Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan Konyol  (Read 105138 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Pertanyaan Konyol
« on: 05 November 2012, 11:39:28 PM »
kami ingin mengajukan pertanyaan konyol, mudah2an ada yang bisa jawab secara nalar menurut science ataupun secara dhamma.

Pertamax
- kenapa "wajah" bulan selalu sama dari waktu ke waktu ? yang berbeda hanya arah perputarannya
jawab: karena sumbu kutub-nya itulah yang kita lihat dan kutub yang satu-nya tidak pernah terlihat. Jadi sisi "wajah" bulan adalah kutub yang selalu sama.
Ibarat mata kita melihat sisi bagian atas pada jempol dan 4 jari selalu berputar mengelilingi sumbu.


dst ;D
next question
- kenapa tokek berbunyi ?
- kenapa manusia bisa tertawa ? bgmn dengan hewan ?
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline hoaxslayer

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #1 on: 06 November 2012, 03:41:47 AM »
kenapa tokek bunyi?

tokek yang berbunyi (kata yang udah ngamatin tokek) adalah tokek cowok yg lagi nyari pasangan untuk bereproduksi.

"tok kotokotok tokeeek...." artinya: "ceweeekkk.....  kawin yuuuuk..."


Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #2 on: 06 November 2012, 06:52:15 AM »
Hewan bisa ketawa juga lho mas tidar, pernah ada penelitian bbrp hewan seperti simpanse, anjing, kucing bisa ketawa lihat adegan lucu, dimana penelitiannya dengan mengukur peningkatan gelombang otak si hewan... Kalau manuisa mukin berhubungan dengan respon yang diterima impuls2 syaraf yang tergetar akibat ada rangsangan memory bahwa suatu hal itu lucu.... :P
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 407
  • Reputasi: 32
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #3 on: 06 November 2012, 09:04:07 AM »
kami ingin mengajukan pertanyaan konyol, mudah2an ada yang bisa jawab secara nalar menurut science ataupun secara dhamma.

Pertamax
- kenapa "wajah" bulan selalu sama dari waktu ke waktu ? yang berbeda hanya arah perputarannya
jawab: karena sumbu kutub-nya itulah yang kita lihat dan kutub yang satu-nya tidak pernah terlihat. Jadi sisi "wajah" bulan adalah kutub yang selalu sama.
Ibarat mata kita melihat sisi bagian atas pada jempol dan 4 jari selalu berputar mengelilingi sumbu.


dst ;D
next question
- kenapa tokek berbunyi ?
- kenapa manusia bisa tertawa ? bgmn dengan hewan ?

Sisi bulan yang menghadap bumi selalu sama karena waktu rotasi bulan sama dengan waktu orbit bulan mengelilingi bumi. Dan itu sepertinya gak ada hubungannya dengan kemiringan sumbu.
Kemiringan sumbu bumi berdampak pada musim.

Kenapa tokek berbunyi? Kenapa manusia berbicara? Wkwkwkwk
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #4 on: 06 November 2012, 03:26:23 PM »
keknya wajah bulan yang selalu sama itu pengaruh di waktu rotasi dan revolusinya yang hampir sama, jadi setiap 29,5 hari sekali, bulan berputar kembali ke posisi semulanya (wajah yang menghadap bumi juga sama), makanya itu tampak wajah bulan selalu sama...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #5 on: 06 November 2012, 03:50:50 PM »
apa iya selalu sama?
biasanya kan cuma tampak setengah dan diwaktu yang lain juga kurang dari setengah. ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #6 on: 06 November 2012, 09:01:23 PM »
jelasinnya susah,... ;D

ilustrasinya, coba kita pegang sebuah gelas 2 yang setengah sisinya ditutup kertas warna, gelas itu kita pegang dengan kertas warnanya menghadap ke kita, dan suruh satu orang menyenteri kita dari depan (sehingga kertas warnanya tidak disinari, alias bulan gelap)
lalu kita putar tubuh kita perlahan-lahan membelakangi sinar senter itu sampai sinarnya perlahan menyinari sisi kertas warna itu perlahan-lahan (seperti fase bulan)
nanti bakal kelihatan, mau diputar bagaimanapun, tetap sisi kertas warna yang terlihat oleh kita, bukan sisi gelas..
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #7 on: 06 November 2012, 11:13:03 PM »
ini jawaban, ndak masuk nalar dan ndak ada penjelasan logis-nya
sekedar spekulasi boleh lah tapi diharapkan dengan penjelasan ilmiah yang mendukung supaya ndak OOT


sebenar-nya, pertanyaan2 sederhana sperti ini akan nambah wawasan buat kita, apa lagi ketika bertemu dengan anak "cerdas".
misal pertanyaan yang pernah diajukan
- kenapa bulan selalu mengikuti kita ? atau sebaliknya (kenapa kita mengikuti bulan ?)
- kenapa air laut asin ?   :-?
- kenapa ayam jantan berkokok dipagi hari ?  ;D


kenapa tokek bunyi?

tokek yang berbunyi (kata yang udah ngamatin tokek) adalah tokek cowok yg lagi nyari pasangan untuk bereproduksi.

"tok kotokotok tokeeek...." artinya: "ceweeekkk.....  kawin yuuuuk..."
« Last Edit: 06 November 2012, 11:14:51 PM by Mas Tidar »
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline hoaxslayer

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #8 on: 07 November 2012, 02:58:48 AM »
walaupun bahasaku kurang sopan (  :-[ jadi malu ndiri) tapi... memang nggak ilmiah, sih.  ;D

mengeluarkan bunyi itu salah satu ciri tokek jantan yang membedakannya dengan yang betina. bunyi "tok kototok tokek" itu merupakan "mating call" untuk memanggil tokek betina.

nah, kalau nanti ada yang pernah denger kalau tokek betina juga berbunyi "tok kotokotok tokek",  mohon disharing di sini.... penasaran juga saya.


Offline hoaxslayer

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #9 on: 07 November 2012, 03:58:02 AM »
nah soal manusia yang tertawa. ini mo sharing OOT dikit soal bunyi tawa di beberapa bahasa.

warning:  :outoftopic:

anak muda Thailand biasanya menuliskan 555 untuk bunyi tawa, karena bunyi angka 5 dalam bahasanya (ห้า) adalah "ha" jadi "555" sama dengan "hahaha"

orang Spanyol, atau yang berbahasa Spanyol, biasanya "jajaja" atau "jejeje" karena huruf j dibacanya sama kayak huruf h.

uniknya... kayaknya bunyi tawa ini bahasa yg universal. ampir di semua tempat di dunia ini, kalo urusan bunyi tawa, selalu melibatkan bunyi "h", entah hahaha, hihihi, hehehe, atau hohoho.....


nah, yang paling bikin penasaran adalah kuntilanak. ini hantu, mau nakutin orang aja pake acara ketawa segala "hiiii hi hi hi hi" (kadang pakai echo, kadang enggak, tergantung sutradara). lucu nggak lucu pokoknya ketawa. hantu yang aneh.

kayaknya tawa ini memang unik, dari manusia, binatang, sampai hantu pun ketawa.  :o

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #10 on: 07 November 2012, 01:16:19 PM »
ad yg lebih lucu kl di kanada wukaywukaywukay...... :))

Offline Chen Hui Ling

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.654
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #11 on: 07 November 2012, 03:59:48 PM »
apa betul kerokan bisa nyembuhin masuk angin?
Don't trust too much, Don't hope too much, Don't love too much, because that too much can hurt you so much

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #12 on: 07 November 2012, 05:02:50 PM »
apa betul kerokan bisa nyembuhin masuk angin?
Bisa dibilang mitos tapi bayakan ampuhnya, saya kira prosedurnya sama dengan pemberian gaya mekanis ke permukaan kulit untuk mengeluarkan kelebihan gas co2 dalam tubuh karena kelebihan gas CO2 diketahui memicu munculnya sensasi rasa seperti yang dianggap gejala masuk angin....
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 407
  • Reputasi: 32
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #13 on: 07 November 2012, 07:42:54 PM »
nah soal manusia yang tertawa. ini mo sharing OOT dikit soal bunyi tawa di beberapa bahasa.

warning:  :outoftopic:

anak muda Thailand biasanya menuliskan 555 untuk bunyi tawa, karena bunyi angka 5 dalam bahasanya (ห้า) adalah "ha" jadi "555" sama dengan "hahaha"

orang Spanyol, atau yang berbahasa Spanyol, biasanya "jajaja" atau "jejeje" karena huruf j dibacanya sama kayak huruf h.

uniknya... kayaknya bunyi tawa ini bahasa yg universal. ampir di semua tempat di dunia ini, kalo urusan bunyi tawa, selalu melibatkan bunyi "h", entah hahaha, hihihi, hehehe, atau hohoho.....


nah, yang paling bikin penasaran adalah kuntilanak. ini hantu, mau nakutin orang aja pake acara ketawa segala "hiiii hi hi hi hi" (kadang pakai echo, kadang enggak, tergantung sutradara). lucu nggak lucu pokoknya ketawa. hantu yang aneh.

kayaknya tawa ini memang unik, dari manusia, binatang, sampai hantu pun ketawa.  :o

Ketawa setelah jaman internet beda lagi, tidak melibatkan bunyi h sama sekali, contohnya wkwkwkwkwkwkwkw
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan Konyol
« Reply #14 on: 07 November 2012, 08:14:30 PM »
ada satu hal yang hampir mirip dengan kejadian dibawah, yi:
pada saat kita menguap (efek dari mengantuk) orang yang liat bisa ketularan menguap padahal kenal pun tidak.
Adakah alasan logis-nya ?



nah soal manusia yang tertawa. ini mo sharing OOT dikit soal bunyi tawa di beberapa bahasa.

warning:  :outoftopic:

anak muda Thailand biasanya menuliskan 555 untuk bunyi tawa, karena bunyi angka 5 dalam bahasanya (ห้า) adalah "ha" jadi "555" sama dengan "hahaha"

orang Spanyol, atau yang berbahasa Spanyol, biasanya "jajaja" atau "jejeje" karena huruf j dibacanya sama kayak huruf h.

uniknya... kayaknya bunyi tawa ini bahasa yg universal. ampir di semua tempat di dunia ini, kalo urusan bunyi tawa, selalu melibatkan bunyi "h", entah hahaha, hihihi, hehehe, atau hohoho.....


nah, yang paling bikin penasaran adalah kuntilanak. ini hantu, mau nakutin orang aja pake acara ketawa segala "hiiii hi hi hi hi" (kadang pakai echo, kadang enggak, tergantung sutradara). lucu nggak lucu pokoknya ketawa. hantu yang aneh.

kayaknya tawa ini memang unik, dari manusia, binatang, sampai hantu pun ketawa.  :o
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha