Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kesehatan Gigi  (Read 75265 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #105 on: 02 April 2011, 11:49:44 AM »
jadi ini benar membahayakan :|
kalo udah terlanjur punya, apakah sebaiknya dicabut dan ganti resin?
terus terang ya. masih kontroversi seh.. ada yang pro.. ada yang kontra.. cuma yang sudah pasti, DILARANG untuk anak2 dan wamil ..
untuk pencabutan amalgam itu sendiri, juga pro dan kontra, di satu sisi ada yang menyatakan karena berbahaya harus dicabut.. di sisi lain, hal ini dijadikan propaganda untuk menakut2i pengguna amalgam itu sendiri, dan biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit + ada resiko rekontaminasi seperti yang dipost oleh bro medho di atas.. untuk solusi rekontaminasi itu dikatakan harus menggunakan senyawa chelat untuk mengikat mercury itu sendiri.. tapi prakteknya gw sendiri juga kurang tahu.. ya hanya sebatas pernah membaca di medscape seh..

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #106 on: 08 May 2011, 03:29:36 PM »
"Konsumsilah Broccoli agar gigi Anda sehat & kuat"

 _/\_ SSBS
 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #107 on: 08 May 2011, 08:09:37 PM »
"Konsumsilah Broccoli agar gigi Anda sehat & kuat"

 _/\_ SSBS
share dikit donk bro.. mengapa konsumsi broccoli anda anjurkan..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #108 on: 08 May 2011, 08:16:47 PM »
BROKOLI (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.
Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin.


Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker.
Manfaat brokoli bagi kanker payudara
Meskipun telah diketahui mengkonsumsi sayuran tertentu, seperti brokoli, dapat membantu mencegah kanker payudara, tapi belum diketahui mekanisme bagian aktif di dalam sayur-mayur itu menghalangi penyebaran sel.

Beberapa ilmuwan di University of California, Santa Barbara, melaporkan penelitian baru mereka telah memperlihatkan bagaikan energi penyembuhan sayur itu bekerja pada tingkat sel di Washington, Selasa (23/12). Hasil studi tersebut disiarkan di dalam jurnal Carcinogenesis, terbitan Desember.


“Orang dapat melindungi diri dari kanker payudara dengan memakan sayur yang dapat dikonsumsi seperti kubis dan keluarga dekatnya seperti brokoli dan kembang kol,” kata penulis utama studi Olga Azarenko.

“Sayuran ini berisi zat yang disebut ‘isothiocyanate’, yang kami percaya bertanggung-jawab atas kegiatan anti-carcinogenik dan pencegahan-kanker dalam sayur-mayur ini,” katanya.

Penelitian mereka dipusatkan pada kegiatan anti-kanker pada salah satu bahan itu, yang disebut “sulforaphane”, atau SFN.
Hal itu sudah diperlihatkan mengurangi peristiwa tersebut dan tingkat tumor payudara yang disebabkan oleh bahan kimia pada hewan. Zat tersebut menghalangi pertumbuhan sel kanker payudaya pada manusia, yang mengakibatkan kematian sel.

Para peneliti membuat temuan mengejutkan, SFN mencegah penyebaran sel tumor manusia oleh satu mekanisme yang serupa dengan cara obat anti-kanker “taxol” dan “vincristine” menghalangi pembagian sel selam “mitosis”yaitu proses pembagian genom yang telah digandakan oleh sel ke dua sel identik yang dihasilkan oleh pembelahan sel.

Namun SFN jauh lebih lemah dibandingkan dengan obat lain yang berdasar tanaman, sehingga tidak terlalu banyak mengandung racun.
“SFN mungkin menjadi bahan pencegahan kanker yang efektif karena SFN menghalangi penyebaran dan membunuh sel pra-kanker,” kata para penulis studi tersebut.

Bahan itu juga mungkin digunakan sebagai tambahan bagi “taxol” dan obat lain yang serupa guna meningkatkan keefektivan pembunuhan sel tumor tanpa peningkatan keracunan.

Sumber :
id.wikipedia.org
republika.co.id



jadi bagian mana ya kalau brokoli dapat menguatkan gigi?  :-?
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #109 on: 08 May 2011, 09:22:24 PM »
Broccoli Nutrition facts:

Serving Size (88g)
Amount per serving
Calories 30    Calories from Fat 3
Hide Daily Values    % Daily Value*
Total Fat 0g    0%
     Saturated Fat 0g    0%
Cholesterol 0mg    0%
Sodium 29mg    1%
Total Carbohydrates 6g    2%
     Dietary Fiber 2g
     Sugars 1g
Protein 2g
Vitamin A    12%        Vitamin C    131%
Calcium    4%        Iron    4%
Thiamin    4%        Riboflavin    6%
Niacin    3%        Pantothenic Acid    5%
Vitamin B6    8%        Potassium    8%
Phosphorus    6%        Magnesium    5%
Zinc    2%        Copper    2%
* Percent Daily Values are based on a 2,000 calorie diet.

 [at]  Kandungan kalsium & fosfor serta mineral2 lainnya pada sayuran brokoli dapat memperkuat(menyehatkan) gigi  _/\_

 [at]  Cb cr2 artikel ttg brokoli untuk kesehatan dan kekuatan gigi di google  _/\_

 _/\_ SSBS

 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline CandraWie

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 145
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #110 on: 11 May 2011, 08:42:44 PM »
 _/\_

bro n sis...
ada yg tau ttg masalah plak/karang gigi ga?
apa ya yg menyebabkan karang gigi? masalahnya karang gigi sudah dibersihkan, tp kok cuma bertahan 3-4 bulan, trus kluar lagi karang gigi nya...
pola makanan seperti apa yg menimbulkan karang gigi?

mohon pencerahannya...  ^:)^
..lebih baik melihat ke dalam cermin dan perbaiki yg ada daripada selalu melihat ke luar jendela dan mengeluhkan apa yg ada...

Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #111 on: 11 May 2011, 08:51:50 PM »
Jawaban (menurut pengetahuan sy)  :) :

Penyebab plak gigi: makanan manis2, pola sikat gigi yg krng bnr, etc.

Solusi: jd-lah vegetarian, kurangi makan manis2, sikat gigi scr bnr, periksa ke dentist min 2x/thn, dan konsumsilah Broccoli.

Semoga info ini bermanfaat  ;)

 _/\_ SSBS
 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #112 on: 11 May 2011, 10:16:48 PM »
Jawaban (menurut pengetahuan sy)  :) :

Penyebab plak gigi: makanan manis2, pola sikat gigi yg krng bnr, etc.

Solusi: jd-lah vegetarian, kurangi makan manis2, sikat gigi scr bnr, periksa ke dentist min 2x/thn, dan konsumsilah Broccoli.

Semoga info ini bermanfaat  ;)

 _/\_ SSBS

hm.. jadi pengen usil..

apa hubungan vegetarian dengan hal ini ?
vegetarian juga konsumsi nasi, yang juga merupakan karbo seperti gula. gak percaya, kunyalah nasi lama2, maka enzim ptialin yang ada di saliva anda akan menguraikannya dan memberi rasa manis. jadi stop propaganda vege dengan cara yang tidak ilmiah. dan tolong jelaskan :

1. bagaimana mekanisme pembentukan plak gigi sebagai landasan anda mengemukakan hindari manis untuk mencegah plak ?
2. apakah memakan yang manis seperti aspartam, saccharin, stevia juga menyebabkan plak gigi ?
3. kenapa harus broccoli ? banyak makanan yang mengandung calsium, dan tahukah anda bagaimana proses penyerapan calsium ?

silakan kita berdiskusi.. ;D
« Last Edit: 11 May 2011, 10:20:15 PM by Forte »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #113 on: 12 May 2011, 06:58:11 AM »
Jawaban-jawaban dr pertanyan Bro Forte dpt di search di internet  :)

Sekian & terima kasih serta mohon maaf bila sy ada salah kt ;)

 _/\_ SSBS
 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #114 on: 12 May 2011, 09:12:34 AM »
Jawaban-jawaban dr pertanyan Bro Forte dpt di search di internet  :)

Sekian & terima kasih serta mohon maaf bila sy ada salah kt ;)

 _/\_ SSBS
hmm..
sebelumnya saya jelaskan dulu, saat ini banyak sekali berita2 simpang siur kesehatan yang beredar di internet.
Jadi misal kalau bro bener2 tidak tahu, alangkah baiknya jangan ikut menyebarkan, kecuali kalau bro ada dasar yang kuat untuk membenarkan statement bro sebelumnya.

Di sisi lain, idealnya bro juga belajar mempertanggungjawabkan tulisan sendiri, dan hindari propaganda seperti ini jika anda sendiri tidak bisa mempertanggungjawabkannya.

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #115 on: 12 May 2011, 09:19:08 AM »
dah lama ga dengar kata2 "idealnya...."  :))
pikochan, forte ahli kesehatan lo, jd kalo ada pertanyaan2 tanya forte aja.... ^-^

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #116 on: 12 May 2011, 09:26:34 AM »
_/\_

bro n sis...
ada yg tau ttg masalah plak/karang gigi ga?
apa ya yg menyebabkan karang gigi? masalahnya karang gigi sudah dibersihkan, tp kok cuma bertahan 3-4 bulan, trus kluar lagi karang gigi nya...
pola makanan seperti apa yg menimbulkan karang gigi?

mohon pencerahannya...  ^:)^
saya mencoba menjawab ya..
plak gigi itu sebenarnya dikategorikan sebagai biofilm, yang terbentuk dari adanya koloni dari bakteri (biasanya bakteri Streptococcus)+hasil produknya, absorbsi dari sisa2 makanan yang tertinggal (kebanyakan berupa protein). Biasanya plak yang terbentuk jika masih tipis bisa dibersihkan dengan gampang. Namun jika sudah tebal maka akan membutuhkan bantuan dokter untuk membersihkannya.

Jadi tidak hanya gula seperti yang dituduhkan pikochan dalam propaganda vege nya, protein juga bisa menjadi biang kerok.
Solusi yang bisa dilakukan untuk orang awam selain gosok gigi adalah berkumur. Bakteri kebanyakan aktif pada pH rendah. pH yang rendah biasanya ditimbulkan jika makanan terlalu lama tinggal di mulut, dan mengalami pembusukan. Jadi berkumurlah sesudah makan agar sisa2 makanan bisa dibuang dan mengembalikan pH mendekati normal. 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #117 on: 12 May 2011, 09:28:04 AM »
dah lama ga dengar kata2 "idealnya...."  :))
pikochan, forte ahli kesehatan lo, jd kalo ada pertanyaan2 tanya forte aja.... ^-^
sebenarnya saya pribadi tidak masalah jika pikochan menjawab.. cuma agak tidak suka jika sedikit2 harus dihubungkan dengan "keagungan praktek vegetarian" tanpa ada pembuktian secara ilmiah.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline CandraWie

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 145
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #118 on: 12 May 2011, 09:53:03 AM »
 _/\_
Jawaban (menurut pengetahuan sy)  :) :

Penyebab plak gigi: makanan manis2, pola sikat gigi yg krng bnr, etc.

Solusi: jd-lah vegetarian, kurangi makan manis2, sikat gigi scr bnr, periksa ke dentist min 2x/thn, dan konsumsilah Broccoli.

Semoga info ini bermanfaat  ;)

 _/\_ SSBS

thanks info nya ttg brokoli bro pikochan...  :D

saya mencoba menjawab ya..
plak gigi itu sebenarnya dikategorikan sebagai biofilm, yang terbentuk dari adanya koloni dari bakteri (biasanya bakteri Streptococcus)+hasil produknya, absorbsi dari sisa2 makanan yang tertinggal (kebanyakan berupa protein). Biasanya plak yang terbentuk jika masih tipis bisa dibersihkan dengan gampang. Namun jika sudah tebal maka akan membutuhkan bantuan dokter untuk membersihkannya.

Jadi tidak hanya gula seperti yang dituduhkan pikochan dalam propaganda vege nya, protein juga bisa menjadi biang kerok.
Solusi yang bisa dilakukan untuk orang awam selain gosok gigi adalah berkumur. Bakteri kebanyakan aktif pada pH rendah. pH yang rendah biasanya ditimbulkan jika makanan terlalu lama tinggal di mulut, dan mengalami pembusukan. Jadi berkumurlah sesudah makan agar sisa2 makanan bisa dibuang dan mengembalikan pH mendekati normal.

thanks info nya bro Forte...
tanya lagi... kalo makanan atau minuman panas, itu memicu karang gigi atau tidak?
 ???
..lebih baik melihat ke dalam cermin dan perbaiki yg ada daripada selalu melihat ke luar jendela dan mengeluhkan apa yg ada...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #119 on: 12 May 2011, 10:09:19 AM »
kita bicara soal panas, idealnya tidak menyebabkan karang gigi, namun bisa menyebabkan menipisnya lapisan pelindung gigi yang disebut dengan enamel gigi. Selain enamel gigi, ada juga penelitian yang menyatakan konsumsi makanan / minuman panas juga bisa menyebabkan penipisan lapisan lendir di sepanjang saluran cerna
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl