//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: AbhiDhamma Class  (Read 98132 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #120 on: 09 December 2008, 09:37:24 AM »
Quote
Seharusnya kalo kita memahami anatta itu maka kita harus bisa menerima apa adanya.

sis Lily,
Tapi ini bukan berarti pasrah kan? dalam arti kata ada usaha perbaikan...
misalnya: Buat orang miskin yang bercita-cita bangkit dari kemiskinannya...

Namo Buddhaya...  _/\_ ...

dear bro,

memang sering terjadi kesalah kaprahan dalam masyarakat umum.... bhw jika org tidak punya ambisi, seolah2 org itu pasrah, apatis dan tidak berguna

namun jika dilihat secara batin, yg dinamakan ambisi itu, biasanya berkorelasi dgn Lobha cetasika.
Bahwa AKU ingin menjadi begini dan begitu, jadi menambahkan berbagai "atribut" pada diri ini seperti kaya, cantik, tampan, terkenal, dll
Tapi bagaimana jika AKU tidak bisa menjadi begini dan begitu, misal tidak bisa jadi terkenal? karena ambisinya itu berdasar Lobha maka jika tidak tercapai, akan membuat kekecewaan (dosa mula citta)

Berbeda dengan cita2/tujuan yg berdasar pada cetasika Chanda dan sobhana cetasika.
Tujuan yg ingin dicapai adalah utk meningkatkan kualitas diri secara batin
Jika kualitas batin meningkat, misal dengan sering berdana, niscaya tampan/cantik, kaya, dll akan mengikutinya......

Ini sering kita lihat dalam hidup sehari2.... bnyk org yg mau jalan pintas, mau jadi kaya, tapi ga mau berdana
Atau ada juga yg mau berdana, tapi dengan harapan akan menjadi kaya

Pdhl jika memang qta yakin dgn hukum kamma, dengan banyak berdana, yakinlah bhw itu akan membawa buah yg baik juga pada diri sendiri.......

semoga bisa bermanfaat utk kita semua

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #121 on: 09 December 2008, 09:57:26 AM »
[at] Sesiung-Secie ahli abhidhamma = Saya masih pemula sekali , saya mau tanya ketika saya berada di dalam Kereta Ekonomi Jakarta-Bogor-Jakarta banyak sekali Pengemis yang saya temui di dalam Kereta tersebut. Ketika saya melihat mereka saya mencoba membuat Pikiran dan Perasaan saya Netral (Tidak Kasihan/Tidak juga senang). Apakah Tindakan saya Salah ?  Apakah Tindakan saya Egois?

Mohon Pencerahannya.... :)

 _/\_
Thanks & Best Regards
Gunawan S S

dear bro Gunawan,

senang melihat sesama RoKer (Rombongan Kereta)  ^-^

Krn setiap hari naek kereta, saya juga sering mengalami kondisi spt itu... dan sejujurnya aja bhw pada saat pengemis muncul maka yg muncul pertama adalah dosa mula citta (bhw saya ga mau melihat kondisi itu, bhw mereka itu kondisi fisiknya masih normal, bhw yg cacat itu ternyata ada yg jadi preman, dll)

itu realita kondisi batin saya pada saat itu......

jika ditanya apakah itu salah? itu tergantung bro.....
Tapi usaha anda utk menetralisir itu, kalau saya boleh komentar sih masih terus dilumuri Dosa
mirip ky org bervegetarian krn ga mau mendukung pembunuhan binatang... itu biasanya masih dilumuri Dosa yg halus...

memang itu kondisi yg sulit namun hendaknya kita bisa memulai menyadari hal itu sebagai fenomena akusala vipaka yg terjadi pada diri kita
dengan mulai menyadari, pelan2 kita akan mulai bisa merasakan bagaimana gejolak batin kita sehingga ke depannya, kita akan semakin "mahir" dalam mengelola batin terhadap fenomena2 yg timbul

semoga bisa bermanfaat utk kita semua  _/\_

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #122 on: 09 December 2008, 10:11:14 AM »
Wui,serem sekali forum abhidhhamma ini.Ilmunya dah pada sakti sakti. ^:)^

Ada referensi buku abhidhamma bahasa Indo ga???
 _/\_



Ada... Buku Abhidhammattasangaha ~ Pandit J. Kaharuddin

Coba baca link ini...http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=6485.0

Saya ada buku Buddhism in daily life jilid 1 (Karya Nina van Gorkom), kalo berminat bisa japri alamatnya ke saya.

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Gun@saro

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 111
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • Satisampajañña
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #123 on: 09 December 2008, 03:25:42 PM »
 [at] Bro Markos...
Pattanmumodana atas sharing yang sangat jujur dan bijak... Sungguh sulit utk bisa jujur dengan sikap bathin pribadi kita. Memang, yang tahu persis adalah yang bersangkutan; tinggal saja sewaspada apa bathin saat itu "mengamati" gejolaknya.

 [at] Bro Gunawan...
Kita semuan sama2 masih sedang dalam proses belajar. Walaupun saya tidak bilang bahwa saya disebut sebagai 'sesiung-secie ahli Abhidhamma' ~ tapi, sebaiknya kita gunakan sebutan standard saja. He3... karena nanti saya bisa sapa Sdr Gunawan dengan: Tasesiung Maha Ahli Abhidhamma...
Please just take it easy, Bro... OK?
Sukhi Hotu...

Gunasaro

Offline Gunawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
  • Siswa Berbaju Putih
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #124 on: 09 December 2008, 03:29:36 PM »
 [at] Bro Gunasaro = Oke lah..... ;D I Follow the Rules ..... 8)

Thanks A Lot Atas Penjelasan dari Bro Markos....

 _/\_
Thanks & Best Regards
Gunawan S S



Yo kho Vakkali dhamma? passati so ma? passati; yo ma? passati so dhamma? passati.
Dhammañhi, vakkali, passanto ma? passati; ma? passanto dhamma? passati"

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #125 on: 06 January 2009, 09:02:13 AM »
Pemberitahuan bahwa kelas Abhidhamma pertama di tahun 2009, akan dilaksanakan di Jl. Gunung Sahari 1 No. 39 pada tanggal 10 Januari 2009 Jam 10.30 - 12.00

semoga bs bermanfaat yah

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #126 on: 06 January 2009, 09:12:20 AM »
Apakah umat awam boleh langsung masuk ke mata pelajaran Abhidhamma yang disebut2 sebagai pengetahuan Dhamma yang rumit ?
Kapan umat dikatakan siap untuk mempelajari Abhidhamma ?
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #127 on: 06 January 2009, 10:30:25 AM »
Apakah umat awam boleh langsung masuk ke mata pelajaran Abhidhamma yang disebut2 sebagai pengetahuan Dhamma yang rumit ?

--> boleh... di kelas Abhidhamma itu malah ada yg beragama lain juga ikut lho. Yang di bahas di dalam kelas Abhidhamma bukan hanya materi Abhidhamma saja tapi juga ada sharing teman-teman tentang kehidupannya sehari-hari.

Kapan umat dikatakan siap untuk mempelajari Abhidhamma ?

--> Setiap saat kalo umat itu punya niat untuk belajar dan mempraktekkan Abhidhamma.
« Last Edit: 06 January 2009, 11:28:07 AM by markosprawira »
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #128 on: 06 January 2009, 10:32:18 AM »
Pemberitahuan bahwa kelas Abhidhamma pertama di tahun 2009, akan dilaksanakan di Jl. Gunung Sahari 1 No. 39 pada tanggal 10 Januari 2009 Jam 10.30 - 12.00

semoga bs bermanfaat yah

Bro Markos...

Yang Di VPDS cemana? Siapa yang bawa?

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #129 on: 06 January 2009, 11:22:06 AM »
 [at] ci Lily

kalo org berdana dengan diimingi vipaka baik apakah akan berpotensi membuat org menjadi lobha cetasika?

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #130 on: 06 January 2009, 11:30:15 AM »
Pemberitahuan bahwa kelas Abhidhamma pertama di tahun 2009, akan dilaksanakan di Jl. Gunung Sahari 1 No. 39 pada tanggal 10 Januari 2009 Jam 10.30 - 12.00

semoga bs bermanfaat yah

Bro Markos...

Yang Di VPDS cemana? Siapa yang bawa?

_/\_ :lotus:

sesuai pengumuman dari ci evy, nanti kelas akan dibawakan oleh Pak Dody.... beliau S2 dari india loh.......

sangat beruntung beliau berkenan mengisi kelas di VPDS karena sebenarnya beliau sangat sibuk

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #131 on: 06 January 2009, 11:33:24 AM »
Bro Markos...

Anumodana atas infonya..._/\_

:lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #132 on: 06 January 2009, 11:34:21 AM »
[at] ci Lily

kalo org berdana dengan diimingi vipaka baik apakah akan berpotensi membuat org menjadi lobha cetasika?

dear Reen,

saya coba jawab yah..

pada wkt org berdana, dengan ada pamrih, pada saat itu sebenarnya muncul lobha mula citta pada diri org yg bersangkutan..... jadi nanti vipaka dari berdana, akan sesuai dengan perbuatannya itu, yaitu "cacat" krn dicemari oleh akusala

sebenarnya perbuatan berdana, PASTI akan membuahkan kusala vipaka, jadi tanpa berharap pun, sebenarnya PASTI akan ada kusala vipakanya.

karena adanya lobha mula citta itu, pada waktu menerima vipaka nanti, biasanya org itu tidak merasakan bhw itu adalah buah dari berdananya.... kalau bhs awamnya adalah "tidak mensyukuri apa yg didapat".....

semoga bisa bermanfaat utk kita semua _/\_

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #133 on: 06 January 2009, 11:40:20 AM »
[at] ci Lily

kalo org berdana dengan diimingi vipaka baik apakah akan berpotensi membuat org menjadi lobha cetasika?

kalo org berdana dengan diimingi vipaka baik --> Ketika berpikiran seperti itu....Lobha cetasikanya udah ikut cittanya saat itu.

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #134 on: 06 January 2009, 11:43:01 AM »
Apakah umat awam boleh langsung masuk ke mata pelajaran Abhidhamma yang disebut2 sebagai pengetahuan Dhamma yang rumit ?

dear bro equator,

senang melihat pertanyaan anda  ;)

setiap org sangat boleh sekali belajar abhidhamma, bro.......

Abhidhamma bukan pelajaran tinggi dan aneh2 kok, itu sebenarnya adalah Dhamma/kebenaran mengenai hakekat sesungguhnya dari diri sendiri..... bagaimana org bisa mengenali dirinya sendiri yg sesungguhnya

Kapan umat dikatakan siap untuk mempelajari Abhidhamma ?

Pada saat dia bersedia utk jujur karena sesungguhnya dalam buddhism (ga cuma abhidhamma), modal utama utk maju adalah jujur

pada saat dia jujur, saat itu pula dia bisa merasakan bhw bnyk sila yg dilanggar sehingga ini berarti bnyk akusala kamma yg sudah diperbuat
jika sudah bnyk akusala, berarti tujuan akhir yaitu nibbana, sudah semakin jauh

setelah bisa jujur, barulah dia bisa melihat bagaimana kondisi batin dan fisiknya.

selama org tidak siap utk jujur maka selama itu pula, Buddhism tidak akan membawa manfaat utk dirinya karena dia justru akan mencari2 celah pembenaran utk setiap perbuatannya

semoga sedikit keterangan ini bisa bermanfaat yah  _/\_

 

anything