Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi  (Read 74513 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline char101

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 237
  • Reputasi: 13
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #75 on: 06 November 2009, 10:37:42 PM »
‘‘Ahaṃ kho, bhante, yāvadeva ākaṅkhāmi, vivicceva kāmehi vivicca akusalehi dhammehi savitakkaṃ savicāraṃ vivekajaṃ pītisukhaṃ paṭhamaṃ jhānaṃ upasampajja viharāmi. Ahaṃ kho, bhante, yāvadeva ākaṅkhāmi, vitakkavicārānaṃ vūpasamā…pe… dutiyaṃ jhānaṃ upasampajja viharāmi. Ahaṃ kho, bhante, yāvadeva ākaṅkhāmi, pītiyā ca virāgā…pe… tatiyaṃ jhānaṃ upasampajja viharāmi. Ahaṃ kho, bhante, yāvadeva ākaṅkhāmi, sukhassa ca pahānā…pe… catutthaṃ jhānaṃ upasampajja viharāmi."

Di atas saya ambil dari versi chaṭṭhasangayana. Jika kita melihat pernyataan yang menggunakan bahasa Pāli di atas, sebenarnya, istilah yang secara langsung berarti "then" tidak ada. Setiap kalimat yang merujuk pada pencapaian jhana, selalu diawali dengan kata 'ahaṃ kho' - 'I, indeed'. Kata 'then' tampaknya merupakan kata tambahan yang disisipkan si penerjemah.

Beruntungnya ada yang bisa bahasa Pali jadi bisa menjelaskan :)

Quote
Sebenarnya, analisa Sang Buddha atau murid2 Sang Buddha mengenai jhana selalu sama. Mereka selalu mengatakan, sebagai contoh mengenai jhana kedua seperti yang anda katakan, "with the subsiding thought and examination (vitakkavicārānaṃ vūpasamā).....". Jika karena hal ini seseorang harus masuk ke jhana pertama, baru kemudian masuk jhana kedua, maka skipping jhana tidak bisa diterima dan penjelasan dalam Visuddhimagga juga salah karena setiap penjelasan jhana di mana2 sama, baik di Pali kanon maupun kitab komentar.

Visuddhimagga mengajarkan masuk ke jhana pertama dulu, lalu jhana ketiga, lalu ruang tidak terbatas, dst. Saya tidak melihat di visuddhimagga menuliskan loncat ke jhana genap, jadi langsung jhana dua, lalu jhana 4, dst. Jadi saya rasa tidak bertentangan juga dengan sutta tersebut.

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #76 on: 06 November 2009, 11:15:51 PM »
_/\_

Setuju dg Bro Peacemind dan Bro Char.. Kalo masih satu per satu meski prosesnya cepat, utk apa masih dinamakan Jhanukkantika? Kemungkinannya dari Jhana 1: saat ke-5 faktor hadir. Misal dg mengeliminasi faktor vitakka-vicara, piti dan sukha, dan mengarahkan persepsi pada upekkha, maka lsg memasuki Jhana ke-4. Jika dikatakan demikian, bagi saya sih make sense aja. :)

mettacittena
appamadena sampadetha

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #77 on: 07 November 2009, 09:55:46 AM »
 [at] Peacemind

Bisa berikan bocoran dikit, sutta vs experience bro?. Biar semuannya clear dan berhenti spekulasi mengenai jhanukkantika.  :whistle:

Mengingat detil , apakah tetap melewati jhana sebelumnya atau tidak, tidak tertulis rinciannya dalam sutta ataupun visudhi magga. Hanya tertulis skipping jhana. Atau memang ada perincian latihannya dalam visudhi magga/sutta bagaimana seseorang melatih skipping jhana(jika ada, bisakah ditampilkan disini). Jika tidak ada maka satu2nya adalah based on experience. Smoga bro Peace bisa membantu yg ttg pengalaman ini atau berdasarkan pengalaman Guru anda juga boleh  ;D . _/\_

Bisakah terjadi saat memasuki jhana pertama yg terdiri dari 5 faktor jhana, vitaka, vicara, piti, suka dan ekagata. Karena kevasian seseorang dan tekad ia langsung masuk jhana ke -3 . Pada moment hilangnya vitaka, vicara, dan piti .Mungkinkah ada Jeda sedikitpun antara vitaka dan vicara hilang yg disusul dengan piti. kemudian masuk ke jhana 3 sehingga dikatakan skipping jhana( seperti kita menyorotkan lampu senter yg mana kecepatan cahaya tersebut telihat tidak ada jeda, tetapi kenyataanya ada seper sekian detik). Atau dapatkah secara bersamaan dan dalam waktu yg sama?

Pertanyaan kedua jika menurut sutta yg terjadi skipping 1 kemudian 3 bukan 1-4 seperti yg pernah di referensikan bro char101, adakah ini dikarenakan kedekatan sifat antara piti dan sukha seperti vitaka dan vicara?



 _/\_
« Last Edit: 07 November 2009, 10:12:07 AM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #78 on: 07 November 2009, 11:23:56 AM »
Pertanyaan yang menjebak nih bond. :whistle:
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #79 on: 07 November 2009, 11:28:54 AM »
^
^
Ngak lah bro, tulus bener2 ingin  tau .  ;D
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #80 on: 07 November 2009, 11:34:20 AM »
setahu saya sih masuk jhana berturut atau skiping jhana sah2 saja sih bro, dari jhana 1 ke 3 atau 1 ke 4.  Tergantung dari jenis abhinna yg dilatih
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #81 on: 07 November 2009, 11:40:26 AM »
^
^
Memang sah2 saja bro. Yang ingin saya ketahui adalah proses citta atau batinya yg sebenarnya ketika terjadi lompatan/skipping itu.

Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #82 on: 07 November 2009, 12:02:11 PM »
biasanya sih kalo untuk 1 ke 4 mula-mula arahkan pikiran ke objek, jangan hiraukan piti, vitaka, vicara & sukkha yang timbul. Langsung pusatkan aja pikiran.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #83 on: 07 November 2009, 12:16:03 PM »
biasanya sih kalo untuk 1 ke 4 mula-mula arahkan pikiran ke objek, jangan hiraukan piti, vitaka, vicara & sukkha yang timbul. Langsung pusatkan aja pikiran.

Artinya ada faktor yg dilewati  hanya diabaikan. ;D

Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #84 on: 07 November 2009, 02:33:25 PM »
For Bond:

Tidak untungnya, referensi mengenai skipping jhana (jhanūkkantika) hanya dijelaskan secara sangat singkat dalam Visuddhimagga. Sutta2 tidak pernah secara langsung mengatakan adanya jhanūkkantika. Jadi apakah dalam skipping jhana, seseorang masih harus melewati faktor2 jhana diloncatinya ataukah tidak, masih dipertanyakan. Namun, jika kita, secara membuta, menerima pernyataan dalam visuddhimagga sesuai dengan kata2 yang tertulis, meskipun sangat singkat, seorang yang melompati jhana tertentu tidak harus melewati jhana tersebut. Sebagai contoh melompati jhana pertama ke jhana ketiga, analisanya mungkin seperti ini:

"Seperti yang kita ketahui, jhana pertama memiliki 5 faktor (vitakka, vicārā, piti, sukha dan ekaggata), jhana kedua 3 faktor (piti, sukha dan ekaggata) dan jhana ke-tiga dua faktor (sukha dan ekaggata). Jika kita mengikuti mengikuti argumentasi pertama bahwa seseorang masih melewati jhana yang dilompati meskipun sangat cepat, maka sebelum seseorang mencapai jhana ketiga dari jhana pertama, pertama-tama ia harus melenyapkan vitakka dan vicārā, masuk ke jhana kedua yang disertai piti dan kemudian baru melenyapkan piti dan masuk ke jhana ketiga. Namun jika kita mengikuti argumentasi kedua bahwa seseorang tidak perlu masuk jhana kedua, maka setelah ia mencapai jhana pertama, secara bersamaan, ia melenyapkan vitakka, vicārā dan piti dan mencapai jhana ketiga. Namun yang menjadi pernyataan adalah, apakah mungkin seseorang melenyapkan vitakka, vicārā dan piti secara bersamaan sehingga seseorang bisa langsung mencapai jhana ketiga? Mungkin beberapa orang akan menjawab bahwa hal tersebut mungkin saja bisa dilakukan karena kalau seseorang bisa melenyapkan vitakka dan vicārā secara bersamaan, maka ada kemungkinan seseorang bisa melenyapkan tiga faktor secara bersamaan."

Namun pendapat di atas lagi2 masih sekedar logika belaka. Tidak untungnya lagi, meskipun sekarang ada beberapa orang yang dikatakn mengalami jhana, selama ini saya sendiri belum pernah menjumpai atau mendengar ada  orang yang telah mencapai vasi seperti yang visuddhimagga jelaskan, padahal skipping jhana merupakan salah satu vasi. Mudah2an semoga saudara Bond bisa segera mencapai vasi dan bisa share kepada kita2 ini.  :))


Be happy.

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #85 on: 07 November 2009, 05:20:36 PM »
^
^
 
Kalau main skipping bisa bro ^-^

Keknya aye bisa nih nyampe ke jhanukkantika tapi ngak tau dikelahiran keberapa lagi, mudah2an pada sabar menunggu untuk aye jelasin ye...:))
« Last Edit: 07 November 2009, 06:24:04 PM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #86 on: 07 November 2009, 05:56:31 PM »
saking inginnya Jhana skipping, Jhanukkantika ampe diskip jadi Jhanutikka ^-^

Menunggu kabar baik dr Papa Bond soal Jhanukkantika  8->
appamadena sampadetha

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #87 on: 03 March 2010, 07:40:09 AM »
menurut saya, melatih Jhana seperti melatih keahlian yang lain, pada awalnya kita memerlukan alat bantu, tetapi setelah menjadi ahli kita tak lagi memerlukan alat bantu.

Masuk-keluar nafas hanya merupakan objek awal, tetapi setelah meditator semakin ahli maka nafas tak lagi diperlukan (di skip), karena nimitta bisa muncul kapanpun diinginkan.

Berdasarkan pengalaman, seorang meditator pada awalnya sulit memunculkan nimitta, semakin lama semakin mudah, dan bahkan mendekati Jhana seorang meditator pada waktu duduk langsung muncul  nimitta tanpa perlu memperhatikan napas.

Saya rasa inilah penjelasan mengapa seorang meditator Samatha bisa lompat Jhana jika semakin ahli, dan proses melatih kemahiran (vasi) saya kira kurang lebih demikian. Jadi karena kemahiran/vasi meditator bisa skipping Jhana,

 _/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Ingyastuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 213
  • Reputasi: 6
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #88 on: 24 July 2010, 07:26:30 PM »
hiii bro...
aku dapet pinjam buku dari ajahn bram...
bagus banget...
disana dilukiskan meditasi dan halangan2 dalam meditasi juga ada...termasuk jhana...
coba deh baca... ^-^

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Perbandingan jhana menurut beberapa guru dan interpretasi
« Reply #89 on: 26 July 2010, 12:14:37 AM »
Wow.. Ajahn Brahm minjemin Ingyastuti buku nih?? Wah kenal deket dong yah? :D
appamadena sampadetha