Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan Konyol  (Read 102458 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #90 on: 16 November 2012, 12:51:16 PM »
Tentang cicak, iseng-iseng googling, ketemu ini (silakan koreksi kalau salah):

Cicak merupakan organisme yang tergolong dalam kelas Reptilia. hampir sebagian besar reptilia sangat efisien dalam penggunaan airnya. Termasuk pada saat pengeluaran urine. Cicak merupakan hewan yang sangat jarang sekali mengeluarkan urine. Urine yang ada akan didaur ulang hingga mencapai 4-5 kali daur ulang. Sementara itu cicak hanya memiliki satu saluran pembuangan kotoran yaitu kloaka. warna putih pada kotoran cicak merupakan garam amonia yang berasal dari sisa-sisa proses daur ulang urine. sementara itu warna hitam merupakan hasil sisa sekresi dari tubuh cicak atau feses. pada saat cicak mengeluarkan kotorannya, cicak terlebih dahulu mengeluarkan feses yang kemudian diikuti dengan pengeluaran garam amoniaknya. Itulah sebabya kotoran cicak berwarna hitam dan putih.

____________________

Pertanyaan selanjutnya:

Saya pernah nonton di tipi, katanya singa sulit memburu zebra di padang rumput karena singa buta warna dan kulit zebra yang belang-belang tersamar di rerumputan. Kalo mereka kejar-kejaran, singa akan sulit mengukur kecepatan/arah yang tepat untuk menerkam zebra.

Nah, kenapa manusia bisa tau kalo singa buta warna??
« Last Edit: 16 November 2012, 12:54:02 PM by dhammadinna »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.566
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #91 on: 16 November 2012, 12:59:02 PM »
Tentang cicak, iseng-iseng googling, ketemu ini (silakan koreksi kalau salah):

Cicak merupakan organisme yang tergolong dalam kelas Reptilia. hampir sebagian besar reptilia sangat efisien dalam penggunaan airnya. Termasuk pada saat pengeluaran urine. Cicak merupakan hewan yang sangat jarang sekali mengeluarkan urine. Urine yang ada akan didaur ulang hingga mencapai 4-5 kali daur ulang. Sementara itu cicak hanya memiliki satu saluran pembuangan kotoran yaitu kloaka. warna putih pada kotoran cicak merupakan garam amonia yang berasal dari sisa-sisa proses daur ulang urine. sementara itu warna hitam merupakan hasil sisa sekresi dari tubuh cicak atau feses. pada saat cicak mengeluarkan kotorannya, cicak terlebih dahulu mengeluarkan feses yang kemudian diikuti dengan pengeluaran garam amoniaknya. Itulah sebabya kotoran cicak berwarna hitam dan putih.

____________________

Pertanyaan selanjutnya:

Saya pernah nonton di tipi, katanya singa sulit memburu zebra di padang rumput karena singa buta warna dan kulit zebra yang belang-belang tersamar di rerumputan. Kalo mereka kejar-kejaran, singa akan sulit mengukur kecepatan/arah yang tepat untuk menerkam zebra.

Nah, kenapa manusia bisa tau kalo singa buta warna??

ada alat test berupa layar yg diberikan tulisan dari titik2 warna warni, jika Singa masih bisa membaca maka dipastikan tidak buta warna, kalau tidak bisa, maka buta warna.

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #92 on: 16 November 2012, 01:00:30 PM »
^ ^ ^ jadi, singanya disuruh baca??

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #93 on: 16 November 2012, 01:02:35 PM »
^ ^ ^ jadi, singanya disuruh baca??
tapi setahu gw singa emang buta warna sih.. cuma gak tau kenapa dilahirkan buta warna..
mungkin evolusi kali ya.. gak memerlukan penglihatan yang baik dalam berburu..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #94 on: 16 November 2012, 01:03:47 PM »
^ ^ ^ tapi kenapa manusia bisa tau ya kalo mereka buta warna... berdasarkan logika, harusnya hanya singa dan tuhan yang tau...

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.566
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #95 on: 16 November 2012, 01:06:10 PM »
^ ^ ^ tapi kenapa manusia bisa tau ya kalo mereka buta warna... berdasarkan logika, harusnya hanya singa dan tuhan yang tau...

kalau gitu lebih gampang lagi, tinggal tanya tuhan

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #96 on: 16 November 2012, 01:13:08 PM »
^ ^ ^ bukan tuhan berinisial S, tapi tuhan yang katanya maha-tahu..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #97 on: 16 November 2012, 01:24:13 PM »
^ ^ ^ tapi kenapa manusia bisa tau ya kalo mereka buta warna... berdasarkan logika, harusnya hanya singa dan tuhan yang tau...
karena mata singa banyak mengandung sel batang dibanding sel kerucut. Padahal sel kerucut ini yang mengatur soal warna. Akibatnya mata singa tidak terlalu baik dalam membedakan warna. Namun efek lain karena banyak mengandung sel batang menyebabkan mata singa sangat baik digunakan untuk berburu di malam hari.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #98 on: 16 November 2012, 01:49:16 PM »
Pertanyaan selanjutnya:

Saya pernah nonton di tipi, katanya singa sulit memburu zebra di padang rumput karena singa buta warna dan kulit zebra yang belang-belang tersamar di rerumputan. Kalo mereka kejar-kejaran, singa akan sulit mengukur kecepatan/arah yang tepat untuk menerkam zebra.

Nah, kenapa manusia bisa tau kalo singa buta warna??
Kalau bisa tangkap singanya dan di-tes di laboratorium, sepertinya tidak susah. Sama seperti tes buta warna pada manusia tapi tentu disesuaikan tes-nya. Lebih aneh lagi manusia bisa tahu kelelawar punya ultrasonik, padahal kita sendiri ga bisa dengar; atau serangga tertentu punya penglihatan ultra-violet padahal kita ga bisa lihat.
Selain itu kalau dari analisa mata-nya, 'kan bisa ketahuan ada berapa jenis sel kerucut, jenisnya yang mana, jadi bisa ketahuan buta warna apa. Kalau ga salah, dari gen juga bisa ketahuan.

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #99 on: 16 November 2012, 02:03:47 PM »
next :

apa penyebab orang menjadi kidal ?
kebiasaan? keturunan? atau apa?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.566
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #100 on: 16 November 2012, 02:05:26 PM »
next :

apa penyebab orang menjadi kidal ?
kebiasaan? keturunan? atau apa?

kebiasaan, biasanya karena kebiasaan makan,nulis, dan main gitar pake tangan kiri

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #101 on: 16 November 2012, 02:06:56 PM »
next :

apa penyebab orang menjadi kidal ?
kebiasaan? keturunan? atau apa?
kebiasaan....
tapi katanya sih, biasanya kalo orangnya kidal, imajinasinya bagus...
apakah karena imajinasinya bagus, makanya dia kidal, atau karena dia kidal maka imajinasinya bagus??? ;D ;D
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #102 on: 16 November 2012, 02:19:07 PM »
anak saya yang baru berumur 2,5 thn ini kayaknya cenderung kidal nih...
sebaiknya saya biarkan atau robah kebiasaannya ya?

hampir semua aktivitasnya bertumpu ke tangan kiri

ckckckckck.....

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #103 on: 16 November 2012, 02:21:04 PM »
next :

apa penyebab orang menjadi kidal ?
kebiasaan? keturunan? atau apa?
dari penelitian sih.. katanya dari keturunan.. ada gene yang mempengaruhi yang menjadikan seseorang kidal.
cuma sampai saat ini, kebenarannya masih terus diuji, selain itu bisa juga karena faktor trauma / cedera sehingga kebiasaan menggunakan tangan kiri



anak saya yang baru berumur 2,5 thn ini kayaknya cenderung kidal nih...
sebaiknya saya biarkan atau robah kebiasaannya ya?


hampir semua aktivitasnya bertumpu ke tangan kiri


ckckckckck.....
jangan diubah.. tapi ditambahin aja.. hayo. coba gantian pake tangan kanan juga..
lumayan kan ada 2 tangan yang aktif .. hehehe
« Last Edit: 16 November 2012, 02:23:13 PM by Forte »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #104 on: 16 November 2012, 02:33:45 PM »
dari penelitian sih.. katanya dari keturunan.. ada gene yang mempengaruhi yang menjadikan seseorang kidal.
cuma sampai saat ini, kebenarannya masih terus diuji, selain itu bisa juga karena faktor trauma / cedera sehingga kebiasaan menggunakan tangan kiri

mungkin banyak faktor yang mempengaruhi sehingga susah diambil kesimpulan tepatnya apa penyebab orang cenderung menjadi kidal.

jangan diubah.. tapi ditambahin aja.. hayo. coba gantian pake tangan kanan juga..
lumayan kan ada 2 tangan yang aktif .. hehehe

susah bro, butuh kesabaran extra untuk itu.
setiap kali di suruh pake tangan kanan, dalam hitungan detik secara alami berubah lagi jadi pake tangan kiri.
 :|

yang menjadi dilema sih, interaksi anak ini sama lingkungan saja.
misal, menerima pemberian orang lain selalu dengan tangan kiri, padahal dalam norma masyarakat kita menerima dan memberi dengan tangan kiri dianggap kurang sopan. padahal ini anak setiap terima barang secara spontan selalu bilang "makaciiiiih"