Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: kangen ma DC ^^  (Read 12447 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
kangen ma DC ^^
« on: 04 June 2014, 08:42:58 AM »
Halo semua  _/\_
Pa kabar? ^^ lama jg ga nongkrong disini, gmn kabar para tetua, senior2 jg Tuhan DC...kumaha damang?  ;)
Saya liat banyak jg member baru ya, salam kenal...
Sebnrnya slama ini sy kadang ngintipin DC jg sih dr jauh & keliatannya belakangan hawa di DC agak sunyi ya hehe....
Oya sy liat di recent post, Sis Shasika sdh berhasil menjalani operasi pengangkatan tumor getah beningnya ya....Selamat ya Sis & syukurlah semuanya berakhir dgn baik, karma baikmu senantiasa melindungimu Sis  :) Jg happy belated birthday utk Bro Cumpol yg slalu eksis & setia menghidupkan DC  :)
Smoga nanti di sela2 kesibukan saya bakal msh bs nyuri waktu utk ngintipin atau nongol lg di DC... ;D


Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #1 on: 14 June 2014, 01:11:05 PM »
Halo semua  _/\_
Pa kabar? ^^ lama jg ga nongkrong disini, gmn kabar para tetua, senior2 jg Tuhan DC...kumaha damang?  ;)
Saya liat banyak jg member baru ya, salam kenal...
Sebnrnya slama ini sy kadang ngintipin DC jg sih dr jauh & keliatannya belakangan hawa di DC agak sunyi ya hehe....
Oya sy liat di recent post, Sis Shasika sdh berhasil menjalani operasi pengangkatan tumor getah beningnya ya....Selamat ya Sis & syukurlah semuanya berakhir dgn baik, karma baikmu senantiasa melindungimu Sis  :) Jg happy belated birthday utk Bro Cumpol yg slalu eksis & setia menghidupkan DC  :)
Smoga nanti di sela2 kesibukan saya bakal msh bs nyuri waktu utk ngintipin atau nongol lg di DC... ;D
Haloooo....p kbr sis Suli...... >:)< >:)<
Oma juga udah kangen ama sis Suli yang msh SMP tapi ngaku nya punya anak 2  =))
Sis masih pantas kalo jadi anak SMP..... <:-P
Iya sis saya sudah dioperasi dan sudah sembuh sekarang...anumodana atas segala bantuan yang telah sis ulurkan kepada saya...semoga segala timbunan kebajikan nya mematangkan kamma baik segera. :rose:

Ayooo....ramaikan lagi donk DC kayak dulu sis sering posting cerita2.... ;D
I'm an ordinary human only

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #2 on: 15 June 2014, 05:38:28 AM »
Haloooo....p kbr sis Suli...... >:)< >:)<
Oma juga udah kangen ama sis Suli yang msh SMP tapi ngaku nya punya anak 2  =))
Sis masih pantas kalo jadi anak SMP..... <:-P
Iya sis saya sudah dioperasi dan sudah sembuh sekarang...anumodana atas segala bantuan yang telah sis ulurkan kepada saya...semoga segala timbunan kebajikan nya mematangkan kamma baik segera. :rose:

Ayooo....ramaikan lagi donk DC kayak dulu sis sering posting cerita2.... ;D

 :P wew dibilang anak SMP Wkwkwk.... Hidung saya udah nyangkut di langit2 nih Sis Wkwkwk  =)) hahaha Sis terlalu berlebihanlah, udah tua kok uban2ku aja udah menyapa dunia  :P :P
Yg pantas dibilang awet muda itu Sis Shasika dong, anaknya udah gede2 tp mamanya msh cantik & menarik, yakin deh byk yg nyangka kakak beradik ya kalo lg jln ama anaknya hehehe  :x bagi dong rahasianya Sis, pgn jg bs kyk gt pas anak2ku udah gede nanti hehe...
Senang deh dgr Sis udah fit lg, sehat2 terus ya Sis & jgn lupa keep check up regularly ya...
Saya cm bs nongol sesekali Sis (kyk sekrg subuh2 blsnya hehehe, ga bs tidur lg hbs begadang td mlm), babyku baru sebulan jd masa2nya begadang nih...
Dgn 2 anak sekrg, bnr2 24/7 hours/days full Sis nyaris tdk ada wkt luang tersisa (tp chatting & ngenet msh bs nyuri2 lah disela2 ngurus baby Hihihi ... ;D
Ok kpn2 ngobrol lg ya....
Thanks dah bls Sis  :)

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #3 on: 16 June 2014, 09:56:49 PM »
:P wew dibilang anak SMP Wkwkwk.... Hidung saya udah nyangkut di langit2 nih Sis Wkwkwk  =)) hahaha Sis terlalu berlebihanlah, udah tua kok uban2ku aja udah menyapa dunia  :P :P
Yg pantas dibilang awet muda itu Sis Shasika dong, anaknya udah gede2 tp mamanya msh cantik & menarik, yakin deh byk yg nyangka kakak beradik ya kalo lg jln ama anaknya hehehe  :x bagi dong rahasianya Sis, pgn jg bs kyk gt pas anak2ku udah gede nanti hehe...
Senang deh dgr Sis udah fit lg, sehat2 terus ya Sis & jgn lupa keep check up regularly ya...
Saya cm bs nongol sesekali Sis (kyk sekrg subuh2 blsnya hehehe, ga bs tidur lg hbs begadang td mlm), babyku baru sebulan jd masa2nya begadang nih...
Dgn 2 anak sekrg, bnr2 24/7 hours/days full Sis nyaris tdk ada wkt luang tersisa (tp chatting & ngenet msh bs nyuri2 lah disela2 ngurus baby Hihihi ... ;D
Ok kpn2 ngobrol lg ya....
Thanks dah bls Sis  :)
Gubrakkkk....sis terlalu berlebihan ahhh....klo hidung sis nyundul langit lha saya rambutnya tembus langit ke-7  :)) :)) sis pasti ketipu gambar yang di sotosop (dimakan panas2 seger lhooo....)  :P saya mah udah tuaaa ubanan juga.... :))

+1 untuk hadiah buat menyambut kedatangan baby nya...uaaahhh....punya baby baru bener2 luar biasa menguras tenaga bangetttt....bentar2 oeekkk...pipis....oeekkk...minum....oeekkk pipis lagi....oeekkk pub...waahhh...suatu pengorbanan yang luar biasa...jgn kecapaian ya sis...ntar pengaruh ke asi....klo asi nya pas banyak jangan dibuang tapi disedot pakai pump asi lalu masukkan frezer (pasti sis udh tau lah...klo asi bs dibekukan hingga 6 bln)...sis masuk aja jadi member ikatan ibu2 yang memberikan asi eksklusif...disitu para ibu2 saling bantu kasih asi dikirim antar pulau juga ada, karena keponakan saya juga demikian, asinya luar biasa sekali hingga sekarang hampir 1 thn baby nya tapi msh asi terus, pdhal dia kerja di bank mandiri, udh gtu anak susuan (yg dia kirimin asi) ada 4 baby, bayangin dehhh...tiap minggu dia kirim 7 ltr asi ke masing2 baby susuan nya (dia memilih yg sejenis gendernya krn anak susuan kelak tdk boleh saling menikah jd klo sama2 cowo khn aman baby dia cowo).  Keponakan saya tuh anak susuan nya ada yg ditinggal mamanya meninggal bgtu lahir karena mama nya lemah jantung, dia bantu dg asi dia....

Kangen juga cerita2 ama sis Suli.... >:)<
« Last Edit: 16 June 2014, 09:59:39 PM by Shasika »
I'm an ordinary human only

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #4 on: 04 August 2015, 11:20:06 AM »
Namo Buddhaya,
Hi tmn2, lama nih ga nengokin DC hehe, gmn kabarnya smua? Kangen ngobrol2 ma tmn2 disini, pas lg ada waktu nih jd nyempetin nongol nih :D
Belakangan aku lg agak kewalahan nih ngadepin anak sulungku yg sekrg berusia 7 thn, mgkn tmn2 yg kebetulan pny anak sekitaran usia ini (6-7thnan)  tau bgt anak seusia ini rasa ingin taunya lg tinggi2nya, semua hal mau tau, semua hal ditanyain & ga bklan berhenti sebelum dpt jawaban yg memuaskan hatinya.
Berikut bbrp pertanyaan yg sering dia tanyain, barangkali tmn2 DC bs bantu jawab dgn bahasa yg dimengerti oleh anak seusia ini..... (jujur aku kdg sampe bingung mesti gmn jawabnya agar sesuai dgn porsi usianya).
1.  Kenapa Tuhan menciptakan hewan & tumbuhan utk dimakan oleh manusia, bknnya sama2 makhluk hidup? (haha :)) jujur aku sampe gelagapan pas dia nanya begini, bingung gmn jelasinnya, apalg Tuhan didlm paham Buddhist tdk sama dgn Tuhan didlm agama lain bkn?)
2.  Kenapa org bule rambutnya ada yg pirang, cokelat, merah & kenapa ada yg kulitnya hitam bgt? Apa krn Tuhannya beda ya dgn Tuhan kita? ( :)))
3.  Laurier itu kyk pampers ya Ma? (Aku jawab "iya"), trus nanya lg "utk cewek kan? Knp cewek pake pampers lg, emangnya msh sering ngompol ya? (Hahaha :)) yg ini jg bikin aku speak less, cm bs buru2 ngambil remote & pindah channel TV begitu iklan2 pembalut wanita ini lewat, sambil mengalihkan perhatian dia dgn ngomongin hal lain, tp dasar anak2 tetep inget, balik lg nanya lg krn blm dpt jawaban duhhh...... :))
Ayo tmn2 bantuin dong gmn caranya ngejelasin ke dia dgn bahasa yg tepat utk usianya & skali jawab bs bikin dia puas ga nanya pjg lebar lg hahaha....
Ditunggu saran & sharingnya ya, tq.....
 

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #5 on: 04 August 2015, 06:02:28 PM »
^ ^ ^

kalau jawab apa adanya?
untuk no.3, adakah ruginya kalau seorang anak kecil tahu tentang menstruasi?
untuk no.1 dan 2, googling aja dulu kenapa warna kulit dan rambut bisa beda-beda..

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #6 on: 04 August 2015, 08:20:27 PM »
Hi Sis Dhammadinna..... thanks ya udah reply, pa kbr? :)
Wahhh anak usia begini kalo dikasih tau ttg menstruasi kyknya bklan heboh deh Sis haha ^-^.....sekrg aja dia slalu menatapku dgn ekspresi aneh begitu nemuin pembalut2 kyk Laurier itu didlm lemari pakaianku haha :))
Mgkn saat ini didlm benaknya dia keheranan ternyata mamanya msh sering ngompol wkwkwk
Aku takut dia bkl shock kalo dgr ternyata yg keluar adalah (maaf) darah & bkn pipis sprt bayangannya..... ^-^
Mengenai no.1 & 2, sejauh yg aku tau penjelasannya memang agak rumit (aku aja krg begitu paham), bahasa yg aku tau saat ini di google maupun sumber lain terlalu ilmiah & teoritis.....gmn jelasin ke anak yg msh polos begini hehehe

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #7 on: 04 August 2015, 11:11:54 PM »
^ ^ ^

kabar baik...

nanti saya pikirkan lagi ya. Btw, jawaban sementara: "wah, mama juga nggak tau, nak.. tunggu ya mama googling dulu.." :P

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #8 on: 05 August 2015, 10:35:09 AM »
Quote
Iya sis saya sudah dioperasi dan sudah sembuh
sebenarnya yg mengenai potong2 (operasi) dari dokter bedah pastilah luar binasa mahal.... klo operasi yg lalu direkam videonya...utk operasi berikut bolehlah cumpol yg turun tangan....utk memotongnya dgn biaya seminim mungkin (udah jelas yg ini).....

note:cumpol bukan bokter beah...maupun dokter apapun....tapi bersedia ditugaskan utk 'memotong' yg tdk baik....gimana ?
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #9 on: 05 August 2015, 10:38:37 AM »
Quote
keliatannya belakangan hawa di DC agak sunyi ya hehe....

ini bolehlah dipikirkan..... (spt 4 kebenaran mulia)
+1 utk sis suli....


1 sunyi
2 penyebab sunyi
3 ada solusi sunyi
4 rincian jalan menuju solusi sunyi
« Last Edit: 05 August 2015, 10:46:50 AM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #10 on: 05 August 2015, 11:42:45 AM »
Hahaha..... Pa kbr Bro Cumpol? Ini dia nih Bro kita yg unik dgn comments nya yg menggelitik.... DC ga idup tanpa dia hahaha :))
Asiikkkk dikasih +1 pula....sering2 ya hahaha....
Anyway bs bantuin jawab Bro utk pertanyaan2 dr anakku itu? Ayo u kan byk ide ;)

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #11 on: 05 August 2015, 11:53:35 AM »
 [at] dhammadinna :
Hehehe iya Sis slama ini aku asal jawab aja tuh yg penting dia diam dulu hahaha :))
Misalnya : pertanyaan no.1 aku jawab : iya krn manusia kalo ga mkn hewan & tumbuhan mesti mkn apa dong?  ^-^.....iya jg ya dia blg hihihi....(sampe situ dia diam sih, walau ada kesan ga puas di wajahnya hahaha)
Trus kalo pertanyaan no.2 aku jawab :/ga tau tuh mgkn emang Tuhannya beda soalnya negaranya kan beda  :P.....(bnr2 jawaban ga bermutu ya wkwkwk)
Nah kalo no.3 aku bnr2 ga bs jawab, biasa lgsg kublg : udah ah jgn nanya2 soal org dewasa, kamu msh kecil blm ngerti lah..... (sambil cpt2 kabur ke ruangan lain seblm dia nanya lg hihihi)

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #12 on: 05 August 2015, 04:38:41 PM »
[at] dhammadinna :
Hehehe iya Sis slama ini aku asal jawab aja tuh yg penting dia diam dulu hahaha :))
Misalnya : pertanyaan no.1 aku jawab : iya krn manusia kalo ga mkn hewan & tumbuhan mesti mkn apa dong?  ^-^.....iya jg ya dia blg hihihi....(sampe situ dia diam sih, walau ada kesan ga puas di wajahnya hahaha)
Trus kalo pertanyaan no.2 aku jawab :/ga tau tuh mgkn emang Tuhannya beda soalnya negaranya kan beda  :P.....(bnr2 jawaban ga bermutu ya wkwkwk)
Nah kalo no.3 aku bnr2 ga bs jawab, biasa lgsg kublg : udah ah jgn nanya2 soal org dewasa, kamu msh kecil blm ngerti lah..... (sambil cpt2 kabur ke ruangan lain seblm dia nanya lg hihihi)

walaupun MENANG, bukanlah KEMENANGAN sesungguhnya... :P
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #13 on: 05 August 2015, 07:42:47 PM »
Hahaha..... Pa kbr Bro Cumpol? Ini dia nih Bro kita yg unik dgn comments nya yg menggelitik.... DC ga idup tanpa dia hahaha :))
Asiikkkk dikasih +1 pula....sering2 ya hahaha....
Anyway bs bantuin jawab Bro utk pertanyaan2 dr anakku itu? Ayo u kan byk ide ;)

tentu klo member2 spt sis suli selain posting sendiri dan membawa teman2 lainnya...maka member DC akan beranak-pinak...

tapi klo malah menghilang ? ya udah pasti berkurang...
tapi syukurlah dia udah kembali aktif lagi....semoga nambah betah disini dgn segala pertanyaan cumpol....

dan udah tentu klo sis aktif terus...ya yg namanya +1 pun bisa bertebaran terus..... gimana ? gimana dgn persoalan sehari2 apa punya masalah kecil, sedang, atau XXXL ?....silahkan buka topik baru sis...
 _/\_ :o
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #14 on: 05 August 2015, 09:32:14 PM »
tentang tumbuhan dan hewan yang diciptakan tuhan untuk dimakan manusia:

tau darimana bahwa tumbuhan dan hewan diciptakan oleh tuhan? apalagi untuk dimakan manusia?
tumbuhan, hewan, dan manusia ada di bumi. Ini fakta. Tapi tidak ada fakta yang cukup untuk membuktikan bahwa tuhan adalah penciptanya.

Hewan terbagi menjadi beberapa jenis. Ada yang hanya bisa makan tumbuhan, ada yang hanya bisa makan daging, dan ada yang bisa makan tumbuhan maupun daging. Sedangkan tubuh manusia bisa mencerna tumbuhan maupun daging sebagai makanan.

Makhluk hidup yang satu, mungkin memakan makhluk hidup yang lain, ketika tubuhnya bisa mencerna itu sebagai makanannya.

________________________
tentang warna kulit:

Sel kulit manusia menghasilkan melanin yang melindungi manusia dari paparan sinar ultraviolet matahari. Semakin dekat suatu negara dengan garis khatulistiwa, maka semakin kuat paparan sinar ultraviolet ini.

Jadi tubuh manusia di negara ini menghasilkan lebih banyak melanin untuk melindunginya dari paparan kuat sinar UV. Dan semakin banyak kadar melanin, warna kulit semakin gelap.

Untuk kasus ini juga, tidak perlu berpikir tentang perbedaan tuhan di negara yang berbeda, karena tidak ada bukti yang jelas bahwa tuhanlah yang menciptakan manusia apalagi mengatur warna kulit.

________________________
tentang menstruasi:

Menstruasi adalah proses normal yang dialami perempuan ketika ia beranjak dewasa (hingga masa menopause = sudah tua). Setiap bulan ada selaput yang terbentuk di dinding rahimnya. Selaput ini akan luruh dan keluar bersama darah jika tidak ada sel telur yang menempel di sana. Pembalut digunakan untuk menampung selaput dan darah yang keluar ini.
« Last Edit: 05 August 2015, 09:39:38 PM by dhammadinna »

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #15 on: 05 August 2015, 10:01:21 PM »
Hahaha...iya deh ta' usahain sering eksis lg (ini sambil ngasuh bocah2 jg sih  ;D)
Wahhh ntar kalo aku posting permasalahan hidup terus, ntar dijuluki Ratu Galau ga hahaha :))
Pgnnya sih DC bs rame lg ya setdknya byk member senior yg hadir kembali berbagi ilmu & opini  :)
Janji ya sering2 ngasih +1 hahaha :))

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #16 on: 05 August 2015, 10:23:06 PM »
 [at] dhammadinna :
Wahhh Sis...anak sy mana ngerti dgn smua penjelasan ini hehehe...... Bahasanya terlalu rumit, dia blm ngerti bahasa2 ilmiah sprt ini... Usianya br 7 thn, mengenai "manusia, hewan & tumbuhan adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan" ini dia dptkan dr pengajaran di sklh, didlm pelajaran IPA....
Itu adalah doktrin umum yg memang kita tau ada didlm masyarakat yg mana didominasi non buddhis, sdh tentu pula buku2 pelajarannya dibuat & dicetak oleh non buddhis, mau ga mau yah anak2 menerima apa pun yg disajikan bkn.....
Sedangkan utk menjelaskan kepadanya bhw didlm agama kita "Tuhan itu tdk dikenal sebagai pencipta manusia, hewan & tumbuhan dikarenakan kita tdk menganggap bhw Tuhan itu ada secara fisik" (CMIIW).... wah sy kuatir justru bakalan bikin dia semakin bingung & mlh bkl nanya 'jd yg Bu Guru blg brarti salah gt ya Ma?'....haha :))
Anyway thanks info2nya Sis....paling tdk Mamanya jd ada bayangan ttg jawaban2nya hehehe

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #17 on: 05 August 2015, 11:07:31 PM »
[at] dhammadinna :
Wahhh Sis...anak sy mana ngerti dgn smua penjelasan ini hehehe...... Bahasanya terlalu rumit, dia blm ngerti bahasa2 ilmiah sprt ini...

bisa disederhanakan (istilah aneh disensor), misalnya: kulit manusia menghasilkan suatu zat untuk melindungi tubuh dari efek negatif sinar matahari. Bagi orang yang tinggal di daerah yang terpapar kuat, tubuh menghasilkan lebih banyak zat ini. Lalu apa efeknya ke warna kulit? semakin banyak zat ini di kulit, semakin hitamlah kulit..

Quote
Usianya br 7 thn, mengenai "manusia, hewan & tumbuhan adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan" ini dia dptkan dr pengajaran di sklh, didlm pelajaran IPA....

bukannya di pelajaran agama? IPA seharusnya menjelaskan sesuatu dari sudut ilmu pengetahuan..

Quote
Itu adalah doktrin umum yg memang kita tau ada didlm masyarakat yg mana didominasi non buddhis, sdh tentu pula buku2 pelajarannya dibuat & dicetak oleh non buddhis, mau ga mau yah anak2 menerima apa pun yg disajikan bkn.....

tidak harus menerimanya kalau dirasa tidak memuaskan. Kalau puas, ya silakan..

Quote
Sedangkan utk menjelaskan kepadanya bhw didlm agama kita "Tuhan itu tdk dikenal sebagai pencipta manusia, hewan & tumbuhan dikarenakan kita tdk menganggap bhw Tuhan itu ada secara fisik" (CMIIW)....

Intinya, ada cara lain untuk menjawab pertanyaan selain dengan ide tentang tuhan.
Btw, dalam Buddhism, tidak ada pernyataan bahwa tuhan tidak ada karena secara fisik ia tidak ada.

Quote
wah sy kuatir justru bakalan bikin dia semakin bingung & mlh bkl nanya 'jd yg Bu Guru blg brarti salah gt ya Ma?'....haha :))
Anyway thanks info2nya Sis....paling tdk Mamanya jd ada bayangan ttg jawaban2nya hehehe

Bu guru, mama, dan kamu, berhak punya pendapat yang berbeda. Boleh saja kalau satu pihak merasa bahwa pihak lain salah.
« Last Edit: 05 August 2015, 11:11:54 PM by dhammadinna »

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #18 on: 06 August 2015, 12:35:57 AM »
Quote
suli>>>
Berikut bbrp pertanyaan yg sering dia tanyain, barangkali tmn2 DC bs bantu jawab dgn bahasa yg dimengerti oleh anak seusia ini (spt cumpol aja)..... (jujur aku kdg sampe bingung mesti gmn jawabnya agar sesuai dgn porsi usianya).

1.  Kenapa Tuhan menciptakan hewan & tumbuhan utk dimakan oleh manusia, bknnya sama2 makhluk hidup? (haha :)) jujur aku sampe gelagapan pas dia nanya begini, bingung gmn jelasinnya, apalg Tuhan didlm paham Buddhist tdk sama dgn Tuhan didlm agama lain bkn?)

2.  Kenapa org bule rambutnya ada yg pirang, cokelat, merah & kenapa ada yg kulitnya hitam bgt? Apa krn Tuhannya beda ya dgn Tuhan kita? ( :)))

3.  Laurier itu kyk pampers ya Ma? (Aku jawab "iya"), trus nanya lg "utk cewek kan? Knp cewek pake pampers lg, emangnya msh sering ngompol ya? (Hahaha :)) yg ini jg bikin aku speak less, cm bs buru2 ngambil remote & pindah channel TV begitu iklan2 pembalut wanita ini lewat, sambil mengalihkan perhatian dia dgn ngomongin hal lain, tp dasar anak2 tetep inget, balik lg nanya lg krn blm dpt jawaban duhhh...... :))
Ayo tmn2 bantuin dong gmn caranya ngejelasin ke dia dgn bahasa yg tepat utk usianya & skali jawab bs bikin dia puas ga nanya pjg lebar lg hahaha....
Ditunggu saran & sharingnya ya, tq.

anak selain diberi jawaban....juga penting diberi pelajaran...
bagaimana bertanya yg baik......
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #19 on: 06 August 2015, 01:22:57 AM »
Quote
suli>>>
Berikut bbrp pertanyaan yg sering dia tanyain, barangkali tmn2 DC bs bantu jawab dgn bahasa yg dimengerti oleh anak seusia ini (spt cumpol aja)..... (jujur aku kdg sampe bingung mesti gmn jawabnya agar sesuai dgn porsi usianya).

1.  Kenapa Tuhan menciptakan hewan & tumbuhan utk dimakan oleh manusia, bknnya sama2 makhluk hidup? (haha :)) jujur aku sampe gelagapan pas dia nanya begini, bingung gmn jelasinnya, apalg Tuhan didlm paham Buddhist tdk sama dgn Tuhan didlm agama lain bkn?)

2.  Kenapa org bule rambutnya ada yg pirang, cokelat, merah & kenapa ada yg kulitnya hitam bgt? Apa krn Tuhannya beda ya dgn Tuhan kita? ( :)))

3.  Laurier itu kyk pampers ya Ma? (Aku jawab "iya"), trus nanya lg "utk cewek kan? Knp cewek pake pampers lg, emangnya msh sering ngompol ya? (Hahaha :)) yg ini jg bikin aku speak less, cm bs buru2 ngambil remote & pindah channel TV begitu iklan2 pembalut wanita ini lewat, sambil mengalihkan perhatian dia dgn ngomongin hal lain, tp dasar anak2 tetep inget, balik lg nanya lg krn blm dpt jawaban duhhh...... :))
Ayo tmn2 bantuin dong gmn caranya ngejelasin ke dia dgn bahasa yg tepat utk usianya & skali jawab bs bikin dia puas ga nanya pjg lebar lg hahaha....
Ditunggu saran & sharingnya ya, tq.

menjadi menarik....bagaimana pertanyaan
1 2 n 3

berhubungan dgn kehidupan anak tsb ? ini menjadi menarik sekali....


cumpol boleh ikutan bertanya disini ya...

1. ibu lebih sayang/cinta adik(yg bertanya) atao kakak lainnya ?
   (asumsi ibu memiliki 3 anak, dan yg bungsu 7th yg bertanya)

merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #20 on: 06 August 2015, 01:35:23 AM »
Quote
bolehkah... bertanya pada ibu Suli.....


1. kenapa dan apa yg membuat manusia bertanya ?
2. bagaimana membuat member lain bisa juga "kangen" pd DC ?
3. apa dan hal apa yg membuat ibu Suli "kangen" pd DC ?
4. ada cerita2 pendek utk anak sebelum tidur malam....
    adakah sesi bertanya utk anak sebelum tidur setiap malam ?

trims sebelumnya...
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #21 on: 06 August 2015, 10:48:17 AM »
 [at] dhammadinna :
Bnr Sis didlm pelajaran IPA, anak sy kls 2 sekrg lg mempelajari berbagai ciri hewan & tumbuhan (kalo Sis ada kebetulan maen ke Gramed bs iseng liat2 buku Sains kelas 2 SD, BAB pertama), memang didlm bukunya tdk tertulis pernyataan mengenai smua itu ciptaan Tuhan, tp Guru yg menerangkan pelajaran ini yg mengajarkan bhw smua makhluk hidup adalah ciptaan Tuhan.
Yah utk anak yg br segede ini, dgn keterbatasan nalarnya sy rasa gpplah dibiarkan memiliki asumsi sprt itu dulu, spy ga jd bingung....(yah mgkn sprt jmn kita dulu jg di usia segini taunya smua adalah ciptaan Tuhan hehehe....bhkan lagu anak2 "pelangi-pelangi" aja lirik akhirnya adalah 'ciptaan Tuhan'  :)
Menjelaskan sesuatu hal kepada anak2 dgn bahasa yg sesuai usianya adalah hal yg sulit krn kita hrs bs memilih kata2 yg mudah mengerti oleh mrk namun tepat sasaran spy ga jd salah kaprah......ini menjadi suatu PR utk sy  :))

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #22 on: 06 August 2015, 11:01:41 AM »
 [at]  cumpol :
Hahaha....kok sy jd diinterogasi nih  :))
Anakku cm 2 Bro & aku sayang kedua2nya, mrk adalah semangat hidupku  :D
Yg bikin aku kangen DC ya? smuanya sih....mgkn krn aku senang mengobrol jd di DC ini biasanya slalu ada tmn yg akan menanggapi celotehanku, termasuk anda Bro hehehe....
Ga ada sesi khusus utk bertanya Bro, anakku mah bs bertanya all the time, rasa penasarannya tinggi bgt....kdg dia sampe ngoceh2 didlm tdrnya & prnh terbangun dlm keadaan msh merem trus nanya apa gt lalu tumbang lg tdr lg wkwkwk :)) :))
Yah mgkn ini adalah salah satu bagian perjalanan hidup manusia ya hahaha :))

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #23 on: 06 August 2015, 11:58:12 AM »
[at]  cumpol :
Hahaha....kok sy jd diinterogasi nih  :))
maaf klo terkesan spt di interogasi...habis cumpol juga mahluk suka tanya sekali...


Anakku cm 2 Bro & aku sayang kedua2nya, mrk adalah semangat hidupku  :D
maksud cumpol, klo adik yg kecil bertanya pada ibu suli....
__ibu lebih sayang koko atao adik ? nahh apa jawaban itu ?
__(cumpol bukan tanya fakta, tapi tanya cara menjawabnya)



Yg bikin aku kangen DC ya? smuanya sih....mgkn krn aku senang mengobrol jd di DC ini biasanya slalu ada tmn yg akan menanggapi celotehanku, termasuk anda Bro hehehe....
ok...

Ga ada sesi khusus utk bertanya Bro, anakku mah bs bertanya all the time, rasa penasarannya tinggi bgt....kdg dia sampe ngoceh2 didlm tdrnya & prnh terbangun dlm keadaan msh merem trus nanya apa gt lalu tumbang lg tdr lg wkwkwk :)) :))
sebaiknya sebelum tidur malam ada sesi tanya jawab....atao
__dia harus mengeluarkan min 10 pertanyaan per hari sebelum tidur...


Yah mgkn ini adalah salah satu bagian perjalanan hidup manusia ya hahaha :))
kenapa manusia suka bertanya ?


1. apakah ada pertanyaan (mantep) yg belum cumpol tanyakan ?
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #24 on: 06 August 2015, 12:49:33 PM »
kalau saat pelajaran IPA, si guru menjelaskan tentang tuhan, saya rasa si guru ga kompeten dalam pelajaran IPA. Akhirnya ngajar sesuai apa yang dia pahami saja.. begitu kayaknya sis suli..

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #25 on: 06 August 2015, 01:16:14 PM »
ilmu pengetahuan alam dpt diuji cobakan..... :x
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #26 on: 06 August 2015, 02:54:30 PM »
 [at]  dhammadinna :
Iya tuh Sis jmn sekrg byk Guru yg bkn dr jurusan keguruan ataupun Guru yg gelar S1-nya ga nyambung dgn bidang pelajaran yg dipegangnya (WK Alden wkt kls 1 dulu S1 teknik electro  :P bnr2 ga nyambung), jadinya yah gt deh......

 [at] cumpol :
Oooh gt toh mksdnya hehehe, yah aku jawab aja "Mama sayang kamu, jg sayang dedekmu krn kalian darah daging Mama" hehehe, so far anakku yg besar udah ngerti kok & ga cemburuan sama dedeknya yg br berumur 1 thnan :x
Wahhh Bro kalo tiap mlm diadakan sesi bertanya sampe 10 pertanyaan, bs sampe pagi tuh jd kpn tdrnya wkwkwk :))
Ayo apa lg Bro yg mau ditanyakan?hahaha...... ternyata yg hobi bertanya ga cm anakku ya, Koko kita ini jg hobi bertanya hahaha :))
Giliran ku bertanya dong & mesti dijawab ya Bro ;)
"Kenapa namamu Cumi Polos?" hayoooo wkwkwk

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #27 on: 06 August 2015, 04:19:21 PM »
kangen nge-junk?  :))

para jawara-nya udah gak ada.... :'(
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #28 on: 06 August 2015, 04:28:04 PM »
kalau saat pelajaran IPA, si guru menjelaskan tentang tuhan, saya rasa si guru ga kompeten dalam pelajaran IPA. Akhirnya ngajar sesuai apa yang dia pahami saja.. begitu kayaknya sis suli..

Itu biasa terjadi di dunia pendidikan kita, guru/dosen kadang2 menyisipkan keyakinan religiusnya dalam pelajaran/mata kuliah yang dibawanya. Gw dulu SD jg pernah diajarin IPA tetapi ditanamkan pandangan bahwa semua makhluk adalah ciptaan Tuhan sejak kecil....
« Last Edit: 06 August 2015, 04:31:35 PM by seniya »
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #29 on: 06 August 2015, 06:00:56 PM »
[at] cumpol :
Oooh gt toh mksdnya hehehe, yah aku jawab aja "Mama sayang kamu, jg sayang dedekmu krn kalian darah daging Mama" hehehe, so far anakku yg besar udah ngerti kok & ga cemburuan sama dedeknya yg br berumur 1 thnan :x
Wahhh Bro kalo tiap mlm diadakan sesi bertanya sampe 10 pertanyaan, bs sampe pagi tuh jd kpn tdrnya wkwkwk :))
Ayo apa lg Bro yg mau ditanyakan?hahaha...... ternyata yg hobi bertanya ga cm anakku ya, Koko kita ini jg hobi bertanya hahaha :))
Giliran ku bertanya dong & mesti dijawab ya Bro ;)
"Kenapa namamu Cumi Polos?" hayoooo wkwkwk

1 anak akan bertanya apa itu darah daging mama
2 cumi polos. Karna cumi ini badannya dpt dibuat displaynya output dari mp3 player atao iPod..
+Lagi utk nambah pengetahuan sebaiknya mulai dari cangkir kosong (polos) Dan selalu berpikir masih kosong (polos)
+Lagi pula cumi polos bisa dimasak apa saja.
3 coba jawab lagi sayang mana ibu trhadap adik n abang...
« Last Edit: 06 August 2015, 06:07:32 PM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #30 on: 06 August 2015, 07:44:12 PM »
sis suli/dll,


utk lebih jelasnya tentang kegunaan kulit cumpol bisa lihat disini
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=25646.msg469113#msg469113
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #31 on: 06 August 2015, 09:54:59 PM »
 [at]  lex chan :
Hahaha.... Ga brani ah kalo nge junk mah, ntar diusir ma Bro Tuhan gmn wkwkwk....
Iya nih para senior pd kemane yah :-? Pdhal aku liat ini forum byk dimampirin, cm ga ada tuan rumahnya nih hehe....
Ayo ajak keluar dong Bro  :)

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #32 on: 06 August 2015, 10:01:56 PM »
 [at]  seniya :
Nahhh bnr kan ya Bro 8) jmn kita sklh dulu emang diajarinnya smua adalah ciptaan Tuhan & itu tetep berlanjut sih ampe sklh jmn sekrg jg....
Makanya aku puyeng pas anakku nanya2 mulu about Tuhan ini hehe.... Bs bantu jawab Bro? Ingat dgn kalimat2 sederhana yg sesuai usianya ya :D

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #33 on: 06 August 2015, 10:13:38 PM »
 [at]  Cumpol :
 Welleh2....Bro Cumpol ini bs2 aja deh hahaha  :))
Segitu ngefans-nya ya Bro ama Cumi2 hehehe :)) tp aku liat itu cuminya msh ada coraknya ah... Polka dot, ga polos Bro..... :-?
Lagian rasanya binatang cumi yg asli jg ga ada yg polos deh, ada corak bintik2 hitam kan ^-^ (mgkn yg polos itu Sotong Bro...ehhh sama ga tuh ama Cumi hahaha :))
Oya anakku udah tau artinya darah daging Bro krn dia liat sendiri perut Mamanya buncit besar & berisi dedeknya wkt aku hamil kmrn dulu.....jd dia udah mengerti & ga nanya2 lg ttg hal yg satu ini hehehe....

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #34 on: 06 August 2015, 11:36:21 PM »
[at]  Cumpol :
 Welleh2....Bro Cumpol ini bs2 aja deh hahaha  :))
Segitu ngefans-nya ya Bro ama Cumi2 hehehe :)) tp aku liat itu cuminya msh ada coraknya ah... Polka dot, ga polos Bro..... :-?
Lagian rasanya binatang cumi yg asli jg ga ada yg polos deh, ada corak bintik2 hitam kan ^-^ (mgkn yg polos itu Sotong Bro...ehhh sama ga tuh ama Cumi hahaha :))
Oya anakku udah tau artinya darah daging Bro krn dia liat sendiri perut Mamanya buncit besar & berisi dedeknya wkt aku hamil kmrn dulu.....jd dia udah mengerti & ga nanya2 lg ttg hal yg satu ini hehehe....

merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #35 on: 06 August 2015, 11:58:04 PM »
Quote
anak: papa lebih sayang adik atao koko ?
papa : tangan kanan adik kan punya 5 jari,...
__adik lebih sayang jari ya mana ? dan bolehkah papa potong yang lain ? kenapa tidak ?
sis suli :
apakah pertanyaan dapat dijawab dgn pertanyaan ?  :x :x


selamat bertanya... :P
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #36 on: 07 August 2015, 12:01:41 AM »
Info yang saya posting di atas, saya search dari sumber yang ditujukan untuk anak-anak sih. Salah satunya Kidshealth.org (pilih yang for kids). Kalau mau lebih simpel misalnya rahim = bagian tubuh perempuan yang kalau dia hamil, bayinya tumbuh di situ.

Kalau diliat dari pertanyaan anaknya sis suli, dia layak dapat jawaban bagus, dan bisa diajak berpikir/berlogika. Tapi ya terserah sih..
« Last Edit: 07 August 2015, 12:04:25 AM by dhammadinna »

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #37 on: 07 August 2015, 12:26:53 AM »
Info yang saya posting di atas, saya search dari sumber yang ditujukan untuk anak-anak sih. Salah satunya Kidshealth.org (pilih yang for kids). Kalau mau lebih simpel misalnya rahim = bagian tubuh perempuan yang kalau dia hamil, bayinya tumbuh di situ.

Kalau diliat dari pertanyaan anaknya sis suli, dia layak dapat jawaban bagus, dan bisa diajak berpikir/berlogika. Tapi ya terserah sih..

apakah hal2 yg (boleh/tidak boleh) dibandingkan

1. klo hanya bisa nolong seorang pd saat kapal tenggelam...
   apakah anda menolong :
   1 suami/istri
   2 mertua/ibu

nah gimana jawabannya serta alasanya kenapa ?
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #38 on: 07 August 2015, 12:35:30 AM »
apakah semua pertanyaan memiliki jawaban ?


seorang anak yg memiliki saudara/saudari dgn dia jumlahnya 10

1. anak bungsu bertanya pada ortunya : siapakah yg paling disayang ?
 diantara 10 orang tsb !
 :'(
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #39 on: 07 August 2015, 01:28:18 PM »
 [at] suli:
[at]  seniya :
Nahhh bnr kan ya Bro 8) jmn kita sklh dulu emang diajarinnya smua adalah ciptaan Tuhan & itu tetep berlanjut sih ampe sklh jmn sekrg jg....
Makanya aku puyeng pas anakku nanya2 mulu about Tuhan ini hehe.... Bs bantu jawab Bro? Ingat dgn kalimat2 sederhana yg sesuai usianya ya :D

Kagak bisa jawab jg sih, apalagi gw blm punya punya anak, jd belum memikirkan jawabannya jg hehehe

Pengalaman gw wkt kecil pernah nanya hal2 gituan malah kena marah sama ortu: "kamu masih kecil, jgn tanya macam2", dan baru tahu jawabannya stlh belajar sistem reproduksi waktu SMP :)
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #40 on: 07 August 2015, 01:50:46 PM »
kenapa bisa kangen ?
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #41 on: 07 August 2015, 02:03:37 PM »
Info yang saya posting di atas, saya search dari sumber yang ditujukan untuk anak-anak sih. Salah satunya Kidshealth.org (pilih yang for kids). Kalau mau lebih simpel misalnya rahim = bagian tubuh perempuan yang kalau dia hamil, bayinya tumbuh di situ.

Kalau diliat dari pertanyaan anaknya sis suli, dia layak dapat jawaban bagus, dan bisa diajak berpikir/berlogika. Tapi ya terserah sih..


Iya Sis thanks bgt atas bantuannya hehehe.....Ntar aku coba jelasin deh ke anakku dgn menyesuaikan bbrp kalimat.
Sebnrnya aku cm kuatir aja anak ini akan terlalu cepat dewasa seblm usianya, krn hal2 yg menarik menurutnya adalah hal2 yg tdk biasanya diminati anak2 seusianya. Dia tdk suka film kartun sementara tmn2nya sibuk nongkrong dpn TV nonton Naruto, Oggy dll (kalo pun suka dia lbh milih tom & jerry  ^-^)
Dia suka nonton acara berita pdhal udah kularang krn byk berita kriminal....Yah bs dibilang dia terlalu serius utk usianya...

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #42 on: 07 August 2015, 02:07:31 PM »
sis suli :
apakah pertanyaan dapat dijawab dgn pertanyaan ?  :x :x


selamat bertanya... :P


Hahaha...untungnya sampe saat ini dia ga merasa aku pilih kasih tuh makanya dia ga prnh nanya siapa lbh sayang siapa hehe....Yg penting kita sbg ortu mesti bs bagi waktu & bagi perhatian yg sama kepada anak2 spy tdk akan muncul pertanyaan2 sprt itu Bro Cumi  :D

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #43 on: 07 August 2015, 02:12:27 PM »
[at] suli:
Kagak bisa jawab jg sih, apalagi gw blm punya punya anak, jd belum memikirkan jawabannya jg hehehe

Pengalaman gw wkt kecil pernah nanya hal2 gituan malah kena marah sama ortu: "kamu masih kecil, jgn tanya macam2", dan baru tahu jawabannya stlh belajar sistem reproduksi waktu SMP :)

Iya sama Bro, jmn kita dulu tabu ya nanya2 ttg hal2 org dewasa....tp jmn sekrg smuanya serba terbuka akibatnya yah anak2 kecil sdh tau ttg yg sprt ini, entah hal baik ataukah hal buruk fenomena sprt ini..... :-?
Makanya cepetan berkeluarga Bro biar bs tau gmn rasanya dicecar pertanyaan ama anak hahahaha :))

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: saat anak bertanya ttg Tuhan & hal2 dewasa
« Reply #44 on: 07 August 2015, 02:15:02 PM »
kenapa bisa kangen ?

ahhh Bro Cumi ngeledekin mulu  :P
yoo wiss aku ganti judul aja deh biar ga dipertanyakeun terus :P :))

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: saat anak bertanya ttg Tuhan & hal2 dewasa
« Reply #45 on: 07 August 2015, 03:17:40 PM »
ahhh Bro Cumi ngeledekin mulu  :P
yoo wiss aku ganti judul aja deh biar ga dipertanyakeun terus :P :))

pertanyaan baik dijawab dgn baik pula...

 :P :P :P
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #46 on: 07 August 2015, 05:45:43 PM »
klog LOGIN ke DC nya sangat gampang n mudah...
dari mana timbulnya perasaan kangen ? nahh

 :'( :'( :'(
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #47 on: 09 August 2015, 12:18:21 PM »
apakah hal2 yg (boleh/tidak boleh) dibandingkan

1. klo hanya bisa nolong seorang pd saat kapal tenggelam...
   apakah anda menolong :
   1 suami/istri
   2 mertua/ibu

nah gimana jawabannya serta alasanya kenapa ?

Pertanyaanmu hanya analogi kan? Intinya dapatkah saya memilih diantara beberapa pilihan? Misalnya siapa yang lebih saya sayang?

Kalau pertanyaan itu diajukan misalnya oleh seorang anak ke ibunya, ya imho ini adalah tanda. Entah tanda dia merasa insecure, merasa diperlakukan tidak adil, ada kesalahpahaman, atau apa.

*saya belum punya anak, tapi pernah menjadi seorang anak jadi bisa dibayangkan.

Misalnya ada kakak yang merasa kalau adik bungsunya lebih disayang. Entah hanya perasaan atau beneran.

Saat dia bertanya, luruskan kalau ada kesalahpahaman. Misalnya kenapa harus saya yang selalu mengalah ke si bungsu? Padahal jelas si bungsu yang salah. Apa si bungsu lebih disayang? Padahal belum tentu kan? Mungkin karena si kakak harus belajar lebih pengertian ke manusia kecil yang belum bisa "berpikir".

Kalau anaknya tipe yang mendam, ortunya ga pernah jelasin, mungkin aja sampe dewasa dia bisa ingat bahwa dulu waktu kecil, ortunya ga sayang sama dia. Salahpaham selamanya.
______

Jika memang ada yang lebih disayang, ya mungkin saja terjadi. Namanya juga manusia. Tapi kesian aja kalo ada yang merasa kekurangan kasih sayang sedangkan yang lain berlebih.
« Last Edit: 09 August 2015, 12:45:11 PM by dhammadinna »

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: pa kbr DC ^^
« Reply #48 on: 10 August 2015, 07:56:29 AM »
Halo semua  _/\_
Pa kabar? ^^ lama jg ga nongkrong disini, gmn kabar para tetua, senior2 jg Tuhan DC...kumaha damang?  ;)
Saya liat banyak jg member baru ya, salam kenal...
Sebnrnya slama ini sy kadang ngintipin DC jg sih dr jauh & keliatannya belakangan hawa di DC agak sunyi ya hehe....
Oya sy liat di recent post, Sis Shasika sdh berhasil menjalani operasi pengangkatan tumor getah beningnya ya....Selamat ya Sis & syukurlah semuanya berakhir dgn baik, karma baikmu senantiasa melindungimu Sis  :) Jg happy belated birthday utk Bro Cumpol yg slalu eksis & setia menghidupkan DC  :)
Smoga nanti di sela2 kesibukan saya bakal msh bs nyuri waktu utk ngintipin atau nongol lg di DC... ;D

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #49 on: 11 August 2015, 03:29:29 PM »
Saya bantu jawab mengenai menstruasi saja ya :

Saya pikir tidak menjadi masalah untuk anak SD mengetahui apa itu menstruasi, dan juga bisa dijadikan momen yang pas untuk mengajarkan agar lebih menghargai wanita :)

Q. Laurier itu seperti pampers ya ?
A. Iya
Q. Mengapa cewek masih pake ? Emang masih sering ngompol ?
A. Cewek menggunakan pembalut ketika beranjak dewasa karena sudah mengalami menstruasi
Q. Apa itu menstruasi ?
A. Menstruasi adalah tanda seorang wanita sudah beranjak dewasa dan sudah bisa memiliki bayi
Q. Kenapa cowok tidak pakai ?
A. Karena cowok tidak mengalami menstruasi.
Q. Mengapa cowok tidak mengalami menstruasi ?
A. Karena cowok tidak mengandung dan melahirkan.
Makanya kamu harus menghargai wanita ya, karena kamu bisa ada di dunia ini karena ada ibu yang mengandung dan melahirkan kamu

Hanya ini jawaban yang kepikiran, semoga bisa membantu :)

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #50 on: 11 August 2015, 04:00:57 PM »
Saya bantu jawab mengenai menstruasi saja ya :

Saya pikir tidak menjadi masalah untuk anak SD mengetahui apa itu menstruasi, dan juga bisa dijadikan momen yang pas untuk mengajarkan agar lebih menghargai wanita :)

Q. Laurier itu seperti pampers ya ?
A. Iya
Q. Mengapa cewek masih pake ? Emang masih sering ngompol ?
A. Cewek menggunakan pembalut ketika beranjak dewasa karena sudah mengalami menstruasi
Q. Apa itu menstruasi ?
A. Menstruasi adalah tanda seorang wanita sudah beranjak dewasa dan sudah bisa memiliki bayi
Q. Kenapa cowok tidak pakai ?
A. Karena cowok tidak mengalami menstruasi.
Q. Mengapa cowok tidak mengalami menstruasi ?
A. Karena cowok tidak mengandung dan melahirkan.
Makanya kamu harus menghargai wanita ya, karena kamu bisa ada di dunia ini karena ada ibu yang mengandung dan melahirkan kamu

Hanya ini jawaban yang kepikiran, semoga bisa membantu :)

Hi Bro Forte.... Pa kbr?  Udah jd seorg Papa blm nih?hehe ;D
Thanks ya udah bantuin jawab, tp ada yg ketggalan Bro, anakku pasti tny : jd yg ditampung pake Laurier itu pipis ya? (Krn dianggap sama dgn pampers) nahhh itu yg bingung jawabnya krn kalo dijawab darah, dia bs shock & ngeliatin aku dgn ekspresi aneh  :))
Dia br 7 thn Bro, msh sangat anak2  :)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #51 on: 11 August 2015, 04:18:36 PM »
Hi Bro Forte.... Pa kbr?  Udah jd seorg Papa blm nih?hehe ;D
Thanks ya udah bantuin jawab, tp ada yg ketggalan Bro, anakku pasti tny : jd yg ditampung pake Laurier itu pipis ya? (Krn dianggap sama dgn pampers) nahhh itu yg bingung jawabnya krn kalo dijawab darah, dia bs shock & ngeliatin aku dgn ekspresi aneh  :))
Dia br 7 thn Bro, msh sangat anak2  :)
Baik.
Jika saya jadi ci Suli, saya justru akan take risk mengatakan itu darah menstruasi. Karena jika tidak dijawab darah, maka si anak akan berpikiran itu pipis, dan hal itu justru lebih aneh karena "sudah gede koq masih pipis", dan juga bisa mengakibatkan si anak berpikiran semua wanita masih mengompol

Dan justru pada saat anak melihat dengan muka aneh, itulah kesempatan untuk menanyakan apa pemikirannya, dan jawablah sesuai pertanyaan pemikirannya. Dan mengenai penjelasan darah menstruasi, saya pikir bisa dijelaskan bahwa tubuh wanita dan pria berbeda, dan darah itu merupakan salah satu penanda wanita itu subur dan bisa memiliki bayi

Di sisi lain, saya pikir ci Suli juga tidak bisa menyembunyikan hal ini juga, resiko itu tetap ada, misalnya pada saat (maaf) ci Suli tembus dan anak melihatnya.. atau anak menemukan rok / celana yang ada noda darah ;D

just my 2 cent ;D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #52 on: 11 August 2015, 05:50:42 PM »
Q. Knapa Laurier?
A.
--Masih ingat telur ayam yg masih fresh..  Enak dimakan? Klo di simpan kelamaan telur ayam putihnya menjadi encer. Simpan lebih lama akan rusak n busuk.
--masih ingat bak man yg airnya lama akan kotor n harus d cuci?
--begitu juga bibit utk membuat bayi yg f debut indung telur. Setiap bukan di buat baru Dan bak nya yg d sebut uterus itu ddi kuras utk mendptkan bak yg baru n bersih.
--kurasan bak tsb disebut menstualisi.. Dan cairan kurasan yg dpt darah tsb lah yg diserap oleh laurial setap bukan siklus pembersihan serta produksi indung telur berlangsung.

Imho bgitu..mhon koreksi klo ada yg sesat
« Last Edit: 11 August 2015, 05:54:52 PM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #53 on: 11 August 2015, 07:50:26 PM »
koreksi....

laurier

--Masih ingat telur ayam yg masih fresh..  Enak dimakan? awalnya baik. tapi Kalo di simpan kelamaan telur ayam putihnya menjadi encer. Simpan lebih lama akan rusak n busuk.
--masih ingat bak manDI yg airnya yg baru bersih, lama kelamaan akan kotor dan harus d cuci?
--begitu juga bibit utk membuat bayi yg disebut indung telur. Setiap bulan indung telur ini di buat yg baru Dan bak mandinya yg di sebut uterus itu akan kuras utk mendptkan bak atao dinding yg baru n bersih.
--kurasan bak tsb disebut menstualisi.. Dan kurasan tsb berbentuk cairan yg terdapat darah tsb. Cairan ini supaya tidak kececer maka   diserap oleh laurial. Setiap bulan siklus pembersihan serta produksi indung telur berlangsung terus menurus....

+1 utk bro forte...

:'( :'( :'(
« Last Edit: 11 August 2015, 07:52:39 PM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #54 on: 27 August 2015, 02:18:26 PM »
Halooo...p kbr sis Suli, kangeeennnn...... >:)< >:)<

+1 utk kangen ama sis Suli dan +1 utk bro Forte yg udh jwb bagus skli...p kbr bro Forte... :) _/\_
Kangen juga ama DC...udh lama banget ga online lg di forum....tp yang dicari udh lama kabur smw dari DC jd ga bs ketemu lg dg mereka2....
I'm an ordinary human only

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #55 on: 01 September 2015, 06:37:01 AM »
Halooo...p kbr sis Suli, kangeeennnn...... >:)< >:)<

+1 utk kangen ama sis Suli dan +1 utk bro Forte yg udh jwb bagus skli...p kbr bro Forte... :) _/\_
Kangen juga ama DC...udh lama banget ga online lg di forum....tp yang dicari udh lama kabur smw dari DC jd ga bs ketemu lg dg mereka2....
Baik oma..,grp balik. Oma apa kabar ?
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #56 on: 01 September 2015, 04:35:36 PM »
Baik oma..,grp balik. Oma apa kabar ?
Makasih ya dah dikasih cendol.... :))
Kabar sy baik.....kpn nih bro Junior nya ?  ;D ;D
I'm an ordinary human only

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #57 on: 04 September 2015, 10:48:04 PM »
Sorrrrryyyyy br sempet bls lg neh hehehe _/\_ duhhh susah bgt nyuri waktu sekedar utk nongol bentar, pas ada wkt ehhh inet nya yg lemot bgt haha.....
Hi Sis Shasika..... Pa kbr? Miss you too   :x.....gmn sibuk? Jaga kesehatan ya Sis jgn kena sakit lg hehehe....
Aku jg sibuk bgt nih, sibuk ga jelas tp slalu kehabisan waktu :P ....
Oya thanks jg utk Bro Forte, bnran sulit bgt ngadepin anak2 jmn sekrg hehehe, terlalu kritis & canggih pemikirannya...Anyway, kgk bklan tembus Bro, pake aja yg maxi wing ukuran 35cm dijamin aman sampe penggantian berikutnya, ga percaya? Tanya aja ama istri tercintamu wkwkwk :)) :))
Bro Cumi, uraian ttg bak mandi-nya menarik jg....tp tetap terlalu berat euy Bro utk dicerna oleh anakku, takutnya ntar tiap mandi dia blg 'brarti perut Mama itu kyk bak mandi ya?' Wkwkwk..... :)) :)) kidding hahaha.....anyway thanks Bro ;)

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: kangen ma DC ^^
« Reply #58 on: 05 September 2015, 03:53:45 AM »
Sorrrrryyyyy br sempet bls lg neh hehehe _/\_ duhhh susah bgt nyuri waktu sekedar utk nongol bentar, pas ada wkt ehhh inet nya yg lemot bgt haha.....
Hi Sis Shasika..... Pa kbr? Miss you too   :x.....gmn sibuk? Jaga kesehatan ya Sis jgn kena sakit lg hehehe....
Aku jg sibuk bgt nih, sibuk ga jelas tp slalu kehabisan waktu :P ....
Oya thanks jg utk Bro Forte, bnran sulit bgt ngadepin anak2 jmn sekrg hehehe, terlalu kritis & canggih pemikirannya...Anyway, kgk bklan tembus Bro, pake aja yg maxi wing ukuran 35cm dijamin aman sampe penggantian berikutnya, ga percaya? Tanya aja ama istri tercintamu wkwkwk :)) :))
Bro Cumi, uraian ttg bak mandi-nya menarik jg....tp tetap terlalu berat euy Bro utk dicerna oleh anakku, takutnya ntar tiap mandi dia blg 'brarti perut Mama itu kyk bak mandi ya?' Wkwkwk..... :)) :)) kidding hahaha.....anyway thanks Bro ;)

mengajarkan (pd anak, dewasa) dpt melalui ANALOGI maupun hal2 yg telah mereka tau.... spt RITUAL pembersihan bak mandi, perapian tempat tidur, pencucian piring dst dst....

nahh...semoga anaknya sebelum tidur mendptkan waktu utk bertanya 10 pertanyaaan tiap malam....!  :o :o


klo mau "nyuri" waktu...pagi2 inetnya pasti cepatlah...
merryXmas n happyNewYYYY 2018