Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .  (Read 19897 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline -bun-

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« on: 29 March 2011, 11:16:19 AM »
Hi teman2..

Mo minta saran dan masukan neh, saat ini sy lagi bingung menghadapi masalah ini. Sy dan ce sy beda 3 taon, tp ce sy lbh tua dr sy, awalnya hub kami baik2 saja, sampai saatnya ketika ortu sy tau hal ini, dan mereka gak setuju, katanya beda 3 taon itu gak baik, palagi klo si ce nya lbh tua, dan katanya sy itu unsur air dan ce sy unsur api jd saling makan istilahnya. Klo dari segi agama budha, adakah hal seperti itu? Org tua sy sgt percaya tentang kepercayaan2 dulu. Minta bantuannya donk teman2.  :(

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #1 on: 29 March 2011, 11:23:24 AM »
[...]
 Klo dari segi agama budha, adakah hal seperti itu?
[...]

tidak ada

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
« Last Edit: 29 March 2011, 11:26:56 AM by Sumedho »

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #3 on: 29 March 2011, 11:51:33 AM »
Sales mode;on
Sepertinya si bun bukan buddhis.?
Jika bro benar2 cinta sama cewek itu,dan ingin membahagia-kan-nya,
Gampang,perdalam ajaran buddha dari segi teori dan praktek,sy yakin bro akan bisa menyelesaikan masalah ini dengan mudah..
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline -bun-

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #4 on: 29 March 2011, 12:37:30 PM »
Sales mode;on
Sepertinya si bun bukan buddhis.?
Jika bro benar2 cinta sama cewek itu,dan ingin membahagia-kan-nya,
Gampang,perdalam ajaran buddha dari segi teori dan praktek,sy yakin bro akan bisa menyelesaikan masalah ini dengan mudah..



Sy budha bro.
Yg skrg masalahnya ini, gimana cara menyakini org tua dan semua keluarga sy? Klo dari pihak si ce, mereka fine2 aja. Dijelaskan dari segi apapun kelihatannya mereka gak mau mengerti.
u/ cari org yg baik itu banyak tapi org yg cocok dan mengerti kita itu yg susah, gimana cara sy perjuangkan hal ini, kan gak mgkin kita jalan tanpa kepastian terus, sementara waktu terus berjalan.  ???

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.749
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #5 on: 29 March 2011, 12:39:13 PM »
dan katanya sy itu unsur air dan ce sy unsur api jd saling makan istilahnya.
kasih tau kadang api bisa dinyalakan dengan air:
http://www.wildwoodsurvival.com/survival/fire/water/index.html

seriously: tradisi jangan dilawan dengan kekerasan. coba cari ahli ramal tradisi yg bisa memberikan hal yg positif mengenai anda dan pasangan, misalnya: ternyata jam lahirnya cocok, pengecualian ini itu, perhitungan anu, dll. karena cara perhitungan yg berbeda2, biasanya anda pasti bisa ketemu ahli yg ketemu hal2 yg baik. dengan otoritas si ahli ini, anda bisa melanjutkan hubungannya dengan pasangan. semoga berbahagia...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #6 on: 29 March 2011, 12:48:43 PM »

Sy budha bro.
Yg skrg masalahnya ini, gimana cara menyakini org tua dan semua keluarga sy? Klo dari pihak si ce, mereka fine2 aja. Dijelaskan dari segi apapun kelihatannya mereka gak mau mengerti.
u/ cari org yg baik itu banyak tapi org yg cocok dan mengerti kita itu yg susah, gimana cara sy perjuangkan hal ini, kan gak mgkin kita jalan tanpa kepastian terus, sementara waktu terus berjalan.  ???
budha saja tidak bisa menyelamatkan anda,makanya sy rekomendasikan untuk memperdalam ajaran buddha
Sales mode on
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #7 on: 07 April 2011, 08:34:01 PM »
untuk bro bun ^^

bro, banyak yang saya temui kejadian seperti ini. Saya pun kebetulan dengan pacar saya, selisih kami 3 tahun dan saya lebih tua. Hanya saja kebetulan lagi orang tua kami tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Masuk ke dalam pokok permasalahan.
Dalam ajaran Buddha tidak pernah disebutkan selisih tahun dapat menyebabkan perpecahan atau tidak baik atau justru bagus dll..
Ajaran Buddha mengenai pasangan yang saya temui lebih berbicara mengenai cara untuk membangun dan menjalin hubungan dengan pasangan. Bagaimana cara untuk menjalani hubungan dengan bahagia ^^

Masalah bro bun ini bisa saya pisah menjadi 3 hal:
1. Bro Bun sendiri:
- karena Bro Bun mengaku sebagai Buddhis, lebih baik bro Bun mempelajari dengan lebih seksama mengenai ajaran Buddha, sampai bro akhirnya mengerti hakekat kehidupan dengan lebih nyata.

2. Bro Bun dengan pasangan:
- Jalani hubungan bro dan pasangan dengan harmonis ^^
- Jauhi perbuatan yang tercela
- Kembangkan kebajikan
- Bertindaklah layaknya pasangan yang sesuai ^^ (lebih baik sesuai dengan nilai2 yang dijunjung kedua belah pihak keluarga)

3. Bro Bun dengan keluarga:
- saran saya, tunjukkan bahwa anda berdua layak untuk bersama.
- berikan kasih sayang kepada tiap2 anggota keluarga pasangan
- Berikan pengertian dengan sabar dan lembut kepada anggota keluarga sendiri.

Motivasi buat bro, Batu karang yang begitu kuat, dapat hancur dengan deburan ombak yang terus menerus. Begitu pula dengan hati manusia bro, yang dibutuhkan adalah pembuktian bahwa bro dan pasangan dapat menjalani hubungan bersama. Satu lagi bro, Untuk masalah seperti ini, lebih baik untuk memberikan cinta kasih ketimbang kekerasan. ^^

Be happy ^^

Offline lobsangchandra

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 181
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk mencapai Pencerahan
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #8 on: 07 April 2011, 09:08:37 PM »
beda 3 tahun menurut shio chinese...itu namanya ciong kecil...tapi bisa berjalan kok tidak ada masalah berarti ... good luck.... _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #9 on: 07 April 2011, 09:33:12 PM »
Ajaran Buddha mengenai pasangan yang saya temui lebih berbicara mengenai cara untuk membangun dan menjalin hubungan dengan pasangan. Bagaimana cara untuk menjalani hubungan dengan bahagia ^^

Ajaran Buddha yg manakah yg berbicara mengenai cara membangun dan menjalin hubungan dengan pasangan?

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #10 on: 08 April 2011, 04:13:09 PM »
Ajaran Buddha yg manakah yg berbicara mengenai cara membangun dan menjalin hubungan dengan pasangan?

Bro Indra, apa yang saya katakan merupakan kesimpulan dari apa yang saya pernah baca.
Bro, apakah bro pernah mendengar kualitas2 untuk mereka yang berpasangan untuk hidup bersama, kini dan nanti?
Kalo ga salah inget, samma jiva 4. Mungkin bro bisa mengingat kembali.
Itu mengenai menjalin hubungan bro. dikatakan kita dengan pasangan kita kalo mau bersama lagi, maka ada 4 hal (kalo ga salah) / kualitas yang hendaknya harus sejalan dan sesuai. (maaf banget kalo saya ada yang kurang tepat. Tapi niat saya untuk membantu bro bun)
1 lagi mengenai 7 tipe istri yang disebutkan oleh Buddha. (rujukannya adalah Angguttara IV, 91)
kalau itu bukan untuk menjalin hubungan yang bahagia, lalu apa y bro?


Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #11 on: 08 April 2011, 04:48:03 PM »
Bro Indra, apa yang saya katakan merupakan kesimpulan dari apa yang saya pernah baca.
Bro, apakah bro pernah mendengar kualitas2 untuk mereka yang berpasangan untuk hidup bersama, kini dan nanti?
Kalo ga salah inget, samma jiva 4. Mungkin bro bisa mengingat kembali.
Itu mengenai menjalin hubungan bro. dikatakan kita dengan pasangan kita kalo mau bersama lagi, maka ada 4 hal (kalo ga salah) / kualitas yang hendaknya harus sejalan dan sesuai.
sepertinya yg dibahas adalah mengenai hubungan pada saat ini, pada kehidupan ini, bukan membahas mengenai keinginan bersama lagi nanti. dan 4 itu adalah kondisi untuk dapat bersama lagi dalam kehidupan mendatang, tidak disebutkan sebagai syarat dalam menjalin hubungan.

Quote
(maaf banget kalo saya ada yang kurang tepat. Tapi niat saya untuk membantu bro bun)
1 lagi mengenai 7 tipe istri yang disebutkan oleh Buddha. (rujukannya adalah Angguttara IV, 91)
kalau itu bukan untuk menjalin hubungan yang bahagia, lalu apa y bro?
yg ini saya belum pernah baca, tapi dari topiknya yg membahas tentang istri sepertinya kok bukan menjelaskan mengenai hubungan antar pasangan, karena hanya sepihak dari istri. mungkin boleh dikutipkan sutta-nya agar kita bisa melihatnya dengan lebih jelas

[/quote]

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #12 on: 08 April 2011, 05:05:14 PM »
numpang lewat...

Quote
65. Bagaimana Dapat Bersatu di
dalam Kehidupan-kehidupan Mendatang?

Pada suatu ketika Sang Buddha berdiam di antara penduduk Bhagga, dekat Sumsumaragiri, di taman Rusa di Hutan Bhesakala. Suatu pagi Sang Buddha berpakaian, mengambil jubah atas dan mangkuk-Nya, lalu pergi ke tempat tinggal perumah-tangga Nakulapita.39 Setelah tiba di sana, Beliau duduk di tempat yang telah disediakan. Perumah tangga Nakulapita dan istrinya Nakulamata mendekati Sang Buddha. Setelah memberikan hormat, mereka duduk di satu sisi. Kemudian, perumah tangga Nakulapita berkata kepada Sang Buddha:

“Yang Mulia, sejak istri saya Nakulamata yang masih muda dibawa ke rumah saya yang pada waktu itu juga masih muda, saya tidak pernah secara sadar telah menyalahi dia sekalipun di dalam pikiran, apalagi di dalam tindakan. Yang Mulia, kami berkeinginan untuk tidak berpisah selama kehidupan ini masih berlangsung dan di dalam kehidupan mendatang juga.”

Kemudian Nakulamata sang istri itu berkata kepada Sang Buddha: “Yang Mulia, sejak saya yang pada waktu itu masih muda dibawa ke rumah suamiku Nakulapita yang masih muda, saya tidak pernah secara sadar telah menyalahi dia sekalipun di dalam pikiran, apalagi di dalam tindakan. Yang Mulia, kami berkeinginan untuk tidak berpisah selama kehidupan ini masih berlangsung dan di dalam kehidupan mendatang juga.”

Kemudian Sang Buddha berkata demikian: “Perumah tangga, jika suami dan istri ingin tidak berpisah selama kehidupan ini masih berlangsung dan di dalam kehidupan yang akan datang juga, mereka harus memiliki keyakinan yang sama, moralitas yang sama, kedermawanan yang sama, kebijaksaan yang sama; dengan demikian mereka tidak akan berpisah selama kehidupan ini masih berlangsung dan di dalam kehidupan mendatang juga.”
Bila keduanya memiliki keyakinan dan kedermawanan,
Memiliki pengendalian diri, menjalani kehidupan yang benar,
Mereka datang bersama sebagai suami dan istri,
Penuh cinta kasih satu sama lain.

Banyak berkah datang kepada mereka,
Mereka hidup bersama di dalam kebahagiaan,
Musuh-musuh mereka dibiarkan merana,
Bila keduanya setara moralitasnya.

Setelah hidup sesuai Dhamma di dunia ini,
Setara dalam moralitas dan ketaatan,
Mereka bersuka-cita di alam dewa setelah kematian,
Menikmati kebahagiaan yang melimpah.
(IV, 55)


Quote
148. Tujuh Jenis Istri

Pada suatu ketika Yang Terberkahi berdiam di Savatthi di Hutan Jeta di Vihara Anatthapindika. Di pagi hari Yang Terberkahi berpakaian, mengambil mangkuk dan jubahnya, dan pergi ke rumah Anatthapindika. Di sana Beliau duduk di tempat duduk yang telah disediakan. Pada waktu itu seisi rumah membuat kegaduhan dan keributan. Perumah tangga Anatthapindika menghampiri Yang Terberkahi, memberikan hormat dan duduk di satu sisi. Yang Terberkahi kemudian berkata: “Mengapa orang-orang di rumahmu membuat kegaduhan dan keributan, perumah tangga? Orang bisa berpikir mereka adalah nelayan yang berhasil menangkap banyak ikan.”

“Bhante, itu adalah Sujata, menantu perempuan kami. Dia kaya dan dibawa ke sini dari keluarga kaya. Dia tidak mematuhi ayah dan ibu mertuanya, tidak juga suaminya. Dia bahkan tidak menghormati, menghargai, menjunjung tinggi dan memuliakan Yang Terberkahi.”

Kemudian Yang Terberkahi memanggil Sujata, si menantu perempuan itu: “Datanglah kemari, Sujata.”

“Ya, Bhante”, jawabnya. Sujata datang mendekat Yang Terberkahi, memberikan hormat dan duduk di satu sisi. Yang Terberkahi kemudian berkata kepadanya, “Ada tujuh macam istri, Sujata. Apakah yang tujuh itu? Istri yang seperti pembunuh, yang seperti pencuri, yang seperti tiran, yang seperti seorang ibu, yang seperti saudara perempuan, yang seperti sahabat, dan yang seperti pelayan. Inilah tujuh macam istri itu. Nah, termasuk yang manakah engkau?”

“Saya tidak memahami secara terperinci arti dari pernyataan singkat Yang Terberkahi. Akan lebih baik bila Bhante mengajar saya sedemikian rupa sehingga saya dapat memahami artinya secara terperinci.”

“Kalau demikian, dengarkanlah, Sujata, dan perhatikan dengan seksama. Aku akan berbicara.”

“Ya, Bhante”, Sujata si menantu menjawab. Yang Terberkahi mengatakan hal ini:

“Dengan pikiran penuh kebencian, dingin dan tanpa nurani,
Bernafsu pada yang lain, merendahkan suaminya;
Berusaha membunuh orang yang membeli dia -
Istri semacam itu disebut seorang pembunuh.

Ketika suaminya memperoleh kekayaan
Dari keterampilan atau usaha atau kerja tani,
Dia mencoba mencuri kecil-kecilan untuk dirinya sendiri -
Istri semacam itu disebut seorang pencuri.

Si serakah yang malas, cenderung menganggur,
Keras, galak, kasar dalam ucapan,
Wanita yang mempermainkan penopangnya sendiri -
Istri semacam itu disebut seorang tiran.

Orang yang selalu membantu dan baik hati,
Yang menjaga suaminya bagaikan ibu menjaga anaknya,
Yang dengan cermat melindungi kekayaan yang diperoleh si suami -
Istri semacam itu disebut seorang ibu.

Dia yang menjunjung tinggi suaminya,
Bagaikan adik menjunjung saudara tuanya,
Yang dengan rendah hati menuruti kemauan suami -
Istri semacam itu disebut seorang saudara.

Orang yang bersuka cita melihat suaminya
Bagaikan sahabat yang menyambut sahabat lain,
Terdidik dengan baik, luhur, berbakti -
Istri semacam itu disebut seorang sahabat

Orang yang tak memiliki kemarahan, yang takut dihukum,
Yang bertahan dengan suaminya, bebas dari kebencian,
Yang dengan rendah hati menuruti kemauan suami -
Istri semacam itu disebut seorang pelayan.19

Berbagai macam istri yang di sini disebut seorang pembunuh,
Seorang pencuri, dan istri seperti tiran,
Istri-istri semacam ini, bersama hancurnya tubuh,
Akan terlahir lagi di neraka yang dalam.

Namun istri seperti seorang ibu, saudara, sahabat,
Dan istri yang disebut seorang pelayan,
Mantap dalam keluhuran, sudah lama terkendali,
Bersama hancurnya tubuh akan pergi ke surga.

“Sujata, inilah tujuh macam istri. Termasuk yang manakah engkau?”

“Mulai hari ini, Bhante, anggaplah saya sebagai istri seperti pelayan.”

(VII, 59)
...

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #13 on: 08 April 2011, 05:13:30 PM »
Quote
Dengan pikiran penuh kebencian, dingin dan tanpa nurani,
Bernafsu pada yang lain, merendahkan suaminya;
Berusaha membunuh orang yang membeli dia -
Istri semacam itu disebut seorang pembunuh
.

saya kurang mengerti bagian ini ..~ senior bisa membantu ?


Quote
Orang yang selalu membantu dan baik hati,
Yang menjaga suaminya bagaikan ibu menjaga anaknya,
Yang dengan cermat melindungi kekayaan yang diperoleh si suami -
Istri semacam itu disebut seorang ibu.

pilihlah aku jadi istri mu..  =)) =))

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #14 on: 08 April 2011, 05:19:44 PM »
yah..jaman itu sudah ada mas kawin...
jd seakan2 di beli..
mungkin gitu
...

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #15 on: 08 April 2011, 07:58:21 PM »
yah..jaman itu sudah ada mas kawin...
jd seakan2 di beli..
mungkin gitu

 _/\_ _/\_ _/\_ _/\_


~ kasian para wanita , sejak zaman dahulu kala udah "barang dagangan"  :(

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #16 on: 08 April 2011, 08:54:24 PM »
_/\_ _/\_ _/\_ _/\_


~ kasian para wanita , sejak zaman dahulu kala udah "barang dagangan"  :(


dan.. sampe skrg .. :P
...

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #17 on: 09 April 2011, 01:51:51 AM »
 [at] bro Indra: sudah baca? dan ini tidak berlaku untuk istri saja. Dalam banyak pengajaran yang saya temui. Ini berlaku untuk kedua belah pasangan. Baik kepada suami dari istri, dan kepada istri dari suami. jelas kan?

Lanjut lagi, untuk menjalin hubungan suami dan istri, bro pernah dengar Sigalovada Sutta?
Arah Barat bro Indra:
ini kutipannya dari post bro Sumedo

"Dalam lima cara seorang isteri harus diperlakukan sebagai arah barat oleh
suaminya:

1.   Dengan perhatian;
2.   Dengan keramah-tamahan;
3.   Dengan kesetiaan;
4.   Dengan menyerahkan kekuasaan kepadanya;
5.   Dengan memberikan barang-barang perhiasan kepadanya.



Dalam lima cara ini sang isteri membalas cinta suaminya sebagai arah barat:

1.   Kewajiban-kewajibannya dilakukan dengan sebaik-baiknya
2.   Berlaku ramah-tamah kepada sanak keluarga dari kedua pihak;
3.   Dengan kesetiaan
4.   Menjaga barang-barang yang ia bawa
5.   Pandai dan rajin mengurus segala pekerjaan rumah tangga.



Demikianlah arah barat ini terlindung untuknya, dibuat aman dan terjamin."

Link: http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=257.0

silakan bro, apakah bro sudah jelas? bahwa Buddha pun mengajarkan cara bagaimana untuk menjalin hubungan yang harmonis? Terima kasih sesudahnya ^^

Be happy bro Indra ^^

Offline Rina Hong

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.256
  • Reputasi: -2
  • Gender: Female
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #18 on: 09 April 2011, 01:35:33 PM »
Bro saya ada cara menghadapi yg begituan ;D

bro cari pasangan suami istri yg beda 3 tahun disekitar lingkungan tempat bro tinggal, kalo bs yg udah merid lama dhe..

trus suruh ortu anda liat keadaan rumah tangga mereka.

gw jg ada ayi dan acek yg 9 tahun yg katanya chiong besar... tapi masih langgeng" aja tuh...
The four Reliances
1st,rely on the spirit and meaning of the teachings, not on the words;
2nd,rely on the teachings, not on the personality of the teacher;
3rd,rely on real wisdom, not superficial interpretation;
And 4th,rely on the essence of your pure Wisdom Mind, not on judgmental perceptions

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #19 on: 09 April 2011, 02:39:53 PM »
[at] bro Indra: sudah baca? dan ini tidak berlaku untuk istri saja. Dalam banyak pengajaran yang saya temui. Ini berlaku untuk kedua belah pasangan. Baik kepada suami dari istri, dan kepada istri dari suami. jelas kan?

Lanjut lagi, untuk menjalin hubungan suami dan istri, bro pernah dengar Sigalovada Sutta?
wah saya tidak pernah dengar juga Sigalovada Sutta ini

Quote
Arah Barat bro Indra:
ini kutipannya dari post bro Sumedo

"Dalam lima cara seorang isteri harus diperlakukan sebagai arah barat oleh
suaminya:

1.   Dengan perhatian;
2.   Dengan keramah-tamahan;
3.   Dengan kesetiaan;
4.   Dengan menyerahkan kekuasaan kepadanya;
5.   Dengan memberikan barang-barang perhiasan kepadanya.



Dalam lima cara ini sang isteri membalas cinta suaminya sebagai arah barat:

1.   Kewajiban-kewajibannya dilakukan dengan sebaik-baiknya
2.   Berlaku ramah-tamah kepada sanak keluarga dari kedua pihak;
3.   Dengan kesetiaan
4.   Menjaga barang-barang yang ia bawa
5.   Pandai dan rajin mengurus segala pekerjaan rumah tangga.



Demikianlah arah barat ini terlindung untuknya, dibuat aman dan terjamin."

Link: http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=257.0

silakan bro, apakah bro sudah jelas? bahwa Buddha pun mengajarkan cara bagaimana untuk menjalin hubungan yang harmonis? Terima kasih sesudahnya ^^

Be happy bro Indra ^^


sepertinya mirip dengan Sigalaka Sutta di Digha Nikaya. menarik bukan, sementara suami dituntut untuk memberikan perhatian pada istri namun istri boleh tidak perlu memberikan perhatian pada suami, cukup dengan setia dan menjaga barang2, dan ramah pada mertua, memasak, dll.

anyway, saya turut gembira melihat anda juga suka berdiskusi dan tidak hanya sibuk mengurus lapak anda saja

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #20 on: 09 April 2011, 10:34:11 PM »
 [at] bro Indra:
Yup akhirnya setuju juga ^^

hoo ^^ ok, anyway anda memerhatikan kegiatan saya y? perhatian banget bro Indra ^^
terima kasih loh bro Indra  _/\_
Be happy ^^

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #21 on: 09 April 2011, 10:48:13 PM »
[at] bro Indra:
Yup akhirnya setuju juga ^^
saya tidak mengatakan setuju, hanya saja saya berpendapat bahwa ajaran tentang "kewajiban sbg suami/istri" tidak sama dengan ajaran "pasangan yg harmonis" dan sepertinya ini dapat dilanjutkan selama beberapa ratus halaman lagi dan tetap akan begitu.

Quote
hoo ^^ ok, anyway anda memerhatikan kegiatan saya y? perhatian banget bro Indra ^^
terima kasih loh bro Indra  _/\_
Be happy ^^


tidak perlu memperhatikan anda secara khusus, tapi mungkin sebagian besar member juga tau siapa anda di forum ini, hanya kebetulan cuma saya yg peduli. sebaiknya kita di sini memanfaatkan resource untuk belajar Dhamma, memang forum menyediakan fitur untuk kegiatan lain, yaitu, berdagang, tapi sebaiknya dimanfaatkan sebagai selingan, bukan sebagai kegiatan utama. Tentu saja ini cuma himbauan, karena tidak ada peraturan DC yg mengatakan demikian.
« Last Edit: 09 April 2011, 10:51:55 PM by Indra »

Offline Harpuia

  • Teman
  • **
  • Posts: 97
  • Reputasi: 9
  • Harpy
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #22 on: 09 April 2011, 10:50:44 PM »
TS nya ke mana yak setelah problem ini? kayaknya diskusi sudah mengelantur dari topik yang dibicarakan..

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #23 on: 09 April 2011, 11:01:59 PM »
saya tidak mengatakan setuju, hanya saja saya berpendapat bahwa ajaran tentang "kewajiban sbg suami/istri" tidak sama dengan ajaran "pasangan yg harmonis" dan sepertinya ini dapat dilanjutkan selama beberapa ratus halaman lagi dan tetap akan begitu.

tidak perlu memperhatikan anda secara khusus, tapi mungkin sebagian besar member juga tau siapa anda di forum ini, hanya kebetulan cuma saya yg peduli. sebaiknya kita di sini memanfaatkan resource untuk belajar Dhamma, memang forum menyediakan fitur untuk kegiatan lain, yaitu, berdagang, tapi sebaiknya dimanfaatkan sebagai selingan, bukan sebagai kegiatan utama. Tentu saja ini cuma himbauan, karena tidak ada peraturan DC yg mengatakan demikian.

ohh tidak setuju jika Buddha juga mengajarkan bagaimana cara membangun hubungan suami istri yang baik?
ok, ya terserah bro lah ^^ hahahaha

yup, jika memang di situ cara saya berkarya dalam Buddhis ketimbang saya berdiskusi dalam forum ^^
itu jalan yang dipilih bro ^^, dan saya menghormati semua user di sini dengan jalan yang mereka pilih masing-masing ^^
Sebagian besar? ooh masih mungkin ya? hmm saya pikir bro sudah bikin survey ^^ haha
kembali kepada pilihan masing-masing, jika bro merasa forum dimanfaatkan untuk kegiatan berdiskusi saja. Ups, ya itu pilihan bro sendiri saja ^^

Bagus deh peraturannya seperti itu ^^ tidak mengikat ^^ haha ^^
Jalan menuju penyadaran tidak hanya melalui 1 pintu, tapi ada 84.000 puntu. Seperti yang sudah dibabarkan oleh Buddha ^^
Salam bahagia untuk bro Indra  ;)

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #24 on: 09 April 2011, 11:17:24 PM »
ohh tidak setuju jika Buddha juga mengajarkan bagaimana cara membangun hubungan suami istri yang baik?
ok, ya terserah bro lah ^^ hahahaha

yup, jika memang di situ cara saya berkarya dalam Buddhis ketimbang saya berdiskusi dalam forum ^^
itu jalan yang dipilih bro ^^, dan saya menghormati semua user di sini dengan jalan yang mereka pilih masing-masing ^^
Sebagian besar? ooh masih mungkin ya? hmm saya pikir bro sudah bikin survey ^^ haha

memang saya punya data statistik mengenai hal ini, tapi karena ada dalam PM saya memilih untuk tidak mempublikasikannya.

Quote
kembali kepada pilihan masing-masing, jika bro merasa forum dimanfaatkan untuk kegiatan berdiskusi saja. Ups, ya itu pilihan bro sendiri saja ^^

Bagus deh peraturannya seperti itu ^^ tidak mengikat ^^ haha ^^
Jalan menuju penyadaran tidak hanya melalui 1 pintu, tapi ada 84.000 puntu. Seperti yang sudah dibabarkan oleh Buddha ^^
Salam bahagia untuk bro Indra  ;)

nah, ini tambah menarik, saya belum pernah mendengar atau membaca ajaran Sang Buddha tentang "pintu". bisa dijelaskan, Bro?

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #25 on: 10 April 2011, 09:55:56 AM »
OOT ... kasian itu yang butuh bantuannya, back to topic lagi aja  _/\_

 ^:)^
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #26 on: 10 April 2011, 09:59:15 AM »
Hi teman2..

Mo minta saran dan masukan neh, saat ini sy lagi bingung menghadapi masalah ini. Sy dan ce sy beda 3 taon, tp ce sy lbh tua dr sy, awalnya hub kami baik2 saja, sampai saatnya ketika ortu sy tau hal ini, dan mereka gak setuju, katanya beda 3 taon itu gak baik, palagi klo si ce nya lbh tua, dan katanya sy itu unsur air dan ce sy unsur api jd saling makan istilahnya. Klo dari segi agama budha, adakah hal seperti itu? Org tua sy sgt percaya tentang kepercayaan2 dulu. Minta bantuannya donk teman2.  :(

bro bun coba buka http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=6340.0 ,  ada contoh nyata yg sudah menikah dan mempunyai perbedaan usia 3 tahun (orang tua) dari salah satu senior,  mungkin dapat membantu  _/\_


Menurut saya... ga ada hubungannya antara shio dan suatu hubungan...
Karena kita berjodoh dengan seseorang karena ada ikatan Kamma yang kuat... jadi tergantung kita aja jalaninnya mau gimana...
Dan harus bisa dibuktikan kepada ortu kalo hubungan yg dijalanin bisa berjalan dengan baik...
Contohnya adalah dari kisah nyata papa dan mama saya.. beda umur mereka 3 tahun... tetapi mereka baik2 saja.. sangat akur malah.. ga ada tuch yang namanya percekcokan atau pertengkaran...
Jadi semua tergantung dari kita yang menjalankannya..
.
_/\_
« Last Edit: 10 April 2011, 10:06:36 AM by wang ai lie »
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #27 on: 11 April 2011, 03:44:09 PM »
 _/\_
bro Indra: bisa pm ke saya data statistiknya? haha itung-itung buat penelitian saya ^^

mengenai Pintu, bro cari aja deh. Kebetulan saya pernah dengar dalam sebuah ceramah di wihara. Ada istilah Buddha membabarkan/mengenalkan dhamma dalam berbagai cara. Biasanya dalam literatur 84.000 itu menunjukkan sangat banyaknya cara Buddha membabarkan dhamma. Dan pintu dalam ceramah tersebut diibaratkan dengan cara.
Mungkin bro blum pernah dengar, ya kalo gitu saya kasih tau ^^ kalo bro merasa senang, ya anda bahagia ^^ kalo bro ga puas, bro boleh cari sumbernya ^^, kalo ga sesuai, ya boleh ditinggalkan ^^
^^ Kalo yang lain puas, kemudian bro tidak. Jalanilah masing-masing. ^^

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #28 on: 11 April 2011, 03:46:06 PM »
bro bun coba buka http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=6340.0 ,  ada contoh nyata yg sudah menikah dan mempunyai perbedaan usia 3 tahun (orang tua) dari salah satu senior,  mungkin dapat membantu  _/\_



Yup, back to the topic dhe, silakan bro bun, apakah ada update terbaru? saya berharap yang terbaik untuk bro bun berdua dan keluarga. Semoga berakhir dengan bahagia ^^

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #29 on: 11 April 2011, 03:51:00 PM »
_/\_
bro Indra: bisa pm ke saya data statistiknya? haha itung-itung buat penelitian saya ^^

maaf saya harus minta izin dulu dari si pengirim PM tersebut.

Quote
mengenai Pintu, bro cari aja deh. Kebetulan saya pernah dengar dalam sebuah ceramah di wihara. Ada istilah Buddha membabarkan/mengenalkan dhamma dalam berbagai cara. Biasanya dalam literatur 84.000 itu menunjukkan sangat banyaknya cara Buddha membabarkan dhamma. Dan pintu dalam ceramah tersebut diibaratkan dengan cara.
Mungkin bro blum pernah dengar, ya kalo gitu saya kasih tau ^^ kalo bro merasa senang, ya anda bahagia ^^ kalo bro ga puas, bro boleh cari sumbernya ^^, kalo ga sesuai, ya boleh ditinggalkan ^^
^^ Kalo yang lain puas, kemudian bro tidak. Jalanilah masing-masing. ^^

saya sangat suka gaya diskusi seperti ini, "cari aja deh", atau "kalo ga sesuai, boleh ditinggalkan", sungguh diskusi yg sangat menyenangkan. "Jalanilah masing-masing", apa sih yg sebenarnya dijalani? wong ini cuma menanyakan tentang pintu?

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #30 on: 11 April 2011, 04:05:37 PM »
 [at] bro Indra: ohh silakan, jika sudah dapat izin, boleh kok di pm ke saya ^^ mohon dibantu ya bro ^^

menyenangkan? wah bagus bro kalo bro suka ^^
hmm, jalani bukan dalam hal harafiah ^^ namun jika sesuai dan bermanfaat bisa bro terapkan dalam bro berpikir, berucap, bertindak ^^
Jadi jelasnya pengibaratan "pintu" tersebut saya dengar dalam beberapa ceramah di wihara ^^

jelas bro. Oh ya, lebih baik kita sama-sama membantu TS yang sepertinya sedang kesulitan ini. Semoga hidupnya sudah damai tentram ^^

Offline Pikochan_chan

  • Sebelumnya: Good Listener
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 232
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • Welcome at Jungle
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #31 on: 07 September 2011, 11:22:11 AM »
Bro saya ada cara menghadapi yg begituan ;D

bro cari pasangan suami istri yg beda 3 tahun disekitar lingkungan tempat bro tinggal, kalo bs yg udah merid lama dhe..

trus suruh ortu anda liat keadaan rumah tangga mereka.

gw jg ada ayi dan acek yg 9 tahun yg katanya chiong besar... tapi masih langgeng" aja tuh...


Cinta sejati melampaui batasan² perbedaan: umur, ras, gender, fisik,  species, galaksi, alam kehidupan, sifat, profesi, hobi, etc²

Bagaikan magnet, chemistry cinta akan selalu&saling tarik menarik……..berapapun kalpa kehidupan yg dilalui………true love antar 2 subjek akan tetap memiliki keterikatan &kemelekatan…….

True love menyatukan 2 insan secara fisik, perasaan, pikiran, spirit(jika ada), etc.

Hakikatnnya true love “Always Listening, Always Understanding.”

Spoiler: ShowHide
Siyuegen Cece Rina Hong ;)

_/\_ SSBS






Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #32 on: 07 September 2011, 11:30:46 AM »
Hi teman2..

Mo minta saran dan masukan neh, saat ini sy lagi bingung menghadapi masalah ini. Sy dan ce sy beda 3 taon, tp ce sy lbh tua dr sy, awalnya hub kami baik2 saja, sampai saatnya ketika ortu sy tau hal ini, dan mereka gak setuju, katanya beda 3 taon itu gak baik, palagi klo si ce nya lbh tua, dan katanya sy itu unsur air dan ce sy unsur api jd saling makan istilahnya. Klo dari segi agama budha, adakah hal seperti itu? Org tua sy sgt percaya tentang kepercayaan2 dulu. Minta bantuannya donk teman2.  :(

berarti belum "cinta mati" maka-nya timbul ragu-ragu... heheheheheh
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #33 on: 07 September 2011, 11:38:25 AM »
Wah, menarik nih beda 3 tahun... ;D

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #34 on: 07 September 2011, 11:44:31 AM »
Hi teman2..

Mo minta saran dan masukan neh, saat ini sy lagi bingung menghadapi masalah ini. Sy dan ce sy beda 3 taon, tp ce sy lbh tua dr sy, awalnya hub kami baik2 saja, sampai saatnya ketika ortu sy tau hal ini, dan mereka gak setuju, katanya beda 3 taon itu gak baik, palagi klo si ce nya lbh tua, dan katanya sy itu unsur air dan ce sy unsur api jd saling makan istilahnya. Klo dari segi agama budha, adakah hal seperti itu? Org tua sy sgt percaya tentang kepercayaan2 dulu. Minta bantuannya donk teman2.  :(

hampir mirip dgn cerita temen gw
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #35 on: 07 September 2011, 11:48:50 AM »
hampir mirip dgn cerita temen gw

Menurut anda bagaimana ?  ;D

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #36 on: 07 September 2011, 11:52:01 AM »
Menurut anda bagaimana ?  ;D

cewe itu lbh cepet terlihat tua loh apalagi sdh melahirkan anak...ya jagan sampe selingkuh aja di kemudian hari....hahahhaa
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #37 on: 07 September 2011, 11:53:18 AM »
cewe itu lbh cepet terlihat tua loh apalagi sdh melahirkan anak...ya jagan sampe selingkuh aja di kemudian hari....hahahhaa

Apakah orang tersebut irasional ?  :-?

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #38 on: 07 September 2011, 11:55:03 AM »
Apakah orang tersebut irasional ?  :-?

cinta itu memang buta...lebih makai perasaan drpd logika..mungkin saja org tersebut angin2an..hehehe..biarkan waktu yang menjawab.. ;D
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #39 on: 25 September 2011, 10:08:39 AM »
Bagaimana pun juga bila di tinjau dari masa reproduksi (telur) yang ada pada wanita memang ada keterbatasan nya setelah itu adalah masa manoupse.

Offline Rina Hong

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.256
  • Reputasi: -2
  • Gender: Female
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #40 on: 24 December 2011, 11:12:37 PM »
cewe itu lbh cepet terlihat tua loh apalagi sdh melahirkan anak...ya jagan sampe selingkuh aja di kemudian hari....hahahhaa

cowo hidung belang selalu ada alasan buat selingkuh, istrinya udah cakep pun dia akan pakai alasan lain buat selingkuh.
The four Reliances
1st,rely on the spirit and meaning of the teachings, not on the words;
2nd,rely on the teachings, not on the personality of the teacher;
3rd,rely on real wisdom, not superficial interpretation;
And 4th,rely on the essence of your pure Wisdom Mind, not on judgmental perceptions

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #41 on: 25 December 2011, 08:40:18 PM »
cinta itu memang buta...lebih makai perasaan drpd logika..mungkin saja org tersebut angin2an..hehehe..biarkan waktu yang menjawab.. ;D

setuju om, biasanya cinta itu tumbuh jika akan kehilangan :)
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline light2

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 44
  • Reputasi: 1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #42 on: 05 April 2012, 08:49:03 AM »
Umur 3 tahun bisa menjadi penghalang.
Unsur api ama air bisa bentrok...
Yah...klo yang percaya mau dibilang apa leh.

Hanya saja, apakah hubungan dan sifat selama ini bisa saling menghargai dan menghormati?

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #43 on: 05 April 2012, 09:09:49 AM »
TS nya kabur kemana nih wkwkwk...

Offline Hendra Tan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 412
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Keep Calm, Soft, Pray, Spirit & Smile In My Life
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #44 on: 18 December 2012, 06:46:16 PM »
Mau tanya nih..katanya kalau menurut tradisi kalau beda 6th itu lak chiong yah?? Dan katanya bisa menyebabkan salah satunya meninggal?? Apakah itu benar?? Krn mama saya selalu tekankan gak akan merestui kalau beda 6th krn ii(adik mama) beda 6th dan waktu mau nikah kan tanya2 ke org yg bisa menghitung hari yg tepat utk nikah dan saat itu jg tukang yg ngitungi hari tersebut bilang beda 6th bahaya bisa salah satu meninggal dan harus sembahyang khias tapi biarpun sudah sembahyang khias tetap saja suami ii meninggal tiba2 di dlm mobil yg dikemudikan(sebelum meninggal sempat telpon engkuh utk minta dijemput krn kepalanya sakit teramat sangat) tapi saat engkuh sampai tujuan dimana mobil suami ii berada suami ii udah meninggal dgn mobil masih dinyalakan dan pintu mobil tdk dikunci rapat..itu kejadian taon 2002 bulan desember setelah ii ama suaminya menikah 9th)

Pertanyaan saya apakah itu benar kalau beda 6th itu sangat tidak baik??

Offline khiong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 478
  • Reputasi: 29
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #45 on: 18 December 2012, 07:03:44 PM »
Mau tanya nih..katanya kalau menurut tradisi kalau beda 6th itu lak chiong yah?? Dan katanya bisa menyebabkan salah satunya meninggal?? Apakah itu benar?? Krn mama saya selalu tekankan gak akan merestui kalau beda 6th krn ii(adik mama) beda 6th dan waktu mau nikah kan tanya2 ke org yg bisa menghitung hari yg tepat utk nikah dan saat itu jg tukang yg ngitungi hari tersebut bilang beda 6th bahaya bisa salah satu meninggal dan harus sembahyang khias tapi biarpun sudah sembahyang khias tetap saja suami ii meninggal tiba2 di dlm mobil yg dikemudikan(sebelum meninggal sempat telpon engkuh utk minta dijemput krn kepalanya sakit teramat sangat) tapi saat engkuh sampai tujuan dimana mobil suami ii berada suami ii udah meninggal dgn mobil masih dinyalakan dan pintu mobil tdk dikunci rapat..itu kejadian taon 2002 bulan desember setelah ii ama suaminya menikah 9th)

Pertanyaan saya apakah itu benar kalau beda 6th itu sangat tidak baik??
kematian itu pasti,  :))Bro shio anjing, unsul air +..?

Offline Hendra Tan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 412
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Keep Calm, Soft, Pray, Spirit & Smile In My Life
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #46 on: 18 December 2012, 10:01:56 PM »
kematian itu pasti,  :))Bro shio anjing, unsul air +..?
Maksudnya unsur air + apaan koh?? Jelasin donk kokoh yg baik dan ganteng ;D

Offline khiong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 478
  • Reputasi: 29
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #47 on: 19 December 2012, 07:40:41 AM »
Maksudnya unsur air + apaan koh?? Jelasin donk kokoh yg baik dan ganteng ;D
kalau benar Bro seTan shiu anjing unsul air + (unsul + , unsul - ), mungkin kurang cocok dengan 3,6,9.  :))

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #48 on: 19 December 2012, 10:20:44 AM »
Mau tanya nih..katanya kalau menurut tradisi kalau beda 6th itu lak chiong yah?? Dan katanya bisa menyebabkan salah satunya meninggal?? Apakah itu benar?? Krn mama saya selalu tekankan gak akan merestui kalau beda 6th krn ii(adik mama) beda 6th dan waktu mau nikah kan tanya2 ke org yg bisa menghitung hari yg tepat utk nikah dan saat itu jg tukang yg ngitungi hari tersebut bilang beda 6th bahaya bisa salah satu meninggal dan harus sembahyang khias tapi biarpun sudah sembahyang khias tetap saja suami ii meninggal tiba2 di dlm mobil yg dikemudikan(sebelum meninggal sempat telpon engkuh utk minta dijemput krn kepalanya sakit teramat sangat) tapi saat engkuh sampai tujuan dimana mobil suami ii berada suami ii udah meninggal dgn mobil masih dinyalakan dan pintu mobil tdk dikunci rapat..itu kejadian taon 2002 bulan desember setelah ii ama suaminya menikah 9th)

Pertanyaan saya apakah itu benar kalau beda 6th itu sangat tidak baik??

temanku mama papanya beda 6 tahun baik" aja kok....  kk coba baca dr page 1 deh....

Offline Hendra Tan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 412
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Keep Calm, Soft, Pray, Spirit & Smile In My Life
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #49 on: 19 December 2012, 11:52:26 AM »
temanku mama papanya beda 6 tahun baik" aja kok....  kk coba baca dr page 1 deh....
Iya jg sih..tapi asal-usul beda 6th gak boleh itu darimana yah?? :-?

Offline Hendra Tan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 412
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Keep Calm, Soft, Pray, Spirit & Smile In My Life
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #50 on: 19 December 2012, 11:54:35 AM »
kalau benar Bro seTan shiu anjing unsul air + (unsul + , unsul - ), mungkin kurang cocok dengan 3,6,9.  :))
Kalau koh khiong sendiri gmn?? Cucok gak ma 3, 6, 9?? ;D :whistle:

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #51 on: 19 December 2012, 12:40:36 PM »
ha..ha..ha.. jadi inget nolak cowok yang beda 9 thn dg alasan ortu gak setuju. :))
Klo doi tetap kekeuh harus hadapi ortu dulu sampe ortu setuju baru lanjut...

Offline khiong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 478
  • Reputasi: 29
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #52 on: 19 December 2012, 01:46:45 PM »
Kalau koh khiong sendiri gmn?? Cucok gak ma 3, 6, 9?? ;D :whistle:
:)) 3,6 tidak cocok.. 9 bisa. ;D

Offline Hendra Tan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 412
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Keep Calm, Soft, Pray, Spirit & Smile In My Life
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #53 on: 19 December 2012, 02:28:42 PM »
ha..ha..ha.. jadi inget nolak cowok yang beda 9 thn dg alasan ortu gak setuju. :))
Klo doi tetap kekeuh harus hadapi ortu dulu sampe ortu setuju baru lanjut...
Bisa-bisa tuh cowok nangis konghu dah tuh di tolak ama yg tercintanya :whistle:

Offline Hendra Tan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 412
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Keep Calm, Soft, Pray, Spirit & Smile In My Life
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #54 on: 19 December 2012, 02:31:42 PM »
:)) 3,6 tidak cocok.. 9 bisa. ;D
Kalau beda 36th gmn tuh koh :whistle:

Offline khiong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 478
  • Reputasi: 29
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #55 on: 19 December 2012, 02:34:58 PM »
Bisa-bisa tuh cowok nangis konghu dah tuh di tolak ama yg tercintanya :whistle:
cweknya aja ha ha ha , cwoknya nangis,kecewa, pindah deh ke tetangga. ;D

Offline khiong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 478
  • Reputasi: 29
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #56 on: 19 December 2012, 02:38:25 PM »
Kalau beda 36th gmn tuh koh :whistle:
masih ada cewek umur 20th nikah dengan Bro yang udah 56th..?? ;D

Offline Hendra Tan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 412
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Keep Calm, Soft, Pray, Spirit & Smile In My Life
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #57 on: 19 December 2012, 02:49:28 PM »
cweknya aja ha ha ha , cwoknya nangis,kecewa, pindah deh ke tetangga. ;D
Berarti tuh cowok buaya donk mudah berpindah ke rumput tetangga :whistle:

Itu mah sudah pasti tuh cewek suka materinya klo sampai nikah sama engkong2 tuwir :whistle:

Offline khiong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 478
  • Reputasi: 29
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #58 on: 19 December 2012, 05:18:49 PM »
Berarti tuh cowok buaya donk mudah berpindah ke rumput tetangga :whistle:

ke tetangga yang gak ada Ciong-ciongan.. ;D

Offline Hendra Tan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 412
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Keep Calm, Soft, Pray, Spirit & Smile In My Life
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #59 on: 19 December 2012, 05:22:55 PM »
Berarti tuh cowok buaya donk mudah berpindah ke rumput tetangga :whistle:

ke tetangga yang gak ada Ciong-ciongan.. ;D
Kalau begitu gak bagus cowok tipe kayak bgitu dijadikan suami..bisa2 rumput tetangga dibabat abis dah.. ;D

Offline Rena_lee

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 12
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #60 on: 30 December 2012, 05:14:58 PM »
 _/\_
saya kurang yakin soal beda 3 tahun deh..
cocok / ga cocok, baik / buruk tergantung gmana kita bersikap kan..
ada yg merid sampe lihat hari tanggal terbaik aja bisa cerai..
Karaniya Metta Sutta

Offline Chinsun

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 27
  • Reputasi: 2
  • Gender: Female
  • Hidup ini sgt singkat,lakukan kebaikan selagi bisa
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #61 on: 04 January 2013, 02:30:39 PM »
_/\_
saya kurang yakin soal beda 3 tahun deh..
cocok / ga cocok, baik / buruk tergantung gmana kita bersikap kan..
ada yg merid sampe lihat hari tanggal terbaik aja bisa cerai..

setuju banget... itu cm mitos mnrt gw.. kalo kt yakin sesuatu baek yg akan terjadi baik adanya dan sebaliknya. kalo blm apa2 aja ud diblg buruk ya psti buruk yg akan terjadi. ada yg ktnya antara 3,6,9 paling gk bgs selisih 6thn.. toh ortu tmn gw da mpe gt tua hub ttp harmonis... malah ktnya yg bgs beda 4 dan 8thn ,.. itu trjdi sm tmn ane hub RT mrk tp hr ribut bagai kapal pecah,, hehehe ..
Birth was not our choice, dealth will not be our choice,but the way we live our life is our choice. Absolutely our choice,life fullest for today..strive to learn something new today :)