Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...  (Read 409857 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #300 on: 02 April 2009, 02:52:33 AM »
sering kalau kitab di "karang-karang" dan tidak jeli, maka timbul banyak pertanyaan-pertanyaan yang "mencurigakan", karena terjadi in-konsistensi.

bagaimana mengetahui kitab itu di"karang-karang"?

mending kalau kitab itu konsep-nya beda sendiri... kalau nyambung konsep orang... itu-lah akibatnya banyak terjadi celah celah inkonsistensi...
pernyataan judgemental..jgn salahin ajarannya kalo emank kga isa mengerti
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #301 on: 02 April 2009, 07:48:33 AM »
sering kalau kitab di "karang-karang" dan tidak jeli, maka timbul banyak pertanyaan-pertanyaan yang "mencurigakan", karena terjadi in-konsistensi.

bagaimana mengetahui kitab itu di"karang-karang"?

mending kalau kitab itu konsep-nya beda sendiri... kalau nyambung konsep orang... itu-lah akibatnya banyak terjadi celah celah inkonsistensi...
pernyataan judgemental..jgn salahin ajarannya kalo emank kga isa mengerti
Tapi om edward, yang mengerti apakah banyak?
Sepertinya hanya segelintir orang yang mengerti deh, umat kebanyakan hanya di berikan semacam IMAN bahwa dengan baca begini maka akan ke sini apakah merka mengerti arti membaca sutra2 tsb :D
Atau memang ajarannya begitu? supaya tidak di mengerti?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline coedabgf

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 946
  • Reputasi: -2
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #302 on: 02 April 2009, 08:32:07 AM »
 [at]  ryu
itu pertanyaannya sama juga gak... dengan pertanyaan 'memang yang telah mencapai pencerahan/arahat/keBuddhaan banyak gak?'.
apa sebabnya napa gak ngerti? (mode on : tanya napa?)
iKuT NGeRumPI Akh..!

cunda

  • Guest
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #303 on: 02 April 2009, 08:41:49 AM »
[at] Romo Cunda = Keq na Ajaran nya banyak Terkontaminasi oleh kebudayaan setempat jadinya membinggungkan.......... ???.  Mudah-mudahan saya saja yang Binggung..... ^:)^

 _/\_
Gunawan S S

namaste suvatthi hotu

Bagaikan orang yang akan memilih beras, maka sebelum memilih kita harus tahu terlebih dahulu: mana beras, mana gabah dan mana batu.
Kemudian kita harus tahu apakah yang mau kita tanak? beraskah, gabahkah atau batukah?

Teliti terlebih dahulu mana yang ajaran Buddha, mana yang cuma berlabel ajaran Buddha, dan yang mana pembodohan.
Kemudian yang mau kita pelajari yang mana, ajaran Buddhakah?, ajaran yang cuma berlabel ajaran Buddha, atau pembodohan?

Belajar teori ajaran Buddha memerlukan keyakinan terhadap pencerahan Buddha, tanpa keyakinan tersebut kita akan sulit mnerimanya.

kemudian setelah mengetahui teori secara intelektual segeralah realisasikan, dengan praktek yang benar maka baik secara bertahap ataupun secara langsung pemahaman "tingkat intelektual" makin jelas, keyakinan pun makin jernih dan sedikit demi sedikit "kepercayaan membuta" memudar.

Semoga kita juga bisa menembus makna yang tersurat dan tersirat melalui kebijaksanaan yang muncul dari latihan pengembangan batin (bhavana).

Semoga bermanfaat

Thuti





Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #304 on: 02 April 2009, 08:57:51 AM »
^
^
^
bisa tlg dijelaskan mana yang berlabel ajaran buddha saja?

mana yang asli ajaran buddha saja?
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #305 on: 02 April 2009, 09:01:30 AM »
[at] Romo Cunda = Keq na Ajaran nya banyak Terkontaminasi oleh kebudayaan setempat jadinya membinggungkan.......... ???.  Mudah-mudahan saya saja yang Binggung..... ^:)^

 _/\_
Gunawan S S

At bro gun, semua aliran agama buddha itu sudah membaur dengan kebudayaan setempat termasuk Teravada. Tapi dalam aliran Teravada evolusi pembaurannya tidaklah sebesar di mahayana. Inilah Yang menyebabkan Aliran ini masih eksis dengan sistem yang bertahan selama Ratusan tahun. Dibanding Mahayana memiliki evolusi budaya, Waktu dan tempat dimana pun aliran ini berada, perbandingannya adalah dalam Mahayana itu sangat flesksibel dalam pembauran budaya.

Selama Pembauran tersebut masih tidak melanggar 8 jalan kebenaran, 4 kesunyataan mulia dan Pancasila Buddhis masih bisa diterima dengan baik. Dalam Mahayana Sangha boleh menambahkan Pengetahuan Dhamma dalam kapasitas tertentu syaratnya pun minimal dia sudah mencapai tingkatan Arahat. dalam hal ini Ia sudah memiliki Alam kebijaksanaan yang paling tinggi.

Paling gampang bro Gun u mau percaya yang mana, yang sesuai dengan konsep anda, cukup lah anda jalani, orang lain memiliki kepercayaan konsep lain tidak perlu diributkan atau dipaksakan.

Memang benar Harus liat liat tidak semua aliran buddhis itu Sesuai dengan ajaran. Tapi paling minimal Ada garis besarnya itu sesuai tidak dengan diri kita.

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #306 on: 02 April 2009, 09:07:39 AM »
^
^
^
bro purnama

aku tidak bisa tidak setuju sama kamu bro ... :P

IMO,
Ajaran Buddha kan aslinya dari india, emang kita harus ke India-India an gitu,
Buktinya ngak kan, di Thailand tidak mencoba ke India - India an ?

apa bedanya donk ama agama tetangga sebelah yang mencoba ke barat barat an?
apa bedanya donk ama agama tetangga sebelah yang mencoba ke gurun pasir gurun pasir an?

salam piss n love,

navis
« Last Edit: 02 April 2009, 09:12:10 AM by naviscope »
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #307 on: 02 April 2009, 09:19:09 AM »
Bukan india kaleee Agama Buddhis itu tapi Nepal ;D.

teravada tuh eksitensinya bertahan dengan ajarannya karena tidak secara langsung membaur. Kalo Di thailand mah udah ngak Pure Teravada lagi Bro. Udah ada berapa aliran disana, selain itu mereka ada sembayang dewa dan arahat lainya contoh kecil Se mien Fo, Bahkan di Thailand Anggulimala di tung tung cep sama Hio ;D.

So jadi masalahnya adalah sistem yang bertahan dalam tera, tidak langsung mengubah paradigma dan dogma dalam ajaran. Di India juga mengalami pembakaran sutta tera oleh kaum tetangga kita yang mayoritas agamanya dinegeri ini. So jadi buat apa toh saling menjelekan.



Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #308 on: 02 April 2009, 09:22:19 AM »
^
^
^
oh iya, nepal, sori2

I AM SORI
I AM KHILAF

tapi koq sang buddha kita mirip orang india ya...

oh ya, kalau ngomong asli asli nya, dulu dulu bukan nya sang buddha sendiri pakai bahasa Sansekerta
kenapa sekarang diganti ya? tanya ken apa?

salam piss n love,

navis
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline sabdo palon

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 1
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #309 on: 02 April 2009, 09:23:43 AM »
Kalau di Mahayana, Arahat 'kan bukan tingkat akhir, tapi masih pertengahan, kenapa julukan itu dipakai untuk Buddha?
Karena Arahat adalah tingkat bawah, jadi seperti mengatakan X dokter, lulusan SMU. Sebetulnya 'kan dengan adanya "dokter", tidak perlu disebutkan lagi "lulusan SMU"-nya.


kita tanyakan kepada sesepuh yang menciptakan Mahayana kalo begitu, bahkan mereka mengakui di setiap kitabnya seorang Sammsambuddha bergelar Bhagavan Arahate Samyaksambuddha dan tidak menuliskan Boddhisatvayam Tathagatanam Samyaksambuddhanam.

dan spekulasi gw adalah menurut Mahayana, Arahat sendiri sudah mencicipi nibbana dan mereka berdiam disitu tanpa mengajarkan pengetahuan itu kepada banyak makhluk,menurut Mahayana,sebenarnya Arahat ini bisa keluar dari keadaaan parinibbana total dan mengambil jalan menuju Sammasambuddha. jadi dalam Mahayana,sebenarnya Arahat bukanlah dipandang kecil dan Bodhisatva lebih tinggi, melainkan mereka yang menikmati Nibbana seharusnya memperpanjang kehidupannya untuk mengajarkan Dhamma kepada makhluk hidup. ini juga untuk Pacceka Buddha yang berbuat sama, Nibbana sendiri.

Bagaimana dengan Bodhisattva? apakah mereka sudah mencicipi Nibbana belum? Lalu apakah yang dicicipi oleh Sammasambuddha? Apa tujuan pencapaian keBuddhaan?

Bingung.... aku bingung.....

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #310 on: 02 April 2009, 09:26:52 AM »
Mudahnya dipahami tidak perlu diributkan. Kalau orang yang sudah memiliki kebijakan tinggi dan kebajikan yang tinggi. Orang tersebut bs bisa tanpa aliran apapun. Orang memiliki pancaran kebuddhaan yang sesungguhnya, Sudah tidak memiliki Ego dalam diri. Kalau anda mau mempelajari mahayana, mudahnya Lepaskan Ego dalam pikiran anda baru anda bisa mengerti

_/\_

Offline sabdo palon

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 1
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #311 on: 02 April 2009, 09:28:27 AM »
^
^
^
oh iya, nepal, sori2

I AM SORI
I AM KHILAF

tapi koq sang buddha kita mirip orang india ya...

oh ya, kalau ngomong asli asli nya, dulu dulu bukan nya sang buddha sendiri pakai bahasa Sansekerta
kenapa sekarang diganti ya? tanya ken apa?

salam piss n love,

navis

Theravada bilang pakai bahasa Pali, mana yang benar...? lebih aman buka buku sejarah.....

Offline sabdo palon

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 1
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #312 on: 02 April 2009, 09:29:42 AM »
Mudahnya dipahami tidak perlu diributkan. Kalau orang yang sudah memiliki kebijakan tinggi dan kebajikan yang tinggi. Orang tersebut bs bisa tanpa aliran apapun. Orang memiliki pancaran kebuddhaan yang sesungguhnya, Sudah tidak memiliki Ego dalam diri. Kalau anda mau mempelajari mahayana, mudahnya Lepaskan Ego dalam pikiran anda baru anda bisa mengerti

_/\_

Apakah ini jawaban ? Apakah bro Purnama sudah memahami?
« Last Edit: 02 April 2009, 09:31:14 AM by sabdo palon »

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #313 on: 02 April 2009, 09:32:43 AM »
^
^
^
benar tah?
buku sejarah belum tentu benar loh
bahkan sudah dipolitisir sedemikian rupa,

ambil contoh aja buku sejarah kita bro... :P

no offense loh

untuk lebih jelasnya mari kita tanya ke bro kainyn kutho, ato maybe bro2 lain ada yang tahu
setahu saya emang dulu sang buddha pakai bahasa Sansekerta, bahkan saya sudah mengklarisisapi dengan teman2 saya yang dari aliran si itu tuch... ^_^

Mudahnya dipahami tidak perlu diributkan. Kalau orang yang sudah memiliki kebijakan tinggi dan kebajikan yang tinggi. Orang tersebut bs bisa tanpa aliran apapun. Orang memiliki pancaran kebuddhaan yang sesungguhnya, Sudah tidak memiliki Ego dalam diri. Kalau anda mau mempelajari mahayana, mudahnya Lepaskan Ego dalam pikiran anda baru anda bisa mengerti

_/\_

apakah itu yang dinama kan, buddhayana tah?
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #314 on: 02 April 2009, 09:39:20 AM »
Theravada bilang pakai bahasa Pali, mana yang benar...? lebih aman buka buku sejarah.....
Apakah ini jawaban ? Apakah bro Purnama sudah memahami?
darimana anda dapat ?
Kalo saya dapatnya dari Eksklopedia Buddhis . Saya mau tanya anda mau berniat provokasi aliran ?
Kalo Provokasi aliran udah gak jaman. Sayang banget ternyata ada orang mengaku dirinya aliran tera tapi masih prokasi aliran.

Percuma belajar Abidhamma, sutta,dan sebagainya cuman buat menujukan keegoisan dan keintelektualan diri.
Saya cuman mengingatkan para clonengan Abidhamma,sutta dan sebagai bukan untuk meyombongkan diri sendiri, tapi buat mengikis diri dari ke egoan dalam diri. Jangan bisa teori saja prateknya juga dari sikap anda

Kalo anda niat Prokavokasi, dan hanya ,menyombongkan diri mu. bro Sabdo palon Anda salah menafirkan kemampuan anda dalam dhamma yang sesungguh tercipta.