Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha  (Read 112371 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #60 on: 21 March 2009, 12:04:57 PM »
mod upasaka
mau tanya jadi maksudnya karma kita tuh dapat di ubah ya???
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #61 on: 21 March 2009, 11:40:25 PM »
[at] chubby

Kamma atau karma itu adalah "perbuatan" / "action". Landasan dari perbuatan atau aksi ini adalah kehendak (cetana).

Kalau maksud Anda ; "Apakah kamma dapat ditanggulangi?"... Maka jawabannya adalah "A BIG YES".
Semua perbuatan pada umumnya akan memunculkan akibat. Akibat ini dapat ditanggulangi dengan perbuatan-perbuatan yang lain.


Punya hobi menanggulangi kamma buruk,
upasaka

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #62 on: 22 March 2009, 07:53:19 PM »
hooh maksudnya misalakan kita emang nasibnya buruk terus kita ubah gitu...
gimana caranya menanggukanginya????
hal apa aja yang harus dilakukan biar kita bisa merasakan hasilnya segera?
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #63 on: 22 March 2009, 08:13:57 PM »
[at] chubby

Cara pandang terhadap suatu hal menjadi dasar pikiran. Pikiran yang diamalkan menjadi perbuatan. Perbuatan yang sering dilakukan menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang terpelihara menjadi sifat. Sifat yang dijalani akan memunculkan kejadian yang relatif sama. Paduan kejadian adalah nasib.

Jadi, sudah tahu 'kan apa yang harus dilakukan untuk merubah nasib?


paranormal mode on,
upasaka

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #64 on: 22 March 2009, 08:39:40 PM »
haduh bro upasaka kenapa sih kalo ngmg selalu belibet banget
aku dari dulu baca tulisanmu suka binggung
ini aja dah baca berkali2 masi binggung maklum aku rada lola
yang aku tangkep tuh ya..
cara pandang kita itu yang menetukan nasib kita gitu?
bener gak bro mohon penjelasannya sekali lagi  _/\_ _/\_ _/\_
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #65 on: 22 March 2009, 08:45:35 PM »
haduh bro upasaka kenapa sih kalo ngmg selalu belibet banget
aku dari dulu baca tulisanmu suka binggung
ini aja dah baca berkali2 masi binggung maklum aku rada lola
yang aku tangkep tuh ya..
cara pandang kita itu yang menetukan nasib kita gitu?
bener gak bro mohon penjelasannya sekali lagi  _/\_ _/\_ _/\_

Peringatan kepada Mod Upasaka...SP1
"Jangan bikin orang bingung"

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #66 on: 22 March 2009, 08:49:08 PM »
[at] chubby

Oke... :)

Maksudnya kalau kita pingin merubah nasib, kita harus mengubah cara pikir kita dulu. Nanti semuanya kebawa secara otomatis. Kalau cara pikir kita jadi lebih baik, kita akan banyak berbuat hal yang baik. Jadinya nasib kita bisa berubah lebih baik.


Di dunia nyata gak ribet,
upasaka

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #67 on: 22 March 2009, 08:49:31 PM »
[at] Indra

SP1 accepted.

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #68 on: 22 March 2009, 09:11:31 PM »
nah gitu dunk bro...
to the point jadinya gak bikin binggung.. :) :)
hehe sori tapi jadinya bro kena sp1
tapi thanks bgt baut penjelasannya
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #69 on: 22 March 2009, 11:20:49 PM »
[at] chubby

Cara pandang terhadap suatu hal menjadi dasar pikiran. Pikiran yang diamalkan menjadi perbuatan. Perbuatan yang sering dilakukan menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang terpelihara menjadi sifat. Sifat yang dijalani akan memunculkan kejadian yang relatif sama. Paduan kejadian adalah nasib.

Jadi, sudah tahu 'kan apa yang harus dilakukan untuk merubah nasib?


paranormal mode on,
upasaka


Selain kita dpt memperdalam ilmu pengetahuan (jenjang pendidikan), menambah kekayaan dgn berdagang, ada juga cara memperbanyak keberuntungan.

Apa yg harus dilakukan utk merubah nasib? (maksudnya nasib baik atau buruk)?
jadi pertanyaan diatas maksunya kira2...

Bagaimana menambah keberuntungan dlm hidup kita?

Ada 4 hal yg bila dilakukan akan memperbanyak keberuntungan kita.

1. Memperbanyak kesempatan

Bergaulah sebanyak teman2 yg baik dan mengontak mereka2 dgn eMail, sms, dll. Selain teman2 lama dirawat, perbanyaklah teman2 baru! Buatlah rencana berapa teman baru yg akan bertambah tiap bulan, tiap tahun, dll... Anda juga dpt memperbanyak teman dgn sebagi Magnet Sosial, spt penulis, penyanyi, MOD di forum, dll, dll

2. Gunakan insting anda..
Utk mendapatkan keberuntungan, kita harus dpt membuat keputusan yg tepat dan benar. Maka org2 yg memiliki insting baik lebih beruntung dari yg tidak. Dengan meditasi, dan pikiran yg jernih kita akan memiliki insting yg lebih baik dari yg tidak (pikiran jahat, ngamun, dll)

3. Bersyukurlah dan mengharapkan rejeki baik
Orang yg bershykur dan selalu mengharapkan rejeki baik akan mendapatkan rejeki baik yg lebih banyak lagi. Mulailah hari2 anda dgn bersyukur dan mengharapkan rejeki baik! Katakanlah pada teman anda... bahwa ini hari anda sangat rejeni... karna jalan tidak macet. Hargainlah setiap kejadian yg baik dan mengharapkan lebih banyak lagi.

4. Merubah kejadian buruk menjadi peluang yg baik
Org yg memiliki rejeki baik tidak terpuruk pada kejadian yg buruk. Mereka selalu dgn cepat dan sigap dapat melihat peluang baik didalam kejadian buruk tsb. Mereka tidak mengeluh dan menyesal atas kejadian tsb. Malah dgn cermat mengamati peluang2 yg ada dibalik kejadian buruk tsb.

Mobil anda mogok di jalan dan tidak ada yg membantu :
Bagaimana menerapkan strategis No.4 ?
Spoiler: ShowHide

Wahhh kelihatannya business mobil gerek peluang yg baik, utk mengatasin masalah mobil mogok di jalan!



Demikianlah 4 hal tsb bisa dicoba!...

Menurut saya penjelasan bro Upasaka tidak jelimet...mungkin tanggapan org lain berbeda....
Biasanya jawaban2 bro Upasaka sangat bisa diandalkan koq... (begitu juga yg ITU)...

bagaimana menurut yg lain?

Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #70 on: 22 March 2009, 11:44:04 PM »
:)

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #71 on: 23 March 2009, 09:15:20 AM »
wah bro johan makasi buat penjelasan lanjutanya...
hehe mungkin menurut  bro jelas tapi menurut saya belibet harap di maklumin soalny saya eamng agak lola.. hehe :)
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #72 on: 23 March 2009, 09:47:14 AM »
 :backtotopic:

Dalam perjalanan Gautama menjadi Buddha...

setelah Gautama menjadi Buddha, menurut info...
Buddha hanya cukup tidur SATU jam per hari...

Saya baru baca info tsb beberapa hari yg lalu...
Apakah bener hal tsb? soalnya gw belum pernah mendengarnya!

Apakah bener manusia tidak perlu banyak tidur?

thanks!  :whistle:
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #73 on: 23 March 2009, 12:06:41 PM »
[at] chubby

Cara pandang terhadap suatu hal menjadi dasar pikiran. Pikiran yang diamalkan menjadi perbuatan. Perbuatan yang sering dilakukan menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang terpelihara menjadi sifat. Sifat yang dijalani akan memunculkan kejadian yang relatif sama. Paduan kejadian adalah nasib.

Jadi, sudah tahu 'kan apa yang harus dilakukan untuk merubah nasib?


paranormal mode on,
upasaka


Selain kita dpt memperdalam ilmu pengetahuan (jenjang pendidikan), menambah kekayaan dgn berdagang, ada juga cara memperbanyak keberuntungan.

Apa yg harus dilakukan utk merubah nasib? (maksudnya nasib baik atau buruk)?
jadi pertanyaan diatas maksunya kira2...

Bagaimana menambah keberuntungan dlm hidup kita?

Ada 4 hal yg bila dilakukan akan memperbanyak keberuntungan kita.

1. Memperbanyak kesempatan

Bergaulah sebanyak teman2 yg baik dan mengontak mereka2 dgn eMail, sms, dll. Selain teman2 lama dirawat, perbanyaklah teman2 baru! Buatlah rencana berapa teman baru yg akan bertambah tiap bulan, tiap tahun, dll... Anda juga dpt memperbanyak teman dgn sebagi Magnet Sosial, spt penulis, penyanyi, MOD di forum, dll, dll

2. Gunakan insting anda..
Utk mendapatkan keberuntungan, kita harus dpt membuat keputusan yg tepat dan benar. Maka org2 yg memiliki insting baik lebih beruntung dari yg tidak. Dengan meditasi, dan pikiran yg jernih kita akan memiliki insting yg lebih baik dari yg tidak (pikiran jahat, ngamun, dll)

3. Bersyukurlah dan mengharapkan rejeki baik
Orang yg bershykur dan selalu mengharapkan rejeki baik akan mendapatkan rejeki baik yg lebih banyak lagi. Mulailah hari2 anda dgn bersyukur dan mengharapkan rejeki baik! Katakanlah pada teman anda... bahwa ini hari anda sangat rejeni... karna jalan tidak macet. Hargainlah setiap kejadian yg baik dan mengharapkan lebih banyak lagi.

4. Merubah kejadian buruk menjadi peluang yg baik
Org yg memiliki rejeki baik tidak terpuruk pada kejadian yg buruk. Mereka selalu dgn cepat dan sigap dapat melihat peluang baik didalam kejadian buruk tsb. Mereka tidak mengeluh dan menyesal atas kejadian tsb. Malah dgn cermat mengamati peluang2 yg ada dibalik kejadian buruk tsb.

Mobil anda mogok di jalan dan tidak ada yg membantu :
Bagaimana menerapkan strategis No.4 ?
Spoiler: ShowHide

Wahhh kelihatannya business mobil gerek peluang yg baik, utk mengatasin masalah mobil mogok di jalan!



Demikianlah 4 hal tsb bisa dicoba!...

Menurut saya penjelasan bro Upasaka tidak jelimet...mungkin tanggapan org lain berbeda....
Biasanya jawaban2 bro Upasaka sangat bisa diandalkan koq... (begitu juga yg ITU)...

bagaimana menurut yg lain?



dear bro johan,

setahu saya, mengharap keberuntungan itu adalah pamrih, yg notabene merupakan pemupukan Lobha

bisa terlihat dari no 1 dimana seharusnya memperluas pergaulan adl utk berbuat lebih bagi org lain, bukan utk kepentingan diri sendiri

apa kesemuanya tidak membuat kita semakin jauh dari pengikisan dosa, lobha dan moha?

bukankah buddhism justru mengajarkan utk memahami bhw semua hal adl anicca, dukkha dan antta sehingga jika terjadi masalah/vipaka buruk, batin kita bisa menganggap sebagai 1 kewajaran dan justru membuat kita terpacu utk mengurangi perbuatan buruk kita?

metta

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Perjalanan Hidup Siddhattha Gotama menjadi Sang Buddha
« Reply #74 on: 23 March 2009, 12:08:30 PM »
:backtotopic:

Dalam perjalanan Gautama menjadi Buddha...

setelah Gautama menjadi Buddha, menurut info...
Buddha hanya cukup tidur SATU jam per hari...

Saya baru baca info tsb beberapa hari yg lalu...
Apakah bener hal tsb? soalnya gw belum pernah mendengarnya!

Apakah bener manusia tidak perlu banyak tidur?

thanks!  :whistle:

jangankan manusia yg sempurna spt Buddha, manusia biasa yg sudah uzur saja, tidak perlu tidur sebanyak mereka yg masih muda kok

lama tidur bayi berkisar 20 - 22 jam
org dewasa 6 - 8 jam

dari sini saja makin terlihat bhw semakin tua seseorg, wkt tidurnya akan makin sedikit