Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Nikah Muda  (Read 15770 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 409
  • Reputasi: 33
  • Gender: Male
Re: Nikah Muda
« Reply #60 on: 05 November 2012, 10:29:46 AM »
Semua kan bisa diatur :)

Tukang becak ada yg punya anak 10, idup tuh semua.
Masak kita yg berpendidikan, punya kerja dengan gaji lumayan, idupin satu anak gak mampu??

Gak ada yg pasti om :) Bahkan sejam kedepan kita gak tau kita masih idup apa gak
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 409
  • Reputasi: 33
  • Gender: Male
Re: Nikah Muda
« Reply #61 on: 05 November 2012, 10:37:53 AM »
Pengalaman pribadi om, coz saya pernah alami masa2 itu dimana selalu gag bisa beli apa yang dibutuhkan apalagi yang dimauin, temen2 punya mainan baru misal saya boro2 punya, minta aja kagak berani ma ortu, kasihan, uangnya bisa buat yang lain...
Cuma be realistis and tidak mau mengulang keadaan yang sama seperti masa kecillah yang membuat saya punya prinsip sekeras ini...

Sama neng, masa kecil gua jg gak semanis teman-teman. Hanya bisa melihat saja temen-temen punya game console baru.
Uang jajan juga cuman seratus rupiah.

Tapi sebagai manusia yg sudah bisa dibilang lumayan tua umurnya, sudah melihat, mengamati kehidupan ini *gaya ya bahasanya... :)
Menikah cepat atau menikah telat, gak terlalu signifikan hubungannya dengan materi.
Seberapa kayanya kita nanti adalah soal usaha dan karma.

Sebenarnya prinsip gua bertolak belakang dengan saran gua di sini :)
Yang ada dalam bayangan gua adalah jika menikah, gua harus menjadi provider yang lebih dari cukup untuk keluarga.
Dan sekarang, gua masih belum merasa mampu menjadi provider yg lebih dari cukup utk keluarga kelak.
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline bangun _pw

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 673
  • Reputasi: 49
  • Gender: Male
  • ehm..
Re: Nikah Muda
« Reply #62 on: 05 November 2012, 10:51:42 AM »
wah rame nih brhubung saya pengin nikah
dan pasangan masih cukup muda
"semoga semua makhluk hidup berbahagia"

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #63 on: 05 November 2012, 10:52:48 AM »
kenapa di DC, banyak yg masa kecilnya sama spt gw ya  :'(

tapi sudahlah itu masa lalu  :)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Nikah Muda
« Reply #64 on: 05 November 2012, 11:04:06 AM »
Semua kan bisa diatur :)

Tukang becak ada yg punya anak 10, idup tuh semua.
Masak kita yg berpendidikan, punya kerja dengan gaji lumayan, idupin satu anak gak mampu??

Gak ada yg pasti om :) Bahkan sejam kedepan kita gak tau kita masih idup apa gak
statement ini menggelitik juga lho..
kadang lucu juga ya..
kalau kita lihat orang lain, ya contohlah tukang becak yang dicontohkan.. bisa hidup juga. memang..
hanya saja (SARA dikit) kayaknya standar hidup chinese tinggi juga.. dan itu sudah terdoktrin sejak kecil.. ;D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #65 on: 05 November 2012, 11:14:32 AM »
hanya saja (SARA dikit) kayaknya standar hidup chinese tinggi juga.. dan itu sudah terdoktrin sejak kecil.. ;D

setuju nih, kadang2 terlintas kenapa jadi chinese sih?
lahir mahal, nikah mahal, sampai matipun mahal
tapi sulit mendobrak tradisi yg sudah berurat-akar ini

(mahal->butuh duit banyak)

Offline bangun _pw

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 673
  • Reputasi: 49
  • Gender: Male
  • ehm..
Re: Nikah Muda
« Reply #66 on: 05 November 2012, 11:31:41 AM »
wah kalo saya biasa gk punya apa2
"semoga semua makhluk hidup berbahagia"

Offline juli wu

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 217
  • Reputasi: 23
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia,pintar,bikja
Re: Nikah Muda
« Reply #67 on: 05 November 2012, 12:02:56 PM »
setuju nih, kadang2 terlintas kenapa jadi chinese sih?
lahir mahal, nikah mahal, sampai matipun mahal
tapi sulit mendobrak tradisi yg sudah berurat-akar ini

(mahal->butuh duit banyak)

percaya dhe,mahalan orang batak,kadang uang angpau bisa balik modal tuk biaya resepsi loh<gue gitu loh :)

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #68 on: 05 November 2012, 12:23:03 PM »
percaya dhe,mahalan orang batak,kadang uang angpau bisa balik modal tuk biaya resepsi loh<gue gitu loh :)

memang benar, bisa jadi balik modal bahkan untung

cuma sediain modalnya ini yg terkadang jadi masalah
apalagi permintaan/tuntutan ortu/keluarga cukup tinggi

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.068
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #69 on: 05 November 2012, 02:41:35 PM »
Sama neng, masa kecil gua jg gak semanis teman-teman. Hanya bisa melihat saja temen-temen punya game console baru.
Uang jajan juga cuman seratus rupiah.

Tapi sebagai manusia yg sudah bisa dibilang lumayan tua umurnya, sudah melihat, mengamati kehidupan ini *gaya ya bahasanya... :)
Menikah cepat atau menikah telat, gak terlalu signifikan hubungannya dengan materi.
Seberapa kayanya kita nanti adalah soal usaha dan karma.

Sebenarnya prinsip gua bertolak belakang dengan saran gua di sini :)
Yang ada dalam bayangan gua adalah jika menikah, gua harus menjadi provider yang lebih dari cukup untuk keluarga.
Dan sekarang, gua masih belum merasa mampu menjadi provider yg lebih dari cukup utk keluarga kelak.

Makanya kadang lebih mudah ngomongnya daripada menjalaninya, makanya prinsip saya dimana haruslah cukup mapan untuk biayain minimal 1 anak dulu lah, biar nasib2 anak kita gag seperti ortunya... Masa kecil yang mau beli apa2 gag punya uang, baju seragam cuma 1 setel kadang minder juga ma temen2 kata mereka, baju seragam sd saya mirip kain penyaring tahu :'(, palagi kebanyakan temen saya di sd chinese yang berduit, jadinya jangan tanya temen saya waktu SD pasti saya gag bisa jawab...
Walau cewe saya punya prinsip harus tetep bisa bantu suami cari duit tapi tetep bisa urus anak juga makanya pilih profesi ini sebagai kerja masa depan...
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Nikah Muda
« Reply #70 on: 05 November 2012, 02:52:10 PM »
Makanya kadang lebih mudah ngomongnya daripada menjalaninya, makanya prinsip saya dimana haruslah cukup mapan untuk biayain minimal 1 anak dulu lah, biar nasib2 anak kita gag seperti ortunya... Masa kecil yang mau beli apa2 gag punya uang, baju seragam cuma 1 setel kadang minder juga ma temen2 kata mereka, baju seragam sd saya mirip kain penyaring tahu :'(, palagi kebanyakan temen saya di sd chinese yang berduit, jadinya jangan tanya temen saya waktu SD pasti saya gag bisa jawab...
Walau cewe saya punya prinsip harus tetep bisa bantu suami cari duit tapi tetep bisa urus anak juga makanya pilih profesi ini sebagai kerja masa depan...

Plus plus nih.

Memang sebaiknya cewek berpikir seperti ini untuk antisipasi :
-  Suami selingkuh --> cerai
-  Suami meninggal mendadak, masih bisa membesarkan anak.

Karena kita tidak bisa meramalkan apa yang akan terjadi di masa y.a.d.
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline juanpedro

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 949
  • Reputasi: 48
  • Gender: Male
Re: Nikah Muda
« Reply #71 on: 06 November 2012, 10:10:10 AM »
well... semakin dipikir dan ditimbang semakin bimbang ya :))
anyway makasih buat input2 dari temen-temen. saya jadi lebih tahu hal-hal yang masih harus diperhitungkan dalam membuat keputusan. tapi memang saya akui takaran dalam mengambil keputusan banyak dipengaruhi oleh apa yang dilihat dan sara juga... 

oh ya sebagai pertanyaan terakhir,
bagaimanakah teman-teman memandang pernikahan? sebagai proses alami seperti kelahiran dan kematian atau sekedar pelengkap hidup?

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #72 on: 06 November 2012, 04:38:11 PM »
well... semakin dipikir dan ditimbang semakin bimbang ya :))
anyway makasih buat input2 dari temen-temen. saya jadi lebih tahu hal-hal yang masih harus diperhitungkan dalam membuat keputusan. tapi memang saya akui takaran dalam mengambil keputusan banyak dipengaruhi oleh apa yang dilihat dan sara juga... 

oh ya sebagai pertanyaan terakhir,
bagaimanakah teman-teman memandang pernikahan? sebagai proses alami seperti kelahiran dan kematian atau sekedar pelengkap hidup?

IMO, pernikahan adalah pilihan hidup berdasarkan keputusan pribadi, namun faktor2 eksternal juga mempengaruhi pengambilan keputusan.
Kadang2 faktor eksternal begitu kuat menekan, seolah-olah menghamparkan seseorang kpd keputusan tertentu.
Misal: ortu yg sangat keras kepala mewajibkan anaknya menikah, kalau tdk mau dianggap anak durhaka. Kemungkinan besar si anak menuruti kemauan ortunya walaupun secara pribadi dia tdk ingin menikah.

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #73 on: 06 November 2012, 09:44:23 PM »
IMO, pernikahan adalah pilihan hidup berdasarkan keputusan pribadi, namun faktor2 eksternal juga mempengaruhi pengambilan keputusan.
Kadang2 faktor eksternal begitu kuat menekan, seolah-olah menghamparkan seseorang kpd keputusan tertentu.
Misal: ortu yg sangat keras kepala mewajibkan anaknya menikah, kalau tdk mau dianggap anak durhaka. Kemungkinan besar si anak menuruti kemauan ortunya walaupun secara pribadi dia tdk ingin menikah.

setuju2..setelah apa yg gw alami.. bs menghubungkan dan bs mengerti apa yg bro siswahardy katakan ini..
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #74 on: 06 November 2012, 09:58:38 PM »
setuju2..setelah apa yg gw alami.. bs menghubungkan dan bs mengerti apa yg bro siswahardy katakan ini..

Maaf ya sis, sebenarnya ngak bermaksud mengkait-kaitkan dgn apa yg sis alami.   _/\_