Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Curhat Kamu  (Read 285464 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Curhat Kamu
« Reply #135 on: 15 April 2009, 07:44:14 PM »
hhhmmmm , gimana yach caranya biar kita ngak benci sama seseorang ?

Katanya benci sama cinta itu juga bedanya sangat tipis...
maksudnya org yg kita paling bencipun bisa saja suatu saat malah menjadi orang yg kita cintain (kejar)... <begitu juga sebaliknya...>

Apakah sis bener2 benci padanya? jangan2 karna ngak dapet trus jadi benci begitu lho!

teman gw ini cewek bro , gw masih normal . :D
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Curhat Kamu
« Reply #136 on: 15 April 2009, 07:45:23 PM »
sepertinya pernah denger keluh kesah yg kek gini neh...

lupa :hammer: di thread mana ya :-?
ya.. gw juga feeling sama.. btw.. sis vathena.. masih teman yang dulu dicurhatin ya ?
kalau gak salah.. sis vathena pernah curhat case yang sama ?


yup bro forte . . .
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Curhat Kamu
« Reply #137 on: 15 April 2009, 07:50:00 PM »
vathena...mang sebenernya ada apa sehingga bisa benci bgt ama temenya??? bener c kata temen2 disini jauhi aja temen itu usahain c gak ketemu tapi kalo gak bisa yah udah usahain gak deket2 ama dia.. aku dulu juga pernah benci ama temenku.. gak bisa di usahain gak ketemu karena sekelas ya udah tak jauhin aj tapi setelah beda kelas n ketemu lagi tiba2 rasa bencinya udah ilang...yang enting c kita jangan menyimpan atau mengingat2 rasa benci itu...lama2 juga dah ga benci lagi loh...

hatred kalo gak suka juga jangan dicuekin, berteman seperti biasa aja tapi jaga jarak..jagan telelu deket juga

sangat susah lhor menghilangkan perasaan benci , T_T . sudah banyak sekali hal yang membuat gw benci sama dia , sehingga bertumpuk menjadi suatu kebencian yang besar . 
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Curhat Kamu
« Reply #138 on: 16 April 2009, 01:48:37 AM »
kalo dari bukuna brian weisz, tiket utama menganut (dan terperangkap) dalam suatu kepercayaan atau menjadi teman/ keluarga seseorang adalah dengan cara MEMBENCI orang/ keyakinan tersebut.
so, are you sure you want to continue this cycle again and again?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Curhat Kamu
« Reply #139 on: 16 April 2009, 08:03:17 AM »
vathena...mang sebenernya ada apa sehingga bisa benci bgt ama temenya??? bener c kata temen2 disini jauhi aja temen itu usahain c gak ketemu tapi kalo gak bisa yah udah usahain gak deket2 ama dia.. aku dulu juga pernah benci ama temenku.. gak bisa di usahain gak ketemu karena sekelas ya udah tak jauhin aj tapi setelah beda kelas n ketemu lagi tiba2 rasa bencinya udah ilang...yang enting c kita jangan menyimpan atau mengingat2 rasa benci itu...lama2 juga dah ga benci lagi loh...

hatred kalo gak suka juga jangan dicuekin, berteman seperti biasa aja tapi jaga jarak..jagan telelu deket juga

sangat susah lhor menghilangkan perasaan benci , T_T . sudah banyak sekali hal yang membuat gw benci sama dia , sehingga bertumpuk menjadi suatu kebencian yang besar . 
saya sedikit share ya..
secara pribadi, saya bisa cukup mengerti walau belum tentu 100 % memahami..
memang jika ditinjau dari segi teori.. memang gampang jika dibilang..

orang selalu bilang kepada saya.. loe gak bisa melepas hed.. lepaskanlah kebencian itu..
u kan buddhist.. buat apa membenci.. blablabla..
tapi itu hanya sekedar teori, prakteknya kita sendiri yang harus berusaha.. dan prakteknya sangat susah menurut saya (dan saya rasa semua melankolis akan mengatakan sangat susah.. )

Tapi walau susah.. tips yang biasa gw pake sebagai seorang melankolis adalah dengan me-replace pikiran membenci tadi dengan hal2 yang lain secara kontinue agar bertahan lama..

Kenapa harus secara kontinue, karena dari sisi melankolis itu kelebihannya adalah otaknya merupakan pengingat terbaik..  :jempol: kekurangannya, otaknya gak bisa memilih hal apa yang harus diingat.. dan hal apa yang harus dilupakan.. jadinya terus mengingat2 hal2 yang negatif juga.. :no:

1. penuhi pikiran dengan sugesti.. 
gw selalu ingat kata ce Lily (thanks ce.. :jempol: )
objek itu netral..
objek itu netral..

2. ketika pikiran membenci muncul alihkan..
bisa menggunakan alunan musik (saya sangat cocok dengan musik.. dan di kala membenci mulai mencuat.. saya puterin lagu imee ooi di ipod.. dan biarkan otak dipenuhi dengan alunan musik dan kadang ikut menyanyi sendiri (dalam hati) agar membantu sugesti dalam replace pikiran
 
kadang kala menggunakan praktek metta cukup manjur buat gw.. kalau misal keingat hal2 yang membuat gw benci.. ketika pikiranku mulai "bertualang" ke mana2.. (resiko orang melankolis yak yang suka keperangkap dan keingat masa lalu ^^)
"semoga si anu berbahagia"
ulangi sampai perasaan benci / kesal itu menjadi samar..
 
3. sadari apa efek buruk dari membenci..
dan IMO, hal ini juga bisa dijadikan suatu pelajaran bagi kita semua, bagaimana bahayanya membuat seseorang jadi membenci kita, perasaan benci yang bertumpuk2, bisa menjadi bom waktu dan meledak kapan saja kalau tidak dikontrol oleh yang membenci.. makanya yang perlu diperhatikan adalah upaya mengontrol dendam, karena IMO benci adalah pangkal dendam, dan dendam bisa jadi merupakan pangkal kejahatan..

4. sadari bahwa ini karma buruk yang berbuah..
memang kedengaran konyol.. namun ini cukup menghibur diri..

5. sadari bahwa banyak hal yang perlu dipikirkan..
bisa dilakukan dengan mengingat banyak orang yang perlu kita sayangi.. seperti ingat ortu.. ingat sahabat karib.. ingat pacar.. (kalau belum ada carilah 1 :)) hatred lagi lowong tuh.. **joke)
terus sah2 saja jika mengenang kejadian lucu dari film, atau dari kisah nyata kehidupan sehari (gunakan sisi pengingat) seperti keponakan yang lucu n konyol.. dll

6. Ini yang paling penting.. ANDA BERHARGA.. DAN ANDA TIDAK LEMAH..
Memang sulit melepas.. tapi itu tidak berarti Anda bodoh.. dan Anda lemah.. hargailah diri Anda..
Saya kadang menggunakan teknik logika ini untuk menghibur diri dengan berpikir positif (walau agak konyol)
- Mengingat hal2 yang buruk adalah membuktikan bahwa hedi orang yang cerdas (PD mode on)   
- Kecerdasanku sangat berharga untuk digunakan..
- Karena berharga.. makanya aku harus berusaha menetralkan kebencian, karena kecerdasanku menjadi tidak berharga jika digunakan untuk hal2 yang tidak bermanfaat
- Kadang saya selingi dengan sedikit joke dalam berpikir positif.. : Daftar nama obat beserta rumus kimia, indikasi, dll terlalu banyak untuk dihafal, dan butuh space hardisk yang gede, maka harus klik "empty recycle bin untuk buang pikiran membenci"

menurut saya seh, gak ada yang bisa membantu kita, kecuali kita sendiri yang mau berusaha melepas kebencian itu..

Semoga bermanfaat yak.. :jempol: :jempol: :jempol:
Sori agak panjang :P
« Last Edit: 16 April 2009, 08:18:18 AM by Forte »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Curhat Kamu
« Reply #140 on: 16 April 2009, 08:52:20 AM »
kenapa selalu ada nama i ya :-w

 [at] vathena

keknya mesti diganti deh... keterangan photonya.....



btw...... untuk masalah membenci.....cuma untuk mengingatkan.....

kalau kita benci sama seseorang... jangan benci orang nya... tapi perilakunya..... karena yg salah itu perilaku orang tersebut..... bukan orangnya......

teruss.. lanjut ke curhat i....

kalo misalna kan gini.... biasanya kan orang kalo suka ma orang laen tuh... ada pdkt dulu kan..:D
nah....... tentu saja pdktnya ini keliatan banget....... contoh tau2 dia baek sama kita.... trus.... suka perhatian.... kadang2 sms-an.........

nah........ kalo gitu kan.... kita jadi serba salah kan..... walau ketauhan dari sikapnya kalau dia sepertinya suka ma kita..... namun kan gak pasti juga... soalnya dia belum menyatakan langsung......

selama proses dia pdkt itu... sampe dia menyatakan kan biasanya cukup lama..... dan kita juga gak enak...... kalau diujung2nya pasti mengecewakan dia........

makanya i suka cuekin...... dan sepertinya..... dia jadi suka sebel kaleee ya sama i.......

padahal kan i cuekin dia... biar gak "selalu" memberi "harapan kosong" ke dia...
« Last Edit: 16 April 2009, 08:56:35 AM by hatRed »
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Curhat Kamu
« Reply #141 on: 16 April 2009, 09:01:50 AM »
saya punya teman2 yg 'menusuk saya dari belakang'
dari pas tamat SMA sudah gk mau liat muka dia lagi,tapi keadaan berkata lain...karena kami 1 kota dan dia jg masih berteman dengan teman2 saya yg ada disini jg...
jadi klo temen2 ada yg jalan bareng,klo ada itu 'org' gw kaga mau ikut jalan...tapi dianya sih santai2 aja,karena gk tau malu sih,gk merasa bersalah (ini yg paling gw salut dari sifatnya)

klo yg seharusnya dia yg minta maaf sama saya kan..?
tapi gk pernah dilakuin (muka tembok sih,gk merasa bahwa dia yg bersalah)
jadi saya mau ambil inisyatif untuk memulai berdamai duluan (walaupun saya di pihak yg dirugikan)
tapi lagi2 rencana,pas ingin melaksanakannya jadi males lg...liat mukanya aja udah males bgt...

gimana menurut temen2 DC?

[at] Hendi Wijaya

Coba deh u kembangkan diri u sampai lebih baik lagi; misalnya punya karir yang baik, punya komunitas yang keren, punya prestasi di suatu bidang... dll. Kemungkinan besar teman u itu yang akan 'meminta maaf' pada u. Maksudnya?? Ya... mungkin sekali dia ingin mengeruk keuntungan dari u lagi... So selanjutnya berhati-hatilah... ;D

hmmm...sepertinya bener jg bro upasaka...memank tipe orgnya begono sih dia...
maksudnya apa menambah karma buruk lg gk gw klo gk mau baikan sama dia?

Masalahnya bukan gak mau baikan lagi sama dia...
Tapi apakah u memelihara kebencian di dalam hati pada dia...
Kalau u memelihara kebencian, maka itu merupakan kamma buruk. ;)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Curhat Kamu
« Reply #142 on: 16 April 2009, 09:06:56 AM »
kenapa selalu ada nama i ya :-w

 [at] vathena

keknya mesti diganti deh... keterangan photonya.....



canda aja lar.. kan udah ketulis joke bro.. biar gak stress.. :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline lykim176

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 236
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: Curhat Kamu
« Reply #143 on: 16 April 2009, 09:16:42 AM »
sangat susah lhor menghilangkan perasaan benci , T_T . sudah banyak sekali hal yang membuat gw benci sama dia , sehingga bertumpuk menjadi suatu kebencian yang besar . 
mau gimana lagi makin ditolak dirimu makin menderita.
sebenarnya kalau kamu menyadari anicca, dukkha atau anatta sudah pasti tidak akan menderita kalau dekat orang tersebut.
jadikan aja dia sarana latihan, latihan menyadari tilakkhana, dan latihan mengikis lobha dosa dan moha. Jarang2 loh ada objek latihan langsung macam begini.
jadikan semua ceramah dan teori yg pernah kamu dengar dan pelajari sebagai panduan untuk objek latihan yang satu ini.
Dunia tidak runtuh dari langit

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Curhat Kamu
« Reply #144 on: 16 April 2009, 03:52:36 PM »
 [at] Forte
trims bro for2 :D , akan saya praktekan _/\_
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Curhat Kamu
« Reply #145 on: 16 April 2009, 03:54:41 PM »
^
^
u r welcome.. :D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Hendi Wijaya

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 452
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Curhat Kamu
« Reply #146 on: 16 April 2009, 04:02:06 PM »
sangat susah lhor menghilangkan perasaan benci , T_T . sudah banyak sekali hal yang membuat gw benci sama dia , sehingga bertumpuk menjadi suatu kebencian yang besar . 

kasusnya keknya sama d sm gw ::)
"Persiapan terbaik untuk hari esok adalah dengan menyelesaikan pekerjaan hari ini dengan baik"

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Curhat Kamu
« Reply #147 on: 16 April 2009, 04:06:56 PM »
kenapa selalu ada nama i ya :-w

 [at] vathena

keknya mesti diganti deh... keterangan photonya.....



btw...... untuk masalah membenci.....cuma untuk mengingatkan.....

kalau kita benci sama seseorang... jangan benci orang nya... tapi perilakunya..... karena yg salah itu perilaku orang tersebut..... bukan orangnya......

teruss.. lanjut ke curhat i....

kalo misalna kan gini.... biasanya kan orang kalo suka ma orang laen tuh... ada pdkt dulu kan..:D
nah....... tentu saja pdktnya ini keliatan banget....... contoh tau2 dia baek sama kita.... trus.... suka perhatian.... kadang2 sms-an.........

nah........ kalo gitu kan.... kita jadi serba salah kan..... walau ketauhan dari sikapnya kalau dia sepertinya suka ma kita..... namun kan gak pasti juga... soalnya dia belum menyatakan langsung......

selama proses dia pdkt itu... sampe dia menyatakan kan biasanya cukup lama..... dan kita juga gak enak...... kalau diujung2nya pasti mengecewakan dia........

makanya i suka cuekin...... dan sepertinya..... dia jadi suka sebel kaleee ya sama i.......

padahal kan i cuekin dia... biar gak "selalu" memberi "harapan kosong" ke dia...

WKWKWKKWKWKWKWKKKK =))).  Hat Red jadi Artis DC Euy :P

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Curhat Kamu
« Reply #148 on: 16 April 2009, 04:11:45 PM »
hhmmm , gimana yach mengetahui kepribadian kita ? ada ngak online testnya ?
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Curhat Kamu
« Reply #149 on: 16 April 2009, 07:25:23 PM »
Pat-pat...
Lagi syebel banget yah sama temenmu? Ah, gw juga pernah ngalamin hal yang sama. Kasusnya malah lebih parah. Ada (mantan) temen yang tiba2 membenci w...padahal seingat w, w ga melakukan apa pun yang menyakiti hatinya. Sumpah!
Seingat w, satu2nya perbedaan yang w dan dia punya hanyalah w ga bisa ikutin gaya konsumerismenya dia yang tiap minggu nyalon, naik mobil ke sekolah, dan sering banget ke mal. Parahnya lagi, dia berhasil mengkampanye temen2 baik w yang lain (yg udah kenal sejak sd) untuk ikutan membenci w, cuekkin w
duh..kalo teringat masa2 itu...sedih banget! Sebel banget! Mana mesti ketemuan sama dia tiap hari, dicuekkin sama temen2 segenk tiap hari, dan segala yang jelek2 ada pada w...hiks
tapi, dari situ w punya temen baru. Yang nggak ikutan membenci w malah mau terima w apa adanya. And, the story continues...sekarang udah lebih dari 12 tahun berlalu, temen baru w malah masih setia menjadi kalyana mitta.
Sedangkan si jutek dkk sudah hilang dari bumi (maksudnya dari pergaulan w)..untunglah, habis gelap terbit terang. Kalo dulu w ga dimusuhi oleh si jutek dkk, w malah jadi kopian si jutek, ikutan jutek, belagu, dll. Kalo dulu ga dimusuhin si jutek, rasanya nggak mungkin w bisa berteman sama temen w yang syuperr duper baik.
Jadi, pat2 sayang, coba ambil hikmah dari kejadian yang kamu hadapi. Kalau saat ini sptnya ga ada hikmah apa2, time will tell...
Kalau kamu ada di pihak yang pertama membenci, kamu juga mesti di pihak yng pertama memaafkan. Kalo ga sanggup, ngilang aja dari lingkungan pergaulan dia (kalo bisa)...
Memang syusah banget sih ilangin kebencian, tapi setelah puluhan tahun berlalu, pasti kadar kebencian kamu bisa mulai terkikis...
Omong2 soal kepribadian test, teori kepribadian itu ada macem2...ada teori awal yang mengatakan kalau kepribadian ssorang itu berdasarkan cairan tubuhnya. Dari sini muncul istilah sanguinis, melankolis, dsb.
Ada teori lain kepribadian yang berdasarkan needs (kebutuhan). Ini pun terdiri dari macam2 teori. Ada lagi pendapat yang bilang kalo kepribadian berdasarkan genetik vs herediter. Ada yang mengatakan kalau kepribadian itu terbentuk saat pola asuh.  ada lagi pendapat kungkung freud yang bilang kepribadian berdasarkan tahapan psikoseksual saat kanak2, sehingga terbentuk sampai sekarang.  misal kalo bayi tidak terpenuhi kepuasan oralnya (isap susu ibu, isap tangan) akan berakibat orang tersebut jadi perokok, hobi makan, dsb utk memuaskan kepuasan oral yang tidak didapatkannya semasa bayi.
Nah, pat2 sayang, balik lagi ke pertanyaan tes kepribadian online, apa ada? Jawabannya nggak bakalan ada. Kecuali kalo tes iseng2an kayak kuis di majalah. ...
Life is beautiful, let's rock and roll..