Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kopitiam  (Read 257221 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #150 on: 04 July 2008, 08:59:05 PM »
Pantes...

'Ai tio DI'...

Cuma temen gw dari riau yang pake 'di'... ;D
Sio sang larrrrrr.. be ing di.. be ing lie.. it's ok2 saja lar.. :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Kopitiam
« Reply #151 on: 04 July 2008, 09:08:07 PM »
medan pake 'lu'... ahahaha...
kadang temen gw yang riau pake 'le'...

satu pulau aja uda 4 macem geto...

Offline hartono238

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 295
  • Reputasi: 8
Re: Kopitiam
« Reply #152 on: 04 July 2008, 09:08:38 PM »
wow, ada pekan lang toh, ingat kopitiam, ingat kedai kopi yg di pekan, wow, , ramai amat , padahal rasa biasa saja, pakai apa dia ya :)

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Kopitiam
« Reply #153 on: 04 July 2008, 09:14:25 PM »
iong kong thau lo... :))

Offline hartono238

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 295
  • Reputasi: 8
Re: Kopitiam
« Reply #154 on: 04 July 2008, 09:18:04 PM »
hahahah, ngak tahu deh, mau tanya resep dia sih :), kakuzo di pekan juga >?

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Kopitiam
« Reply #155 on: 04 July 2008, 09:22:59 PM »
nope... medan bah... horas!

*uda  bukan orang pekan, nuduh si acek pake kong thau. maap Cek, becanda ;D

Offline an_atta

  • Sebelumnya: Titin
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 108
  • Reputasi: 15
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #156 on: 04 July 2008, 09:27:31 PM »
Shifu2 yg medan lang, ai mui ko, tolong dicek dl ya, ada yg salah/ngga. kam sia :)

mik kia = barang
o / ok = belajar
sin = baru
wa = bahasa (nadanya mirip ama wa = saya)
kong wa = bicara
ho = kasih / beri
ho mik kia = kasih barang
adik laki-laki = sio ti
adik perempuan = sio moi
om = a ku (saudara dari mama) ; ko tio (saudara dari papa)
tante = a kim (saudari dari mama) ; ko ko (saudari dari papa)
sepupu / keponakan = sun na (gua lupa yang mana)
ipar = ci hu
e = ketika
si = ketika
e si = Ketika(jangka waktu yang lama)

mau tny lg : ai mui ko/koi
seng keng --> utk Tipitaka bisa?
kotbah = to li
berdoa = ki to

tio = betul
tio tio = betul sekali
siapakah kamu? =de se siang ?
wa a boi sio bat kak lu lang = saya belum kenal sama kalian semua

wa se khi medan >> saya kecil di medan

wa tong kim cok kang khi... >> saya sekarang kerja di...

minum susu = lim guleng

tidur = khun
sekolah = tha che
nonton tv = khua tiense
cha sio pui = nasi babi
Kita nonton yuk : khua hi yok
Mau nonton film apa? : ai khua ha mi?
Kamu benar2 cantik malam ini : lu kime ane sui
ku ca tua khi medan = dulu tinggal di medan
tapi i lang pua khi jkt liau = tapi mereka akhirnya pindah ke jakarta
wa kau lak hoi tua khi medan = aku sampe umur 6 tahun tinggal di medan

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #157 on: 04 July 2008, 09:51:54 PM »
Shifu2 yg medan lang, ai mui ko, tolong dicek dl ya, ada yg salah/ngga. kam sia :)

mik kia = barang (riau = mi kia)
o / ok = belajar
in = baru
wa = bahasa (nadanya mirip ama wa = saya) (riau = ue)
kong wa = bicara (riau = kong ue)
ho = kasih / beri
ho mik kia = kasih barang (riau = ho mi kia)
adik laki-laki = sio ti
adik perempuan = sio moi (riau = sio be)
om = a ku (saudara dari mama) ; ko tio (saudara dari papa)
tante = a kim (saudari dari mama) ; ko ko (saudari dari papa)
sepupu / keponakan = sun na (gua lupa yang mana)
ipar = ci hu
e = ketika
si = ketika
e si = Ketika(jangka waktu yang lama)

mau tny lg : ai mui ko/koi (riau = ai meng)
seng keng --> utk Tipitaka bisa?
kotbah = to li
berdoa = ki to

tio = betul
tio tio = betul sekali
siapakah kamu? =de se siang ?
wa a boi sio bat kak lu lang = saya belum kenal sama kalian semua (wa a be sio pat kak lin lang)

wa se khi medan >> saya kecil di medan (wa sue han ti medan)

wa tong kim cok kang khi... >> saya sekarang kerja di... (wa tong kim co kang tian..)

minum susu = lim guleng (lim gu ni )

tidur = khun
sekolah = tha che (thak cek)
nonton tv = khua tiense
cha sio pui = nasi babi (sio bak peng)
Kita nonton yuk : khua hi yok
Mau nonton film apa? : ai khua ha mi? (ai khua si mi / a mi hi )
Kamu benar2 cantik malam ini : lu kime ane sui (lie kimi cin cia sui)
ku ca tua khi medan = dulu tinggal di medan  (ku ca na tian medan)
tapi i lang pua khi jkt liau = tapi mereka akhirnya pindah ke jakarta 
wa kau lak hoi tua khi medan = aku sampe umur 6 tahun tinggal di medan (wa kau lak he na tian medan)
tapi gw bisa paham se logat medan dikit2 :)) cuma ya butuh waktu translate juga :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline hartono238

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 295
  • Reputasi: 8
Re: Kopitiam
« Reply #158 on: 04 July 2008, 10:01:18 PM »
nope... medan bah... horas!

*uda  bukan orang pekan, nuduh si acek pake kong thau. maap Cek, becanda ;D

:P

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Kopitiam
« Reply #159 on: 04 July 2008, 10:14:05 PM »
Shifu2 yg medan lang, ai mui ko, tolong dicek dl ya, ada yg salah/ngga. kam sia :)

mik kia = barang
o / ok = belajar
sin = baru
wa = bahasa (nadanya mirip ama wa = saya) (ua, lebih pas kalo dibacanya)
kong wa = bicara (kong ua)
ho = kasih / beri
ho mik kia = kasih barang
adik laki-laki = sio ti
adik perempuan = sio moi
om = a ku (saudara dari mama) ; ko tio (saudara dari papa) (ato a tio sama aja, kalo sodara lebih kecil panggilnya cek)
tante = a kim (saudari dari mama (biasanya manggil a i/ii. kalo akim buat istri dari a ku)) ; ko ko (saudari dari papa)
sepupu / keponakan = sun na (gua lupa yang mana) (keponakan. sepupu = chin cia)
ipar = ci hu
e = ketika
si = ketika
e si = Ketika(jangka waktu yang lama)

mau tny lg : ai mui ko/koi
seng keng --> utk Tipitaka bisa? (kaga tau. kaga perna nyebut tipitaka. wong dulu buddhis 'ecek2')
kotbah = to li
berdoa = ki to (biasanya seh bilang 'tao kao', tapi ni mandarin. hokkiannya ga tau ini bukan.)

tio = betul
tio tio = betul sekali (cia tio)
siapakah kamu? =de se siang ? (lu si hamang?)
wa a boi sio bat kak lu lang = saya belum kenalan sama kalian semua

wa se uan/an medan >> saya lahir di medan
wa se han uan/an medan = saya kecil di medan
kalo 'khi' lebih cocok 'pegi'

wa tong kim cok kang an/uan... >> saya sekarang kerja di...

minum susu = lim guleng

tidur = khun
sekolah = tha che
nonton tv = khua tiense
cha sio pui = nasi babi (lebih tepat 'nasi cha sio'. cha sio itu sendiri bukan babi. sio = panas. cha = ya cha, indonya apa ya? ;D Soalnya ada 'cha sio ak' juga. Yaitu bebek yang dimasak kaya cha sio bak.)
Kita nonton yuk : khua hi yok
Mau nonton film apa? : ai khua ha mi hi?
Kamu benar2 cantik malam ini : lu kime ane sui
ku ca tua an medan = dulu tinggal di medan
tapi i lang pua khi pa sia liau = tapi mereka akhirnya pindah ke jakarta
wa kau lak hoi tua an medan = aku sampe umur 6 tahun tinggal di medan

Offline an_atta

  • Sebelumnya: Titin
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 108
  • Reputasi: 15
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #160 on: 04 July 2008, 10:26:54 PM »
Shi fu Kokuzo, wa duo duo (byk2) kamsia lu.
Kalau tdk keberatan, mau tny lg (bhs hokkiannya apa ya?)

amang yang heng le? Jadi..siapa yang bayar?
menikah = chut ke
sedikit = tampo
dikit2 musti bs ngomong = tampo2 e hiao kong
u lang mui ko = ini ada yg nanya lagi
tiong = tengah
rajawali = lao eng
terbang = poei
wa ane pato yau >> aku laper banget
perutku mules pengen ke toilet >> wa pato thia ai khi ca aikeng
cia pa sio eng = susah jelasinnya
wah...ane song ya bo kang co = wah...enak ya ga ada kerjaan
Ke = keluarga
An = selamat
tempai hip siau eng khi ho peng co liau e ne sui
(dulu foto disana, jadinya bagus banget...)

Mungkin pua khi mangga besar. kha To keng e tiam
(Mungkin pindah ke MB, ke toko yang lebih besar)

E sai = boleh
Bo ti = ngga ada
Ti = ada
Kai = ajarin
Chio = senyum
Gu = sapi
Chau = bau
Than = dapat
Sia = tulis
Bo yao kin = gpp
An cua = gimana
Kua = lagu
Kai = orang
Emsi = bukan
Thau yam = intip
Siau eng = foto
A boi u = belum punya
Mia = nama
lam >> biru
hua >> bunga
u >> ada
thikong = langit
chut si = lahir di
peng yu = teman
siang = sama
tham cia = seneng mkn
tong kim = sekarang
tem pai = dulu
siau eng = anak perempuan
cin e = beneran
kui hoi = brp thn
nie = thn
gwe = bln
hakseng = murid
saya haus sekali, mau air es = wa a ne chuita, gien lim leng cui
lok ho = hujan
boleh kenalan nggak? = e sai sio bat bo?
namamu siapa? = lu a mi mia?
blh jd temenmu nggak? =  e sai co lu e peng yiu bo?

Li = main
ma nia lok, ma nia theng, tan lok kok, tiam-tiam lok
sebentar turun ujan, sebentar berhenti, ntar ujan lagi, terus

Buang = bwang
tidur sampe ngiler=khun lau nua
khui = buka
hau = nangis
a mi = apa
terima kasih kembali = mien khek khi (gak usah sungkan2) ato mien (gak usah) ato biau kin (gak apa2)

ke piak = sebelah
ho liau = enak (makanan)
hiam cio = sambal
kang hu = ilmu
se jit = ultah
wa kin gu'e se jit = saya bln ini ultah
kuku >> cengka
kaki >> kha
kakekku >> wa e akong
kaku >> ba

Maap jadi ngerepotin... (ini hokkiannya apa jg ya?)
:)

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Kopitiam
« Reply #161 on: 05 July 2008, 12:46:27 AM »
Shi fu Kokuzo, wa duo duo (byk2) kamsia lu.
banyak = cue
banyak2 = cue2 :))


Kalau tdk keberatan, mau tny lg (bhs hokkiannya apa ya?)
wa em cai hokkien basa basi =))

menikah = chut ke ---> kiet hun?
dikit2 musti bs ngomong = tampo2 (musti = to be) e hiao kong
u lang mui ko = ini ada yg nanya lagi ---> lu orang nanya lagi
cia pa sio eng = susah jelasinnya ---> makan kenyang kurang kerjaan :))

tempai hip siau siong eng khi kin ho(hi) peng co liau e ne sui
(dulu foto disana, jadinya bagus banget...)

Quote
Mungkin pua khi mangga besar. kha To keng e tiam
(Mungkin pindah ke MB, ke toko yang lebih besar)
'mungkin' bahasa hokkiennya apa yah??

u Ti = ada
ka = ajarin
lang = orang
thau khua(kalau 'Thau yam' seperti curi utk perbuatan) = curi liat (intip)
Siong = foto
hue = bunga
thikong = kakek langit, alias Tuhan
tham cia = seneng mkn (rakus)
tong kim = sekarang ---> lho ini logat Riau bukan?
ca bo kia = anak perempuan

ban nia lok ho, ma ban theng, tan lok kok, tele ane
sebentar turun ujan, sebentar berhenti, ntar ujan lagi, terus

ke piak = tetangga

kaku >> ba = kesemutan

Maap jadi ngerepotin... (ini hokkiannya apa jg ya?)
ga tau juga yg basa basi :))
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline oddiezz

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • in vain
Re: Kopitiam
« Reply #162 on: 05 July 2008, 09:08:58 AM »

Maap jadi ngerepotin... (ini hokkiannya apa jg ya?)
Phai Se, co lu lang jadi repot. ? :)
hihihi
Eschew Obfuscation! Espouse Elucidation!

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #163 on: 05 July 2008, 09:10:51 AM »

Maap jadi ngerepotin... (ini hokkiannya apa jg ya?)
Phai Se, co lu lang jadi repot. ? :)
hihihi
co lie lang bo ing
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.383
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kopitiam
« Reply #164 on: 05 July 2008, 03:50:59 PM »
phai se, co lu lang ma huan.
There is no place like 127.0.0.1