Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kesehatan Gigi  (Read 75357 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #90 on: 27 February 2011, 10:05:45 AM »
Wahh kita senasib nih, ada gusi saya juga mulai turun
Kenapa bisa begitu yah ?
Ayo dong cepat dijawab .. mana nih dokter giginya ?
 :-t plissz.. plissz.. plissz...

Bro and sis, setahu saya, gusi turun umumnya disebabkan  cara menggosok gigi yang kurang tepat, sehingga gusi semakin lama semakin turun.
« Last Edit: 27 February 2011, 10:29:53 AM by fabian c »
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #91 on: 27 February 2011, 10:20:03 AM »
Mau tanya, aku punya gigi bungsu yg miring uda di panoramik... Tp tidak sakit, hrskah operasi? Tkt n mahal... ‎​‎​O(╥﹏╥)o

Pilihan terbaik dari segi estetika adalah crowning atau kawat (braces) bila memungkinkan, daripada cabut atau tambal.
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #92 on: 27 February 2011, 10:50:20 AM »
 [at] fabian
Tp tumbuhnya didalam gusi, jg ga keliatan diluar... Kayanya di crown/kawat ga ngaruh deh.. Cm takut infeksi aja krn ga kena wkt gosok gigi...

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #93 on: 27 February 2011, 10:57:29 AM »
[at] fabian
Tp tumbuhnya didalam gusi, jg ga keliatan diluar... Kayanya di crown/kawat ga ngaruh deh.. Cm takut infeksi aja krn ga kena wkt gosok gigi...

Kalau tumbuh dalam gusi memang biasanya di operasi buka gusi supaya keluar, atau cabut bila terpaksa. Dokter biasanya lebih mengerti sis....
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Yumi

  • Sebelumnya snailLcy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.353
  • Reputasi: 123
  • Gender: Female
  • Good morning, Sunshine..
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #94 on: 27 February 2011, 01:17:31 PM »
saran dokter gigiku, kalo gigi bungsu masih sembunyi dlm gusi, coba kunyahnya sering2 pake gigi bagian itu, lama2 gusi pembungkusnya terbuka n giginya bisa tumbuh keluar dgn utuh. saya uda coba & berhasil.. jd ga pake buka gusi lagi.
mengenai harus dicabut ato ga nya, lbh baik tanya dokter sis..
Para bhikkhu, fajar berwarna kuning keemasan adalah pertanda awal terbitnya matahari.
Demikian pula, kesempurnaan sila adalah awal timbulnya Jalan Mulia Berunsur Delapan.
~Silasampada Sutta - Suryapeyyala~

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #95 on: 27 February 2011, 03:13:38 PM »
Tq sarannya semua...btw kalo cabut gigi bs mengubah bntk wajah ga? Krn sudah tidak ad penyangganya...♥·♡ τнänκ чöü ♥·♡ 

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #96 on: 27 February 2011, 04:12:31 PM »
kok kenalan dokter gigi yang pernah ngobrol sama saya bilang, jangan sekali2 gigi disarung ya? soalnya gigi bisa busuk di dalam. kalau sampai busuk, ujung2nya mesti dicabut. kalau yang saya tahu sih, untuk pencegahan lubang, gigi diberikan lapisan seal-bentuknya cuma seperti garis tipis. jadi gigi ga cepat bolong..
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #97 on: 27 February 2011, 04:23:26 PM »
iya betul, sarung gigi memang bisa bertahan puluhan tahun. tapi itu yang ditakutkan, busuk di dalam ;D. ayah saya juga pernah pakai sarung gigi, 2-3 tahun yang lalu tiba-tiba giginya patah, dan sepertinya sebelum-sebelumnya juga mulai sakit-sakit juga giginya ;D.

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #98 on: 28 February 2011, 09:06:35 AM »
kok kenalan dokter gigi yang pernah ngobrol sama saya bilang, jangan sekali2 gigi disarung ya? soalnya gigi bisa busuk di dalam. kalau sampai busuk, ujung2nya mesti dicabut. kalau yang saya tahu sih, untuk pencegahan lubang, gigi diberikan lapisan seal-bentuknya cuma seperti garis tipis. jadi gigi ga cepat bolong..
iya betul, sarung gigi memang bisa bertahan puluhan tahun. tapi itu yang ditakutkan, busuk di dalam ;D. ayah saya juga pernah pakai sarung gigi, 2-3 tahun yang lalu tiba-tiba giginya patah, dan sepertinya sebelum-sebelumnya juga mulai sakit-sakit juga giginya ;D.

Sis Yuri dan bro Comel yang baik, kemungkinan penyebab gigi kita busuk di dalam ada beberapa kemungkinan. Tapi bila hal itu terjadi hanya dalam beberapa tahun, penyebab utamanya adalah kecerobohan dokter gigi (karena dokter sudah memakaikan sarung padahal giginya belum bersih benar) atau kecerobohan cara memasang sarungnya yang tidak rapat.

Busuk di dalam juga terjadi pada gigi yang ditambal kurang baik. Tentu saja kita jangan memasang sarung pada gigi yang sehat.

Saya ada memakai sarung gigi sejak dua puluh tahun yang lalu, sampai sekarang masih baik.

Email kita bereaksi dengan asam yang berasal dari makanan sehingga mudah keropos, tapi email tiruan (sarung/crown) tidak bereaksi dengan makanan apapun, selain itu sangat keras sehingga hampir tidak mungkin pecah (karena ada logam penyangga juga dibawahnya).

Bila gigi kita dibersihkan dengan baik (sebelum disarung), dipasang/disarung dengan baik dan dirawat dengan baik maka mudah-mudahan akan bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Mettacittena,
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #99 on: 28 February 2011, 07:25:49 PM »
iya sih om fabian ;D.
ayah saya sendiri menggunakan penutup emas bukannya keramik, itu sekitar tahun 70an deh ;D.
kalo menurut saya sih, karena terjadi penurunan gusi, sehingga yang berlubang adalah bagian bawahnya, bukan yang tertutupi ;D.

tapi untuk tambal lubang, sebenarnya ngak kalah bagus dengan pemakaian sarung gigi ;D.
buktinya gigi tambalan ibu saya, yang kurang lebih sama umurnya dengan gigi ayah saya yang disarung, masih bagus dan kuat ;D.

jadi semuanya tergantung dokternya juga sih ;D.

Offline calon_arahat

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 26
  • Gender: Female
  • On the journey of life..
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #100 on: 01 March 2011, 08:52:22 PM »
Kalau tumbuh dalam gusi memang biasanya di operasi buka gusi supaya keluar, atau cabut bila terpaksa. Dokter biasanya lebih mengerti sis....
setau saya (dari pengalaman ke drg termasuk drg bedah mulut) klo ukuran rahangnya ga memungkinkan buat gigi tsb tumbuh ya harus dioperasi (istilah operasi maksudnya pencabutan gigi yg blm tumbuh, hanya operasi minor saja).. lebih baik dicabut drpd ntar menggesek gigi2 di sebelahnya..
The health of my patients will be my first consideration..

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #101 on: 02 April 2011, 10:16:13 AM »
barusan baca sesuatu yg menggelisahkan...

ternyata tambalan amalgam (yg warna silver) itu mengandung mercury dalam jumlah yg significant.
dan mercury ini setiap hari mengkontaminasi tubuh maupun nafas, terutama setelah digosok atau kena panas...
apakah benar?
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #102 on: 02 April 2011, 11:05:13 AM »
barusan baca sesuatu yg menggelisahkan...

ternyata tambalan amalgam (yg warna silver) itu mengandung mercury dalam jumlah yg significant.
dan mercury ini setiap hari mengkontaminasi tubuh maupun nafas, terutama setelah digosok atau kena panas...
apakah benar?

yap.. benar.. pernah ada juga kontroversi yang hangat mengenai penggunaan amalgam karena adanya kandungan mercury
dan saat ini, penggunaan amalgam sudah sangat2 jarang.. rata2 menggunakan tambal sinar..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #103 on: 02 April 2011, 11:08:38 AM »
yap.. benar.. pernah ada juga kontroversi yang hangat mengenai penggunaan amalgam karena adanya kandungan mercury
dan saat ini, penggunaan amalgam sudah sangat2 jarang.. rata2 menggunakan tambal sinar..
jadi ini benar membahayakan :|
kalo udah terlanjur punya, apakah sebaiknya dicabut dan ganti resin?
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.387
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #104 on: 02 April 2011, 11:29:10 AM »
masih banyak koq yg pake amalgalm....

* Sumedho have some amalgalm :|

konon katanya utk bongkar aja ada special procedure supaya dalam bongkarya itu tidak mengkontaminasi karena bakal banyak vapornya, bisa jadi proses ini lebih berbahaya daripada pake aja
There is no place like 127.0.0.1