:12 PM
Quote from: Lily W on 22 February 2009, 08:27:40 PM
Quote from: fabian c on 22 February 2009, 02:41:26 AM
Terima kasih atas keterangan dari romo Cunda dan saudari Lily,

Setelah saya buka kembali buku Buddha Abhidhamma Dr. Mehm Tihn Mon, ternyata citta yang muncul di pintu mata pada proses melihat banyak ya? ada 46 citta.

a. pancadvaravajjana (apprehending)                             1
b. cakkhu vinnana (seeing)                                           2
c. sampaticchana (receiving)                                        2
d. santirana (investigating)                                          3
e. votthapana atau mano dvaravajjana (deterring)           1
f. kama-javana (apperceiving)                                     29
g. tadalambana (registering)                                         8
                       total                                                46

Rupanya Pancadvaravajjana muncul pada setiap proses indera, bukannya terbagi 5    ;D

sukhi hotu

_/\_

Ko Fabian... anumodana..._/\_

a. pancadvaravajjana (apprehending)                             1
---> upekkhasahagatam pancadvaravajjanacittam (dalam ahetukakiriya citta3) : Kesadaran/pikiran yg menyelidiki obyek dari lima pintu, di sertai perasaan netral.

b. cakkhu vinnana (seeing)                                           2
---> upekkhasahagatam cakkhuvinnanam (dalam  Akusala Vipaka citta7) : kesadaran/pikiran yg timbul dikarenakan indriya mata melihat obyek bentuk (yg baik), disertai perasaan netral

---> upekkhasahagatam cakkhuvinnanam (dalam Ahetuka kusala Vipaka citta8) : kesadaran/pikiran yg timbul dikarenakan indriya mata melihat obyek bentuk (yg baik), disertai perasaan netral

c. sampaticchana (receiving)                                        2
---> upekkhasahagatam Sampaticchanacittam (dalam  Akusala Vipaka citta7) : kesadaran/pikiran yg menerima lima obyek hasil cerapan panca indriya, di sertai perasaan netral

---> upekkhasahagatam  Sampaticchanacittam (dalam Ahetuka kusala Vipaka citta8) : kesadaran/pikiran yg menerima lima obyek hasil cerapan panca indriya, disertai perasaan netral


d. santirana (investigating)                                          3
---> upekkhasahagatam Santiranacittam (dalam  Akusala Vipaka citta7) : kesadaran/pikiran yg memeriksa lima obyek hasil cerapan panca indriya, di sertai perasaan netral

---> upekkhasahagatam  Santiranacittam (dalam Ahetuka kusala Vipaka citta8) : kesadaran/pikiran yg memeriksa lima obyek hasil cerapan panca indriya, disertai perasaan netral

---> Somanassasahagatam  Santiranacittam (dalam Ahetuka kusala Vipaka citta8) : kesadaran/pikiran yg memeriksa lima obyek hasil cerapan panca indriya, disertai perasaan senang


e. votthapana atau mano dvaravajjana (deterring)           1
---> upekkhasahagatam Manodvaravajjanacittam (dalam ahetukakiriya citta3) : Kesadaran/pikiran yg menyelidiki obyek dari pintu pikiran, di sertai perasaan netral.

f. kama-javana (apperceiving)                                     29
--->

g. tadalambana (registering)                                         8
--->

Ko Fabian dan Momo... apakah perinciannya seperti itu? kalo benar... bisa tolong lanjutkan perincian javana 29 & Tadalambana 8 tsb? karena sy belum ketemu perincian tsb.

Dutiyampi...anumodana..._/\_

:lotus:


Namaste suvatthi hotu

Javana 55

Āvajjanadvayavajjitāni kusalākusalaphalakiriyacittāni pañcapaññāsa javanakiccāni.

Akusala citta 12, kusalacitta 21, phala 4 dan kiriya citta 18 (kecuali Āvajjana citta 2) adalah berfungsi sebagai Javana 55.

Javana 55 terdiri dari: Kāmajavanacitta 29 dan Appanājavana citta 26


Kāmajavanacitta 29 terdiri dari: Akusalacitta 12, Mahākusalacitta 8, Mahākiriyacitta 8 dan Hasitupadacitta 1

Sedangkan Appanājavana citta 26 terdiri dari: Mahaggata-kusalacitta 9, Mahaggata-kiriyacitta 9, Magga- ñāṇacitta 4, dan Phala- ñāṇacitta 4


Tadārammaṇa 11

Sebenarnya terdapat sebelas jenis citta yang berfungsi sebagai kesadaran register (Tadārammaṇa), yaitu:


Aṭṭha mahāvipākāni ceva santīraṇattayañceti ekādasa tadārammaṇakiccāni.

Mahāvipākā citta 8 dan Santīraṇa citta 3 berfungsi sebagai sebelas kesadaran register (Tadārammaṇa)

Namun karena Santirana citta 3 sudah disebutkan dalam kelompok tersendiri, maka sisanya berjumlah 8, yaitu Mahāvipākā citta 8 saja


Mahāvipākāni aṭṭha paṭisandhibhavaṅgacutitadārammaṇavasena catukiccāni nāma.

Mahāvipākā citta 8 disebut menguasai empat fungsi yaitu sebagai: Paṭisandhi 8, Bhavaṅga 8, Cuti citta 8, dan Tadārammaṇa 8


Sādhu Sādhu Sādhu


thuti




Terima kasih atas koreksinya romo,   :backtotopic:  sudah dipelototin orang   ^:)^

_/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Lily W

Ko Fabian n momo...

Anumodana..._/\_

Pengetahuan saya tentang  "citta yang muncul di pintu mata pada proses melihat" jadi bertambah.
Semoga kita memperoleh suttamayapanna (Kebijaksanaan yg di capai melalui belajar/membaca)...sadhu3x...

vithi perlu dipelajari dengan baik, karena dalam pelajaran Abhidhamma, Vithi memegang peranan yg penting. Para Guru jaman dahulu ada yg berkata :
~ Bila ingin ahli dalam Sutta, harus pandai tentang Linga.
~ Bila ingin ahli dalam Vinaya, harus pandai tentang Uposatha.
~ Bila ingin ahli dalam Abhidhamma, harus pandai tentang Vithi.

Ups....OOT lagi yaah? Gimana kalo di pindahkan ke daerah jajahanku (thread Abhidhamma)? ;D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

tesla

Quote from: Lily W on 22 February 2009, 10:23:50 PM
vithi perlu dipelajari dengan baik, karena dalam pelajaran Abhidhamma, Vithi memegang peranan yg penting. Para Guru jaman dahulu ada yg berkata :
~ Bila ingin ahli dalam Sutta, harus pandai tentang Linga.
~ Bila ingin ahli dalam Vinaya, harus pandai tentang Uposatha.
~ Bila ingin ahli dalam Abhidhamma, harus pandai tentang Vithi.
menyambung sedikit OOT lagi,
jika ingin maju dalam Dhamma, apakah harus pandai kitab suci?
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

marcedes

Quote from: tesla on 22 February 2009, 10:48:32 PM
Quote from: Lily W on 22 February 2009, 10:23:50 PM
vithi perlu dipelajari dengan baik, karena dalam pelajaran Abhidhamma, Vithi memegang peranan yg penting. Para Guru jaman dahulu ada yg berkata :
~ Bila ingin ahli dalam Sutta, harus pandai tentang Linga.
~ Bila ingin ahli dalam Vinaya, harus pandai tentang Uposatha.
~ Bila ingin ahli dalam Abhidhamma, harus pandai tentang Vithi.
menyambung sedikit OOT lagi,
jika ingin maju dalam Dhamma, apakah harus pandai kitab suci?
pandai kitab suci sekaligus D I - P R A T E K - K A N    ^^ alias teori serta pratek jalan bersama.
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

tesla

Quote from: marcedes on 22 February 2009, 11:43:22 PM
Quote from: tesla on 22 February 2009, 10:48:32 PM
Quote from: Lily W on 22 February 2009, 10:23:50 PM
vithi perlu dipelajari dengan baik, karena dalam pelajaran Abhidhamma, Vithi memegang peranan yg penting. Para Guru jaman dahulu ada yg berkata :
~ Bila ingin ahli dalam Sutta, harus pandai tentang Linga.
~ Bila ingin ahli dalam Vinaya, harus pandai tentang Uposatha.
~ Bila ingin ahli dalam Abhidhamma, harus pandai tentang Vithi.
menyambung sedikit OOT lagi,
jika ingin maju dalam Dhamma, apakah harus pandai kitab suci?
pandai kitab suci sekaligus D I - P R A T E K - K A N    ^^ alias teori serta pratek jalan bersama.
pertanyaan saya adalah "apakah harus"
apakah pandai kitab suci adalah sesuatu yg RECOMMENDED atau REQUIRED?
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

hendrako

Quote from: cunda on 20 February 2009, 11:18:45 AM
Quote from: hendrako on 19 February 2009, 11:58:28 PM
Ada yg bisa membantu tentang rujukan Tipitaka tentang patibhaga nimitta?
Trima kasih sebelumnya.
_/\_


namaste suvatthi hotu

lihat di 

Abhidhammatthasaṅgaho; 9. Kammaṭṭhānaparicchedo; Nimittabhedo


5. parikammanimittaṃ uggahanimittaṃ paṭibhāganimittañceti tīṇi nimittāni ca veditabbāni.


Parikammanimitta, uggahanimittaṃ dan paṭibhāganimitta seharusnya dipahami sebagai Tiga nimitta


semoga membantu

thuti

Trima kasih, Romo.

Berarti ada di dalam kitab Abhidhamma ya?
Kalau di dalam sutta ada gak ya?
yaa... gitu deh