//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: pasangan beda umur 3,6,9 thn  (Read 82047 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
pasangan beda umur 3,6,9 thn
« on: 19 November 2008, 10:22:14 AM »
Ada member Dc bertanya kepada saya secara PM, Dan saya rahasiakan indentitasnya,

pertanyaannya sama dengan beberapa waktu lalu ada orang yang bertanya kepada saya di forum lain masalah ini

hii teman2,, ini surat pertama saya utk budaya tionghua. ada hal yg
ingin saya tanya kan pada teman2 benarkah ada budaya tionghua yg
menyatakan pasangan idup yg beda umur 3,6,9 thn itu pantang.konon
katanya pasangan tsb idup gk bs akur n bertengkar terus. papa saya
melarang saya pacaran dengan pria umur beda 3,6,9 thn dari saya. tapi
saat ini ada cowo yg mau pdkt sama saya tp umur nya di atas saya 3
thn. saat ini umur saya uda 26 thn. saya bingung apa benar yg papa
saya bilang itu. sampai saat ini saya belum menerima perhatian dari
cowo tsb krn saya tkt mengecewakan papa saya. menurut temen2 saya
harus bagaimana ya.atas saran dan pendapat dari temen2 saya ucapkan
terima kasih.

"meicen_shie"

http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/38409
===============================================================

Jawaban dari saya secara singkat

Intinya adalah Pasangan yang beda umur dengan kelipatan 3 adalah
kurang cocok untuk kita, bisa saja terjadi kecocokan dari unsur atau
element wu xing,

mengapa bisa begitu karakter dalam diri kita dan pasangan kita itu
berbeda, tidak sama, tapi ada kalau kelipatan 3 biasanya lebih
cenderung, tidak sesuai dengan kita, awal memang tidak terlihat,
tetapi akhir hubungan baru lah terlihat.

Perbandingan karakter kita dengan pasangan kelipatan 3 adalah cukup
rumit, menjaga hubungan serasi, banyak halangannya, dibanding yang
diluar kelipatan 3, semua orang ingin kehidupannya harmonis. Tapi dari
setiap hubungan pastilah ada halangannya, Kalau kelipatan 3 jauh lebih
berat untuk menjaga hubungan tersebut.

contoh beda 3 tahun sering cecok mulut

beda 6 tahun sering bertengkar

beda 9 tahun bisa bisa egois diri

Beda 12 tahun Mau menang sendiri dari sifat masing masing.

intinya seperti itu.
==========

Untuk semua pembaca DC, Dan juga yang bertanya secara pribadi ke saya
 :lotus:

Offline huihui

  • Sebelumnya parahita
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.278
  • Reputasi: 109
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #1 on: 19 November 2008, 11:41:19 AM »
tapi bukannya ada yang beda 6 tahun tapi malah awet banget...  ???

Offline marcelyne

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 228
  • Reputasi: 15
  • i'm marcelyne
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #2 on: 19 November 2008, 11:43:21 AM »
3, 6, 9 hmm... setahu lyne, jam lahir lebih menentukan.. bener gak?  ::)
Namaste..

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #3 on: 19 November 2008, 11:50:53 AM »
tapi bukannya ada yang beda 6 tahun tapi malah awet banget...  ???

Kan g udah jelasin hui, tergantung kadang bisa cocok karena elementnya

3, 6, 9 hmm... setahu lyne, jam lahir lebih menentukan.. bener gak?  ::)

Tidak. Kebanyakan dari Shio dan 5 element Wu xing

Offline huihui

  • Sebelumnya parahita
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.278
  • Reputasi: 109
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #4 on: 19 November 2008, 11:53:06 AM »
tapi bukannya ada yang beda 6 tahun tapi malah awet banget...  ???

Kan g udah jelasin hui, tergantung kadang bisa cocok karena elementnya

3, 6, 9 hmm... setahu lyne, jam lahir lebih menentukan.. bener gak?  ::)


 Tidak. Kebanyakan dari Shio dan 5 element Wu xing

 :-? ic


Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #5 on: 19 November 2008, 12:04:09 PM »
Quote from: meicen_shie
saya bingung apa benar yg papa
saya bilang itu. sampai saat ini saya belum menerima perhatian dari
cowo tsb krn saya tkt mengecewakan papa saya. menurut temen2 saya
harus bagaimana ya.atas saran dan pendapat dari temen2 saya ucapkan
terima kasih.

saran saya buat meicen,

meicen suka ma cowok itu gak??? kalau memang suka dan dia baek ma meicen, dan meicen yakin dia adalah pasangan hidup meicen,
coba deh meicen ngomong ke papa meicen baek2, coba perkenalkan cowo itu ke papa meicen dan tunjukan bahwa pendapat papa meicen tentang beda umur dapat diselesaikan (bukannya membuktikan papa meicen salah ya, tapi dapat diselesaikan).
i'm just a mammal with troubled soul



Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #6 on: 19 November 2008, 12:08:52 PM »
itu bukan ilmu pasti koq, yang terpenting niatnya mo gimana :)
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline huihui

  • Sebelumnya parahita
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.278
  • Reputasi: 109
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #7 on: 19 November 2008, 12:25:48 PM »
itu bukan ilmu pasti koq, yang terpenting niatnya mo gimana :)

bukan masalah niat atau nggak... mei chen pasti bingung karena orang tuanya melarang berhubungan dengan pasangannya... biasanya kl orang tua sudah melarang seperti itu, kita yang menjalanin pun bingung enaknya gimana...

kl dengar suara sms bunyi atau telpon bunyi, pasti muka ortu udh istilahnya "siap2 nguping darimana dan siapa yang telpon n sms" apa mau berhubungan tapi digituin... yah nggak nyaman lah...

Quote from: meicen_shie
saya bingung apa benar yg papa
saya bilang itu. sampai saat ini saya belum menerima perhatian dari
cowo tsb krn saya tkt mengecewakan papa saya. menurut temen2 saya
harus bagaimana ya.atas saran dan pendapat dari temen2 saya ucapkan
terima kasih.

saran saya buat meicen,

meicen suka ma cowok itu gak??? kalau memang suka dan dia baek ma meicen, dan meicen yakin dia adalah pasangan hidup meicen,
coba deh meicen ngomong ke papa meicen baek2, coba perkenalkan cowo itu ke papa meicen dan tunjukan bahwa pendapat papa meicen tentang beda umur dapat diselesaikan (bukannya membuktikan papa meicen salah ya, tapi dapat diselesaikan).

biasanya yang namanya ortu kl memang gak setuju ttp setuju.. tapi gpp coba saja mei chen... :D yang penting udh berusaha :D ..

kl ui jadi meichen, ui lebih denger orang tua.. yah karena gitu lah... dl hui pernah kek gitu juga... tapi ujung2 nya ui malah nyesel  :))

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #8 on: 19 November 2008, 12:53:26 PM »
ya blom mencoba dah nyerah bahaya tuh :)
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline huihui

  • Sebelumnya parahita
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.278
  • Reputasi: 109
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #9 on: 19 November 2008, 01:07:32 PM »
ya blom mencoba dah nyerah bahaya tuh :)

 ^-^ cieee... koko ganteng  :P

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #10 on: 19 November 2008, 01:25:26 PM »
menurutku yang menentukan suatu hubungan adalah kedua belah pihak
bukan shio atau beda usia
walau memang kadang hal ini berpengaruh untuk orang-orang yang sanggat menyakinin
dan  menghubung hubungan suatu masalah karna beda  shio or umur

jika orang yang mempercayai segala sesuatu terjadi  karna pikiran dan perbuatannya
maka kepercayaan ini tidak berlaku pada orang seperti itu
sepertinya saudara purnama paham unsur elemen tubuh
apa yang beliau katakan tidak salah
memang seperti itu

jadi bagi teman yang binggung akan kepercayaan ini
lebih baik melihat lebih dalam lagi hubungan saudara dengan pasangan
apakah saudara siap dengan segala hal yang akan di hadapin kedepan yang pastinya kita tidak tau apakah lebih baik or lebih buruk

berdasarkan pengalam ku
untuk menjalin hubungan dengan seseorang itu
di mulai dari banyak kesamaan
bukan perbedaan
semangkin banyak kesamaan lebih aman suatu hubungan itu
kesamaan bukan dalam hal jenis kelamin yah ;D :D


Offline DhammaChando

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 216
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #11 on: 19 November 2008, 01:38:04 PM »
Menurut saya... ga ada hubungannya antara shio dan suatu hubungan...
Karena kita berjodoh dengan seseorang karena ada ikatan Kamma yang kuat... jadi tergantung kita aja jalaninnya mau gimana...
Dan harus bisa dibuktikan kepada ortu kalo hubungan yg dijalanin bisa berjalan dengan baik...
Contohnya adalah dari kisah nyata papa dan mama saya.. beda umur mereka 3 tahun... tetapi mereka baik2 saja.. sangat akur malah.. ga ada tuch yang namanya percekcokan atau pertengkaran...
Jadi semua tergantung dari kita yang menjalankannya...
_/\_
Kebencian tak akan pernah berakhir apabila dibalas dengan kebencian. Tetapi, kebencian akan berakhir bila dibalas dengan tidak membenci. Inilah satu hukum abadi.

Hate is not overcome by hate; by Love (Metta) alone is hate appeased. This is an eternal law.

Dhammapada 5

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #12 on: 19 November 2008, 04:50:31 PM »
yg beda seminggu aja, tetap aja cekcok mulut ..
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #13 on: 19 November 2008, 04:58:15 PM »
pengaruh interaksi sosial memang dipengaruhi oleh hal2 tersebut, namun efeknya tidaklah besar. interaksi sosial dapat berjalan sehat kalau ada komitmen. komitmen ini harus dibangun dari fondasi pengertian dan penyadaran.

ada pasangan yg berbeda umur 3,6,9 thn yg interaksinya berjalan sehat, namun ada juga yg interaksinya kurang sehat. semuanya tergantung pada pribadi yg bersangkutan...  :)

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: pasangan beda umur 3,6,9 thn
« Reply #14 on: 02 December 2008, 02:00:14 PM »
saya pribadi tidak percaya hal seperti itu,kalau memang benar2 saling mencintai ,saling berkomitmen,saling pengertian,mengalah satu sama lain,sama2 mau menjaga keharmonisan pasti bisa akur kok.

banyak juga yang saya lihat orang2 yang bercerai padahal dikatakan shio mereka cocok,ataupun jarak umur mereka tidak kelipatan 3,buktinya bisa juga mereka cerai.

hal seperti ini tergantung pada pribadi masing2 dan karma yang kita perbuat.
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.