Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: kangen ma DC ^^  (Read 20055 times)

0 Members and 8 Guests are viewing this topic.

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #15 on: 05 August 2015, 10:01:21 PM »
Hahaha...iya deh ta' usahain sering eksis lg (ini sambil ngasuh bocah2 jg sih  ;D)
Wahhh ntar kalo aku posting permasalahan hidup terus, ntar dijuluki Ratu Galau ga hahaha :))
Pgnnya sih DC bs rame lg ya setdknya byk member senior yg hadir kembali berbagi ilmu & opini  :)
Janji ya sering2 ngasih +1 hahaha :))

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #16 on: 05 August 2015, 10:23:06 PM »
 [at] dhammadinna :
Wahhh Sis...anak sy mana ngerti dgn smua penjelasan ini hehehe...... Bahasanya terlalu rumit, dia blm ngerti bahasa2 ilmiah sprt ini... Usianya br 7 thn, mengenai "manusia, hewan & tumbuhan adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan" ini dia dptkan dr pengajaran di sklh, didlm pelajaran IPA....
Itu adalah doktrin umum yg memang kita tau ada didlm masyarakat yg mana didominasi non buddhis, sdh tentu pula buku2 pelajarannya dibuat & dicetak oleh non buddhis, mau ga mau yah anak2 menerima apa pun yg disajikan bkn.....
Sedangkan utk menjelaskan kepadanya bhw didlm agama kita "Tuhan itu tdk dikenal sebagai pencipta manusia, hewan & tumbuhan dikarenakan kita tdk menganggap bhw Tuhan itu ada secara fisik" (CMIIW).... wah sy kuatir justru bakalan bikin dia semakin bingung & mlh bkl nanya 'jd yg Bu Guru blg brarti salah gt ya Ma?'....haha :))
Anyway thanks info2nya Sis....paling tdk Mamanya jd ada bayangan ttg jawaban2nya hehehe

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #17 on: 05 August 2015, 11:07:31 PM »
[at] dhammadinna :
Wahhh Sis...anak sy mana ngerti dgn smua penjelasan ini hehehe...... Bahasanya terlalu rumit, dia blm ngerti bahasa2 ilmiah sprt ini...

bisa disederhanakan (istilah aneh disensor), misalnya: kulit manusia menghasilkan suatu zat untuk melindungi tubuh dari efek negatif sinar matahari. Bagi orang yang tinggal di daerah yang terpapar kuat, tubuh menghasilkan lebih banyak zat ini. Lalu apa efeknya ke warna kulit? semakin banyak zat ini di kulit, semakin hitamlah kulit..

Quote
Usianya br 7 thn, mengenai "manusia, hewan & tumbuhan adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan" ini dia dptkan dr pengajaran di sklh, didlm pelajaran IPA....

bukannya di pelajaran agama? IPA seharusnya menjelaskan sesuatu dari sudut ilmu pengetahuan..

Quote
Itu adalah doktrin umum yg memang kita tau ada didlm masyarakat yg mana didominasi non buddhis, sdh tentu pula buku2 pelajarannya dibuat & dicetak oleh non buddhis, mau ga mau yah anak2 menerima apa pun yg disajikan bkn.....

tidak harus menerimanya kalau dirasa tidak memuaskan. Kalau puas, ya silakan..

Quote
Sedangkan utk menjelaskan kepadanya bhw didlm agama kita "Tuhan itu tdk dikenal sebagai pencipta manusia, hewan & tumbuhan dikarenakan kita tdk menganggap bhw Tuhan itu ada secara fisik" (CMIIW)....

Intinya, ada cara lain untuk menjawab pertanyaan selain dengan ide tentang tuhan.
Btw, dalam Buddhism, tidak ada pernyataan bahwa tuhan tidak ada karena secara fisik ia tidak ada.

Quote
wah sy kuatir justru bakalan bikin dia semakin bingung & mlh bkl nanya 'jd yg Bu Guru blg brarti salah gt ya Ma?'....haha :))
Anyway thanks info2nya Sis....paling tdk Mamanya jd ada bayangan ttg jawaban2nya hehehe

Bu guru, mama, dan kamu, berhak punya pendapat yang berbeda. Boleh saja kalau satu pihak merasa bahwa pihak lain salah.
« Last Edit: 05 August 2015, 11:11:54 PM by dhammadinna »

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #18 on: 06 August 2015, 12:35:57 AM »
Quote
suli>>>
Berikut bbrp pertanyaan yg sering dia tanyain, barangkali tmn2 DC bs bantu jawab dgn bahasa yg dimengerti oleh anak seusia ini (spt cumpol aja)..... (jujur aku kdg sampe bingung mesti gmn jawabnya agar sesuai dgn porsi usianya).

1.  Kenapa Tuhan menciptakan hewan & tumbuhan utk dimakan oleh manusia, bknnya sama2 makhluk hidup? (haha :)) jujur aku sampe gelagapan pas dia nanya begini, bingung gmn jelasinnya, apalg Tuhan didlm paham Buddhist tdk sama dgn Tuhan didlm agama lain bkn?)

2.  Kenapa org bule rambutnya ada yg pirang, cokelat, merah & kenapa ada yg kulitnya hitam bgt? Apa krn Tuhannya beda ya dgn Tuhan kita? ( :)))

3.  Laurier itu kyk pampers ya Ma? (Aku jawab "iya"), trus nanya lg "utk cewek kan? Knp cewek pake pampers lg, emangnya msh sering ngompol ya? (Hahaha :)) yg ini jg bikin aku speak less, cm bs buru2 ngambil remote & pindah channel TV begitu iklan2 pembalut wanita ini lewat, sambil mengalihkan perhatian dia dgn ngomongin hal lain, tp dasar anak2 tetep inget, balik lg nanya lg krn blm dpt jawaban duhhh...... :))
Ayo tmn2 bantuin dong gmn caranya ngejelasin ke dia dgn bahasa yg tepat utk usianya & skali jawab bs bikin dia puas ga nanya pjg lebar lg hahaha....
Ditunggu saran & sharingnya ya, tq.

anak selain diberi jawaban....juga penting diberi pelajaran...
bagaimana bertanya yg baik......
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #19 on: 06 August 2015, 01:22:57 AM »
Quote
suli>>>
Berikut bbrp pertanyaan yg sering dia tanyain, barangkali tmn2 DC bs bantu jawab dgn bahasa yg dimengerti oleh anak seusia ini (spt cumpol aja)..... (jujur aku kdg sampe bingung mesti gmn jawabnya agar sesuai dgn porsi usianya).

1.  Kenapa Tuhan menciptakan hewan & tumbuhan utk dimakan oleh manusia, bknnya sama2 makhluk hidup? (haha :)) jujur aku sampe gelagapan pas dia nanya begini, bingung gmn jelasinnya, apalg Tuhan didlm paham Buddhist tdk sama dgn Tuhan didlm agama lain bkn?)

2.  Kenapa org bule rambutnya ada yg pirang, cokelat, merah & kenapa ada yg kulitnya hitam bgt? Apa krn Tuhannya beda ya dgn Tuhan kita? ( :)))

3.  Laurier itu kyk pampers ya Ma? (Aku jawab "iya"), trus nanya lg "utk cewek kan? Knp cewek pake pampers lg, emangnya msh sering ngompol ya? (Hahaha :)) yg ini jg bikin aku speak less, cm bs buru2 ngambil remote & pindah channel TV begitu iklan2 pembalut wanita ini lewat, sambil mengalihkan perhatian dia dgn ngomongin hal lain, tp dasar anak2 tetep inget, balik lg nanya lg krn blm dpt jawaban duhhh...... :))
Ayo tmn2 bantuin dong gmn caranya ngejelasin ke dia dgn bahasa yg tepat utk usianya & skali jawab bs bikin dia puas ga nanya pjg lebar lg hahaha....
Ditunggu saran & sharingnya ya, tq.

menjadi menarik....bagaimana pertanyaan
1 2 n 3

berhubungan dgn kehidupan anak tsb ? ini menjadi menarik sekali....


cumpol boleh ikutan bertanya disini ya...

1. ibu lebih sayang/cinta adik(yg bertanya) atao kakak lainnya ?
   (asumsi ibu memiliki 3 anak, dan yg bungsu 7th yg bertanya)

merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #20 on: 06 August 2015, 01:35:23 AM »
Quote
bolehkah... bertanya pada ibu Suli.....


1. kenapa dan apa yg membuat manusia bertanya ?
2. bagaimana membuat member lain bisa juga "kangen" pd DC ?
3. apa dan hal apa yg membuat ibu Suli "kangen" pd DC ?
4. ada cerita2 pendek utk anak sebelum tidur malam....
    adakah sesi bertanya utk anak sebelum tidur setiap malam ?

trims sebelumnya...
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #21 on: 06 August 2015, 10:48:17 AM »
 [at] dhammadinna :
Bnr Sis didlm pelajaran IPA, anak sy kls 2 sekrg lg mempelajari berbagai ciri hewan & tumbuhan (kalo Sis ada kebetulan maen ke Gramed bs iseng liat2 buku Sains kelas 2 SD, BAB pertama), memang didlm bukunya tdk tertulis pernyataan mengenai smua itu ciptaan Tuhan, tp Guru yg menerangkan pelajaran ini yg mengajarkan bhw smua makhluk hidup adalah ciptaan Tuhan.
Yah utk anak yg br segede ini, dgn keterbatasan nalarnya sy rasa gpplah dibiarkan memiliki asumsi sprt itu dulu, spy ga jd bingung....(yah mgkn sprt jmn kita dulu jg di usia segini taunya smua adalah ciptaan Tuhan hehehe....bhkan lagu anak2 "pelangi-pelangi" aja lirik akhirnya adalah 'ciptaan Tuhan'  :)
Menjelaskan sesuatu hal kepada anak2 dgn bahasa yg sesuai usianya adalah hal yg sulit krn kita hrs bs memilih kata2 yg mudah mengerti oleh mrk namun tepat sasaran spy ga jd salah kaprah......ini menjadi suatu PR utk sy  :))

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #22 on: 06 August 2015, 11:01:41 AM »
 [at]  cumpol :
Hahaha....kok sy jd diinterogasi nih  :))
Anakku cm 2 Bro & aku sayang kedua2nya, mrk adalah semangat hidupku  :D
Yg bikin aku kangen DC ya? smuanya sih....mgkn krn aku senang mengobrol jd di DC ini biasanya slalu ada tmn yg akan menanggapi celotehanku, termasuk anda Bro hehehe....
Ga ada sesi khusus utk bertanya Bro, anakku mah bs bertanya all the time, rasa penasarannya tinggi bgt....kdg dia sampe ngoceh2 didlm tdrnya & prnh terbangun dlm keadaan msh merem trus nanya apa gt lalu tumbang lg tdr lg wkwkwk :)) :))
Yah mgkn ini adalah salah satu bagian perjalanan hidup manusia ya hahaha :))

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #23 on: 06 August 2015, 11:58:12 AM »
[at]  cumpol :
Hahaha....kok sy jd diinterogasi nih  :))
maaf klo terkesan spt di interogasi...habis cumpol juga mahluk suka tanya sekali...


Anakku cm 2 Bro & aku sayang kedua2nya, mrk adalah semangat hidupku  :D
maksud cumpol, klo adik yg kecil bertanya pada ibu suli....
__ibu lebih sayang koko atao adik ? nahh apa jawaban itu ?
__(cumpol bukan tanya fakta, tapi tanya cara menjawabnya)



Yg bikin aku kangen DC ya? smuanya sih....mgkn krn aku senang mengobrol jd di DC ini biasanya slalu ada tmn yg akan menanggapi celotehanku, termasuk anda Bro hehehe....
ok...

Ga ada sesi khusus utk bertanya Bro, anakku mah bs bertanya all the time, rasa penasarannya tinggi bgt....kdg dia sampe ngoceh2 didlm tdrnya & prnh terbangun dlm keadaan msh merem trus nanya apa gt lalu tumbang lg tdr lg wkwkwk :)) :))
sebaiknya sebelum tidur malam ada sesi tanya jawab....atao
__dia harus mengeluarkan min 10 pertanyaan per hari sebelum tidur...


Yah mgkn ini adalah salah satu bagian perjalanan hidup manusia ya hahaha :))
kenapa manusia suka bertanya ?


1. apakah ada pertanyaan (mantep) yg belum cumpol tanyakan ?
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #24 on: 06 August 2015, 12:49:33 PM »
kalau saat pelajaran IPA, si guru menjelaskan tentang tuhan, saya rasa si guru ga kompeten dalam pelajaran IPA. Akhirnya ngajar sesuai apa yang dia pahami saja.. begitu kayaknya sis suli..

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #25 on: 06 August 2015, 01:16:14 PM »
ilmu pengetahuan alam dpt diuji cobakan..... :x
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #26 on: 06 August 2015, 02:54:30 PM »
 [at]  dhammadinna :
Iya tuh Sis jmn sekrg byk Guru yg bkn dr jurusan keguruan ataupun Guru yg gelar S1-nya ga nyambung dgn bidang pelajaran yg dipegangnya (WK Alden wkt kls 1 dulu S1 teknik electro  :P bnr2 ga nyambung), jadinya yah gt deh......

 [at] cumpol :
Oooh gt toh mksdnya hehehe, yah aku jawab aja "Mama sayang kamu, jg sayang dedekmu krn kalian darah daging Mama" hehehe, so far anakku yg besar udah ngerti kok & ga cemburuan sama dedeknya yg br berumur 1 thnan :x
Wahhh Bro kalo tiap mlm diadakan sesi bertanya sampe 10 pertanyaan, bs sampe pagi tuh jd kpn tdrnya wkwkwk :))
Ayo apa lg Bro yg mau ditanyakan?hahaha...... ternyata yg hobi bertanya ga cm anakku ya, Koko kita ini jg hobi bertanya hahaha :))
Giliran ku bertanya dong & mesti dijawab ya Bro ;)
"Kenapa namamu Cumi Polos?" hayoooo wkwkwk

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.434
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #27 on: 06 August 2015, 04:19:21 PM »
kangen nge-junk?  :))

para jawara-nya udah gak ada.... :'(
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #28 on: 06 August 2015, 04:28:04 PM »
kalau saat pelajaran IPA, si guru menjelaskan tentang tuhan, saya rasa si guru ga kompeten dalam pelajaran IPA. Akhirnya ngajar sesuai apa yang dia pahami saja.. begitu kayaknya sis suli..

Itu biasa terjadi di dunia pendidikan kita, guru/dosen kadang2 menyisipkan keyakinan religiusnya dalam pelajaran/mata kuliah yang dibawanya. Gw dulu SD jg pernah diajarin IPA tetapi ditanamkan pandangan bahwa semua makhluk adalah ciptaan Tuhan sejak kecil....
« Last Edit: 06 August 2015, 04:31:35 PM by seniya »
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #29 on: 06 August 2015, 06:00:56 PM »
[at] cumpol :
Oooh gt toh mksdnya hehehe, yah aku jawab aja "Mama sayang kamu, jg sayang dedekmu krn kalian darah daging Mama" hehehe, so far anakku yg besar udah ngerti kok & ga cemburuan sama dedeknya yg br berumur 1 thnan :x
Wahhh Bro kalo tiap mlm diadakan sesi bertanya sampe 10 pertanyaan, bs sampe pagi tuh jd kpn tdrnya wkwkwk :))
Ayo apa lg Bro yg mau ditanyakan?hahaha...... ternyata yg hobi bertanya ga cm anakku ya, Koko kita ini jg hobi bertanya hahaha :))
Giliran ku bertanya dong & mesti dijawab ya Bro ;)
"Kenapa namamu Cumi Polos?" hayoooo wkwkwk

1 anak akan bertanya apa itu darah daging mama
2 cumi polos. Karna cumi ini badannya dpt dibuat displaynya output dari mp3 player atao iPod..
+Lagi utk nambah pengetahuan sebaiknya mulai dari cangkir kosong (polos) Dan selalu berpikir masih kosong (polos)
+Lagi pula cumi polos bisa dimasak apa saja.
3 coba jawab lagi sayang mana ibu trhadap adik n abang...
« Last Edit: 06 August 2015, 06:07:32 PM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018