Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .  (Read 20960 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #15 on: 08 April 2011, 07:58:21 PM »
yah..jaman itu sudah ada mas kawin...
jd seakan2 di beli..
mungkin gitu

 _/\_ _/\_ _/\_ _/\_


~ kasian para wanita , sejak zaman dahulu kala udah "barang dagangan"  :(

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #16 on: 08 April 2011, 08:54:24 PM »
_/\_ _/\_ _/\_ _/\_


~ kasian para wanita , sejak zaman dahulu kala udah "barang dagangan"  :(


dan.. sampe skrg .. :P
...

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #17 on: 09 April 2011, 01:51:51 AM »
 [at] bro Indra: sudah baca? dan ini tidak berlaku untuk istri saja. Dalam banyak pengajaran yang saya temui. Ini berlaku untuk kedua belah pasangan. Baik kepada suami dari istri, dan kepada istri dari suami. jelas kan?

Lanjut lagi, untuk menjalin hubungan suami dan istri, bro pernah dengar Sigalovada Sutta?
Arah Barat bro Indra:
ini kutipannya dari post bro Sumedo

"Dalam lima cara seorang isteri harus diperlakukan sebagai arah barat oleh
suaminya:

1.   Dengan perhatian;
2.   Dengan keramah-tamahan;
3.   Dengan kesetiaan;
4.   Dengan menyerahkan kekuasaan kepadanya;
5.   Dengan memberikan barang-barang perhiasan kepadanya.



Dalam lima cara ini sang isteri membalas cinta suaminya sebagai arah barat:

1.   Kewajiban-kewajibannya dilakukan dengan sebaik-baiknya
2.   Berlaku ramah-tamah kepada sanak keluarga dari kedua pihak;
3.   Dengan kesetiaan
4.   Menjaga barang-barang yang ia bawa
5.   Pandai dan rajin mengurus segala pekerjaan rumah tangga.



Demikianlah arah barat ini terlindung untuknya, dibuat aman dan terjamin."

Link: http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=257.0

silakan bro, apakah bro sudah jelas? bahwa Buddha pun mengajarkan cara bagaimana untuk menjalin hubungan yang harmonis? Terima kasih sesudahnya ^^

Be happy bro Indra ^^

Offline Rina Hong

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.256
  • Reputasi: -2
  • Gender: Female
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #18 on: 09 April 2011, 01:35:33 PM »
Bro saya ada cara menghadapi yg begituan ;D

bro cari pasangan suami istri yg beda 3 tahun disekitar lingkungan tempat bro tinggal, kalo bs yg udah merid lama dhe..

trus suruh ortu anda liat keadaan rumah tangga mereka.

gw jg ada ayi dan acek yg 9 tahun yg katanya chiong besar... tapi masih langgeng" aja tuh...
The four Reliances
1st,rely on the spirit and meaning of the teachings, not on the words;
2nd,rely on the teachings, not on the personality of the teacher;
3rd,rely on real wisdom, not superficial interpretation;
And 4th,rely on the essence of your pure Wisdom Mind, not on judgmental perceptions

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #19 on: 09 April 2011, 02:39:53 PM »
[at] bro Indra: sudah baca? dan ini tidak berlaku untuk istri saja. Dalam banyak pengajaran yang saya temui. Ini berlaku untuk kedua belah pasangan. Baik kepada suami dari istri, dan kepada istri dari suami. jelas kan?

Lanjut lagi, untuk menjalin hubungan suami dan istri, bro pernah dengar Sigalovada Sutta?
wah saya tidak pernah dengar juga Sigalovada Sutta ini

Quote
Arah Barat bro Indra:
ini kutipannya dari post bro Sumedo

"Dalam lima cara seorang isteri harus diperlakukan sebagai arah barat oleh
suaminya:

1.   Dengan perhatian;
2.   Dengan keramah-tamahan;
3.   Dengan kesetiaan;
4.   Dengan menyerahkan kekuasaan kepadanya;
5.   Dengan memberikan barang-barang perhiasan kepadanya.



Dalam lima cara ini sang isteri membalas cinta suaminya sebagai arah barat:

1.   Kewajiban-kewajibannya dilakukan dengan sebaik-baiknya
2.   Berlaku ramah-tamah kepada sanak keluarga dari kedua pihak;
3.   Dengan kesetiaan
4.   Menjaga barang-barang yang ia bawa
5.   Pandai dan rajin mengurus segala pekerjaan rumah tangga.



Demikianlah arah barat ini terlindung untuknya, dibuat aman dan terjamin."

Link: http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=257.0

silakan bro, apakah bro sudah jelas? bahwa Buddha pun mengajarkan cara bagaimana untuk menjalin hubungan yang harmonis? Terima kasih sesudahnya ^^

Be happy bro Indra ^^


sepertinya mirip dengan Sigalaka Sutta di Digha Nikaya. menarik bukan, sementara suami dituntut untuk memberikan perhatian pada istri namun istri boleh tidak perlu memberikan perhatian pada suami, cukup dengan setia dan menjaga barang2, dan ramah pada mertua, memasak, dll.

anyway, saya turut gembira melihat anda juga suka berdiskusi dan tidak hanya sibuk mengurus lapak anda saja

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #20 on: 09 April 2011, 10:34:11 PM »
 [at] bro Indra:
Yup akhirnya setuju juga ^^

hoo ^^ ok, anyway anda memerhatikan kegiatan saya y? perhatian banget bro Indra ^^
terima kasih loh bro Indra  _/\_
Be happy ^^

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #21 on: 09 April 2011, 10:48:13 PM »
[at] bro Indra:
Yup akhirnya setuju juga ^^
saya tidak mengatakan setuju, hanya saja saya berpendapat bahwa ajaran tentang "kewajiban sbg suami/istri" tidak sama dengan ajaran "pasangan yg harmonis" dan sepertinya ini dapat dilanjutkan selama beberapa ratus halaman lagi dan tetap akan begitu.

Quote
hoo ^^ ok, anyway anda memerhatikan kegiatan saya y? perhatian banget bro Indra ^^
terima kasih loh bro Indra  _/\_
Be happy ^^


tidak perlu memperhatikan anda secara khusus, tapi mungkin sebagian besar member juga tau siapa anda di forum ini, hanya kebetulan cuma saya yg peduli. sebaiknya kita di sini memanfaatkan resource untuk belajar Dhamma, memang forum menyediakan fitur untuk kegiatan lain, yaitu, berdagang, tapi sebaiknya dimanfaatkan sebagai selingan, bukan sebagai kegiatan utama. Tentu saja ini cuma himbauan, karena tidak ada peraturan DC yg mengatakan demikian.
« Last Edit: 09 April 2011, 10:51:55 PM by Indra »

Offline Harpuia

  • Teman
  • **
  • Posts: 97
  • Reputasi: 9
  • Harpy
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #22 on: 09 April 2011, 10:50:44 PM »
TS nya ke mana yak setelah problem ini? kayaknya diskusi sudah mengelantur dari topik yang dibicarakan..

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #23 on: 09 April 2011, 11:01:59 PM »
saya tidak mengatakan setuju, hanya saja saya berpendapat bahwa ajaran tentang "kewajiban sbg suami/istri" tidak sama dengan ajaran "pasangan yg harmonis" dan sepertinya ini dapat dilanjutkan selama beberapa ratus halaman lagi dan tetap akan begitu.

tidak perlu memperhatikan anda secara khusus, tapi mungkin sebagian besar member juga tau siapa anda di forum ini, hanya kebetulan cuma saya yg peduli. sebaiknya kita di sini memanfaatkan resource untuk belajar Dhamma, memang forum menyediakan fitur untuk kegiatan lain, yaitu, berdagang, tapi sebaiknya dimanfaatkan sebagai selingan, bukan sebagai kegiatan utama. Tentu saja ini cuma himbauan, karena tidak ada peraturan DC yg mengatakan demikian.

ohh tidak setuju jika Buddha juga mengajarkan bagaimana cara membangun hubungan suami istri yang baik?
ok, ya terserah bro lah ^^ hahahaha

yup, jika memang di situ cara saya berkarya dalam Buddhis ketimbang saya berdiskusi dalam forum ^^
itu jalan yang dipilih bro ^^, dan saya menghormati semua user di sini dengan jalan yang mereka pilih masing-masing ^^
Sebagian besar? ooh masih mungkin ya? hmm saya pikir bro sudah bikin survey ^^ haha
kembali kepada pilihan masing-masing, jika bro merasa forum dimanfaatkan untuk kegiatan berdiskusi saja. Ups, ya itu pilihan bro sendiri saja ^^

Bagus deh peraturannya seperti itu ^^ tidak mengikat ^^ haha ^^
Jalan menuju penyadaran tidak hanya melalui 1 pintu, tapi ada 84.000 puntu. Seperti yang sudah dibabarkan oleh Buddha ^^
Salam bahagia untuk bro Indra  ;)

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #24 on: 09 April 2011, 11:17:24 PM »
ohh tidak setuju jika Buddha juga mengajarkan bagaimana cara membangun hubungan suami istri yang baik?
ok, ya terserah bro lah ^^ hahahaha

yup, jika memang di situ cara saya berkarya dalam Buddhis ketimbang saya berdiskusi dalam forum ^^
itu jalan yang dipilih bro ^^, dan saya menghormati semua user di sini dengan jalan yang mereka pilih masing-masing ^^
Sebagian besar? ooh masih mungkin ya? hmm saya pikir bro sudah bikin survey ^^ haha

memang saya punya data statistik mengenai hal ini, tapi karena ada dalam PM saya memilih untuk tidak mempublikasikannya.

Quote
kembali kepada pilihan masing-masing, jika bro merasa forum dimanfaatkan untuk kegiatan berdiskusi saja. Ups, ya itu pilihan bro sendiri saja ^^

Bagus deh peraturannya seperti itu ^^ tidak mengikat ^^ haha ^^
Jalan menuju penyadaran tidak hanya melalui 1 pintu, tapi ada 84.000 puntu. Seperti yang sudah dibabarkan oleh Buddha ^^
Salam bahagia untuk bro Indra  ;)

nah, ini tambah menarik, saya belum pernah mendengar atau membaca ajaran Sang Buddha tentang "pintu". bisa dijelaskan, Bro?

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #25 on: 10 April 2011, 09:55:56 AM »
OOT ... kasian itu yang butuh bantuannya, back to topic lagi aja  _/\_

 ^:)^
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #26 on: 10 April 2011, 09:59:15 AM »
Hi teman2..

Mo minta saran dan masukan neh, saat ini sy lagi bingung menghadapi masalah ini. Sy dan ce sy beda 3 taon, tp ce sy lbh tua dr sy, awalnya hub kami baik2 saja, sampai saatnya ketika ortu sy tau hal ini, dan mereka gak setuju, katanya beda 3 taon itu gak baik, palagi klo si ce nya lbh tua, dan katanya sy itu unsur air dan ce sy unsur api jd saling makan istilahnya. Klo dari segi agama budha, adakah hal seperti itu? Org tua sy sgt percaya tentang kepercayaan2 dulu. Minta bantuannya donk teman2.  :(

bro bun coba buka http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=6340.0 ,  ada contoh nyata yg sudah menikah dan mempunyai perbedaan usia 3 tahun (orang tua) dari salah satu senior,  mungkin dapat membantu  _/\_


Menurut saya... ga ada hubungannya antara shio dan suatu hubungan...
Karena kita berjodoh dengan seseorang karena ada ikatan Kamma yang kuat... jadi tergantung kita aja jalaninnya mau gimana...
Dan harus bisa dibuktikan kepada ortu kalo hubungan yg dijalanin bisa berjalan dengan baik...
Contohnya adalah dari kisah nyata papa dan mama saya.. beda umur mereka 3 tahun... tetapi mereka baik2 saja.. sangat akur malah.. ga ada tuch yang namanya percekcokan atau pertengkaran...
Jadi semua tergantung dari kita yang menjalankannya..
.
_/\_
« Last Edit: 10 April 2011, 10:06:36 AM by wang ai lie »
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #27 on: 11 April 2011, 03:44:09 PM »
 _/\_
bro Indra: bisa pm ke saya data statistiknya? haha itung-itung buat penelitian saya ^^

mengenai Pintu, bro cari aja deh. Kebetulan saya pernah dengar dalam sebuah ceramah di wihara. Ada istilah Buddha membabarkan/mengenalkan dhamma dalam berbagai cara. Biasanya dalam literatur 84.000 itu menunjukkan sangat banyaknya cara Buddha membabarkan dhamma. Dan pintu dalam ceramah tersebut diibaratkan dengan cara.
Mungkin bro blum pernah dengar, ya kalo gitu saya kasih tau ^^ kalo bro merasa senang, ya anda bahagia ^^ kalo bro ga puas, bro boleh cari sumbernya ^^, kalo ga sesuai, ya boleh ditinggalkan ^^
^^ Kalo yang lain puas, kemudian bro tidak. Jalanilah masing-masing. ^^

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #28 on: 11 April 2011, 03:46:06 PM »
bro bun coba buka http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=6340.0 ,  ada contoh nyata yg sudah menikah dan mempunyai perbedaan usia 3 tahun (orang tua) dari salah satu senior,  mungkin dapat membantu  _/\_



Yup, back to the topic dhe, silakan bro bun, apakah ada update terbaru? saya berharap yang terbaik untuk bro bun berdua dan keluarga. Semoga berakhir dengan bahagia ^^

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: beda umur 3 tahun dan pengaruhnya . . .
« Reply #29 on: 11 April 2011, 03:51:00 PM »
_/\_
bro Indra: bisa pm ke saya data statistiknya? haha itung-itung buat penelitian saya ^^

maaf saya harus minta izin dulu dari si pengirim PM tersebut.

Quote
mengenai Pintu, bro cari aja deh. Kebetulan saya pernah dengar dalam sebuah ceramah di wihara. Ada istilah Buddha membabarkan/mengenalkan dhamma dalam berbagai cara. Biasanya dalam literatur 84.000 itu menunjukkan sangat banyaknya cara Buddha membabarkan dhamma. Dan pintu dalam ceramah tersebut diibaratkan dengan cara.
Mungkin bro blum pernah dengar, ya kalo gitu saya kasih tau ^^ kalo bro merasa senang, ya anda bahagia ^^ kalo bro ga puas, bro boleh cari sumbernya ^^, kalo ga sesuai, ya boleh ditinggalkan ^^
^^ Kalo yang lain puas, kemudian bro tidak. Jalanilah masing-masing. ^^

saya sangat suka gaya diskusi seperti ini, "cari aja deh", atau "kalo ga sesuai, boleh ditinggalkan", sungguh diskusi yg sangat menyenangkan. "Jalanilah masing-masing", apa sih yg sebenarnya dijalani? wong ini cuma menanyakan tentang pintu?