Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...  (Read 409859 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #315 on: 02 April 2009, 09:45:17 AM »
Theravada bilang pakai bahasa Pali, mana yang benar...? lebih aman buka buku sejarah.....
Apakah ini jawaban ? Apakah bro Purnama sudah memahami?
darimana anda dapat ?
Kalo saya dapatnya dari Eksklopedia Buddhis . Saya mau tanya anda mau berniat provokasi aliran ?
Kalo Provokasi aliran udah gak jaman. Sayang banget ternyata ada orang mengaku dirinya aliran tera tapi masih prokasi aliran.

Percuma belajar Abidhamma, sutta,dan sebagainya cuman buat menujukan keegoisan dan keintelektualan diri.
Saya cuman mengingatkan para clonengan Abidhamma,sutta dan sebagai bukan untuk meyombongkan diri sendiri, tapi buat mengikis diri dari ke egoan dalam diri. Jangan bisa teori saja prateknya juga dari sikap anda

Kalo anda niat Prokavokasi, dan hanya ,menyombongkan diri mu. bro Sabdo palon Anda salah menafirkan kemampuan anda dalam dhamma yang sesungguh tercipta.



aiyooooo........... bro purnama
calm down lah

ga da ye, tuh namanya provokasi

tar TS nya marah loh :P
« Last Edit: 02 April 2009, 09:48:32 AM by naviscope »
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline ENCARTA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 797
  • Reputasi: 21
  • Gender: Male
  • love letters 1945
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #316 on: 02 April 2009, 09:45:36 AM »
saya setujuh ama bro sabdo. bagaimana melepaskan ego ? kalau sudah bisa melepaskan bearti kan kita sudah......
masih melanjutkan ke mahayana, bukan kah bolak balik jadinya.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #317 on: 02 April 2009, 09:56:10 AM »
saya setujuh ama bro sabdo. bagaimana melepaskan ego ? kalau sudah bisa melepaskan bearti kan kita sudah......
masih melanjutkan ke mahayana, bukan kah bolak balik jadinya.

g aja mahayana, bisa belajar teravada juga dari Jimmy lominto, Dia aja bisa mahayana dan tera dijuga maha, Bahkan g belajar aliaran lain kok masih tetap di agama Buddha. gak ada bolak balik tuh malah tetap Buddhis. Orang tera juga ada yang bisa mahayana kok masih tetap di tera ngak pake acara serang menyerang.

Intinya apa ?.hanya menunjukan keegoisan diri saja, kalo itu ditunjukan buat apa thread ini dibuka. Bikin cape nulis dan emosi saja yang ada

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #318 on: 02 April 2009, 10:00:28 AM »
Jadi bagaimana? Apakah semua sepakat bahwa Samyaksambuddha juga adalah seorang Arahat? :-?
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline ENCARTA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 797
  • Reputasi: 21
  • Gender: Male
  • love letters 1945
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #319 on: 02 April 2009, 10:00:44 AM »
dari pada tidak ada kerjaan bos ;D

kalau konsepnya beda, dipikirin juga jadinya kacau. jadi sekarang kalau saya, ambil 1 - 1 dulu
cuma kalau tera dibilang di bawah maha kan gimana yah

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #320 on: 02 April 2009, 10:03:21 AM »
^
^
^
benar tah?
buku sejarah belum tentu benar loh
bahkan sudah dipolitisir sedemikian rupa,

ambil contoh aja buku sejarah kita bro... :P

no offense loh

untuk lebih jelasnya mari kita tanya ke bro kainyn kutho, ato maybe bro2 lain ada yang tahu
setahu saya emang dulu sang buddha pakai bahasa Sansekerta, bahkan saya sudah mengklarisisapi dengan teman2 saya yang dari aliran si itu tuch... ^_^

Mudahnya dipahami tidak perlu diributkan. Kalau orang yang sudah memiliki kebijakan tinggi dan kebajikan yang tinggi. Orang tersebut bs bisa tanpa aliran apapun. Orang memiliki pancaran kebuddhaan yang sesungguhnya, Sudah tidak memiliki Ego dalam diri. Kalau anda mau mempelajari mahayana, mudahnya Lepaskan Ego dalam pikiran anda baru anda bisa mengerti

_/\_

apakah itu yang dinama kan, buddhayana tah?

Saya tidak begitu tahu tentang ini. Kalau yang saya pernah baca, Buddha tidak menggunakan 1 dialek tertentu dalam berkhotbah. Kalau dari Sutta-sutta, Buddha kebanyakan berdiam di daerah Magadha, dan Magadha kuno menggunakan bahasa yang bentuknya mirip dengan yang kita kenal sekarang sebagai Pali.


Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #321 on: 02 April 2009, 10:05:20 AM »
saya setujuh ama bro sabdo. bagaimana melepaskan ego ? kalau sudah bisa melepaskan bearti kan kita sudah......
masih melanjutkan ke mahayana, bukan kah bolak balik jadinya.

g aja mahayana, bisa belajar teravada juga dari Jimmy lominto, Dia aja bisa mahayana dan tera dijuga maha, Bahkan g belajar aliaran lain kok masih tetap di agama Buddha. gak ada bolak balik tuh malah tetap Buddhis. Orang tera juga ada yang bisa mahayana kok masih tetap di tera ngak pake acara serang menyerang.

Intinya apa ?.hanya menunjukan keegoisan diri saja, kalo itu ditunjukan buat apa thread ini dibuka. Bikin cape nulis dan emosi saja yang ada


Purnama,
anda mahayanist, kok belajar theravada? bukankah seorang mahayanist sudah melampaui theravada dengan menerapkan dalil, Theravada=TK, mahayana=SD, vajrayana=SMP

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #322 on: 02 April 2009, 10:12:59 AM »
Purnama,
anda mahayanist, kok belajar theravada? bukankah seorang mahayanist sudah melampaui theravada dengan menerapkan dalil, Theravada=TK, mahayana=SD, vajrayana=SMP

Yang dibilang TK itu 'kan "Hinayana", bro Indra. Bukan Theravada :)

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #323 on: 02 April 2009, 10:16:59 AM »
ngomporin mode on  >:D

trus Theravada masuk mana?

Playgroup ???
i'm just a mammal with troubled soul



Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #324 on: 02 April 2009, 10:18:35 AM »
Purnama,
anda mahayanist, kok belajar theravada? bukankah seorang mahayanist sudah melampaui theravada dengan menerapkan dalil, Theravada=TK, mahayana=SD, vajrayana=SMP

ngak lah bro Indra
semua sama saja bro.
Yang penting kita ngak buat egois diri, Lah Dhamma buat apa dibuat ?. lagi pula bro indra yang buat pernyataan tersebut siapa bro indra. Bukan saya lokh. bro indra kan tau. Lagi pula
Si G itu masih terlalu muda bro indra makanya saya nasehatkan dia supaya belajar dewasa, bro indra bisa liat saya kan saya juga bela teravada dalam hal ini ketika si G berbuat kesalahan.

Saya masih baik lokh bro Membiarkan dia mengubah diri, Terus terang aja kemarin si G, di nasehatin sama pakar budaya supaya ubah sikap dulu kalau mau maju.

Saya belajar semua supaya saya bisa menghargai satu aliran dengan aliran lain, termasuk aliran agama lain, ngak langsung cap sesat kalau itu sudah menjurus SARA, sudah menjurus provokasi, Sudah menjurus Merusak sistem masyarakat seperti Provaksi seperti tetangga kita FLG baru lah saya mengatakan itu tidak baik dilakukan, Selama Dhamma mengajarkan kebaikan, cinta kasih, dan juga emosi kita berkurang Why not.

Bukan kah dalam sang Buddha ada kalimat " Dhamma ada dimana mana".

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #325 on: 02 April 2009, 10:19:18 AM »
Purnama,
anda mahayanist, kok belajar theravada? bukankah seorang mahayanist sudah melampaui theravada dengan menerapkan dalil, Theravada=TK, mahayana=SD, vajrayana=SMP

Yang dibilang TK itu 'kan "Hinayana", bro Indra. Bukan Theravada :)

Maafkan kesalahanku, Thanks Bro Kain

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #326 on: 02 April 2009, 10:19:29 AM »
dari pada tidak ada kerjaan bos ;D

kalau konsepnya beda, dipikirin juga jadinya kacau. jadi sekarang kalau saya, ambil 1 - 1 dulu
Belajar satu per satu dan kemudian pilih yang cocok, memang langkah yang tepat.


Quote
cuma kalau tera dibilang di bawah maha kan gimana yah
Kenapa harus terusik? Bagaimana kalau dibilang agama anda ga bakalan selamat, "bergantung" pada manusia (Buddha), bukan Tuhan, dan lain sebagainya. Sama saja, yang terusik sebetulnya ego 'kan? Ego itulah yang bikin menderita.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #327 on: 02 April 2009, 10:23:01 AM »
Maafkan kesalahanku, Thanks Bro Kain

 _/\_


ngomporin mode on  >:D

trus Theravada masuk mana?

Playgroup ???
Tidak relevan dimasukkan ke mana pun, karena sudut pandang "yana"-nya sendiri berbeda. Ini nanti seperti menanyakan, "Lucifer ada di neraka Avici yah?", sementara sudut pandang yang percaya "lucifer" dan "avici" 'kan sudah beda.


Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #328 on: 02 April 2009, 10:25:21 AM »
saya mau ada pekerjaan banyak dulu, saya belum bisa bahas banyak, moga - moga kalau ada waktu saya bisa bahas lagi. Cuman berharap jangan saling mencela aja dalam diskusi

cunda

  • Guest
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #329 on: 02 April 2009, 10:29:45 AM »
Purnama,
anda mahayanist, kok belajar theravada? bukankah seorang mahayanist sudah melampaui theravada dengan menerapkan dalil, Theravada=TK, mahayana=SD, vajrayana=SMP

Yang dibilang TK itu 'kan "Hinayana", bro Indra. Bukan Theravada :)

namaste suvatthi hotu

Kata "Hinayana" merujuk pada aliran yang bukan Mahayana, walaupun Theravada menolak disebut Hinayana

Thuti