Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Nikah Muda  (Read 14727 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Nikah Muda
« Reply #15 on: 03 November 2012, 10:28:34 AM »
Sebaiknya nikah itu tidak ditargetkan kapan. Kalau memang ketemu cocok, kondisi bagus, yah nikahlah walaupun masih muda, tapi sebaiknya minimal setelah mapan secara materi dan siap secara bathin.

Kalau memang belum ketemu yang cocok, belum siap, untuk apa dipaksa-paksa? Hanya menyusahkan diri saja akhirnya.

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 407
  • Reputasi: 32
  • Gender: Male
Re: Nikah Muda
« Reply #16 on: 03 November 2012, 10:34:31 AM »
tergantung kondisinya sih, setiap orang pasti berbeda. ;D
kalo memang sudah punya pasangan, udah matang dalam finansial, mentalnya juga udah siap, kedua keluarga udah setuju,  dan yakin tidak ingin menjadi bhikkhu(i), yah tunggu apa lagi? :D

Jarang ya org umur 18-23 matang dalam hal financial, kecuali anak org kaya raya.

Mungkin yg penting bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dulu
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 407
  • Reputasi: 32
  • Gender: Male
Re: Nikah Muda
« Reply #17 on: 03 November 2012, 10:37:12 AM »
Sebaiknya nikah itu tidak ditargetkan kapan. Kalau memang ketemu cocok, kondisi bagus, yah nikahlah walaupun masih muda, tapi sebaiknya minimal setelah mapan secara materi dan siap secara bathin.

Kalau memang belum ketemu yang cocok, belum siap, untuk apa dipaksa-paksa? Hanya menyusahkan diri saja akhirnya.

Setuju ama si bro :)

Yang paling penting itu, apakah kedua belah pihak co dan ce nya sudah siap secara mental dan pikiran untuk menikah?

Niat dan kesiapan mental KEDUA pasangan itu yang paling penting. Masalah materi bisa nomer dua.
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Nikah Muda
« Reply #18 on: 03 November 2012, 11:11:57 AM »
Jarang ya org umur 18-23 matang dalam hal financial, kecuali anak org kaya raya.

Mungkin yg penting bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dulu
yah itu makanya tergantung kondisi.
dan standar matang bagi setiap orang bisa jadi berbeda om. :)
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #19 on: 03 November 2012, 11:20:48 AM »
jadi nikah muda atau ga muda itu tergantung karma?

brarti dalam karma dikenal jodoh jg?
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Nikah Muda
« Reply #20 on: 03 November 2012, 11:46:57 AM »
jadi nikah muda atau ga muda itu tergantung karma?

brarti dalam karma dikenal jodoh jg?

Menikah atas keputusan sdr atau terpaksa?

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #21 on: 03 November 2012, 11:51:26 AM »
Menikah atas keputusan sdr atau terpaksa?

dua2nya, sis..

klo jodoh brarti dua org itu bs nikah terlepas dr keinginan sdr ataupun dipaksakan, bukan?

correct me if i am wrong.
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #22 on: 03 November 2012, 12:01:41 PM »
Kok jupe bkn cumi?  ???

Menurutku nikah muda tar anaknya bs cpt dewasa jd lbh santai dihr tua kl anak da bs cr kerja sdr....
Tp nikah tua bgs jg jd populasi penduduk dunia ga cepat padat tar sumber makanan n sda jd abis hehe....

Ya salah tulis, maklum pake hape jadi agak2 rabun jauh... Tanggal muda sih....
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #23 on: 03 November 2012, 12:04:59 PM »
kalo masalah anak yah, gw jg ga bayangin temen2 gw yg pas gw masih pertama masuk SMA udah pada punya anak ::)
gw aja yg dulu pulang sekolah pasti di rumah cc sepupu gw yg barusan punya anak aja pusingnya minta ampun..
gw kan tidurnya seranjang sama anaknya yg masih umur beberapa hari, bentar2 nangis-diem-nangis lagi gitu berulang2.. gw yg cuman denger aja pusing apalagi mamanya yang ngerawat tiap hari ::)

jadi IMHO, nikah dan punya anak di usia muda itu kalo masih belum kuat pondasi mental dan kedewasaannya bisa stres lama2 ::)
Ya palagi blom siap mental, cewe anaknya bisa gag keurus, cowo sih nikah muda gag ngurusin anak, klau cewe, mesti masak, ngrawat anak, nyusuin, masih harus ngrawat suami, ngrawat diri and kalau kerja otomatis harus manajemen waktu buat kerja ma keluarga, ribetlah, klo blom siap mending jangan dulu, ntar buntutnya ortu lagi yang disusahin... ^:)^ ^:)^ ^:)^
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Nikah Muda
« Reply #24 on: 03 November 2012, 12:13:50 PM »
dua2nya, sis..

klo jodoh brarti dua org itu bs nikah terlepas dr keinginan sdr ataupun dipaksakan, bukan?

correct me if i am wrong.

Karma/kamma artinya perbuatan  lwt pikiran, tubuh, ucapan yg disertai kehendak.

Offline neutral

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.510
  • Reputasi: 89
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #25 on: 03 November 2012, 12:18:13 PM »
Karma/kamma artinya perbuatan  lwt pikiran, tubuh, ucapan yg disertai kehendak.

pikiran (krn dipaksakan) ga mau, tapi perbuatan (menikah) terjadi..bagaimana itu?

terpaksa menikah krn udah jalan idup?
Be it one day or a hundred day..Say good bye..it's hearbeat..no one ever prepared

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #26 on: 03 November 2012, 12:23:42 PM »
Ya palagi blom siap mental, cewe anaknya bisa gag keurus, cowo sih nikah muda gag ngurusin anak, klau cewe, mesti masak, ngrawat anak, nyusuin, masih harus ngrawat suami, ngrawat diri and kalau kerja otomatis harus manajemen waktu buat kerja ma keluarga, ribetlah, klo blom siap mending jangan dulu, ntar buntutnya ortu lagi yang disusahin... ^:)^ ^:)^ ^:)^

zaman sekarang banyak juga cowok yg ngurusin anak, malahan istrinya enak-enakan shoping

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #27 on: 03 November 2012, 12:26:01 PM »
zaman sekarang banyak juga cowok yg ngurusin anak, malahan istrinya enak-enakan shoping

Wah enak tuh, dimana yah nemu cowo kayak gitu, bisa daftar saya jadi istrinya hehehehe :)) :))
Sayangnya keluarga saya masih kebalik....
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #28 on: 03 November 2012, 12:28:04 PM »
Wah enak tuh, dimana yah nemu cowo kayak gitu, bisa daftar saya jadi istrinya hehehehe :)) :))
Sayangnya keluarga saya masih kebalik....

sayang, udah jadi laki orang...  :))

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Nikah Muda
« Reply #29 on: 03 November 2012, 12:32:39 PM »
sayang, udah jadi laki orang...  :))
Owow... Bro siswahardy curhat toh nih :)) :whistle: :whistle:
Di keluArga saya seorang ibu yang bertanggung jawab pada perkembangan anaknya, papa hanya cari uang buat penuhin kebutuhan keluarganya, dan bisa juga istri juga cari uang untuk bantu suaminya.... :whistle: :))
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.