Buddha dan Cinta Kasih

Started by Petrus, 18 November 2008, 01:45:25 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

hatRed

 [at]  all

harap merepliy yang dapat menjadikan pengertian buat Petrus, karena awal kecekcokan antar agama dimulai dari saling tidak mengerti dan mempertanyakan. alangkah baiknya kita memberikan pengertian kepada Petrus tentang Buddhisme. sehingga Petrus (dan alangkah baiknya sobat2 ka****k Petrus) dapat memahami dan dapat saling menghargai apa yang menjadi pegangan masyarakan Buddhis
i'm just a mammal with troubled soul



andrew

Quote from: hendrako on 18 November 2008, 09:03:49 PM


Lalu Musa berkata kepada Allah:"Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya?- apakah yang harus kujawab kepada mereka?" Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kau katakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu.

Keluaran 3, 13-14



lanjutannya nih ...

ada ajaran merampas/ merampok ...

keluaran 3 : 22

tetapi tiap-tiap perempuan harus meminta dari tetangganya dan dari perempuan yang tinggal di rumahnya, barang-barang perak dan emas dan kain-kain, yang akan kamu kenakan kepada anak-anakmu lelaki dan perempuan; demikianlah kamu akan merampasi orang Mesir itu."



_/\_

hatRed

 [at] Ricky
Pandangan benar sebatas sebagai arahat
i'm just a mammal with troubled soul



hendrako

Quote from: andrew on 18 November 2008, 09:24:40 PM
Quote from: hendrako on 18 November 2008, 09:03:49 PM


Lalu Musa berkata kepada Allah:"Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya?- apakah yang harus kujawab kepada mereka?" Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kau katakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu.

Keluaran 3, 13-14



lanjutannya nih ...

ada ajaran merampas/ merampok ...

keluaran 3 : 22

tetapi tiap-tiap perempuan harus meminta dari tetangganya dan dari perempuan yang tinggal di rumahnya, barang-barang perak dan emas dan kain-kain, yang akan kamu kenakan kepada anak-anakmu lelaki dan perempuan; demikianlah kamu akan merampasi orang Mesir itu."



_/\_


Udah lama ga pernah ngutip alkitab,saya jadi lupa tanda baca antara pasal sama ayat.... thanks bro andrew.
yaa... gitu deh

Reenzia

Quote from: andrew on 18 November 2008, 09:24:40 PM

lanjutannya nih ...

ada ajaran merampas/ merampok ...

keluaran 3 : 22

tetapi tiap-tiap perempuan harus meminta dari tetangganya dan dari perempuan yang tinggal di rumahnya, barang-barang perak dan emas dan kain-kain, yang akan kamu kenakan kepada anak-anakmu lelaki dan perempuan; demikianlah kamu akan merampasi orang Mesir itu."



_/\_


apakah ajaran cinta kasih yang diajarkan-Nya hanya sebatas teori atau hanya sebatas kepada sesama orang yang percaya kepada-Nya?

Riky_dave

Intinya sederhana sekali,Saudara Petrus sudah "mengerti" tetapi batinnya terus menerus "menolak",jadi bisa jadi ini lah pandangan salah(micchi ditthi) yang dikatakan SB?hehehe...Karena "bertanya" tetapi tidak mau "menjawab"?

[at]  Andrew
Adakah hasil mengeluarkan orang dalam tumpukan "kotoran",jika dia menganggap "kotoran" itu lezat? :)

Salam hangat,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Riky_dave

Quote from: hatRed on 18 November 2008, 09:26:31 PM
[at] Ricky
Pandangan benar sebatas sebagai arahat
tidak mengerti,apa maksud anda?berkenankah anda menjelaskan kepada saya yang awam ini? :)

Salam hangat,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

dilbert

Quote from: hatRed on 18 November 2008, 08:37:44 PM
[at] all  &  [at] Petrus

sebenarnya Petrus itu ingin mendalami lebih jauh konsep ke "Aku" an menurut Buddhisme ya

mungkin rekan2 sekalian ada yang bisa membantu, apa itu Ke "Aku" an menurut Buddhisme


lalu sebaiknya
[at] Petrus
Petrus coba deh menjelaskan konsep Ke "Aku" an menurut Petrus itu sendiri. nanti rekan2 yang lain pasti akan share konsep Ke "Aku" an menurut mereka sebagai Buddhisme

kan nantinya cepet beres

dan disini tidak mengharuskan Petrus mengiyakan apa yg rekan2 katakan kok, jadi enjoy aja

Kalau dalam koridor PERTANYAAN berarti memang ada ingin di"ketahui"... tetapi kalau dalam koridor MEMPERTANYAKAN, biasanya yang melakukan hal ini tidak akan memetik apa apa, karena dari awal sudah ada kesan untuk MERENDAHKAN...

Apakah sdr.petrus BERTANYA atau MEMPERTANYAKAN ??
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

k4r1mun

Quote from: Petrus on 18 November 2008, 07:33:01 PM
Quote from: william_phang on 18 November 2008, 07:23:13 PM
Nah bagian manakah yang dinamakan petrus? apakah tangannya? pikirannya?..perutnya kah?... jd tunjukan manakah yg dinamakan petrus?
semuanya, termasuk suaranya.
anda tetap anda walaupun nama anda diganti atau dihilangkan.


bagaimana kalau bagian dari tubuh sdr Petrus diambil lalu dicangkokkan ke orang lain? Bagaimana kalau darah sdr Petrus didonorkan ke orang lain? Apakah bagian dari sdr Petrus juga pindah? Di manakah ada "aku/Petrus" lagi?


andrew

Quote from: Petrus on 18 November 2008, 09:44:45 PM
ada topik baru kesini aja : http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=6333.msg105046;topicseen#msg105046

caranya lari dari pertanyaan ya seperti ini dari kemarin-kemarin...

jawab dulu deh pertanyaan teman-teman disini...

topiknya berbeda


_/\_

sobat-dharma

Quote from: Petrus on 18 November 2008, 09:08:23 PM

udah gak usah diperpanjang saya sudah tahu konsep AKU menurut Buddha. Konsep AKU menurut Buddha akan terealisasi ketika anda menjadi Arahat. Konsep yang dipaksakan dimana anda diminta menghilangkan ke AKU an tapi tidak bisa.
Bukan konsep yang datang dari pengakuan dari nurani yang paling dalam.


Yeaa... Anda memang serba tahu... ;D
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Nevada

Cinta kasih yg universal adalah tidak pilih kasih, tidak melekat, tidak mengharapkan pamrih.

Karena itu Metta (cinta-kasih) tidak mungkin menjadi penghalang bagi seseorang untuk mencapai kesucian. Justru Metta adalah salah satu faktor yg berfungsi sebagai fondasi dalam menuju ke Kesempurnaan (bagian dari perbuatan baik).


K.K.

Quote from: reenzia on 18 November 2008, 09:29:10 PM
Quote from: andrew on 18 November 2008, 09:24:40 PM

lanjutannya nih ...

ada ajaran merampas/ merampok ...

keluaran 3 : 22

tetapi tiap-tiap perempuan harus meminta dari tetangganya dan dari perempuan yang tinggal di rumahnya, barang-barang perak dan emas dan kain-kain, yang akan kamu kenakan kepada anak-anakmu lelaki dan perempuan; demikianlah kamu akan merampasi orang Mesir itu."



_/\_


apakah ajaran cinta kasih yang diajarkan-Nya hanya sebatas teori atau hanya sebatas kepada sesama orang yang percaya kepada-Nya?
Ini adalah perjanjian lama yang "muncul" pada waktu perang. Dalam Perjanjian Baru, diajarkan Yesus untuk mengasihi bahkan musuh sendiri. Mengasihi saudara, teman dilakukan semua orang termasuk para pendosa, orang-orang yang tidak mengenal Allah. Jika memang ingin mengikuti Yesus, maka harus mengasihi semua orang, termasuk musuh sendiri.

Lukas 6:32
"If you [merely] love those who love you, what quality of credit and thanks is that to you? For even the [very] sinners love their lovers (those who love them)."

Matius 5:46-47
"For if you love those who love you, what reward can you have? Do not even the tax collectors do that?
And if you greet only your brethren, what more than others are you doing? Do not even the Gentiles (the heathen) do that?"




Quote from: reenzia on 18 November 2008, 04:48:16 PM
piya apaan ya kk kainyn? mohon pencerahan _/\_

terima kasih

Piya adalah suatu rasa kemelekatan yang timbul karena interaksi bathin orang dengan kondisi yang ditemui. Piya ini muncul karena keterkondisian objek, seperti seorang pria menyukai wanita karena paras eloknya, bentuk tubuh indah, suaranya dan lain-lain.
Sama juga perasaan yang muncul dari seorang Buddhis ketika melihat teman yang 'sesama Buddhis' maka 'cinta' kemelekatan itu muncul. Piya ini karena terkondisi, maka tentu saja tidak kekal (anicca) dan adalah menyedihkan (dukkha).

Jadi di beberapa thread ada Kr1sten menyerang Buddhis dan Buddhis menyerang Kr1sten, menurut saya pribadi, semua hanya berdasarkan 'piya' walaupun bicara indah tentang kasih.

bond

Yuk kita fangsen lepasin guk-guk  belinya di PET SHOP , sebagai bentuk kasih terhadap makhluk hidup :))
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada