Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: AbhiDhamma Class  (Read 86747 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
AbhiDhamma Class
« on: 24 May 2008, 10:54:41 AM »
[at] atas
gitu banyak yak isine..-_-"

kalo gitu bahas yg basic dulu deh...yuk...ajarin...

Bro el sol yang baik...

Mendingan gini aje.... ;D
Bro el sol mulai dari anatta ( tiada diri ) dulu. Bro el sol kan udah tahu ttg anatta. nah...skrg kita masuk ke praktek....
contoh :
~ Jika ada org yg menghinamu ato menghina agamamu? gimana respon batin bro el sol? 
~ dan ketika bro el sol melihat cewek cantik...gimana respon batin bro el sol?

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #1 on: 24 May 2008, 11:18:01 AM »
Ci Lily, gw juga mau ikutan donk, ikutan ngjawab ya...

Quote
~ Jika ada org yg menghinamu ato menghina agamamu? gimana respon batin bro el sol?

mungkin saya pertamanya sedikit tersinggung, namun saya dalam hati akan berusaha tenang dan menjawab  pendapat2 mereka.
(karena kasus ini sudah pernah saya alami)

Quote
~ dan ketika bro el sol melihat cewek cantik...gimana respon batin bro el sol?

ini ada 2 versi, secara teori dan praktek:

teori: itu hanyalah "sesaat", karena pada dasarnya itu hanyalah wujud fisik yang akan musnah... lagipula (seperti kata Dr. Mon), apa yg disebut cewek itu cantik? Apa kulitnya? Rambutnya? Kalau kulitnya kita sobek dan dberikan kepada pria, apa pria masih mau? Pasti akan dibilang menjijikkan...

praktek: pasti sedikit2 curi2 pandang ;D

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #2 on: 24 May 2008, 11:38:25 AM »
klo ada yg menghina... gw respon knp menghina...

klo ada cw cantik... gw liatin wong cakep ;D


Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #3 on: 24 May 2008, 11:41:20 AM »
:)) :)) :))
Berarti itu bukan anatta dong? ;D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #4 on: 24 May 2008, 11:44:36 AM »
klo menghinanya uda lewat?? klo cw nya uda jalan???

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #5 on: 24 May 2008, 12:09:48 PM »
Kalo ada yg menghina sementara ini bisa nahan, kalo liat ce cantik tih yg gak bisa nahan :))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #6 on: 24 May 2008, 12:41:08 PM »
[at] atas
gitu banyak yak isine..-_-"

kalo gitu bahas yg basic dulu deh...yuk...ajarin...

Bro el sol yang baik...

Mendingan gini aje.... ;D
Bro el sol mulai dari anatta ( tiada diri ) dulu. Bro el sol kan udah tahu ttg anatta. nah...skrg kita masuk ke praktek....
contoh :
~ Jika ada org yg menghinamu ato menghina agamamu? gimana respon batin bro el sol? 
~ dan ketika bro el sol melihat cewek cantik...gimana respon batin bro el sol?

_/\_ :lotus:

Jgn bro el Sol aja donk...
gw jg mau...
Gw sama sekali belum pernah baca...
Mulai dr awal ya...
^^
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #7 on: 24 May 2008, 12:47:12 PM »

~ Jika ada org yg menghinamu ato menghina agamamu? gimana respon batin bro el sol? 
Um2..respon 1 may balik nanya dia,kenapa menghina agama yg saya anut..Kemudian respon ke 2 bacakan ttg bait dr Raja Asoka yg terkenal,"Menghina agama org lain berati sedang dlm proses penghancuran agamanya sendiri.(ini versi gw,dpt dr perkataan raja Asoka dipilarnya,lengkapnya cr sendiri ya ^^)" .Respon ke 3 nanya dia,"Apakah agama dia lebih baik,jika umatnya aja "menghina" agama org??"Respon ke 4 cuekin aja deh..."anjing menggongong kafilah berlalu"
Kl menghina gw:
1.Lht dolo dia menghina apa ttg gw...
2.Blg ke dia,"Jangan mencubit jk tdk mau dicubit"
3.Cuekin aja dan say thanks...

~ dan ketika bro melihat cewek cantik...gimana respon batin bro?
Waw...Curi2 pandang donk...Tp setelah baca yg diatas jd infil deh gw..
Diblg apakah cewek cantik itu??Dilihat dr rambut,kulit,dll.Jika kulit dicabut..
(jgn deh...Jd infil gw....)hahaa
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Sol Capoeira

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.746
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #8 on: 24 May 2008, 02:21:48 PM »
Quote from: Lily W
[at]
Bro el sol yang baik...

Mendingan gini aje.... ;D
Bro el sol mulai dari anatta ( tiada diri ) dulu. Bro el sol kan udah tahu ttg anatta. nah...skrg kita masuk ke praktek....
contoh :
~ Jika ada org yg menghinamu ato menghina agamamu? gimana respon batin bro el sol? 
~ dan ketika bro el sol melihat cewek cantik...gimana respon batin bro el sol?

_/\_ :lotus:



mulai dari anatta yak..ok...

1. batin gw bakal tersinggung..dan gw pengen orang itu agar mengerti bahwa bukan begitu agama/aliran gw..dan in the end..debat..

2. malu ah ditulis disini.... ;D  ;D

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #9 on: 25 May 2008, 12:43:04 PM »
At : atas...
Huahahaha
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.434
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #10 on: 25 May 2008, 05:16:34 PM »
1. Udah sering dihina, udah bosen.. Jadi biasa aja.. Malas melayani.. ^-^

2. Yang ini kejadian langka, aye ajak foto bersama dong.. Biar bisa lebih lama lihat fotonya.. :x :))

klo cw nya uda jalan???
[at]  Hendra: pake strategi dong, makanya difoto.. :P
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #11 on: 25 May 2008, 05:19:33 PM »
1. Udah sering dihina, udah bosen.. Jadi biasa aja.. Malas melayani.. ^-^

2. Yang ini kejadian langka, aye ajak foto bersama dong.. Biar bisa lebih lama lihat fotonya.. :x :))

klo cw nya uda jalan???
[at]  Hendra: pake strategi dong, makanya difoto.. :P
lex klo uda lewat, cw yg laen lewat lg :))

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #12 on: 26 May 2008, 02:30:20 PM »
Ci Lily, gw juga mau ikutan donk, ikutan ngjawab ya...

Quote
~ Jika ada org yg menghinamu ato menghina agamamu? gimana respon batin bro el sol?

mungkin saya pertamanya sedikit tersinggung, namun saya dalam hati akan berusaha tenang dan menjawab  pendapat2 mereka.
(karena kasus ini sudah pernah saya alami)

Sedikit tersinggung = dosa cetasika (akusala cetasika/faktor batin tidak bermanfaat)
Berusaha tenang = K/C passadhi cetasika ( faktor batin & kesadaran tenang termasuk sobhana cetasika/ faktor batin indah )

Quote
Quote
~ dan ketika bro el sol melihat cewek cantik...gimana respon batin bro el sol?

ini ada 2 versi, secara teori dan praktek:

teori: itu hanyalah "sesaat", karena pada dasarnya itu hanyalah wujud fisik yang akan musnah... lagipula (seperti kata Dr. Mon), apa yg disebut cewek itu cantik? Apa kulitnya? Rambutnya? Kalau kulitnya kita sobek dan dberikan kepada pria, apa pria masih mau? Pasti akan dibilang menjijikkan...
Bro Wei...
Anumodana telah menposting teori ini... _/\_

Dr. Mehm Tin mon menjelaskan anatta itu dengan perumpamaan cewek cantik itu. Perumpamaan itu bagus untuk jadi renungan kita.  Btw...setelah saya merenungkan itu...saya baru sadar...sebenarnya tubuh itu memang menjijikkan.

Quote
praktek: pasti sedikit2 curi2 pandang ;D

ini ada lobha cetasika (akusala cetasika / faktor batin tidak bermanfaat )
 

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #13 on: 26 May 2008, 02:34:53 PM »
klo ada yg menghina... gw respon knp menghina...

Dosa cetasika

Quote
klo ada cw cantik... gw liatin wong cakep ;D

lobha cetasika

_/\_ :lotus:

~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: AbhiDhamma Class
« Reply #14 on: 26 May 2008, 02:38:42 PM »
klo ada yg menghina... gw respon knp menghina...

Dosa cetasika

Quote
klo ada cw cantik... gw liatin wong cakep ;D

lobha cetasika

_/\_ :lotus:


setelah mengetahui istilah nya, kita harus ngapain ce?