//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kesehatan Gigi  (Read 82893 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline calon_arahat

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 26
  • Gender: Female
  • On the journey of life..
Kesehatan Gigi
« on: 28 February 2009, 12:05:00 AM »
Yg punya pertanyaan seputar kesehatan  gigi...
Ato yg punya masalah dengan giginya..
Silahkan tanya di sini..
Sekarang udah ada kehadiran beberapa calon dokter gigi di forum ini :)

Klo yg punya masalah dan kebetulan kasusnya cocok dengan kasus pasien yg dicari mereka, ntar bisa dijadikan pasien oleh mereka..
kasihan tuh, lihat perjuangan mereka mencari pasien..
The health of my patients will be my first consideration..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #1 on: 28 February 2009, 05:34:48 AM »
wew.. sapa rekan sejawat itu ?
Boleh juga hehehe..

Tinggal perawat n bidan kali ya yang belum ada di forum ini
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #2 on: 28 February 2009, 06:25:02 AM »
mo tanya nih, aye kan udah bertahun2x pakai odol yang non-deterjen yang merek Enzym itu loh, ada efek sampingnya kgk yah secara dia pakai "bahan beda sendiri" dan apakah bener2x seefektif sama merek lain yg based on deterjen ?

There is no place like 127.0.0.1

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #3 on: 28 February 2009, 08:14:26 AM »
jangan makan ceker ayam!!!!
Btw kalau makan makanan yang masih panas2 boleh gak? kan kalau udah dingin gak enak tuh.. pa lagi mie baso..
Samma Vayama

Offline adityadwisutrisno

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 3
  • Reputasi: 1
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #4 on: 28 February 2009, 09:24:10 PM »
mo tanya nih, aye kan udah bertahun2x pakai odol yang non-deterjen yang merek Enzym itu loh, ada efek sampingnya kgk yah secara dia pakai "bahan beda sendiri" dan apakah bener2x seefektif sama merek lain yg based on deterjen ?


Ada efek samping tapi sangat jarang.misal pada orang yang alergi odol enzim. Sama-sama efektif(tujuan sama) cuma beda mekanisme.pada pasta gigi Enzim ada enzim amiloglucosidase & glucoseoxidase yang berguna untuk meningkatkan kualitas air ludah sebagai antibakteri sehingga mencegah pembentukan lubang gigi. Sedangkan bahan deterjen pada pasta gigi berguna membasahi permukaan gigi sehingga sisa makanan yang menempel mudah dibersihkan.Semoga informasi ini bermanfaat

Offline adityadwisutrisno

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 3
  • Reputasi: 1
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #5 on: 28 February 2009, 09:30:43 PM »
jangan makan ceker ayam!!!!
Btw kalau makan makanan yang masih panas2 boleh gak? kan kalau udah dingin gak enak tuh.. pa lagi mie baso..

Boleh.

Offline coedabgf

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 946
  • Reputasi: -2
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #6 on: 28 February 2009, 09:37:03 PM »
klo pasta gigi biasa yang mengandung deterjen bisa menipiskan lapisan email gigi gak? 
iKuT NGeRumPI Akh..!

Offline calon_arahat

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 26
  • Gender: Female
  • On the journey of life..
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #7 on: 28 February 2009, 09:48:26 PM »
jangan makan ceker ayam!!!!
Btw kalau makan makanan yang masih panas2 boleh gak? kan kalau udah dingin gak enak tuh.. pa lagi mie baso..

Boleh.
panasnya berapa derajat dulu?
klo makanan itu sangat panas bisa menyebabkan nasopharyng carcinoma..
The health of my patients will be my first consideration..

Offline calon_arahat

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 26
  • Gender: Female
  • On the journey of life..
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #8 on: 28 February 2009, 09:51:23 PM »
wew.. sapa rekan sejawat itu ?
Boleh juga hehehe..

Tinggal perawat n bidan kali ya yang belum ada di forum ini
yg gw tau sih ada 2 orang..
bisa jadi ada dokter gigi di forum ini yg gw blom tau..

perawat n bidan sapa tau jg ada..
coba cari info, hehehe..
The health of my patients will be my first consideration..

Offline adityadwisutrisno

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 3
  • Reputasi: 1
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #9 on: 28 February 2009, 10:05:29 PM »
klo pasta gigi biasa yang mengandung deterjen bisa menipiskan lapisan email gigi gak? 

Pasta gigi deterjen tidak menipiskan lapisan email . yang berpotensi menipiskan lapisan email gigi adalah menggosok gigi terlalu keras.

Offline ENCARTA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 797
  • Reputasi: 21
  • Gender: Male
  • love letters 1945
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #10 on: 28 February 2009, 10:21:37 PM »
kalau gusi sering berdarah bagaimana? setahun kira2 bisa 3-7 x berdarah (catatan dulu prokok berat)
bagusnya pake odol apa yah?

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #11 on: 20 March 2009, 06:45:14 PM »
kalo gigi berlubang .. baiknya ditambal atw dicabut aja ?
thanks Buddha...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #12 on: 21 March 2009, 06:57:21 AM »
kalo tanya dokter pasti dijawab ditambal. sayang atuh....
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #13 on: 21 March 2009, 07:00:44 AM »
IMO.. jika lubangnya besar, dan rusak parah, mungkin dicabut saja..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #14 on: 21 March 2009, 12:46:48 PM »
kalo tanya dokter pasti dijawab ditambal. sayang atuh....

kalo mo cabut mang sayang rasanya ,

kalo ditambal ktnya gak bisa tahan lama n justru bikin lubangnya makin gede .. bener gak ?
thanks Buddha...

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #15 on: 21 March 2009, 01:32:58 PM »
:'( <<----- korban coklat dan makanan manis lainnya

gigi ku banyak tambalannya neh... dah kayak ban motor aja...

 [at] Kupak

sebelum tambal.... dibersihin dulu....
percuma kalo gak bersih... ujung2nya mesti cabut.....  :-&
i'm just a mammal with troubled soul



Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #16 on: 21 March 2009, 01:49:37 PM »
^
^
iyah mau tanay bener gak sih kalo ditambal tambah parah?
 soalnya aku juga ada gi2 yang di tambal tapi kemarin tuh gigi infeksi katanat kalo infeksi lagi musti di cabut
singetku dulu waktu ditambal giginya gak bgtu parah kok  ??? ???
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #17 on: 21 March 2009, 02:06:42 PM »
^
^
iyah mau tanay bener gak sih kalo ditambal tambah parah?
 soalnya aku juga ada gi2 yang di tambal tapi kemarin tuh gigi infeksi katanat kalo infeksi lagi musti di cabut
singetku dulu waktu ditambal giginya gak bgtu parah kok  ??? ???

itu karena pas tambal, bersihinnya kurang bersih atau tambalannya gak bagus...

biasanya sebelum ditambal dikasih antibiotik (<--CMIIW) biar kumannya mati semua dulu...

nah kalo ditambal tetapi kumannya masih ada ya percuma... yg ada malah tambah parah...

:'( gigi geraham i ilang atu gara2 gitu...
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #18 on: 21 March 2009, 03:47:47 PM »
^
^
iyah mau tanay bener gak sih kalo ditambal tambah parah?
 soalnya aku juga ada gi2 yang di tambal tapi kemarin tuh gigi infeksi katanat kalo infeksi lagi musti di cabut
singetku dulu waktu ditambal giginya gak bgtu parah kok  ??? ???

itu karena pas tambal, bersihinnya kurang bersih atau tambalannya gak bagus...

biasanya sebelum ditambal dikasih antibiotik (<--CMIIW) biar kumannya mati semua dulu...

nah kalo ditambal tetapi kumannya masih ada ya percuma... yg ada malah tambah parah...

:'( gigi geraham i ilang atu gara2 gitu...
Yup.. benar.. setahu saya itu namanya pramedikasi, jadi dibutuhkan anestesi lokal dan profilaksis untuk menciptakan suasana steril sebelum dilakukan penambalan.
Penambalan juga harus liat2 seh.. dulu gw ada tambal gigi, makan yang keras, akhirnya copot.. ikut tertelan.. ntah jadi apa tuh di lambung :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #19 on: 21 March 2009, 07:28:27 PM »
^
^
iyah mau tanay bener gak sih kalo ditambal tambah parah?
 soalnya aku juga ada gi2 yang di tambal tapi kemarin tuh gigi infeksi katanat kalo infeksi lagi musti di cabut
singetku dulu waktu ditambal giginya gak bgtu parah kok  ??? ???

itu karena pas tambal, bersihinnya kurang bersih atau tambalannya gak bagus...

biasanya sebelum ditambal dikasih antibiotik (<--CMIIW) biar kumannya mati semua dulu...

nah kalo ditambal tetapi kumannya masih ada ya percuma... yg ada malah tambah parah...

:'( gigi geraham i ilang atu gara2 gitu...
Yup.. benar.. setahu saya itu namanya pramedikasi, jadi dibutuhkan anestesi lokal dan profilaksis untuk menciptakan suasana steril sebelum dilakukan penambalan.
Penambalan juga harus liat2 seh.. dulu gw ada tambal gigi, makan yang keras, akhirnya copot.. ikut tertelan.. ntah jadi apa tuh di lambung :))


tapi dah lama juga c tambalannya ad 5tahunan gak copot ndiri tapi sakit n infeksi
mugkin juga c karena biusnya gak bagus soale waktu itu aku maksa ditambal tetep aja habis masa dah 12 kali di tambal semntara masi suruh tambal semantara lagi 1 gigi aja dah habis duit berapa
wkk
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #20 on: 22 March 2009, 10:22:56 AM »
:'( <<----- korban coklat dan makanan manis lainnya

gigi ku banyak tambalannya neh... dah kayak ban motor aja...

 [at] Kupak

sebelum tambal.... dibersihin dulu....
percuma kalo gak bersih... ujung2nya mesti cabut.....  :-&

bukannya kalo mo ditambel , pasti dibersihkan dulu ama dokternya .
apa dokternya main tambel gitu aja ?

thanks Buddha...

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #21 on: 22 March 2009, 12:16:32 PM »
^
^
iyah mau tanay bener gak sih kalo ditambal tambah parah?
 soalnya aku juga ada gi2 yang di tambal tapi kemarin tuh gigi infeksi katanat kalo infeksi lagi musti di cabut
singetku dulu waktu ditambal giginya gak bgtu parah kok  ??? ???

itu karena pas tambal, bersihinnya kurang bersih atau tambalannya gak bagus...

biasanya sebelum ditambal dikasih antibiotik (<--CMIIW) biar kumannya mati semua dulu...

nah kalo ditambal tetapi kumannya masih ada ya percuma... yg ada malah tambah parah...

:'( gigi geraham i ilang atu gara2 gitu...
=)) jadi sekarang kyk mana topi merah? gak punya gigi geraham kayaknya susah lhooo =))

turut bermudita citta deh bro topi merah  ^:)^ ^:)^ ^:)^

^
^
iyah mau tanay bener gak sih kalo ditambal tambah parah?
 soalnya aku juga ada gi2 yang di tambal tapi kemarin tuh gigi infeksi katanat kalo infeksi lagi musti di cabut
singetku dulu waktu ditambal giginya gak bgtu parah kok  ??? ???

itu karena pas tambal, bersihinnya kurang bersih atau tambalannya gak bagus...

biasanya sebelum ditambal dikasih antibiotik (<--CMIIW) biar kumannya mati semua dulu...

nah kalo ditambal tetapi kumannya masih ada ya percuma... yg ada malah tambah parah...

:'( gigi geraham i ilang atu gara2 gitu...
Yup.. benar.. setahu saya itu namanya pramedikasi, jadi dibutuhkan anestesi lokal dan profilaksis untuk menciptakan suasana steril sebelum dilakukan penambalan.
Penambalan juga harus liat2 seh.. dulu gw ada tambal gigi, makan yang keras, akhirnya copot.. ikut tertelan.. ntah jadi apa tuh di lambung :))

gigi sendiri tertelan :hammer: =))
dulu kyknya w pernah deh... makan mie remez, waktu kecil, giginya copot tapi terasa giginya, jadinya gak tertelan deh :)) :)) :))

mo nanya nih...
1.Napa org yg gosok gigi di dokter gigi, giginya lebih bisa putih cemerlang ya? :-? :-? :-?
   klo gosok gigi sendiri kok susah putih cemerlangnya ya? :-? :-? :-? :-?
   ada teknik gosoknya me? :-? :-? :-?
   klo ada ajarin dong teknik gosoknya\ ;D /\ ;D /\ ;D /\ ;D /
2.klo pake listerine gitu bagus gak? 
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #22 on: 22 March 2009, 12:19:06 PM »
pasta gigi yang bagus kira2 merek en bentuk apa yach?
tengah gigi2 gereham gw (tengah dalam itu ) ada garis2 hitam,udah di gosok berkali2 tapi ngak hilang,itu apaan yah?en bisa hilang ngak?
satu lagi ah,gimana memutihkan gigi?
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #23 on: 22 March 2009, 12:23:03 PM »
pat pat, pertanyaan kitanya mirip2 path ^-^ ^-^ ^-^ ;D ;D ;D
kita kompak yoo path ^-^ ^-^ ^-^ :)) :)) :)) :P

kayaknya ada teknik menyikatnya vath, biar giginya bisa putih cemerlang 8) 8) 8)
« Last Edit: 22 March 2009, 12:24:48 PM by Citta Devi »
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #24 on: 22 March 2009, 12:36:37 PM »
pat pat, pertanyaan kitanya mirip2 path ^-^ ^-^ ^-^ ;D ;D ;D
kita kompak yoo path ^-^ ^-^ ^-^ :)) :)) :)) :P

kayaknya ada teknik menyikatnya vath, biar giginya bisa putih cemerlang 8) 8) 8)

ehmmmmmmmmmm,sepertinya kita kontak batin citcit.. :) :) :)
tadinya gw pun udah mau tanya tentang listerine,tapi lupa.
soalnya tiap pakai listerine lidah jadi kayak ngak berasa =="
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #25 on: 22 March 2009, 09:33:38 PM »
Tanya dong.. Gigi geraham bawah aku pernah dicabut sampe ke akar2nya
Terus kabarnya kalo gigi atas tidak ada pasangannya dibawah, maka saat mengunyah dia tidak ketemu lawannya, jadi lama2 akan turun, dan kabarnya sakit sekali kalau sampai turun, benarkah demikian ?

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #26 on: 22 March 2009, 11:26:08 PM »
pat pat, pertanyaan kitanya mirip2 path ^-^ ^-^ ^-^ ;D ;D ;D
kita kompak yoo path ^-^ ^-^ ^-^ :)) :)) :)) :P

kayaknya ada teknik menyikatnya vath, biar giginya bisa putih cemerlang 8) 8) 8)

ehmmmmmmmmmm,sepertinya kita kontak batin citcit.. :) :) :)
tadinya gw pun udah mau tanya tentang listerine,tapi lupa.
soalnya tiap pakai listerine lidah jadi kayak ngak berasa =="

iyah sama dulu beli listerine cuamn pake berapa hari doank n masi sisa mpe sekarang dah 3thnan loh ada yang mau gak???? wkk
hooh tehnik niykat gigi yang bener tuh gimana+cepet n praktis terus sikat gigi yang bagus yang apa?
sekarang aku pakenya colgate bgs gak c kira2?????
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline calon_arahat

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 26
  • Gender: Female
  • On the journey of life..
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #27 on: 04 April 2009, 05:01:25 PM »
pasta gigi yang bagus kira2 merek en bentuk apa yach?
tengah gigi2 gereham gw (tengah dalam itu ) ada garis2 hitam,udah di gosok berkali2 tapi ngak hilang,itu apaan yah?en bisa hilang ngak?
satu lagi ah,gimana memutihkan gigi?
pake merk enzym.. kata dokter gigi begitu..
klo itu sih harus liat sendiri baru ngerti.. garis2 hitam spt apa.. sulit visualisasi, hehehe.. iya lah bukan keahlian gw, haha..
The health of my patients will be my first consideration..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #28 on: 04 April 2009, 06:22:30 PM »
caries ?
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #29 on: 04 April 2009, 08:10:17 PM »
pat pat, pertanyaan kitanya mirip2 path ^-^ ^-^ ^-^ ;D ;D ;D
kita kompak yoo path ^-^ ^-^ ^-^ :)) :)) :)) :P

kayaknya ada teknik menyikatnya vath, biar giginya bisa putih cemerlang 8) 8) 8)

ehmmmmmmmmmm,sepertinya kita kontak batin citcit.. :) :) :)
tadinya gw pun udah mau tanya tentang listerine,tapi lupa.
soalnya tiap pakai listerine lidah jadi kayak ngak berasa =="

iyah sama dulu beli listerine cuamn pake berapa hari doank n masi sisa mpe sekarang dah 3thnan loh ada yang mau gak???? wkk
hooh tehnik niykat gigi yang bener tuh gimana+cepet n praktis terus sikat gigi yang bagus yang apa?
sekarang aku pakenya colgate bgs gak c kira2?????
iya pake listerine pedes amatt>.<""
kadang kumur2 sampe yg dianjurkan dalam kemasannya tapi itungnya sendiri cepet2 :)) :)) :))
lalu rasanya gak enak gituu....

pasta gigi yang bagus kira2 merek en bentuk apa yach?
tengah gigi2 gereham gw (tengah dalam itu ) ada garis2 hitam,udah di gosok berkali2 tapi ngak hilang,itu apaan yah?en bisa hilang ngak?
satu lagi ah,gimana memutihkan gigi?
pake merk enzym.. kata dokter gigi begitu..
klo itu sih harus liat sendiri baru ngerti.. garis2 hitam spt apa.. sulit visualisasi, hehehe.. iya lah bukan keahlian gw, haha..
ca, gosok giginya biar putih cemerlang gak ada teknik nyikatnya me ca? :D :D :D
Kok org yg giginya disikat oleh dokter gigi kok bisa lebih putih cemerlang lhe ca? :D :D :D

btw, apakah setiap dokter gigi itu gigibnya putih ato nggak ya? :-? :-? :-?
pasti gigi dokter gigi itu baguss ;D ;D ;D ,
dan pasti gigi anaknya dokter gigi juga baguss dan putih cemerlang ;D ;D ;D
dirawat sama si ahli langsung lhe... ;D ;D ;D
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #30 on: 04 April 2009, 11:45:23 PM »
pasta gigi yang bagus kira2 merek en bentuk apa yach?
tengah gigi2 gereham gw (tengah dalam itu ) ada garis2 hitam,udah di gosok berkali2 tapi ngak hilang,itu apaan yah?en bisa hilang ngak?
satu lagi ah,gimana memutihkan gigi?

sis, belom lama ini aye baru ke drg. Sekalian nanya2 cara sikat gigi en pemutih gigi. Katana cara sikat gg yg bener tuh per tiga gigi disikat..jadi sikatnya sebagian2 gitu, dg gerakan memutar.  kalo perlu pake sikat gigi anak2 (misal oral b step 3-rekomen si drg), biar lebih bersih. Terus, kalo ada kotoran item membandel, coba aja ke drg dibersihin..apa itu nyang namanye karang gigi? Bersihinnya rada sakit n kadang kalo karang/plaknya tebel bisa berdarah2..tapi udahannya gigi jadi bersih. Sisa2 kotoran yang nempel ilang semua.
Kalo pemutih gigi, ada yang instan (45 menit) dilakukan sama drg atau yang dipake 2 mingguan di rumah (paketan)..warna putih cemerlangnya bisa tahan sampe 3 tahun tapi tergantung sama pola makan kita katanya si drg. Kalo suka minum minuman yg berwarna kayak teh, kopi, coklat, efeknya nggak tahan lama. Efek sampingnya yang menurut aye yang awam, kantong jebol. Soalnya harganya mahal. Oya, si drg juga ingetin mungkin 1-2 mg pertama gigi yang pake pemutih bakalan bercak2 putih tergantung sama kadar fluoride yang ada di dlm tbh kita. Kalo tinggi, bisa banyak bercak2..
Moga bisa membantu ya
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #31 on: 05 April 2009, 03:10:51 AM »
kata guru w, kebykan gak hanya pada pemutih gigi, pada pemutih wajah juga, ada yang mengandung zat yang buat cat mobil luntur, ntah apa namanya dah lupa, tapi zat begituan berbahaya lhoo... masa dicampurin zat kyk gituan pada pemutih gigi dan wajah....
jelas lha bisa luntur, namanya juga terkandung zat yg ngikis gitu...
ngikis gigi kita, ntar lama2 makin tipis giginyaa...=="""
terkikis oleh zat tsb....=="""""
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #32 on: 05 April 2009, 03:52:50 AM »
zat yang buat mobil luntur ?
btw.. FYI, semua bahan yang digunakan harus menggunakan bahan dari food / drug grade lor..
and pemutih wajah yang dilarang karena contains Hg / Mercury
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #33 on: 05 April 2009, 04:20:54 AM »
Tanya dong.. Gigi geraham bawah aku pernah dicabut sampe ke akar2nya
Terus kabarnya kalo gigi atas tidak ada pasangannya dibawah, maka saat mengunyah dia tidak ketemu lawannya, jadi lama2 akan turun, dan kabarnya sakit sekali kalau sampai turun, benarkah demikian ?


Pertanyaan aku ga dijawab..  :'(

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #34 on: 05 April 2009, 07:36:06 AM »
Tanya dong.. Gigi geraham bawah aku pernah dicabut sampe ke akar2nya
Terus kabarnya kalo gigi atas tidak ada pasangannya dibawah, maka saat mengunyah dia tidak ketemu lawannya, jadi lama2 akan turun, dan kabarnya sakit sekali kalau sampai turun, benarkah demikian ?


Pertanyaan aku ga dijawab..  :'(
tunggu drg nya om.. gw gak capable u/ menjawabnya.. :-[
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #35 on: 05 April 2009, 03:29:30 PM »
Bikin implan aja om lokkhi..:D:D:D
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #36 on: 06 April 2009, 08:22:57 AM »
sebagai manusia yg kehilangan gigi grahamnya......

saya nyatakan "TIDAKKKK.."

terbukti selama bertahun2 gigi i yg diatas gak tumbuh makin panjang.
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #37 on: 06 April 2009, 02:39:12 PM »
Bikin implan aja om lokkhi..:D:D:D

Setau saya teknologi Implant gigi masih sangat mahal bagi kocek saya
Termasuk pasang kawat gigi, karena gigi saya juga termasuk yang tidak merata
Saya jadi khawatir kalau gigi saya akan turun

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #38 on: 06 April 2009, 07:55:34 PM »
Memang sih...harga implan tergantung ama fluktuasi U$.
kalo mau pasang kawat gigi yang murah, coba cek ama mahasiswa kedokteran gigi. Biasana kan mereka butuh pengalaman pasang kawat gg..temen w pernah tuh jadi kelinci percobaan anak fkg unpad. Murah meriah hasilnya bagus
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #39 on: 06 April 2009, 08:39:49 PM »
Tanya dong.. Gigi geraham bawah aku pernah dicabut sampe ke akar2nya
Terus kabarnya kalo gigi atas tidak ada pasangannya dibawah, maka saat mengunyah dia tidak ketemu lawannya, jadi lama2 akan turun, dan kabarnya sakit sekali kalau sampai turun, benarkah demikian ?


Pertanyaan aku ga dijawab..  :'(
lokkhi lokkhi, klo menurut wnya gigi geraham di bawahnya gak punya pasangan gigi geraham, pasti klo kena gigi bawah yg ompong pasti sakit, bisa2 berdarah kali yaa :-?
klo gigi gerahamnya bisa turun, berarti giginya tumbuh makin gede dong? :-?
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #40 on: 06 April 2009, 08:40:36 PM »
zat yang buat mobil luntur ?
btw.. FYI, semua bahan yang digunakan harus menggunakan bahan dari food / drug grade lor..
and pemutih wajah yang dilarang karena contains Hg / Mercury

mungkin salah dengar kali yaa wnyaa :)) :)) :))
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #41 on: 18 April 2009, 07:28:28 PM »
Tanya dong.. Gigi geraham bawah aku pernah dicabut sampe ke akar2nya
Terus kabarnya kalo gigi atas tidak ada pasangannya dibawah, maka saat mengunyah dia tidak ketemu lawannya, jadi lama2 akan turun, dan kabarnya sakit sekali kalau sampai turun, benarkah demikian ?


Pertanyaan aku ga dijawab..  :'(
lokkhi lokkhi, klo menurut wnya gigi geraham di bawahnya gak punya pasangan gigi geraham, pasti klo kena gigi bawah yg ompong pasti sakit, bisa2 berdarah kali yaa :-?
klo gigi gerahamnya bisa turun, berarti giginya tumbuh makin gede dong? :-?

Maksud saya gigi atasnya lohh, yang biasa kalo makan beradu sama geraham saya dibawah, apa ya ? mungkin gigi taring atas saya ?
Mana nih Calon_Arahat ?

Offline irwadi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 22
  • Reputasi: 1
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #42 on: 05 June 2009, 01:24:32 PM »
Dari internet, ada pembicaraan bahwa penggunaan tambalan amalgam terutama dari bahan mercury kurang baik bagi kesehatan, bisa menimbulkan banyak penyakit kronis. Ada satu dokter gigi yg pernah saya temui mengatakan bahwa mercury yg ketelan dari makan ikan/seafood bisa lebih banyak dari tambalan amalgam. Tapi berhubung amalgam ada di dalam mulut 24 jam, sedang ikan hanya sekali-kali, amalgam condong lebih akumulatif bila benar zat mercury-nya terserap oleh tubuh.

Buat kita-kita yg banyak tambalan amalgamnya, kalo gigi yg bersangkutan mau dibongkar, ada gak dokter gigi yg condong ke perawatan gigi alami yg setuju dengan pendapat tambalan amalgam mengganggu kesehatan? Mau nyoba turun mesin nih giginya, ganti tambalannya dengan yg tambalan yg lebih alami (yg berbahan composite?)

Kutipan dari salah satu website:
Broken bones knit, cut tissues heal, hair and fingernails grow back after being cut. The body restores itself naturally. Why can't the same thing happen with teeth?

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #43 on: 05 June 2009, 02:00:47 PM »
Buat yang paham sama gigi,
mau nanya dong. Kalau misalnya anak kecil terjatuh trus kena gigi, sampai giginya menghitam keabuan gitu...mesti gimana ya? Kata dokter anak ga usah dicabut tapi mau nanya second opinion dong...btw gigi susunya masih 4 th lagi baru ganti...masa perlu dicabut??? :( :( :( ada efek sampingnya ga kalo dibiarkan?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #44 on: 05 June 2009, 02:52:44 PM »
kurang ahli seh soal gigi, hanya saja untuk masalah gigi sudah keabuan, berarti saya asumsikan sudah bobol email giginya.
untuk gigi susu, sebenarnya tidak perlu cemas, karena nantinya akan tanggal akan digantikan oleh gigi dewasa, hanya saja yang perlu diperhatikan ketika gigi dewasa tumbuh, pastikan gigi susunya tidak menghalangi pertumbuhan gigi dewasa tersebut.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Raya Ditthi

  • Sebelumnya: lia.oc
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 165
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #45 on: 10 June 2009, 05:32:09 PM »
 _/\_ _/\_

duh...!!!kebetulan nich ada calon dokter gigi

minta saran and bantuannya yach....!!!!

anak sy giginya tumbuhnya tidak bagus renggang2 dan gusinya tidak ada untuk pertumbuhan satu gigi, harusnya dia dioperasi lg untuk merapatkan  gusinya      (ada kelainan sjk lahir)pada umur 4 thn ,karena sy nga tega, jadi sy berpikir untuk nanti klu sudah besar mau dipakaikan implant gigi atau gigi palsu,tapi saat ini anak sy sdh berumur 10 thn dan dia sangat susah diajak kedokter gigi. pernah sy ajak kedokter gigi,dokternya menyarankan untuk mengunakan karet digiginya klu mau tidur tapi dia mengatakan itupun hanya coba2 mudah2an berhasil,jadi sy pikir itu sia2. please yach jawabannya...????? TQ sebelumnya
** semoga semua mahluk hidup berbahagia**

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #46 on: 11 June 2009, 05:12:15 PM »
Menurut saya sis, kalau 10 tahun terlalu kecil pasang implan. Mendingan wait dia sudah smp/sma aja. Kan udah lebih mengerti...soalnya pasang implan kan agak repot. Mesti berkali2 ke dokter gigi, mesti dirontgen, mesti dibuat cetakannya, mesti dibor bikin lubang, mesti dibuat penyangganya, dan terakhir baru pasang implannya.
Tapi, ini pendapat pribadi yah. Saya bukan drg soalnya. Proses pasang implan saya lumayan ngeh soalnya baru2 ini ke drg temenin ortu
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #47 on: 11 June 2009, 05:15:57 PM »
IMO seh, mau pasang implan, saya setuju dengan Ibu Yuri Chan, baiknya sudah ada gede sedikit. Setidaknya menunggu semua gigi susu telah digantikan oleh gigi dewasa.. karena dikhawatirkan jika pemasangan impan pada sejak dini, ketika gigi susu masih ada mala akan menghambat pertumbuhan gigi dewasa nantinya.. but just my IMO.. karena bukan bidang aye juga.. bidang aye ya kalau mau meredakan sakit gigi obatnya apa.. :P


Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #48 on: 12 June 2009, 03:59:15 PM »
Menyambung pendapat bapak Forte,
gigi taring saya baru tumbuh umur 12 tahun. Jadi, baiknya memang tunggu saja sudah lebih  dewasa dan keluar semua.
Thanks, Pak Forte...
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #49 on: 15 June 2009, 04:06:10 PM »
mau tanya dung ,
gusi saya kok makin hari makin menurun yach ?
gimana mencegahnya ?
tolong solusinya yach ,
cos gw takut tar lama2 makin turun , gigi gw yang kliatan panjang .
hee . .
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #50 on: 20 June 2009, 08:24:00 PM »
mau tanya dung ,
gusi saya kok makin hari makin menurun yach ?
gimana mencegahnya ?
tolong solusinya yach ,
cos gw takut tar lama2 makin turun , gigi gw yang kliatan panjang .
hee . .
jadi vampire dong hehehe

btt..
maw nanya juga ttg gigi ama para pengasuh board kesehatan ini soal gigi yg tumbuh di saat dewasa.
nah.. pertumbuhan gigi yg paling akhir di gw koq kaya proyek pembangunan yg terbengkalai ya? terhenti gitu. kira2 kenapa yah?
appamadena sampadetha

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #51 on: 24 June 2009, 01:48:56 AM »
ada web tentang kesehatan Gigi, serta tanya jawab, informasi dll

silakan : http://**************

please read our rule.. kalau mau copas aja ke sini..
« Last Edit: 24 June 2009, 02:27:05 AM by Forte »
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Raya Ditthi

  • Sebelumnya: lia.oc
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 165
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #52 on: 24 June 2009, 12:21:34 PM »

ada web tentang kesehatan Gigi, serta tanya jawab, informasi dll

silakan : http://**************

please read our rule.. kalau mau copas aja ke sini..


apa tuch aye kurang ngerti  :o :o(maklum agak oneng) :-[ :-[ :-[ :'( :'( :'(
** semoga semua mahluk hidup berbahagia**

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #53 on: 24 June 2009, 01:01:57 PM »

ada web tentang kesehatan Gigi, serta tanya jawab, informasi dll

silakan : http://**************

please read our rule.. kalau mau copas aja ke sini..


apa tuch aye kurang ngerti  :o :o(maklum agak oneng) :-[ :-[ :-[ :'( :'( :'(
maksudnya saya ubah.. ada peraturan di forum ini, dilarang merujuk link, idealnya copas dan pindahin ke sini..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #54 on: 24 June 2009, 03:21:59 PM »
mau tanya dung ,
gusi saya kok makin hari makin menurun yach ?
gimana mencegahnya ?
tolong solusinya yach ,
cos gw takut tar lama2 makin turun , gigi gw yang kliatan panjang .
hee . .

Wahh kita senasib nih, ada gusi saya juga mulai turun
Kenapa bisa begitu yah ?
Ayo dong cepat dijawab .. mana nih dokter giginya ?
 :-t plissz.. plissz.. plissz...

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #55 on: 14 July 2009, 12:31:14 PM »
mau tanya dung ,
gusi saya kok makin hari makin menurun yach ?
gimana mencegahnya ?
tolong solusinya yach ,
cos gw takut tar lama2 makin turun , gigi gw yang kliatan panjang .
hee . .
jadi vampire dong hehehe

btt..
maw nanya juga ttg gigi ama para pengasuh board kesehatan ini soal gigi yg tumbuh di saat dewasa.
nah.. pertumbuhan gigi yg paling akhir di gw koq kaya proyek pembangunan yg terbengkalai ya? terhenti gitu. kira2 kenapa yah?

wah , aye senasib sama bro lokkhi n beo xuvie .

iya nich , gigi paling akhir tumbuh setengah saja en ditutupin sama gusinya sedikit , sehingga makanan sering masuk en susah disikat/dikeluarin kotorannya . takutnya gigi baru ini rusak dulu sebelum tumbuh T__T . plisss help
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #56 on: 14 July 2009, 08:14:29 PM »
 [at]  ^
beoo??  :o hiks..  :(

dana buat proyeknya kurang kali yah makanya terhenti heheheh.. makanan terutama daging sering banget nyangkut. kalo dah gitu, jadi inget lagi aja ama kata-katanya Ajahn Chah. :P
appamadena sampadetha

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #57 on: 19 July 2009, 08:34:00 AM »
Gigi bungsu ya?
Kalo posisi jelek hanya ada 1 solusi..buang. Cabut deh sebelum rusak di dalam dan meradang.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline augustine

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 38
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #58 on: 21 August 2009, 11:34:48 AM »
请问各位朋友,我有听说草莓能弄牙齿变白是不是可以怎样说的?谢谢。

Offline kamala

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 592
  • Reputasi: 44
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #59 on: 21 August 2009, 02:18:57 PM »
mo nanya juga nih
gua yang paling aneh gigi geraham gua tumbuhnya gak ke atas tapi ke samping  :o wa udah xray memang betul pertama wa kira berlubang rupanya....
kata dokter wa mesti dicabut dengan operasi kecil gusinya mesti dipotong dulu jadi wa cabut dengan langkah kaki seribu  ;D
kalo memang mesti cabut wa mau nunggu nanti aja gak sekarang soalnya takut banget mau tambal gigi aja udah gemetaran tangan dan kaki langsung dingin kalo mikirin peralatannya sama bunyi bor nya itu loh nging...................
jadi mesti gimana nih minta saran dari yang ngerti deh TQ
Daripada seribu kata yang tak berarti,
adalah lebih baik sepatah kata yang bermanfaat,
yang dapat memberi kedamaian kepada pendengarnya.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #60 on: 21 August 2009, 02:28:11 PM »
请问各位朋友,我有听说草莓能弄牙齿变白是不是可以怎样说的?谢谢。
sis.. saya hargai kepintaran anda dalam berbahasa mandarin..
namun u/ board ini tidak tepat.. :) m aaf ya.. karena ini board kesehatan

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #61 on: 21 August 2009, 06:31:16 PM »
Gigi bungsu ya?
Kalo posisi jelek hanya ada 1 solusi..buang. Cabut deh sebelum rusak di dalam dan meradang.
tp ini posisinya bukannya jelek. hanya saja proyeknya tanggung kaya proyek monorel, terbengkalai. :P
jadi kaga sempurna gitu, nyisain sela antara gigi bungsu dg gigi yg laen. akibatnya, makan terutama daging sering nyelip. :-[
appamadena sampadetha

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #62 on: 21 August 2009, 06:55:39 PM »
Hohoho...I used to have the same problem like yours. Dibiarkan saja bertahun-tahun, diusahain disikat tapi tak pernah bisa bener2 bersih..sampai beberapa tahun kemudian eng..ing..eng..
Divonis: BUSUK dan meradang oleh drg. Harus segera dibuang. Karena saat itu lagi hamil, I can't do anything, cuman bisa treatment aja.
parahnya lagi, gigi itu berteman baik dengan saraf di badan kita loh. Jadi kalo tak diperhatikan, si gigi curhat ke saraf terus temen2nya ikutan ngambek..wew, sakitnya bukan main.
Percaya deh, bukannya nakutin atau apa. Buang selagi kita masih sehat.
Apalagi, biar pun nyisain rongga kosong di tengah, tapi kalo bersihinnya kurang maksimal, akhirnya bisa bikin gigi yang sebelahnya rusak di pinggirannya.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #63 on: 21 August 2009, 07:13:57 PM »
heueuhe.. ngga disikat biar lepas biasanya, ngga pake tusuk gigi juga, meski sambil setengah frustrasi tapi sekalian dijadiin sesi melatih otot paling kuat di tubuh: LIDAH! jreng jreng.. ;D
tp ada sisi positipnya juga kok sis yuri.. kalo dah nyelip, jadi inget kata2nya Ajahn Chah ttg penderitaan: "saat kita menderita ya spt daging yg nyelip di sela gigi. begitu susahnya mengeluarkan sehingga kita mengatakan 'besok besok ga mau makan daging lagi', dan setelah dikeluarkan besok besoknya kita kembali makan daging dan lupa penderitaan hari kemaren." Nah lho? ;D
moga moga gw kaga ampe kejadian gigi busuk deh.. aminn.. [-o<
appamadena sampadetha

Offline augustine

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 38
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #64 on: 12 October 2009, 05:19:10 PM »
U/ Forte : terima kasih atas penjelasannya. dan saya minta maaf untuk itu. ada yang ingin saya tanyakan, apakah buah strawberry bisa membantu dalam proses pemutihan gigi? tks.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #65 on: 12 October 2009, 06:00:12 PM »
U/ Forte : terima kasih atas penjelasannya. dan saya minta maaf untuk itu. ada yang ingin saya tanyakan, apakah buah strawberry bisa membantu dalam proses pemutihan gigi? tks.
ada pro kontra mengenai hal ini. Namun yang saya ketahui, penggunaan strawberry dalam pemutihan gigi itu hanya menggunakan strawberry seperti penyamak untuk melepaskan kotoran2 yang berwarna di gigi.
Pribadi, saya belum menemukan literatur yang membenarkan penggunaan strawberry ini, dan efek sampingnya ke depan. karena jujur saja, sepengetahuan saya strawberry itu bersifat asam juga, dan penggunaan dalam jangka waktu lama akan merusak gigi juga..
« Last Edit: 12 October 2009, 06:03:45 PM by Forte »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline augustine

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 38
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #66 on: 12 October 2009, 06:44:43 PM »
U/ Forte : terima kasih.

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
RE:
« Reply #67 on: 15 February 2010, 03:03:22 PM »
Kalau utk kasus gi2 berlubg baikny dcbt aja or blh dtambl?
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline calon_arahat

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 26
  • Gender: Female
  • On the journey of life..
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #68 on: 15 February 2010, 05:05:58 PM »
Kalau utk kasus gi2 berlubg baikny dcbt aja or blh dtambl?
diliat kasusnya.. klo lubangnya kecil ya ditambal aja.. klo lubangnya udah parah banget, keknya harus dicabut..
tp berdasarkan pengalaman sih ada org2 tertentu yg ga mau repot, walaupun lubangnya kecil lgs minta dicabut.. krn dirasa lebih praktis.. krn kadang klo gigi lubang gitu hrs perawatan dulu jd perlu ke drg bbrp kali, klo orgnya males pergi ke drg berkali2 orgnya sendiri lgs minta dicabut..
The health of my patients will be my first consideration..

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #69 on: 16 February 2010, 12:07:19 AM »
wew..sayang banget gara2 berlubang doank minta dicabut. bikin implan tuh mahal banget lo, bayarnya pake dollar pula. mending tambel aja deh
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #70 on: 16 February 2010, 08:04:39 AM »
Kalo tambal takut juga sih kadang kalo bersihinnya ga akurat takutny suka sakit lagi, kalo cabut pasang gigi palsu aja x lebih mudah ga akan kasus sakit gigi lagi
 ;D
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #71 on: 10 May 2010, 11:05:28 AM »
mau tanya,, gigiku banyak yang ditambal tapi tiap kali ditambal dokternya gka pernah matikan saraf gigiku
katanya sekali tambal aja bisa, banyak gigiku yang begitu tapi kok kalo makan kadang berasa senut yah? tiap kali minta dokter gigi bongkar n di matikan sarafnya kok dokternya selalu gka mau yah? memangnya mematikan saraf gigi berbahaya yah?
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #72 on: 10 May 2010, 11:21:09 AM »
sneut-senut...mungkinkah ada tambalan yang retak?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Raya Ditthi

  • Sebelumnya: lia.oc
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 165
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #73 on: 10 May 2010, 12:56:32 PM »
Sis/Bro _/\_


Minta  infonya Dr Gigi Ortodonti yg  praktek daerah Tangerang donk...???

Klu bisa  yg prakteknya sendiri bkn di RS....biar lebih murah..biayanya...!!!! :) :)

TQ,be4 _/\_
** semoga semua mahluk hidup berbahagia**

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #74 on: 10 May 2010, 01:12:11 PM »
tangerang kan luas sis, di bagian mana
There is no place like 127.0.0.1

Offline Raya Ditthi

  • Sebelumnya: lia.oc
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 165
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #75 on: 11 May 2010, 07:39:12 AM »
Quote
tangerang kan luas sis, di bagian mana

Tangerang, Kotanya....!!!!!
Posisi anggap saja dari Pasar Lama/Kisamaun/Kotabumi
** semoga semua mahluk hidup berbahagia**

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #76 on: 14 May 2010, 09:19:03 PM »
sneut-senut...mungkinkah ada tambalan yang retak?
gak mungkin retak karena begitu tambal timbul senut2nya
semua gigiku yang baru ditambal begitu, dan gigiku sudah gak cocok ditambal amalgam musti tambal laser
tapi tetep saja masi merasa sedikit senut. sebenernya salah penambalan atau salah gigiku c?
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #77 on: 17 May 2010, 06:24:34 PM »
kebanyakan gigi yang ditambal pasti akan mengalami snut...snut :))
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #78 on: 25 February 2011, 09:32:10 PM »
Mau tanya, aku punya gigi bungsu yg miring uda di panoramik... Tp tidak sakit, hrskah operasi? Tkt n mahal... ‎​‎​O(╥﹏╥)o

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #79 on: 25 February 2011, 10:39:07 PM »
kalo tidak menggangu yah ngak perlu lah ;D.
tapi kalo mengganggu gigi depannya, atau posisinya menyebabkan banyak sisa makanan berkumpul, atau mulai berlubang, atau ada keluhan lain, seperti gigi yang mengganjal sebaiknya diangkat saja giginya ;D.

kalo bisa sih, dicabut sama kenalan dokter gigi aja, biar menggunakan harga pertemanan ;D.

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #80 on: 25 February 2011, 10:47:25 PM »
 [at]  comel tq... Kayanya mesti ke sp. Bedah mulut deh... Biayanya 2,5jt... Ga mengganggu sih,plg ga rapi dikit aja, tp disuru bgsan cabut tkt infeksi, tp 4 gigi bungsuku miring semua...mendingan cbt atas ato bwh dl ya? Huhuhu takut bngt...

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #81 on: 25 February 2011, 11:02:51 PM »
hm... ke dokter gigi aja ;D.
lebih murah dikit ;D.
cari dokter yang rame, biasanya lebih pengalaman,
terus jangan lupa bawa giginya pulang untuk ditaruh di bawah bantal :)).
hehehe... bukan itu sih maksudnya,
biar kita tahu dicabut secara sempurna atau tidak giginya ;D.

lebih baik gigi bawah dulu, tapi harus dilihat posisinya sih, jadi tergantung dokternya juga ;D.
kalo mau minta dicabut 4-4nya langsung, jadi ngak perlu repot-repot lagi :P.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #82 on: 25 February 2011, 11:46:21 PM »
mendingan jangan semuanya sekaligus. kalau kasus tertentu yang susah, mulutnya bakalan cape mangap mulu. kalau kuat, sekali cabut 2, bagian kiri (atas-bawah) atau kanan (atas-bawah) aja. pertimbangannya, kalau sakit pasca pencabutan, sebelah yang satunya masih bisa dipake untuk makan.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #83 on: 25 February 2011, 11:54:40 PM »
♥·♡ τнänκ чöü ♥·♡  masukannya... Hope someday bs siap lahir batin buat cabut sblm sakit hehhe...

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #84 on: 25 February 2011, 11:56:01 PM »
mendingan sih cabut aja, kalau posisinya jelek. mumpung masih muda. kalau udah tua, dokter pun menyerah
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #85 on: 26 February 2011, 07:31:47 PM »
kalo gigi berlubang .. baiknya ditambal atw dicabut aja ?
kalo tanya dokter pasti dijawab ditambal. sayang atuh....
IMO.. jika lubangnya besar, dan rusak parah, mungkin dicabut saja..



Teman-teman sekalian harap jangan mencabut gigi anda walaupun berlubang, sayangilah gigi anda.
Menurut pengalaman saya, jangan biasakan tambal karena tambal cepat rusak, kalau mau juga di sarung (crown) karena sarung bisa tahan puluhan tahun, disebabkan sarung (crown) mengganti email gigi kita yang mudah keropos dengan keramik yang anti keropos.

Dokter gigi memang sering menganjurkan agar ditambal, tapi biasanya tidak tahan lama.
usahakan untuk disarung saja, kecuali....

Hanya kecuali memang sudah tidak bisa ditolong lagi (sudah tidak bisa di sarung/crown).

Di luar negeri umumnya gigi yang berlubang walaupun lubangnya masih kecil tetap di sarung.
Dengan perawatan yang baik, gigi yang di sarung dengan baik bisa tahan sampai anda uzur, bahkan mungkin sampai anda menutup mata.

Mettacittena,
« Last Edit: 26 February 2011, 07:34:48 PM by fabian c »
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline junxiong

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 940
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #86 on: 26 February 2011, 08:26:14 PM »
gigi yang disarung itu permanen yah?
apa kekurangannya sehingga opsi menambal lebih sering dipakai dibandingkan disarung?
"The most likely way for the world to be destroyed, most experts argue, is by accident. That’s where we come in; we’re computer professionals. We cause accidents." - Nathaniel Borenstein

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #87 on: 26 February 2011, 11:19:52 PM »
OmFabian,

sy br dengar istilah "disarung", apa bedanya dengan ditambal ?
koQ bisa sampai tahan lbh lama dari pada ditambal?



salam,
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #88 on: 27 February 2011, 05:44:31 AM »
lagi mempertimbangkan crowning...
ada yg tau berapa ongkos crowning geraham di sana?
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #89 on: 27 February 2011, 09:57:04 AM »
gigi yang disarung itu permanen yah?
apa kekurangannya sehingga opsi menambal lebih sering dipakai dibandingkan disarung?


Kurang tahu juga alasannya bro... tapi tambal atau cabut memang nggak repot (bagi dokter), jadi mungkin dokternya nggak mau repot, atau mungkin dokternya tidak terbiasa crown.

OmFabian,

sy br dengar istilah "disarung", apa bedanya dengan ditambal ?
koQ bisa sampai tahan lbh lama dari pada ditambal?

salam,

Kalau disarung biasanya lapisan email kita dibuang, kemudian diganti dengan lapisan email baru yang terbuat dari keramik, sehingga dentin kita aman dan terlindung oleh email keramik anti keropos.

Sedangkan tambal hanya menutupi lubang gigi.

lagi mempertimbangkan crowning...
ada yg tau berapa ongkos crowning geraham di sana?

Kalau crowning di Indonesia berkisar antara rp 750.000 - up bro... Kadang-kadang kita bisa nego dengan dentistnya bila crowningnya banyak (bila dentistnya praktek sendiri).

Mettacittena,
« Last Edit: 27 February 2011, 10:09:13 AM by fabian c »
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #90 on: 27 February 2011, 10:05:45 AM »
Wahh kita senasib nih, ada gusi saya juga mulai turun
Kenapa bisa begitu yah ?
Ayo dong cepat dijawab .. mana nih dokter giginya ?
 :-t plissz.. plissz.. plissz...

Bro and sis, setahu saya, gusi turun umumnya disebabkan  cara menggosok gigi yang kurang tepat, sehingga gusi semakin lama semakin turun.
« Last Edit: 27 February 2011, 10:29:53 AM by fabian c »
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #91 on: 27 February 2011, 10:20:03 AM »
Mau tanya, aku punya gigi bungsu yg miring uda di panoramik... Tp tidak sakit, hrskah operasi? Tkt n mahal... ‎​‎​O(╥﹏╥)o

Pilihan terbaik dari segi estetika adalah crowning atau kawat (braces) bila memungkinkan, daripada cabut atau tambal.
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #92 on: 27 February 2011, 10:50:20 AM »
 [at] fabian
Tp tumbuhnya didalam gusi, jg ga keliatan diluar... Kayanya di crown/kawat ga ngaruh deh.. Cm takut infeksi aja krn ga kena wkt gosok gigi...

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #93 on: 27 February 2011, 10:57:29 AM »
[at] fabian
Tp tumbuhnya didalam gusi, jg ga keliatan diluar... Kayanya di crown/kawat ga ngaruh deh.. Cm takut infeksi aja krn ga kena wkt gosok gigi...

Kalau tumbuh dalam gusi memang biasanya di operasi buka gusi supaya keluar, atau cabut bila terpaksa. Dokter biasanya lebih mengerti sis....
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Yumi

  • Sebelumnya snailLcy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.353
  • Reputasi: 123
  • Gender: Female
  • Good morning, Sunshine..
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #94 on: 27 February 2011, 01:17:31 PM »
saran dokter gigiku, kalo gigi bungsu masih sembunyi dlm gusi, coba kunyahnya sering2 pake gigi bagian itu, lama2 gusi pembungkusnya terbuka n giginya bisa tumbuh keluar dgn utuh. saya uda coba & berhasil.. jd ga pake buka gusi lagi.
mengenai harus dicabut ato ga nya, lbh baik tanya dokter sis..
Para bhikkhu, fajar berwarna kuning keemasan adalah pertanda awal terbitnya matahari.
Demikian pula, kesempurnaan sila adalah awal timbulnya Jalan Mulia Berunsur Delapan.
~Silasampada Sutta - Suryapeyyala~

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #95 on: 27 February 2011, 03:13:38 PM »
Tq sarannya semua...btw kalo cabut gigi bs mengubah bntk wajah ga? Krn sudah tidak ad penyangganya...♥·♡ τнänκ чöü ♥·♡ 

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #96 on: 27 February 2011, 04:12:31 PM »
kok kenalan dokter gigi yang pernah ngobrol sama saya bilang, jangan sekali2 gigi disarung ya? soalnya gigi bisa busuk di dalam. kalau sampai busuk, ujung2nya mesti dicabut. kalau yang saya tahu sih, untuk pencegahan lubang, gigi diberikan lapisan seal-bentuknya cuma seperti garis tipis. jadi gigi ga cepat bolong..
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #97 on: 27 February 2011, 04:23:26 PM »
iya betul, sarung gigi memang bisa bertahan puluhan tahun. tapi itu yang ditakutkan, busuk di dalam ;D. ayah saya juga pernah pakai sarung gigi, 2-3 tahun yang lalu tiba-tiba giginya patah, dan sepertinya sebelum-sebelumnya juga mulai sakit-sakit juga giginya ;D.

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #98 on: 28 February 2011, 09:06:35 AM »
kok kenalan dokter gigi yang pernah ngobrol sama saya bilang, jangan sekali2 gigi disarung ya? soalnya gigi bisa busuk di dalam. kalau sampai busuk, ujung2nya mesti dicabut. kalau yang saya tahu sih, untuk pencegahan lubang, gigi diberikan lapisan seal-bentuknya cuma seperti garis tipis. jadi gigi ga cepat bolong..
iya betul, sarung gigi memang bisa bertahan puluhan tahun. tapi itu yang ditakutkan, busuk di dalam ;D. ayah saya juga pernah pakai sarung gigi, 2-3 tahun yang lalu tiba-tiba giginya patah, dan sepertinya sebelum-sebelumnya juga mulai sakit-sakit juga giginya ;D.

Sis Yuri dan bro Comel yang baik, kemungkinan penyebab gigi kita busuk di dalam ada beberapa kemungkinan. Tapi bila hal itu terjadi hanya dalam beberapa tahun, penyebab utamanya adalah kecerobohan dokter gigi (karena dokter sudah memakaikan sarung padahal giginya belum bersih benar) atau kecerobohan cara memasang sarungnya yang tidak rapat.

Busuk di dalam juga terjadi pada gigi yang ditambal kurang baik. Tentu saja kita jangan memasang sarung pada gigi yang sehat.

Saya ada memakai sarung gigi sejak dua puluh tahun yang lalu, sampai sekarang masih baik.

Email kita bereaksi dengan asam yang berasal dari makanan sehingga mudah keropos, tapi email tiruan (sarung/crown) tidak bereaksi dengan makanan apapun, selain itu sangat keras sehingga hampir tidak mungkin pecah (karena ada logam penyangga juga dibawahnya).

Bila gigi kita dibersihkan dengan baik (sebelum disarung), dipasang/disarung dengan baik dan dirawat dengan baik maka mudah-mudahan akan bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Mettacittena,
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #99 on: 28 February 2011, 07:25:49 PM »
iya sih om fabian ;D.
ayah saya sendiri menggunakan penutup emas bukannya keramik, itu sekitar tahun 70an deh ;D.
kalo menurut saya sih, karena terjadi penurunan gusi, sehingga yang berlubang adalah bagian bawahnya, bukan yang tertutupi ;D.

tapi untuk tambal lubang, sebenarnya ngak kalah bagus dengan pemakaian sarung gigi ;D.
buktinya gigi tambalan ibu saya, yang kurang lebih sama umurnya dengan gigi ayah saya yang disarung, masih bagus dan kuat ;D.

jadi semuanya tergantung dokternya juga sih ;D.

Offline calon_arahat

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 26
  • Gender: Female
  • On the journey of life..
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #100 on: 01 March 2011, 08:52:22 PM »
Kalau tumbuh dalam gusi memang biasanya di operasi buka gusi supaya keluar, atau cabut bila terpaksa. Dokter biasanya lebih mengerti sis....
setau saya (dari pengalaman ke drg termasuk drg bedah mulut) klo ukuran rahangnya ga memungkinkan buat gigi tsb tumbuh ya harus dioperasi (istilah operasi maksudnya pencabutan gigi yg blm tumbuh, hanya operasi minor saja).. lebih baik dicabut drpd ntar menggesek gigi2 di sebelahnya..
The health of my patients will be my first consideration..

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #101 on: 02 April 2011, 10:16:13 AM »
barusan baca sesuatu yg menggelisahkan...

ternyata tambalan amalgam (yg warna silver) itu mengandung mercury dalam jumlah yg significant.
dan mercury ini setiap hari mengkontaminasi tubuh maupun nafas, terutama setelah digosok atau kena panas...
apakah benar?
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #102 on: 02 April 2011, 11:05:13 AM »
barusan baca sesuatu yg menggelisahkan...

ternyata tambalan amalgam (yg warna silver) itu mengandung mercury dalam jumlah yg significant.
dan mercury ini setiap hari mengkontaminasi tubuh maupun nafas, terutama setelah digosok atau kena panas...
apakah benar?

yap.. benar.. pernah ada juga kontroversi yang hangat mengenai penggunaan amalgam karena adanya kandungan mercury
dan saat ini, penggunaan amalgam sudah sangat2 jarang.. rata2 menggunakan tambal sinar..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #103 on: 02 April 2011, 11:08:38 AM »
yap.. benar.. pernah ada juga kontroversi yang hangat mengenai penggunaan amalgam karena adanya kandungan mercury
dan saat ini, penggunaan amalgam sudah sangat2 jarang.. rata2 menggunakan tambal sinar..
jadi ini benar membahayakan :|
kalo udah terlanjur punya, apakah sebaiknya dicabut dan ganti resin?
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #104 on: 02 April 2011, 11:29:10 AM »
masih banyak koq yg pake amalgalm....

* Sumedho have some amalgalm :|

konon katanya utk bongkar aja ada special procedure supaya dalam bongkarya itu tidak mengkontaminasi karena bakal banyak vapornya, bisa jadi proses ini lebih berbahaya daripada pake aja
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #105 on: 02 April 2011, 11:49:44 AM »
jadi ini benar membahayakan :|
kalo udah terlanjur punya, apakah sebaiknya dicabut dan ganti resin?
terus terang ya. masih kontroversi seh.. ada yang pro.. ada yang kontra.. cuma yang sudah pasti, DILARANG untuk anak2 dan wamil ..
untuk pencabutan amalgam itu sendiri, juga pro dan kontra, di satu sisi ada yang menyatakan karena berbahaya harus dicabut.. di sisi lain, hal ini dijadikan propaganda untuk menakut2i pengguna amalgam itu sendiri, dan biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit + ada resiko rekontaminasi seperti yang dipost oleh bro medho di atas.. untuk solusi rekontaminasi itu dikatakan harus menggunakan senyawa chelat untuk mengikat mercury itu sendiri.. tapi prakteknya gw sendiri juga kurang tahu.. ya hanya sebatas pernah membaca di medscape seh..

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #106 on: 08 May 2011, 03:29:36 PM »
"Konsumsilah Broccoli agar gigi Anda sehat & kuat"

 _/\_ SSBS
 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #107 on: 08 May 2011, 08:09:37 PM »
"Konsumsilah Broccoli agar gigi Anda sehat & kuat"

 _/\_ SSBS
share dikit donk bro.. mengapa konsumsi broccoli anda anjurkan..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #108 on: 08 May 2011, 08:16:47 PM »
BROKOLI (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.
Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin.


Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker.
Manfaat brokoli bagi kanker payudara
Meskipun telah diketahui mengkonsumsi sayuran tertentu, seperti brokoli, dapat membantu mencegah kanker payudara, tapi belum diketahui mekanisme bagian aktif di dalam sayur-mayur itu menghalangi penyebaran sel.

Beberapa ilmuwan di University of California, Santa Barbara, melaporkan penelitian baru mereka telah memperlihatkan bagaikan energi penyembuhan sayur itu bekerja pada tingkat sel di Washington, Selasa (23/12). Hasil studi tersebut disiarkan di dalam jurnal Carcinogenesis, terbitan Desember.


“Orang dapat melindungi diri dari kanker payudara dengan memakan sayur yang dapat dikonsumsi seperti kubis dan keluarga dekatnya seperti brokoli dan kembang kol,” kata penulis utama studi Olga Azarenko.

“Sayuran ini berisi zat yang disebut ‘isothiocyanate’, yang kami percaya bertanggung-jawab atas kegiatan anti-carcinogenik dan pencegahan-kanker dalam sayur-mayur ini,” katanya.

Penelitian mereka dipusatkan pada kegiatan anti-kanker pada salah satu bahan itu, yang disebut “sulforaphane”, atau SFN.
Hal itu sudah diperlihatkan mengurangi peristiwa tersebut dan tingkat tumor payudara yang disebabkan oleh bahan kimia pada hewan. Zat tersebut menghalangi pertumbuhan sel kanker payudaya pada manusia, yang mengakibatkan kematian sel.

Para peneliti membuat temuan mengejutkan, SFN mencegah penyebaran sel tumor manusia oleh satu mekanisme yang serupa dengan cara obat anti-kanker “taxol” dan “vincristine” menghalangi pembagian sel selam “mitosis”yaitu proses pembagian genom yang telah digandakan oleh sel ke dua sel identik yang dihasilkan oleh pembelahan sel.

Namun SFN jauh lebih lemah dibandingkan dengan obat lain yang berdasar tanaman, sehingga tidak terlalu banyak mengandung racun.
“SFN mungkin menjadi bahan pencegahan kanker yang efektif karena SFN menghalangi penyebaran dan membunuh sel pra-kanker,” kata para penulis studi tersebut.

Bahan itu juga mungkin digunakan sebagai tambahan bagi “taxol” dan obat lain yang serupa guna meningkatkan keefektivan pembunuhan sel tumor tanpa peningkatan keracunan.

Sumber :
id.wikipedia.org
republika.co.id



jadi bagian mana ya kalau brokoli dapat menguatkan gigi?  :-?
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #109 on: 08 May 2011, 09:22:24 PM »
Broccoli Nutrition facts:

Serving Size (88g)
Amount per serving
Calories 30    Calories from Fat 3
Hide Daily Values    % Daily Value*
Total Fat 0g    0%
     Saturated Fat 0g    0%
Cholesterol 0mg    0%
Sodium 29mg    1%
Total Carbohydrates 6g    2%
     Dietary Fiber 2g
     Sugars 1g
Protein 2g
Vitamin A    12%        Vitamin C    131%
Calcium    4%        Iron    4%
Thiamin    4%        Riboflavin    6%
Niacin    3%        Pantothenic Acid    5%
Vitamin B6    8%        Potassium    8%
Phosphorus    6%        Magnesium    5%
Zinc    2%        Copper    2%
* Percent Daily Values are based on a 2,000 calorie diet.

 [at]  Kandungan kalsium & fosfor serta mineral2 lainnya pada sayuran brokoli dapat memperkuat(menyehatkan) gigi  _/\_

 [at]  Cb cr2 artikel ttg brokoli untuk kesehatan dan kekuatan gigi di google  _/\_

 _/\_ SSBS

 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline CandraWie

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 145
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #110 on: 11 May 2011, 08:42:44 PM »
 _/\_

bro n sis...
ada yg tau ttg masalah plak/karang gigi ga?
apa ya yg menyebabkan karang gigi? masalahnya karang gigi sudah dibersihkan, tp kok cuma bertahan 3-4 bulan, trus kluar lagi karang gigi nya...
pola makanan seperti apa yg menimbulkan karang gigi?

mohon pencerahannya...  ^:)^
..lebih baik melihat ke dalam cermin dan perbaiki yg ada daripada selalu melihat ke luar jendela dan mengeluhkan apa yg ada...

Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #111 on: 11 May 2011, 08:51:50 PM »
Jawaban (menurut pengetahuan sy)  :) :

Penyebab plak gigi: makanan manis2, pola sikat gigi yg krng bnr, etc.

Solusi: jd-lah vegetarian, kurangi makan manis2, sikat gigi scr bnr, periksa ke dentist min 2x/thn, dan konsumsilah Broccoli.

Semoga info ini bermanfaat  ;)

 _/\_ SSBS
 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #112 on: 11 May 2011, 10:16:48 PM »
Jawaban (menurut pengetahuan sy)  :) :

Penyebab plak gigi: makanan manis2, pola sikat gigi yg krng bnr, etc.

Solusi: jd-lah vegetarian, kurangi makan manis2, sikat gigi scr bnr, periksa ke dentist min 2x/thn, dan konsumsilah Broccoli.

Semoga info ini bermanfaat  ;)

 _/\_ SSBS

hm.. jadi pengen usil..

apa hubungan vegetarian dengan hal ini ?
vegetarian juga konsumsi nasi, yang juga merupakan karbo seperti gula. gak percaya, kunyalah nasi lama2, maka enzim ptialin yang ada di saliva anda akan menguraikannya dan memberi rasa manis. jadi stop propaganda vege dengan cara yang tidak ilmiah. dan tolong jelaskan :

1. bagaimana mekanisme pembentukan plak gigi sebagai landasan anda mengemukakan hindari manis untuk mencegah plak ?
2. apakah memakan yang manis seperti aspartam, saccharin, stevia juga menyebabkan plak gigi ?
3. kenapa harus broccoli ? banyak makanan yang mengandung calsium, dan tahukah anda bagaimana proses penyerapan calsium ?

silakan kita berdiskusi.. ;D
« Last Edit: 11 May 2011, 10:20:15 PM by Forte »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #113 on: 12 May 2011, 06:58:11 AM »
Jawaban-jawaban dr pertanyan Bro Forte dpt di search di internet  :)

Sekian & terima kasih serta mohon maaf bila sy ada salah kt ;)

 _/\_ SSBS
 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #114 on: 12 May 2011, 09:12:34 AM »
Jawaban-jawaban dr pertanyan Bro Forte dpt di search di internet  :)

Sekian & terima kasih serta mohon maaf bila sy ada salah kt ;)

 _/\_ SSBS
hmm..
sebelumnya saya jelaskan dulu, saat ini banyak sekali berita2 simpang siur kesehatan yang beredar di internet.
Jadi misal kalau bro bener2 tidak tahu, alangkah baiknya jangan ikut menyebarkan, kecuali kalau bro ada dasar yang kuat untuk membenarkan statement bro sebelumnya.

Di sisi lain, idealnya bro juga belajar mempertanggungjawabkan tulisan sendiri, dan hindari propaganda seperti ini jika anda sendiri tidak bisa mempertanggungjawabkannya.

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #115 on: 12 May 2011, 09:19:08 AM »
dah lama ga dengar kata2 "idealnya...."  :))
pikochan, forte ahli kesehatan lo, jd kalo ada pertanyaan2 tanya forte aja.... ^-^

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #116 on: 12 May 2011, 09:26:34 AM »
_/\_

bro n sis...
ada yg tau ttg masalah plak/karang gigi ga?
apa ya yg menyebabkan karang gigi? masalahnya karang gigi sudah dibersihkan, tp kok cuma bertahan 3-4 bulan, trus kluar lagi karang gigi nya...
pola makanan seperti apa yg menimbulkan karang gigi?

mohon pencerahannya...  ^:)^
saya mencoba menjawab ya..
plak gigi itu sebenarnya dikategorikan sebagai biofilm, yang terbentuk dari adanya koloni dari bakteri (biasanya bakteri Streptococcus)+hasil produknya, absorbsi dari sisa2 makanan yang tertinggal (kebanyakan berupa protein). Biasanya plak yang terbentuk jika masih tipis bisa dibersihkan dengan gampang. Namun jika sudah tebal maka akan membutuhkan bantuan dokter untuk membersihkannya.

Jadi tidak hanya gula seperti yang dituduhkan pikochan dalam propaganda vege nya, protein juga bisa menjadi biang kerok.
Solusi yang bisa dilakukan untuk orang awam selain gosok gigi adalah berkumur. Bakteri kebanyakan aktif pada pH rendah. pH yang rendah biasanya ditimbulkan jika makanan terlalu lama tinggal di mulut, dan mengalami pembusukan. Jadi berkumurlah sesudah makan agar sisa2 makanan bisa dibuang dan mengembalikan pH mendekati normal. 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #117 on: 12 May 2011, 09:28:04 AM »
dah lama ga dengar kata2 "idealnya...."  :))
pikochan, forte ahli kesehatan lo, jd kalo ada pertanyaan2 tanya forte aja.... ^-^
sebenarnya saya pribadi tidak masalah jika pikochan menjawab.. cuma agak tidak suka jika sedikit2 harus dihubungkan dengan "keagungan praktek vegetarian" tanpa ada pembuktian secara ilmiah.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline CandraWie

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 145
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #118 on: 12 May 2011, 09:53:03 AM »
 _/\_
Jawaban (menurut pengetahuan sy)  :) :

Penyebab plak gigi: makanan manis2, pola sikat gigi yg krng bnr, etc.

Solusi: jd-lah vegetarian, kurangi makan manis2, sikat gigi scr bnr, periksa ke dentist min 2x/thn, dan konsumsilah Broccoli.

Semoga info ini bermanfaat  ;)

 _/\_ SSBS

thanks info nya ttg brokoli bro pikochan...  :D

saya mencoba menjawab ya..
plak gigi itu sebenarnya dikategorikan sebagai biofilm, yang terbentuk dari adanya koloni dari bakteri (biasanya bakteri Streptococcus)+hasil produknya, absorbsi dari sisa2 makanan yang tertinggal (kebanyakan berupa protein). Biasanya plak yang terbentuk jika masih tipis bisa dibersihkan dengan gampang. Namun jika sudah tebal maka akan membutuhkan bantuan dokter untuk membersihkannya.

Jadi tidak hanya gula seperti yang dituduhkan pikochan dalam propaganda vege nya, protein juga bisa menjadi biang kerok.
Solusi yang bisa dilakukan untuk orang awam selain gosok gigi adalah berkumur. Bakteri kebanyakan aktif pada pH rendah. pH yang rendah biasanya ditimbulkan jika makanan terlalu lama tinggal di mulut, dan mengalami pembusukan. Jadi berkumurlah sesudah makan agar sisa2 makanan bisa dibuang dan mengembalikan pH mendekati normal.

thanks info nya bro Forte...
tanya lagi... kalo makanan atau minuman panas, itu memicu karang gigi atau tidak?
 ???
..lebih baik melihat ke dalam cermin dan perbaiki yg ada daripada selalu melihat ke luar jendela dan mengeluhkan apa yg ada...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #119 on: 12 May 2011, 10:09:19 AM »
kita bicara soal panas, idealnya tidak menyebabkan karang gigi, namun bisa menyebabkan menipisnya lapisan pelindung gigi yang disebut dengan enamel gigi. Selain enamel gigi, ada juga penelitian yang menyatakan konsumsi makanan / minuman panas juga bisa menyebabkan penipisan lapisan lendir di sepanjang saluran cerna
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #120 on: 12 May 2011, 03:36:43 PM »
bro forte apakah makanan/minuman dingin juga bersifat sama dengan makanan/minuman panas? makanan yang asam juga bagaimana?
pls share..
kalo iya beneran harus menjaga suhu dan rasa makanan nih ???
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #121 on: 12 May 2011, 03:59:38 PM »
bro forte apakah makanan/minuman dingin juga bersifat sama dengan makanan/minuman panas? makanan yang asam juga bagaimana?
pls share..
kalo iya beneran harus menjaga suhu dan rasa makanan nih ???
maksudnya ? bisa diperjelas ?
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #122 on: 12 May 2011, 05:13:54 PM »
maksudku kalo td bro forte bilang makanan/miniman yang bersuhu panas bisa menyebabkan menipisnya lapisan pelindung gigi yang disebut dengan enamel gigi, bisa juga menyebabkan penipisan lapisan lendir di sepanjang saluran cerna, apakah makanan yang dingin, asam dlsb juga bisa menyebabkan hal yang sama?
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #123 on: 12 May 2011, 07:21:53 PM »
maksudku kalo td bro forte bilang makanan/miniman yang bersuhu panas bisa menyebabkan menipisnya lapisan pelindung gigi yang disebut dengan enamel gigi, bisa juga menyebabkan penipisan lapisan lendir di sepanjang saluran cerna, apakah makanan yang dingin, asam dlsb juga bisa menyebabkan hal yang sama?
sis sering post berita kesehatan bukan ? menurut pendapat sis sendiri gimana ? **usil md on
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #124 on: 12 May 2011, 07:34:54 PM »
ya udah kalo bro ga mo kasih tau aku cr di google aja moga aja nemu..thks bro..
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #125 on: 12 May 2011, 08:00:02 PM »
Wah kk forte kok jd usil, ayo kstw cc dewi, tar ngambek loh ​​​​HE³³E³;){^⌣^}HE³³E³;)³E³:D

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #126 on: 12 May 2011, 08:02:50 PM »
Wah kk forte kok jd usil, ayo kstw cc dewi, tar ngambek loh ​​​​HE³³E³;){^⌣^}HE³³E³;)³E³:D

waduh ga lah dek masa ngambek sama forte?
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #127 on: 12 May 2011, 08:21:03 PM »
ya udah kalo bro ga mo kasih tau aku cr di google aja moga aja nemu..thks bro..
1. gw tidak ada bilang gw tidak mau kasih tahu.. gw hanya nanya sis, menurut sis gmn krn sis banyak post berita kesehatan, idealnya ya berita kesehatan itu dibaca kan ;D salah ?
2. good luck kalau mau cari tahu sendiri..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #128 on: 12 May 2011, 09:03:24 PM »
1. gw tidak ada bilang gw tidak mau kasih tahu.. gw hanya nanya sis, menurut sis gmn krn sis banyak post berita kesehatan, idealnya ya berita kesehatan itu dibaca kan ;D salah ?
2. good luck kalau mau cari tahu sendiri..

mengenang masa lalu...... apakah begitu sis ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #129 on: 12 May 2011, 09:08:32 PM »
mengenang masa lalu...... apakah begitu sis ?

maksudnya apa yak ???
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #130 on: 12 May 2011, 09:18:53 PM »
dewi, jika anda ingin cari sendiri di google, silakan.. selanjutnya plz :backtotopic:
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #131 on: 12 May 2011, 09:33:47 PM »
dari kemarin cari data soal hubungan mengkomsumsi brokoli dengan gigi kok enggak ketemu ya , .. :-?
ada member yang tau? mohon di share
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #132 on: 12 May 2011, 10:16:07 PM »
dewi, jika anda ingin cari sendiri di google, silakan.. selanjutnya plz :backtotopic:

waduh koq aku yang ditegur, buset deh bener2 lg dites kesabaran.. :(
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #133 on: 12 May 2011, 11:45:43 PM »
maksudnya apa yak ???

masa lalu dgn F*2tE
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #134 on: 12 May 2011, 11:46:50 PM »
dewi, jika anda ingin cari sendiri di google, silakan.. selanjutnya plz :backtotopic:

(soal gigi) atau Aditya aja...(tanya dulu calonArahat)....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #135 on: 13 May 2011, 09:06:10 AM »
dewi, jika anda ingin cari sendiri di google, silakan.. selanjutnya plz :backtotopic:

hayo kk.... liat mata ci dewi uda berkaca2 loh.....

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #136 on: 13 May 2011, 12:39:26 PM »
hayo kk.... liat mata ci dewi uda berkaca2 loh.....

no coment deh

Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #137 on: 13 May 2011, 06:44:26 PM »
Cie Dew........silahkan pakai sapu tangan sy  :) ........dan ini ada secangkir  ~o) utk

 Cie Dew........serta sekuntum  :rose: yg diisi dgn  :x

 _/\_ SSBS
« Last Edit: 13 May 2011, 06:47:00 PM by PIKOCHAN RAPTOR »
 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #138 on: 12 July 2011, 12:06:58 PM »
mau tanya bersihin karang gigi seharusnya berapa lama sekali?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #139 on: 12 July 2011, 07:56:22 PM »
mau tanya bersihin karang gigi seharusnya berapa lama sekali?
idealnya seh 6 bulan sekali ya..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Apache

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 16
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Re: Kesehatan Gigi
« Reply #140 on: 10 November 2014, 10:38:42 PM »
Nah kebetulan ada dokter gigi disini, aku mau nanya nih
Gigi sy yang belakang udh patah nah patahnya sama dengan permukaan gusi jd kyk ada lubang gt. Syarafnya udh dimatikan jd ga ada rasa apa2 skrg.
Nah yang jd pertanyaan skrg kalo gosok gigi dibagian yang ujung td di sikat giginya suka ada darah dikit. Apa itu gpp? Kalo digosok vertikal si ga masalah cm kalo pas lubangnya digosok ada darah dikit di sikatnya.
Mohon masukannya ya. Terima kasih

 

anything