//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: KRITIK BUAT SUMEDHO  (Read 87275 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #120 on: 03 September 2008, 04:58:13 PM »
Riky lu naksir sumedho ya?  sampe getol begitu .... :))
Jujur aja deh kalo suka jeruk :))
Sayangnya dia suka makan duren =))

uda ah.... selamat berkwek-kwek ria kembali. bye riky  :P


Wah2,Apakah mungkin tahap pengendalian diri anda sudah mencapai kekuatan abhina ya?
:o
Atau malahan lepas kendali? :)
Saya tidak tahu,biarlah kamma yang mengaturnya,apa yang anda ucapkan akan anda terima kembali...
_/\_

Salam,
Riky

Begitu pula dengan Anda, Yth. Riky _/\_

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #121 on: 03 September 2008, 07:39:24 PM »
Riky lu naksir sumedho ya?  sampe getol begitu .... :))
Jujur aja deh kalo suka jeruk :))
Sayangnya dia suka makan duren =))

uda ah.... selamat berkwek-kwek ria kembali. bye riky  :P


Wah2,Apakah mungkin tahap pengendalian diri anda sudah mencapai kekuatan abhina ya?
:o
Atau malahan lepas kendali? :)
Saya tidak tahu,biarlah kamma yang mengaturnya,apa yang anda ucapkan akan anda terima kembali...
_/\_

Salam,
Riky

Begitu pula dengan Anda, Yth. Riky _/\_
Dimanakah saya menyerang pribadi orang saudara Wei yang terhormat?Dalam menyerang pribadi,semua serangannya adalah serangan konyol tanpa argumen...Saya rasa anda mungkin tidak ada bedanya dengan yang lainnya,para pejuang jihad,tidak mau melihat semuanya... :)
Tentu semua kata2 saya akan balik ke diri saya sendiri,kenapa saya harus takut? :)

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #122 on: 03 September 2008, 07:41:30 PM »
Menang jadi Arang..
Kalah jadi Debu..

_/\_
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #123 on: 03 September 2008, 07:52:26 PM »
Riky lu naksir sumedho ya?  sampe getol begitu .... :))
Jujur aja deh kalo suka jeruk :))
Sayangnya dia suka makan duren =))

uda ah.... selamat berkwek-kwek ria kembali. bye riky  :P


Wah2,Apakah mungkin tahap pengendalian diri anda sudah mencapai kekuatan abhina ya?
:o
Atau malahan lepas kendali? :)
Saya tidak tahu,biarlah kamma yang mengaturnya,apa yang anda ucapkan akan anda terima kembali...
_/\_

Salam,
Riky

Begitu pula dengan Anda, Yth. Riky _/\_
Dimanakah saya menyerang pribadi orang saudara Wei yang terhormat?Dalam menyerang pribadi,semua serangannya adalah serangan konyol tanpa argumen...Saya rasa anda mungkin tidak ada bedanya dengan yang lainnya,para pejuang jihad,tidak mau melihat semuanya... :)
Tentu semua kata2 saya akan balik ke diri saya sendiri,kenapa saya harus takut? :)

Salam,
Riky

Apa itu terlihat seperti sebuah serangan pribadi?
Tujuan saya dari post tersebut, yaitu mengingatkan Anda saja, bahwa Anda jangan terlalu masuk dalam dosa, karena saya berpendapat Anda sedang terbawa oleh dosa. Ingatlah bahwa perbuatan dengan kata-kata pun mempunyai kekuatan kamma juga.
Tidak usah dilanjutkan, percuma saja.

_/\_
« Last Edit: 03 September 2008, 07:55:19 PM by Mr. Wei »

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #124 on: 03 September 2008, 07:53:32 PM »
Riky lu naksir sumedho ya?  sampe getol begitu .... :))
Jujur aja deh kalo suka jeruk :))
Sayangnya dia suka makan duren =))

uda ah.... selamat berkwek-kwek ria kembali. bye riky  :P


Wah2,Apakah mungkin tahap pengendalian diri anda sudah mencapai kekuatan abhina ya?
:o
Atau malahan lepas kendali? :)
Saya tidak tahu,biarlah kamma yang mengaturnya,apa yang anda ucapkan akan anda terima kembali...
_/\_

Salam,
Riky

Begitu pula dengan Anda, Yth. Riky _/\_

Apa itu terlihat seperti sebuah serangan pribadi?
Tujuan saya dari post tersebut, yaitu mengingatkan Anda saja, bahwa Anda jangan terlalu masuk dalam dosa, karena saya berpendapat Anda sedang terbawa oleh dosa. Ingatlah bahwa perbuatan dengan kata-kata pun mempunyai kekuatan kamma juga.
Tidak usah dilanjutkan, percuma saja.

_/\_
Jika anda tahu,saya mempersilakan anda bertapa kembali alih2 berbicara tanpa arah..
Terima kasih atas niat baik yang mungkin anda lontarkan kepada saya...
_/\_

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #125 on: 03 September 2008, 07:55:57 PM »
Terima kasih atas sarannya
Tidak usah dilanjutkan
_/\_

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #126 on: 03 September 2008, 08:55:46 PM »
Uhm...Cobalah mulai bercermin kembali... Smiley
Kalau anda berkata begitu maka buat apa anda bersujud dihadapan patung SB?Sebodohkah itu anda?Patung Buddha itu hanya rongsokan saja,kenapa anda bernamakara patta dihadapan patung tak berisi itu?
Itulah,"Selamilah batin anda dahulu",baru kembali berdiskusi dengan saya... Smiley
Saya asumsikan hampir semua umat Buddha adalah orang bodoh,karena bernamakara patta dihadapan patung belaka...Kata si nyana,"Semua orang memiliki benih yang sama untuk Ke Buddhaan"

Silakan disanggah ya,saya senang menunggunya...


disatu pihak,memang benar kita bersujud dihadapan pahatan batu yang dinamakan Buddha...namun anda salah mengerti bahwa bersujud di pahatan batu sebenarnya memiliki manfaat
1. menurunkan ego dan kesombongan kebawah.itulah latihan namaskara.
2. konsentrasi yang terjadi saat namaskara dimulai dari melihat menyadari semua aspek batin yang terjadi.
Untuk :
1.Menurunkan ego dan kesombongan?Yakinkah anda?Apa dasar argumen anda dengan pernyataan anda tersebut?Saya menunggu argumen anda :)
2.Saya tidak mengerti yang ini... :)

Quote
saya pikir anda tidak perlu membuat judgement general mengenai hal itu karena masing-masing orang mewakili prakteknya masing-masing....
Andai anda mengerti apa maksud dari pernyataan diatas yang saya boldkan...
Coba renungkan lebih dalam lagi kalimat anda...
Saya tidak membuat judgement general yang anda maksudkan...Saya hanya menanggapi pernyataan anda..Tolong diquotekan "judgement general" yang anda maksudkan itu...
_/\_

Quote
ada orang yang merasa ketika ia membungkukan badannya , ia menghormati sosok yang perlu dihormati,sosok Buddha yang dia kenal melalui pengetahuan agamanya,secara kasat mata,memang itu onggokan batu,secara batin,dia merasa menghormati dan itu salah satu perbuatan baik.
Itu hak orang lain,saya hanya menanggapi pernyataan anda yang terdahulu..
_/\_

Quote
Anda selalu membenarkan diri anda,maaf saya gaptek dalam mengquote tapi coba anda baca sendiri tulisan anda,gunakan untuk cermin.
Ya,saya juga gaptek...Tapi saya belum sampai setahun masuk forum ini,kurang lebih tahu cara menggunakan quote,copy paste dll.. :)

Quote
Saya mengasumsikan ini tindakan diskriminasi dari seorang moderator,alasannya kenapa saudara Semit dkk boleh report to moderator atau mengajukan usul karena merasa terganggu tetapi saya tidak?Masih berani bilang si Sumedho tidak buta?
Saya tidak mengerti ini,ini adalah tanggapan saya untuk pernyataan anda yang tidak berargumen.. :)

Quote
saya mengikuti perkemabngan tulisan MMD dari awal,ada beberapa thread yang selalu merujuk pada pertikaian dengan bhikkhu atau Sangha yang membawakan materi Dhamma.dikritik namun ketika di kasih umpan balik,tidak mau menerima kritikan itu sendiri.
Silakan diquotekan,mungkin kalau anda gaptek bisa minta tolong kepada saudara Felix,Tesla,Sumedho atau yang lainnya...Saya bisa menunggunya.. :)

Quote
Saya mengkritik anda bukan atas pemahaman Dhamma anda
Tolong dipertegas kalimat yang saya boldkan diatas,apakah mungkin anda hendak berkata bahwa anda telah mengakui pemahaman Dhamma saya? :)

Quote
melainkan ucapan,perbuatan dan pikiran anda yang tampak mencari masalah dan konflik,bukankah kita lebih seneng hidup damai daripada dicela orang banyak?
Ini sutta yang dikirim oleh ayah saya,silakan dibaca dan direnungkan sesuai dengan pernyataan yang telah anda lontarkan diatas kepada saya,sehingga saya tidak perlu repot2 memjelaskan panjang lebar..Jika mungkin anda masih tidak puas,silakan quote kan dan tanyakan kepada saya..
Suttanipata 4.9

Magandiya Sutta

Translated from the Pali by Thanissaro Bhikkhu
Diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh Hudoyo Hupudio

[Magandiya menawarkan putrinya kepada Buddha; Sang Buddha menjawab:]

"Melihat [putri-putri Mara]
--Ketidakpuasan (Arati), Keinginan (Ta.nha) & Nafsu (Raga)--
sama sekali tidak ada keinginan terhadap seks.
Jadi, apakah yang kuinginkan dari [wanita] ini,
yang penuh dengan air kencing & kotoran?
Saya bahkan tidak mau menyentuhnya dengan kakiku."

Magandiya:
"Jika Anda tidak menghendaki
permata kaum wanita ini,
yang diinginkan oleh banyak raja dan manusia,
lalu apakah pandangan (di.t.thi), sila,
latihan, kehidupan,
pencapaian kehidupan yang akan datang,
yang Anda dalihkan?"

Sang Buddha:
" 'Saya berdalih begini',
tidak terpikir olehku
ketika merenungkan apa yang dilekati
dalam ajaran-ajaran.
Melihat apa yang tidak dilekati
dalam pandangan-pandangan,
dan menemukan kedamaian batin,
Aku melihat."

Magandiya:
"Sang Arif, Anda bicara
tanpa melekat
pada suatu penilaian yang sudah ada lebih dulu.
'Kedamaian batin' ini,
apakah artinya?
Bagaimana itu dinyatakan
oleh seorang tercerahkan?"

Sang Buddha:
"Ia tidak bicara tentang kemurnian
dalam kaitan dengan pandangan,
pembelajaran,
pengetahuan,
sila atau latihan.

Juga itu tidak ditemukan oleh orang
melalui tidak adanya pandangan,
pembelajaran,
pengetahuan,
sila atau latihan.

Melepaskan semua ini, tanpa melekat,
damai,
bebas,
ia tidak mendambakan kelahiran kembali."

Magandiya:
"Jika ia tidak bicara tentang kemurnian
dalam kaitan dengan pandangan,
pembelajaran,
pengetahuan,
sila atau latihan,

Juga itu tidak ditemukan oleh orang
melalui tidak adanya pandangan,
pembelajaran,
pengetahuan,
sila atau latihan,

Maka bagi saya tampaknya ajaran ini
membingungkan,
oleh karena sementara orang berpegang
pada kemurnian
dalam kaitan dan melalui suatu pandangan."

Sang Buddha:
"Mengajukan pertanyaan
dengan bergantung pada pandangan,
Anda bingung,
karena Anda melekat.
Oleh karena itu Anda tidak melihat
bahkan sedikit pun apa yang saya katakan.
Itulah sebabnya Anda berpikir
'Itu membingungkan'.

Barang siapa berpikir
'sama',
'lebih tinggi',
'lebih rendah',
dengan itu ia berdebat;
sedangkan bagi orang yang tak terpengaruh
oleh tiga hal ini,
'sama',
'lebih tinggi',
tidak muncul.

Tentang apa sang brahmana (orang suci) berkata
'benar' atau 'salah',
berdebat dengan siapa:
ia yang tidak lagi berpikir
'sama', 'tidak sama'.

Setelah meninggalkan rumah,
hidup bebas dari masyarakat,
orang arif (muni) itu
tidak mencari kawan
di desa-desa.

Bebas dari nafsu indra,
bebas dari pendambaan,
ia tidak akan berdebat dengan orang
memperebutkan kalah-menang.

Hal-hal duniawi
tidak dilekatinya lagi
ia mengembara di dunia:
Sang Maha Agung tidak akan mengambilnya
dan memperdebatkannya.

Seperti bunga teratai berduri
tidak ternoda oleh air & lumpur,
begitulah orang arif,
pendukung kedamaian,
tanpa keserakahan,
tidak ternoda oleh nafsu indra & dunia.

Sang pencapai kearifan tidak mengukur
tidak bangga
dengan pandangan-pandangan atau apa yang dipikirkan,
oleh karena ia tidak terbentuk dari itu.

Ia tidak didorong
oleh perbuatan, pembelajaran;
tidak menarik kesimpulan
dalam kotak-kotak perdebatan.

Bagi dia yang tidak tertarik pada persepsi
tidak ada lagi ikatan;
bagi dia yang bebas karena melihat,
tidak ada lagi penglihatan sesat.

Mereka yang melekat pada persepsi-persepsi &
pandangan-pandangan
di dunia ini berjalan dengan
selalu terantuk kepalanya."

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #127 on: 04 September 2008, 10:21:24 AM »
Walao pun lo gosipin aye ama bini aye biarin dah aye tambah satu nih :))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #128 on: 04 September 2008, 08:31:43 PM »
Tinggal satu riky kwek ini , cuekin aja kayak bebek. Kalo mo diskusi, diskusi yg bener jangan nuntut sana-sini. Kalo mau hak lakukan kewajiban dulu. Umurlu masih panjang, belajar yg banyak, jangan sampai kamu kehilangan pribadi mu yg baik, kalau tidak kamu kehilangan segalanya dan menyesal dikemudian hari .
Silakan bercermin kembali sebelum mengetik kalimat2 diatas...
Umur saya masih 17tahun dan saya yakin bahwa saya lebih mengerti daripada anda...
Asal suatu saat nanti anda jangan bersujud dihadapan saya dan bernamakara patta :))

Salam,
Riky
Tsk tsk tsk...
Saya melihat ada suatu "AKU" yang kental dan kehausan akan "penghormatan"
Itu adalah hak anda,yang melihat adalah anda,bukan saya...
_/\_

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #129 on: 04 September 2008, 08:57:59 PM »
Tinggal satu riky kwek ini , cuekin aja kayak bebek. Kalo mo diskusi, diskusi yg bener jangan nuntut sana-sini. Kalo mau hak lakukan kewajiban dulu. Umurlu masih panjang, belajar yg banyak, jangan sampai kamu kehilangan pribadi mu yg baik, kalau tidak kamu kehilangan segalanya dan menyesal dikemudian hari .
Silakan bercermin kembali sebelum mengetik kalimat2 diatas...
Umur saya masih 17tahun dan saya yakin bahwa saya lebih mengerti daripada anda...
Asal suatu saat nanti anda jangan bersujud dihadapan saya dan bernamakara patta :))

Salam,
Riky
Tsk tsk tsk...
Saya melihat ada suatu "AKU" yang kental dan kehausan akan "penghormatan"
Itu adalah hak anda,yang melihat adalah anda,bukan saya...
_/\_

Salam,
Riky
Yoi.. memang hak Kemenyan koq..
jadi jangan protes lagi yak..
jadilah dd yang baik :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #130 on: 04 September 2008, 09:01:40 PM »
Tinggal satu riky kwek ini , cuekin aja kayak bebek. Kalo mo diskusi, diskusi yg bener jangan nuntut sana-sini. Kalo mau hak lakukan kewajiban dulu. Umurlu masih panjang, belajar yg banyak, jangan sampai kamu kehilangan pribadi mu yg baik, kalau tidak kamu kehilangan segalanya dan menyesal dikemudian hari .
Silakan bercermin kembali sebelum mengetik kalimat2 diatas...
Umur saya masih 17tahun dan saya yakin bahwa saya lebih mengerti daripada anda...
Asal suatu saat nanti anda jangan bersujud dihadapan saya dan bernamakara patta :))

Salam,
Riky
Tsk tsk tsk...
Saya melihat ada suatu "AKU" yang kental dan kehausan akan "penghormatan"
Itu adalah hak anda,yang melihat adalah anda,bukan saya...
_/\_

Salam,
Riky
Yoi.. memang hak Kemenyan koq..
jadi jangan protes lagi yak..
jadilah dd yang baik :))


Saya heran melihat anda,anda berbicara tanpa arah.. :)
_/\_

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #131 on: 04 September 2008, 09:15:41 PM »
SEBUAH MOTTO DARI YASATI (jika boleh saya sebut begitu)

MINDFULNESS A DAY
KEEPS DUKKHA AWAY
Samma Vayama

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #132 on: 06 September 2008, 10:01:37 AM »
Please back to topic...
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #133 on: 06 September 2008, 11:34:20 AM »
BTW Sumedho nya gak pernah turun ke bumi nih kakakakak
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: KRITIK BUAT SUMEDHO
« Reply #134 on: 06 September 2008, 03:29:50 PM »
Harusnya Riky pake cara laen biar om medho berkenan hadir kesini :)) kek thread fakir GRP tuh :))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))