//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .  (Read 22403 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline -bun-

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« on: 29 March 2011, 11:16:19 AM »
Hi teman2..

Mo minta saran dan masukan neh, saat ini sy lagi bingung menghadapi masalah ini. Sy dan ce sy beda 3 taon, tp ce sy lbh tua dr sy, awalnya hub kami baik2 saja, sampai saatnya ketika ortu sy tau hal ini, dan mereka gak setuju, katanya beda 3 taon itu gak baik, palagi klo si ce nya lbh tua, dan katanya sy itu unsur air dan ce sy unsur api jd saling makan istilahnya. Klo dari segi agama budha, adakah hal seperti itu? Org tua sy sgt percaya tentang kepercayaan2 dulu. Minta bantuannya donk teman2.  :(

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #1 on: 29 March 2011, 11:23:24 AM »
[...]
 Klo dari segi agama budha, adakah hal seperti itu?
[...]

tidak ada

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
« Last Edit: 29 March 2011, 11:26:56 AM by Sumedho »

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #3 on: 29 March 2011, 11:51:33 AM »
Sales mode;on
Sepertinya si bun bukan buddhis.?
Jika bro benar2 cinta sama cewek itu,dan ingin membahagia-kan-nya,
Gampang,perdalam ajaran buddha dari segi teori dan praktek,sy yakin bro akan bisa menyelesaikan masalah ini dengan mudah..
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline -bun-

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #4 on: 29 March 2011, 12:37:30 PM »
Sales mode;on
Sepertinya si bun bukan buddhis.?
Jika bro benar2 cinta sama cewek itu,dan ingin membahagia-kan-nya,
Gampang,perdalam ajaran buddha dari segi teori dan praktek,sy yakin bro akan bisa menyelesaikan masalah ini dengan mudah..



Sy budha bro.
Yg skrg masalahnya ini, gimana cara menyakini org tua dan semua keluarga sy? Klo dari pihak si ce, mereka fine2 aja. Dijelaskan dari segi apapun kelihatannya mereka gak mau mengerti.
u/ cari org yg baik itu banyak tapi org yg cocok dan mengerti kita itu yg susah, gimana cara sy perjuangkan hal ini, kan gak mgkin kita jalan tanpa kepastian terus, sementara waktu terus berjalan.  ???

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #5 on: 29 March 2011, 12:39:13 PM »
dan katanya sy itu unsur air dan ce sy unsur api jd saling makan istilahnya.
kasih tau kadang api bisa dinyalakan dengan air:
http://www.wildwoodsurvival.com/survival/fire/water/index.html

seriously: tradisi jangan dilawan dengan kekerasan. coba cari ahli ramal tradisi yg bisa memberikan hal yg positif mengenai anda dan pasangan, misalnya: ternyata jam lahirnya cocok, pengecualian ini itu, perhitungan anu, dll. karena cara perhitungan yg berbeda2, biasanya anda pasti bisa ketemu ahli yg ketemu hal2 yg baik. dengan otoritas si ahli ini, anda bisa melanjutkan hubungannya dengan pasangan. semoga berbahagia...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #6 on: 29 March 2011, 12:48:43 PM »

Sy budha bro.
Yg skrg masalahnya ini, gimana cara menyakini org tua dan semua keluarga sy? Klo dari pihak si ce, mereka fine2 aja. Dijelaskan dari segi apapun kelihatannya mereka gak mau mengerti.
u/ cari org yg baik itu banyak tapi org yg cocok dan mengerti kita itu yg susah, gimana cara sy perjuangkan hal ini, kan gak mgkin kita jalan tanpa kepastian terus, sementara waktu terus berjalan.  ???
budha saja tidak bisa menyelamatkan anda,makanya sy rekomendasikan untuk memperdalam ajaran buddha
Sales mode on
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #7 on: 07 April 2011, 08:34:01 PM »
untuk bro bun ^^

bro, banyak yang saya temui kejadian seperti ini. Saya pun kebetulan dengan pacar saya, selisih kami 3 tahun dan saya lebih tua. Hanya saja kebetulan lagi orang tua kami tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Masuk ke dalam pokok permasalahan.
Dalam ajaran Buddha tidak pernah disebutkan selisih tahun dapat menyebabkan perpecahan atau tidak baik atau justru bagus dll..
Ajaran Buddha mengenai pasangan yang saya temui lebih berbicara mengenai cara untuk membangun dan menjalin hubungan dengan pasangan. Bagaimana cara untuk menjalani hubungan dengan bahagia ^^

Masalah bro bun ini bisa saya pisah menjadi 3 hal:
1. Bro Bun sendiri:
- karena Bro Bun mengaku sebagai Buddhis, lebih baik bro Bun mempelajari dengan lebih seksama mengenai ajaran Buddha, sampai bro akhirnya mengerti hakekat kehidupan dengan lebih nyata.

2. Bro Bun dengan pasangan:
- Jalani hubungan bro dan pasangan dengan harmonis ^^
- Jauhi perbuatan yang tercela
- Kembangkan kebajikan
- Bertindaklah layaknya pasangan yang sesuai ^^ (lebih baik sesuai dengan nilai2 yang dijunjung kedua belah pihak keluarga)

3. Bro Bun dengan keluarga:
- saran saya, tunjukkan bahwa anda berdua layak untuk bersama.
- berikan kasih sayang kepada tiap2 anggota keluarga pasangan
- Berikan pengertian dengan sabar dan lembut kepada anggota keluarga sendiri.

Motivasi buat bro, Batu karang yang begitu kuat, dapat hancur dengan deburan ombak yang terus menerus. Begitu pula dengan hati manusia bro, yang dibutuhkan adalah pembuktian bahwa bro dan pasangan dapat menjalani hubungan bersama. Satu lagi bro, Untuk masalah seperti ini, lebih baik untuk memberikan cinta kasih ketimbang kekerasan. ^^

Be happy ^^

Offline lobsangchandra

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 181
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk mencapai Pencerahan
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #8 on: 07 April 2011, 09:08:37 PM »
beda 3 tahun menurut shio chinese...itu namanya ciong kecil...tapi bisa berjalan kok tidak ada masalah berarti ... good luck.... _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #9 on: 07 April 2011, 09:33:12 PM »
Ajaran Buddha mengenai pasangan yang saya temui lebih berbicara mengenai cara untuk membangun dan menjalin hubungan dengan pasangan. Bagaimana cara untuk menjalani hubungan dengan bahagia ^^

Ajaran Buddha yg manakah yg berbicara mengenai cara membangun dan menjalin hubungan dengan pasangan?

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #10 on: 08 April 2011, 04:13:09 PM »
Ajaran Buddha yg manakah yg berbicara mengenai cara membangun dan menjalin hubungan dengan pasangan?

Bro Indra, apa yang saya katakan merupakan kesimpulan dari apa yang saya pernah baca.
Bro, apakah bro pernah mendengar kualitas2 untuk mereka yang berpasangan untuk hidup bersama, kini dan nanti?
Kalo ga salah inget, samma jiva 4. Mungkin bro bisa mengingat kembali.
Itu mengenai menjalin hubungan bro. dikatakan kita dengan pasangan kita kalo mau bersama lagi, maka ada 4 hal (kalo ga salah) / kualitas yang hendaknya harus sejalan dan sesuai. (maaf banget kalo saya ada yang kurang tepat. Tapi niat saya untuk membantu bro bun)
1 lagi mengenai 7 tipe istri yang disebutkan oleh Buddha. (rujukannya adalah Angguttara IV, 91)
kalau itu bukan untuk menjalin hubungan yang bahagia, lalu apa y bro?


Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #11 on: 08 April 2011, 04:48:03 PM »
Bro Indra, apa yang saya katakan merupakan kesimpulan dari apa yang saya pernah baca.
Bro, apakah bro pernah mendengar kualitas2 untuk mereka yang berpasangan untuk hidup bersama, kini dan nanti?
Kalo ga salah inget, samma jiva 4. Mungkin bro bisa mengingat kembali.
Itu mengenai menjalin hubungan bro. dikatakan kita dengan pasangan kita kalo mau bersama lagi, maka ada 4 hal (kalo ga salah) / kualitas yang hendaknya harus sejalan dan sesuai.
sepertinya yg dibahas adalah mengenai hubungan pada saat ini, pada kehidupan ini, bukan membahas mengenai keinginan bersama lagi nanti. dan 4 itu adalah kondisi untuk dapat bersama lagi dalam kehidupan mendatang, tidak disebutkan sebagai syarat dalam menjalin hubungan.

Quote
(maaf banget kalo saya ada yang kurang tepat. Tapi niat saya untuk membantu bro bun)
1 lagi mengenai 7 tipe istri yang disebutkan oleh Buddha. (rujukannya adalah Angguttara IV, 91)
kalau itu bukan untuk menjalin hubungan yang bahagia, lalu apa y bro?
yg ini saya belum pernah baca, tapi dari topiknya yg membahas tentang istri sepertinya kok bukan menjelaskan mengenai hubungan antar pasangan, karena hanya sepihak dari istri. mungkin boleh dikutipkan sutta-nya agar kita bisa melihatnya dengan lebih jelas

[/quote]

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #12 on: 08 April 2011, 05:05:14 PM »
numpang lewat...

Quote
65. Bagaimana Dapat Bersatu di
dalam Kehidupan-kehidupan Mendatang?

Pada suatu ketika Sang Buddha berdiam di antara penduduk Bhagga, dekat Sumsumaragiri, di taman Rusa di Hutan Bhesakala. Suatu pagi Sang Buddha berpakaian, mengambil jubah atas dan mangkuk-Nya, lalu pergi ke tempat tinggal perumah-tangga Nakulapita.39 Setelah tiba di sana, Beliau duduk di tempat yang telah disediakan. Perumah tangga Nakulapita dan istrinya Nakulamata mendekati Sang Buddha. Setelah memberikan hormat, mereka duduk di satu sisi. Kemudian, perumah tangga Nakulapita berkata kepada Sang Buddha:

“Yang Mulia, sejak istri saya Nakulamata yang masih muda dibawa ke rumah saya yang pada waktu itu juga masih muda, saya tidak pernah secara sadar telah menyalahi dia sekalipun di dalam pikiran, apalagi di dalam tindakan. Yang Mulia, kami berkeinginan untuk tidak berpisah selama kehidupan ini masih berlangsung dan di dalam kehidupan mendatang juga.”

Kemudian Nakulamata sang istri itu berkata kepada Sang Buddha: “Yang Mulia, sejak saya yang pada waktu itu masih muda dibawa ke rumah suamiku Nakulapita yang masih muda, saya tidak pernah secara sadar telah menyalahi dia sekalipun di dalam pikiran, apalagi di dalam tindakan. Yang Mulia, kami berkeinginan untuk tidak berpisah selama kehidupan ini masih berlangsung dan di dalam kehidupan mendatang juga.”

Kemudian Sang Buddha berkata demikian: “Perumah tangga, jika suami dan istri ingin tidak berpisah selama kehidupan ini masih berlangsung dan di dalam kehidupan yang akan datang juga, mereka harus memiliki keyakinan yang sama, moralitas yang sama, kedermawanan yang sama, kebijaksaan yang sama; dengan demikian mereka tidak akan berpisah selama kehidupan ini masih berlangsung dan di dalam kehidupan mendatang juga.”
Bila keduanya memiliki keyakinan dan kedermawanan,
Memiliki pengendalian diri, menjalani kehidupan yang benar,
Mereka datang bersama sebagai suami dan istri,
Penuh cinta kasih satu sama lain.

Banyak berkah datang kepada mereka,
Mereka hidup bersama di dalam kebahagiaan,
Musuh-musuh mereka dibiarkan merana,
Bila keduanya setara moralitasnya.

Setelah hidup sesuai Dhamma di dunia ini,
Setara dalam moralitas dan ketaatan,
Mereka bersuka-cita di alam dewa setelah kematian,
Menikmati kebahagiaan yang melimpah.
(IV, 55)


Quote
148. Tujuh Jenis Istri

Pada suatu ketika Yang Terberkahi berdiam di Savatthi di Hutan Jeta di Vihara Anatthapindika. Di pagi hari Yang Terberkahi berpakaian, mengambil mangkuk dan jubahnya, dan pergi ke rumah Anatthapindika. Di sana Beliau duduk di tempat duduk yang telah disediakan. Pada waktu itu seisi rumah membuat kegaduhan dan keributan. Perumah tangga Anatthapindika menghampiri Yang Terberkahi, memberikan hormat dan duduk di satu sisi. Yang Terberkahi kemudian berkata: “Mengapa orang-orang di rumahmu membuat kegaduhan dan keributan, perumah tangga? Orang bisa berpikir mereka adalah nelayan yang berhasil menangkap banyak ikan.”

“Bhante, itu adalah Sujata, menantu perempuan kami. Dia kaya dan dibawa ke sini dari keluarga kaya. Dia tidak mematuhi ayah dan ibu mertuanya, tidak juga suaminya. Dia bahkan tidak menghormati, menghargai, menjunjung tinggi dan memuliakan Yang Terberkahi.”

Kemudian Yang Terberkahi memanggil Sujata, si menantu perempuan itu: “Datanglah kemari, Sujata.”

“Ya, Bhante”, jawabnya. Sujata datang mendekat Yang Terberkahi, memberikan hormat dan duduk di satu sisi. Yang Terberkahi kemudian berkata kepadanya, “Ada tujuh macam istri, Sujata. Apakah yang tujuh itu? Istri yang seperti pembunuh, yang seperti pencuri, yang seperti tiran, yang seperti seorang ibu, yang seperti saudara perempuan, yang seperti sahabat, dan yang seperti pelayan. Inilah tujuh macam istri itu. Nah, termasuk yang manakah engkau?”

“Saya tidak memahami secara terperinci arti dari pernyataan singkat Yang Terberkahi. Akan lebih baik bila Bhante mengajar saya sedemikian rupa sehingga saya dapat memahami artinya secara terperinci.”

“Kalau demikian, dengarkanlah, Sujata, dan perhatikan dengan seksama. Aku akan berbicara.”

“Ya, Bhante”, Sujata si menantu menjawab. Yang Terberkahi mengatakan hal ini:

“Dengan pikiran penuh kebencian, dingin dan tanpa nurani,
Bernafsu pada yang lain, merendahkan suaminya;
Berusaha membunuh orang yang membeli dia -
Istri semacam itu disebut seorang pembunuh.

Ketika suaminya memperoleh kekayaan
Dari keterampilan atau usaha atau kerja tani,
Dia mencoba mencuri kecil-kecilan untuk dirinya sendiri -
Istri semacam itu disebut seorang pencuri.

Si serakah yang malas, cenderung menganggur,
Keras, galak, kasar dalam ucapan,
Wanita yang mempermainkan penopangnya sendiri -
Istri semacam itu disebut seorang tiran.

Orang yang selalu membantu dan baik hati,
Yang menjaga suaminya bagaikan ibu menjaga anaknya,
Yang dengan cermat melindungi kekayaan yang diperoleh si suami -
Istri semacam itu disebut seorang ibu.

Dia yang menjunjung tinggi suaminya,
Bagaikan adik menjunjung saudara tuanya,
Yang dengan rendah hati menuruti kemauan suami -
Istri semacam itu disebut seorang saudara.

Orang yang bersuka cita melihat suaminya
Bagaikan sahabat yang menyambut sahabat lain,
Terdidik dengan baik, luhur, berbakti -
Istri semacam itu disebut seorang sahabat

Orang yang tak memiliki kemarahan, yang takut dihukum,
Yang bertahan dengan suaminya, bebas dari kebencian,
Yang dengan rendah hati menuruti kemauan suami -
Istri semacam itu disebut seorang pelayan.19

Berbagai macam istri yang di sini disebut seorang pembunuh,
Seorang pencuri, dan istri seperti tiran,
Istri-istri semacam ini, bersama hancurnya tubuh,
Akan terlahir lagi di neraka yang dalam.

Namun istri seperti seorang ibu, saudara, sahabat,
Dan istri yang disebut seorang pelayan,
Mantap dalam keluhuran, sudah lama terkendali,
Bersama hancurnya tubuh akan pergi ke surga.

“Sujata, inilah tujuh macam istri. Termasuk yang manakah engkau?”

“Mulai hari ini, Bhante, anggaplah saya sebagai istri seperti pelayan.”

(VII, 59)
...

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #13 on: 08 April 2011, 05:13:30 PM »
Quote
Dengan pikiran penuh kebencian, dingin dan tanpa nurani,
Bernafsu pada yang lain, merendahkan suaminya;
Berusaha membunuh orang yang membeli dia -
Istri semacam itu disebut seorang pembunuh
.

saya kurang mengerti bagian ini ..~ senior bisa membantu ?


Quote
Orang yang selalu membantu dan baik hati,
Yang menjaga suaminya bagaikan ibu menjaga anaknya,
Yang dengan cermat melindungi kekayaan yang diperoleh si suami -
Istri semacam itu disebut seorang ibu.

pilihlah aku jadi istri mu..  =)) =))

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #14 on: 08 April 2011, 05:19:44 PM »
yah..jaman itu sudah ada mas kawin...
jd seakan2 di beli..
mungkin gitu
...

 

anything